Bandot Tua Doyan Daun Muda

Posted on

 

Tua-tua keladi, tua-tua makin tak tahu diri. Peribahasa plesetan inilah yang tiba-tiba mampir di benakku sewaktu kubaca koran tadi siang, “Kakek (68 tahun) cabuli bocah 6 tahun, siswi taman kanak-kanak.”

 

Peribahasa tersebut sangat mengena pula bila kita tujukan pada para blogger yang ketika tambah umur malah semakin sering lupa siapa dirinya. Mereka lupa pula kedudukannya sebagai orangtua. Mereka hanya ingat status mereka sebagai blogger yang bebas nulis apa saja.

 

Kalau kau tergolong daun muda, waspadalah menghadapi bandot-bandot seperti itu. Ini nggak mudah. Biasanya para bandot itu tampak berwibawa dan terhormat di mata masyarakat. Kalau kau kurang jeli, bisa-bisa kau jadi korbannya.

 

Tapi tenanglah. Aku akan temani kau menyelidiki mereka.

 

Pertama, lihat tuh Pak E. Di pagi hari, dia berleha-leha sambil melihat acara2 di televisi. Acara MTV pun dia nikmati. Padahal, semua orang tahu, MTV itu kan tivinya kawula muda. Ngapain dia ikutan nyanyi: Neh… Owh… Heh… Eir… Eh…. Kayak bayi aja.

 

Kedua, mari kita intip Mr. D. Meskipun dia memperoleh kenikmatan dari Allah yang banyak banget selama puluhan tahun, masih saja dia bersyukur hanya setahun sekali. Itu pun nggak ngundang kita-kita buat syukurannya.

 

Ketiga, ayo kita awasi Prof. F. Rencananya, kalau dia menjadi manajer toko buku langganan kita, dia akan menyingkirkan buku-buku pengembangan diri dari rak-rak psikologi. Jangan-jangan, pengetahuan-pengetahuan “how-to”, semisal “cara memikat daun muda”, hendak dia kuasai sendiri. Jikalau begitu, bahaya, ‘kan?

 

Keempat, Ms. X. Kali ini aku agak takut ngasih komentar. Sebab, dilihat dari namanya, dia berlawanan-jenis denganku, dan aku takut jadi korban kenakalannya lagi. Silakan deh, kau baca sendiri laporan pandangan matanya mengenai seorang gadis berusia 20 tahun yang dijodohkan dengan seorang bandot tua.

 

Kelima, Mbah G. Katanya, dia sudah membuka mata, “melihat kenyataan bahwa umur ternyata tidak selalu berkaitan dengan kedewasaan, kebijaksanaan ataupun wawasan.” Namun, walau dia sering uhuk-uhuk… *batuk uzur*, dia masih gemar blogwalking. Walaah….

 

However, I love the five bandots. So, aku masukkan postingan mereka pada Pendaftaran Top-Posts Jul-Agt 2007.

 

 

About these ads

8 thoughts on “Bandot Tua Doyan Daun Muda

    erander said:
    4 September 2007 pukul 08:11

    Hwakakak :D

    Syukurnya saya ga doyan nonton MTV apalagi dipagi hari. Karena buru2 mau ke kantor .. syukurnya lagi, saya bukan bayi .. tapi baby face belajar ngertiin bayi. Lebih syukur lagi .. sudah pernah diberi penghargaan sama Pak Shodiq ..

    *sambil ngitung daun muda pintu yang mau di cat*

    M Shodiq Mustika responded:
    4 September 2007 pukul 13:09

    @ erander

    Selain doyan nonton MTV, doyan daun pintu juga gak pa pa. Silakan deh, abisin aja!

    erander said:
    4 September 2007 pukul 15:21

    Hwakakak :D .. bukan dihabisin pak .. ntar kalo ga ada daun pintu .. bisa masuk angin malam, bisa kemasukan orang ga diundang, bisa kelihatan sama orang kalau sedang nonton MTV tidur ..

    may airinn said:
    4 September 2007 pukul 16:48

    topiknya sensi neh..
    binun mo kasih koment pa an apalagi dgn chat antara bandotdiatas
    aq ngomong pa siy

    M Shodiq Mustika responded:
    4 September 2007 pukul 21:33

    @ erander
    Ya udah, daun jendela atau daun telinga juga bolehlah; nggak bisa ngabisin ya dikit2 ajalah.

    @ may
    Iya, emang agak sensi. Dengan bekal husnudhdhon (berbaik-sangka)-lah aku berani adu chat dengan sesama…. orangtua.

    Melati said:
    4 September 2007 pukul 22:06

    Tua-tua keladi,
    Makin tua kok nggak mati-mati? :D

    bandot..tua said:
    24 Agustus 2009 pukul 12:13

    enak tau !!!!

    MUNIR said:
    13 Januari 2010 pukul 13:05

    MW,A AMA YANG MUDA Z
    CBA DIKASIH YANG TUAPASTIDIA GAK PAKALAN MAU

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s