Masih perawankah bila jari tangan masuk ke vagina?

Posted on Updated on

Assalamu’alaikum Pa Ustad. sebenarnya saya malu untuk bertanya, tapi saya memberanikan diri. saya br putus 1 bulan yang lalu dengan pacar saya, saya sudah pacaran selama 2 tahun. selama pacaran saya pasti ke rumahnya.setiap saya kerumahnya selalu orang tua ngertiin, bahkan ninggalin saya dan pacar saya di ruang tamu.dalam kesempatan itu saya selalu melakukan cumbu sampi horni, bahkan jari2 saya masuk ke Vagina pacar saya …. kejadian ini berlangsung slm 2 tahun. Apakah Cwe saya masih perawan Pa? Sekarang cwe saya sudah pindah ke lain hati, yang lebih menyakitkan hati adalah sekarang cwe saya pacaran lagi sama pria yang sudah beristri.

Jawaban M Shodiq Mustika:

Wa’alaykumus salam.

Ya, putus hubungan cinta memang menyakitkan. Apalagi bila hubungan itu sudah segitu lama, sampai dua tahun. Apalagi pula, sudah begitu dekatnya kalian dengan perbuatan zina.

Sebenarnya, dua bulan yang lalu aku sudah membicarakan kasus serupa. Namun, berhubung ini merupakan tema yang penting dan menarik, aku tak keberatan untuk menambahkan penjelasan.
Hanya saja, aku mau interupsi dulu.

Aku tidak sependapat bahwa orangtua yang membiarkan anaknya begitu saja tanpa pengawasan hingga mendekati zina dikatakan “penuh pengertian”. Seharusnya, yang benar-benar penuh pengertian ialah yang melindungi anaknya dari berbagai keburukan, termasuk perihal mendekati zina itu. “Hai orang-orang yang beriman! Jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka. …” (QS at-Tahriim [66]: 6)

Demikian interupsiku. Kini, kujawab pertanyaanmu.

Prof. DR. Dr. Wimpie Pangkahila, Dokter Ahli Andrologi dan Seksologi, menjelaskan (Kompas Cyber Media, 10 Maret 2004):

Perawan tidaknya seorang wanita bukan ditentukan oleh utuh tidaknya selaput dara, melainkan oleh pernah tidaknya melakukan hubungan seksual. Artinya, wanita yang telah melakukan hubungan seksual disebut tidak perawan. Di pihak lain, wanita yang tidak pernah melakukan hubungan seksual tetapi selaput daranya robek karena melakukan masturbasi dengan memasukkan benda padat ke dalam vagina, tetap disebut perawan.

Yang dimaksud dengan hubungan seksual itu adalah masuknya alat kelamin pria ke alat kelamin wanita. Jadi, masuknya jari-jari ke vagina itu tidak menghilangkan keperawanan.

selaput dara dapat terkoyak seperti iniSungguhpun demikian, aktivitas tersebut BUKAN tergolong pacaran sehat. Sebab, disamping berdosa lantaran mendekati zina, perbuatan seperti itu dapat mengoyak selaput dara si cewek.

Terkoyaknya selaput dara itu dapat mengakibatkan perdarahan dan bisa pula tidak. Dokter Iwan menerangkan:

… selaput dara seorang wanita kondisinya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ada wanita yang memiliki selaput dara yang tipis sehingga apabila melakukan hubungan seksual akan lebih mudah pecah tetapi ada pula wanita yang memiliki selaput dara yang kuat sehingga akan tidak mudah pecah. Pecahnya selaput dara juga tidak harus melalui hubungan seksual saja, bisa juga melalui aktifitas olahraga, benturan, senam dan sebagainya.

Bentuk selaput dara yang dimiliki oleh satu wanita dengan wanita yang lainnya juga tidak sama. Jika ia memiliki selaput dara yang kaya akan pembuluh darah, otomatis jika selaput dara itu pecah akan terjadi pendarahan yang cukup banyak. Sebaliknya jika selaput dara tersebut tidak memiliki pembuluh darah otomatis ketika pecah juga tidak menimbulkan pendarahan. Jadi pendarahan pada saat hubungan seksual tidak bisa dijadikan tolak ukur menilai keperawanan seorang wanita, justru pendarahan bisa saja terjadi karena pengencangan atau ketegangan pada vagina yang sering disebut sebagai kelainan vaginimus pada saat hubungan seksual dan jika selama melakukan hubungan seksual tidak menimbulkan ketegangan pada vagina tetapi dapat menikmatinya bersama maka kemungkinan terjadi pendarahan sangat kecil bahkan tidak ada. So.. jangan heran jika ada wanita yang telah berulangkali melakukan hubungan seksual namun sama sekali tidak pernah mengalami pendarahan sama sekali.

Warta Medika menegaskan:

Hymen atau selaput dara bukanlah indikator mutlak keperawanan seorang gadis. Selaput dara bisa saja sudah robek tetapi si gadis masih perawan, atau sebaliknya, selaput dara tidak robek padahal si gadis sudah tidak perawan. Hal ini bisa terjadi karena definisi “tidak perawan” adalah pernah melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis, tidak peduli apakah selaput daranya robek atau tidak.

Hymen adalah lapisan mukosa yang mengelilingi atau menutupi sebagian dari muara vagina. Lapisan tersebut, seperti halnya mukosa vagina, juga mempunyai pembuluh darah dan pembuluh saraf. Oleh sebab itu, robekan pada hymen seringkali diikuti dengan perdarahan dan rasa nyeri.

Pada saat seorang gadis baru memasuki usia sekolah, selaput dara masih tipis dan bahkan hampir tembus cahaya. Oleh karena itu, pada usia ini, selaput dara lebih mudah mengalami robekan, terutama akibat olahraga seperti berkuda, bersepeda, atau senam.

Setelah pubertas, akibat pengaruh hormon estrogen, hymen akan sedikit menebal dan berwarna merah muda. Tapi perlu diingat bahwa ketebalan, bentuk, dan elastisitas hymen berbeda-beda pada setiap wanita.

Demikianlah jawabanku atas pertanyaanmu. Jelas, bukan?

About these ads

132 thoughts on “Masih perawankah bila jari tangan masuk ke vagina?

    Achmad said:
    19 Juli 2011 pukul 22:30

    Ce ki marai jg bikin nafsu laki2 ,umbar aurat, jman skarang kya gt, eaw uest mati lah kaw.

    wejick said:
    23 Juli 2011 pukul 01:53

    semoga kasus seperti ini tidak menjadi tren ya pak

    robby said:
    2 Agustus 2011 pukul 14:57

    bner tu.tpi jgn smpai kayak gituan smkn meluas…….mskipun sdh bnyk yg melakukannya

    ahmad dani said:
    23 Agustus 2011 pukul 23:18

    kta do’akan dan jauhkan diri kta dri prbuatan yg sprti itu..

    guverno said:
    29 September 2011 pukul 06:32

    Bentuk vagina cewek yang masih perawan pasti mulut vagina masih tertutup rapat. Tapi saya bingung kalau hubungan pertama kali sama wanita virgin susah untuk masuk, apakah itu benar masih perawan?….

      Donal said:
      11 September 2012 pukul 12:55

      Lu bodo amat jd org,,,,kan bcaan d atas dah ngejelasin,…,,masa lo nanya lg..
      Dasar kampret…..Anak bodoh lu….

        03@yahoo said:
        17 Juni 2013 pukul 14:05

        semua wanita tu sama aja mulutya busuk jd g usah pd bertengkar jd yg nma y perawan cuma mulut y tp cd y gg mnutupi kmluan aku g akan hlang rasa sakit ku sampai ahir hayatku sampai mataku trtutup akan sllu tringattttttt mf kan aku syang qu manusia yg pernah kau bodohiiii aku tdk bsa mnyayaimu spnuh hatiku karna aku sudah trluka sngat berat aku tdk bsa myayangimu tulus mfkan aku jikala aku laki laki yg tdk baik asal km tau aku sllu mnangis di kala malam datang sesungguhya haya tuhan yg tau perasaanku saya ingin ttip salam bwat kmu slama ini ku myayangimu spnuh hati tp kau mngingkarinya aku g pngn kita py anak dari smua it dkarnakan hatiku mlabuh jauhhhhh yg tak tau arah knpa tkdir kita seperti ini surat untuk tuhan samson_bukan diriku

    pointele said:
    31 Oktober 2011 pukul 15:21

    mau

    lia said:
    18 November 2011 pukul 10:11

    pacaran sehat lebiih baikkk kant ??

      dian said:
      5 Februari 2012 pukul 17:51

      sippp

    rizal said:
    24 Desember 2011 pukul 01:53

    iya betul sekali apakah vagina yang msih perawan sulit dmasuki penis,,

    dini arniati said:
    3 Januari 2012 pukul 10:42

    Gue mau yg kayak gitu dong senag hati.apalagi gue pernah diperkosa sama cowok gy tdk kenal,awalnya gue ngagak mau tapi di maksa gue ya akhir gue ngetot deh.dia megang susu gue terus dia dipegang vagina gue dia maksud jari2nya keras2 sakit digue nggak pa-pa nanti juga senang terus dia ramas2 susu gue sakit digue aw…aw….aw… terus dia cium vagina terus dia masukin jari2nya terus gue sempit jari2nya

      husaini aceh said:
      24 Januari 2012 pukul 20:22

      kek gini lah cewek jaman sekarang gak tau sifat agama

      Steve said:
      28 Januari 2012 pukul 18:10

      Dini Ama Gwe aja.,Punya Gwe PAnjag…
      Loe Nak mna…???

      anissa said:
      30 Januari 2012 pukul 17:04

      dini_ astaghfirullah kok malh buka aib !!! pu ra isin toh mbak ???

      Ismaiel Al-ghifary said:
      7 Mei 2012 pukul 21:11

      kapan dong ma q

        Theresia Tere said:
        27 September 2012 pukul 20:51

        ist,, trok e ??
        nyadar lh wy” ..
        DOSA bsar tw ..
        nti lw dah kiamat ru mntk” t0lng .

    abu said:
    6 Januari 2012 pukul 10:51

    jaman sekarang pasti sudah banyak yang begitu yang harus kita sesama umat manusa dan beragama sebaiknya lebih mendekatkan diri padanya

    jikalau______lp.KLJ said:
    19 Januari 2012 pukul 18:52

    wah wah komentar nya juga lumayan memaksakan juga ya??????
    Wah, kalo anda yang menjawab dan yang membaca artikel ini juga, bakal menjadi suatu yang menarik juga ya????
    hahahahaha, lumayan bagi penulis seperti anda

    ibenk... said:
    24 Januari 2012 pukul 11:55

    saya udah beristri tpi ketika malam itu berlangsung kok istri saya enggak pendarahan padahal kelamin saya cukup besar…pertanyaanya istri saya sudah pecah sbelum kami lakukan..TQ

      husaini aceh said:
      24 Januari 2012 pukul 20:29

      mungkin sebelum itu udah pernah py suami ilegal

      Theresia Tere said:
      27 September 2012 pukul 20:53

      i..i…
      paen tu ???

    rajamaya said:
    13 Februari 2012 pukul 03:11

    Gan mau tanya nich tol0ng minta jwbnya saya pernah melakukan ML ma pcr saya tp kok g berdarah apa pcr saya udah g prawan lg,N dlu sblm melakukan ML dlu V pernah aq masukin jari tp paz aq mazukin jari jg g berdarah apakah pcr aq dah g prawan ya??
    Gan Apa bnr bila cewk yg udah g prawan tp lama g ML trz ML lubangnya jd sempit lg hampir kayak prawan??
    Tol0ng bngtz jawb gan!!

      aplicants said:
      4 Maret 2012 pukul 23:42

      wah wah,,kurang dalam kali mas?

        Theresia Tere said:
        27 September 2012 pukul 20:56

        i..i..
        nap sekh keg gtu org”,, mank eng e ??

    aplicants said:
    4 Maret 2012 pukul 23:41

    edun bener dah,,
    saaya baru coba 1 x se umur hidup masukin jari-jari ke vagina cew saya,,,haduh haudh,,,
    ,rasanya kasian bener,
    tapi nikmat juga yak,,hehe

    says said:
    5 Maret 2012 pukul 16:39

    siipt ah

    dian waluh said:
    11 Maret 2012 pukul 06:13

    salah siapa

    naldaf said:
    11 Maret 2012 pukul 20:57

    slamat malam pak,sya cma mau tanya apakah air seni wanita 1 tempat dengan vagina atau beda tempat…????tks mr.naldaf

    Ayu az said:
    21 Maret 2012 pukul 20:47

    Wao…………….betapa pentingnya keperawanan kita yahc?

    oki said:
    4 April 2012 pukul 06:22

    melakui artikel yg sgkt ni,sy mendptkn pgthuan tntg hal tsb.sy nlai ini sgt pntg untk dketahui brsama.

    siti said:
    6 Mei 2012 pukul 18:36

    maaf pak, saya ini wanita yang sedang resah dan ingin bertaubat. saya ingin segera menikah, tetapi pacar saya masih maju mundur, kadang sayang kadang tidak. saya sudah 1 tahun pacaran dengan dia. dan saya sering melakukan petting, kemudian pacar saya memasukan jarinya ke vagina, saya takut dia akan meninggalkan saya kalau saya tidak menuruti. tapi sy jg takut tidak berjodoh dg dia, sdgkan sy sdh berzina dg dia. apa yang harus saya lakukan? terimakasih. tolong sekali dibls ya…

    rian said:
    9 Juni 2012 pukul 12:34

    ass.
    mf pak ustadz,,
    saya ingin bertanya saya sudah 4 thun pcran tapi sampai skrg pacar saya tidak mau di cumbu di peluk apa Lagi pegang tangan..apakah cew saya normal pak ustdz dan saya ajak untk melakukan hub tpi diia tidak mau mohin penjelasan ya

    hendro said:
    27 Juli 2012 pukul 05:20

    ancuak” ithu baik kan?

    vava said:
    27 Juli 2012 pukul 11:53

    pak saya mau bertaya wktu itu ada teman sayang yang melakukan hubungan seksual.
    tpi setelah setelah teman saya menjoba 3 kli
    kemaluan si cwok gak masuk-masuk juga
    pertayaan saya: apakah keperawanan sicewek masih ada ?

      Theresia Tere said:
      27 September 2012 pukul 20:59

      wy,, SANTAI jha lh qo ngmng,, blg” bao g ..
      keg pnya qo wngi jha,, PANTEK qo ..

    Jen9ki said:
    12 Agustus 2012 pukul 23:32

    Hahaha…q prnh mskin jri k vgina ,bau ky gtu ,bkin q mw mutah

    semmy azzy said:
    17 September 2012 pukul 10:20

    wah rame bnget pembhasan ny ingt2 he 1.dekat knlah am thn 2.jauhi yg dapat mndkat kan am znah 3.kalau udh g kuat kawin aja
    nb..dlam hdis udh jelas orng yg mresa bngga atas k jlekan nya entar d ahir pmblasan ny akan nangis darah…

    ahmad wasita said:
    20 September 2012 pukul 09:21

    Pergaulan anak muda skarang ini sudah tak knal batas.Gimana ya nasib masa depan bangsa? bila calon pemimpin generasi mendatang akhlak dan moralnya ruksak

    adi said:
    24 September 2012 pukul 10:51

    klo cwek zaman skrng udh gx heran lg, byk yng gx prawan, karna ya ta byk yng bunting gx ada suami y

    herju said:
    2 Oktober 2012 pukul 10:04

    perlunya bekal pengetahuan tentang sex kepada remaja agar meraka tau bakal positf dan negatifnya terhadap para remaja karna pengetahu8n sen sedini mungking dapat mencegah perlakuan sex diluar kewajaran dan bukan tabu lagi. trims Wassalam

    rikki said:
    12 Oktober 2012 pukul 15:22

    saya mengerti skrang stlah mndngarkan cerita trsbut,oleh karna itu saya gk mw mncoba perbuatan trsbut,supaya saya gk pnya dosa

    Nana said:
    19 Oktober 2012 pukul 22:12

    Maf.maw brbgi tany nich..q prnah dmsukn pnis cwok.tp dlm vgna kox tr5a kesenggol.n lmyan skt lo ksenggol.pa it slaput drah ya

    amat said:
    6 Desember 2012 pukul 20:28

    alamat semayap dalam Rt2 ,,
    nama ketua RT ayun ( udin yg suka berabah- bahrudin )
    knp palir saya ada tungau nya….

    Daniel said:
    17 Desember 2012 pukul 10:16

    Aduh tanggung pake jari, sama aja dosanya wkwkwkwkwkw

    rahel fitriana said:
    31 Desember 2012 pukul 13:39

    saya mau bertanya pak ustad. saya sudah 3,5 tahun pacaran. saya sama pacar saya sudah seperti suami istri. awalnya dul sy takut bnget dengan itu. tapi si doi maksa. keadaan semakin tmbh buruk setelah itu. dia semakin g percaya sama saya, sy dituduh selingkuh, difitnah hampir tiap hari, jujur sy sudh g tahan, rasanya pengen putus, tapi saya tkut karena kejadian itu. saya sering didzolimi pak ustad. saya harus bagaimana saya bingung sekali. apakah orang seperti pacar saya pantas untuk jadi imam dalam keluarga pak? tolong bantuanya.

    faisal said:
    20 Januari 2013 pukul 09:53

    ya allah …
    tolong beri kesempatan mereka untuk bertoba …
    ~AMIN~

    elza said:
    18 Maret 2013 pukul 14:30

    l0weeer kabeh

    lisa andriana said:
    1 April 2013 pukul 17:52

    apa enak tuh seksual??? Soal nya blum pernah lakuin bagi yg mau kasih tau Balas ea atau sms in ke 087819974851

    wiwie said:
    4 April 2013 pukul 00:43

    ass
    tlong dijwab
    mlam in ad drah hitam yg kluar dri vagina z apakah itu tnda bhwa slaput vagina z tlag pecah ?..
    z jga sring melakukan hal tersebut dngn pcr z tpi klmin.y g’ smpe msuk kedlm vagina z hanya diluar diskitr kilotoris … apkh z msih perwan atw tidak? .. mhon jwabn.y

    Giwank said:
    4 April 2013 pukul 09:44

    Makasih atas pengertiany

    welly said:
    15 April 2013 pukul 15:00

    lisa andriana sama aku yuk penis aku lebih gede

    ludi said:
    15 April 2013 pukul 15:02

    woew

      welly said:
      15 April 2013 pukul 15:14

      di jamin puas kamu lisa sama aku

    lisa andriana said:
    15 April 2013 pukul 15:04

    boleh kok welly tapi aku di pontianak

    lisa andriana said:
    15 April 2013 pukul 15:07

    Ayuk tpi aku di pontianak well

    welly said:
    15 April 2013 pukul 15:09

    gw juga di pontianak lis ketemuan yuk

    lisa andriana said:
    15 April 2013 pukul 15:11

    ya….

    welly said:
    15 April 2013 pukul 15:15

    di jamin puas kamu lisa sama aku

    YulLi fitriya said:
    28 Juni 2013 pukul 12:33

    Jorok bgt sih :D

    nurman said:
    6 Juli 2013 pukul 15:33

    Ya Allah kenapa nasib anak muda sekarng seperti itu..mengedepankan nafsu.,knapa tidak bisa mengontrol dirinya bahwa di kanan kirinya malaikat melihatnya astofillah…ampunilah dosa dosa mereka,,,selamatkan mereka dri jilatan api neraka…,

    nurman said:
    6 Juli 2013 pukul 15:40

    wahai para ustad aq titipkan kepadamu anak bangsa…selamatkan ahlaq,moral mereka jangan sampai mereka melakukan zina….

    nurman said:
    6 Juli 2013 pukul 15:46

    wahai para pemuda jikalo kalian tidak kuat untuk menahan nafsu.maka berzikirla,lo g bisa berpuasalah.lo g bisa menhan segeralah menikah,biar tidak jatuh ke zina……

    erlina said:
    25 Juli 2013 pukul 06:46

    assalamu’alaikum… Saya mau tanya.. Klo prnh di masukin jari tangan…tpi blm prnh dimasuki alat kelamin laki laki…apakah besok klo mlm prtma dengan suami apakah bisa keluar darah … ?? Saya takutnya tdak bsa keluar darah klo sudah d masuki jari…pdhl laki laki kebanyakan taunya klo perawan itu keluar darah saat hubungan di mlm prtama.. .

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s