Ternyata Banyak Ormas Islam Menentang Fatwa MUI perihal Hukum Golput/Rokok

Posted on Updated on

Fatwa terbaru MUI tentang golput dan rokok menuai banyak tentangan. Penentangnya pun bukan sekadar individu atau orang awam, melainkan juga sejumlah ormas Islam. Bahkan, dua ormas Islam terbesar di Indonesia, yakni Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, termasuk di dalamnya. (Aneh, nggak, sih?)

Penentangan yang paling keras justru muncul dari ormas Islam terbesar, yakni NU. Sikap NU tercermin dalam situs resminya. Di situs ini diberitakan, “Pesantren Jawa-Madura Tolak Fatwa MUI“, “PBNU Anggap Golput Hak, tapi Tak Setuju Kampanye Golput“, “Fatwa Haram Merokok MUI Tak Berlaku di Madura“, “Ulama Kudus Anggap MUI Permainkan Hukum“, “Tidak Semua Fatwa MUI Kontroversial“, dan sebagainya.

Penentangan dari Muhammadiyah ternyata juga keras, walaupun tidak sekeras sikap NU. Di situs resmi Muhammadiyah diberitakan “Din: Ulama, Jangan Asal Berfatwa“. Maksudnya, meskipun fatwa merupakan kewenangan ulama, Din (Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah) mengingatkan, para ulama harus arif dan bijaksana, dan selalu memperhatikan kondisi masyarakat. “Seperti golput misalnya, tidak semua bisa dikaitkan dengan hukum agama halal dan haram”, sanggahnya. Selaras dengan itu, menurut Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Bahtiar Effendi, “Sebaiknya MUI Mencabut Fatwa Golput“.

Dalam pemilihan presiden 2004, “11 Ormas Islam Pilih Golput di Putaran Kedua“. Ormas-Ormas Islam tersebut ialah Muhammadiyah, Persis (Persatuan Islam), KAHMI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam), Majelis Dakwah Islamiyah, Dewan Masjid Indonesia, Al Ittidaiyah, Gerakan Muslimat Indonesia, Wanita Islam Indonesia, Badan Organisasi Wanita Islam Indonesia, Persatuan Islam Thionghoa Indonesia, dan KBTII.

Yang saya belum mengerti, MUI itu ‘kan himpunan ulama dari berbagai organisasi, termasuk ormas-ormas islam tersebut. Mengapa fatwanya bertentangan dengan sikap ormas-ormas tersebut, yang tiga diantaranya justru tergolong ormas islam terbesar di Indonesia (yaitu NU, Muhammadiyah, dan Persatuan Islam)? Apakah komposisi MUI saat ini kurang representatif (karena dikuasai oleh kelompok tertentu saja)?

—Artikel terkait di WordPress.com:

29 January 2009 by Ki Semar on PENA KI SEMAR
SEGERA BENTUK MAHKAMAH FATWA INDONESIA Majelis Ulama Indonesia (MUI) merupakan pusat organisasi Islam …  ke 3 Fatwa yang di keluarkan MUI : 1. Fatwa Mengharamkan GOLPUT 2. Fatwa Mengharamkan Menikahi Teman Sekantor 3. Fatwa Mengharamkan …  Merokok : Larangan ini akan membuat banyak Pabrik Rokok menutup usahanya. Hal ini akan berdampak pada melejitnya ANGKA …

…  width=”170″ caption=”Benarkah pengharaman rokok itu solusi?”][/caption] Hasil Sidang Pleno Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) se-Indonesia yang ketiga di aula Perguruan …

29 January 2009 by ta2anarchy on indonesian street lifestyle
GOLPUT haram… ROKOK ikutan semi haram juga…….. itulah fatwa baru yang di keluarkan …

29 January 2009 by ricky04 on Ricky Indrakari
…  alasan mengapa saya harus baro’ (lepas diri) terhadap fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Oleh Fauzan Al-Anshari Dalam tulisan …  yaitu fatwa tentang dilarangnya merokok dan haramnya golput . Seperti diketahui, menjadi golongan putih (golput ) diharamkan oleh …
Tags: 1, MUI, golput, Politik

29 January 2009 by Anti KApiTalis on aNtiKapItaLis
…  440] Kontroversi di seputar usulan fatwa haramnya golput dalam Pemilu—yang pernah dilontarkan oleh Ketua MPR Hidayat Nurwahid …  sejumlah masalah seperti kasus penikahan dini, senam yoga, rokok , bank mata dan organ tubuh lainnya serta sejumlah UU. Terkait …
Tags: Politik

29 January 2009 by zainurie on “APA KATA DUNIA?..”
…  berarti baru merupakan tuturan.  Wacana berbeda dengan fatwa , yang menurut kamus berarti: jawab (keputusan, pendapat) yang diberikan …  dibicarakan mengenai fatwa MUI mengenai hukum rokok , golput , yoga, dsb.   Sejak didirikan pemerintah Orde Baru, dulu MUI hanya …

29 January 2009 by bintangkesiangan on AnakMudaIndonesia
…  mengeluarkan fatwa tentang haramnya merokok dan golput , kok bisa ya apakah rokok dan golput ini mencapai tingkat yg sangat berbahaya bagi bangsa ini …

…  saja, opini yang tengah marak di obrolkan tentang fatwa MUI yang begitu kontroversial hari-hari ini. Saking kontroversialnya, dan …  ramai memperbincangkan fatwa MUI soal keharaman rokok dan golput . Fatwa itu tentu dibuat untuk kemaslahatan umat. Tetapi kali ini …

29 January 2009 by ardy on Ar Ruhul Jadid
Fatwa MUI tentang larangan merokok dan golput telah resmi diketok palu. Namun, banyak kalangan masyarakat yang …  negatif bagi kesehatan dan lingkungan. Di sisi lain, golput juga dikecam keras oleh MUI. Karena golput itu sendiri bisa menimbulkan …

29 January 2009 by isl4my on Islamy’s Weblog
…  kejalan Allah Ta’ala dan RasulNya justru mengeluarkan fatwa yang ganjil dan aneh dan mendasari fatwa nya dengan dasar yang tidak …  . Fatwa Ulama Tentang Rokok Berikutnya MUI berfatwa golput haram, ketahuilah bahwa pemerintah dita’ati jika mengikuti Allah dan …

29 January 2009 by habibhasan on ::Anti MUI::
…  Ulama (NU) cueki putusan Forum Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia III terkait fatwa haram rokok untuk anak-anak, ibu-ibu hamil, di tempat umum, dan pengurus MUI. …  rokok , MUI juga mengharamkan senam Yoga dan tindakan golput . Pengamat politik Azyumardi Azra mengemukakan, fatwa haram MUI …
Tags: Artikel, fatwa, MUI, Nu

29 January 2009 by dh23 on Mr.Brightside
…  lama ini MUI sudah mengeluarkan sebuah fatwa yang menjadi fenomena di masyarakat. ya terdapat kurang lebih tiga buah …  juga memikirkan para petani dan pekerja buruh pabri rokok ? apakah mereka berpikir juga , mereka para ulama termasuk perokok atau tidak. berkacalah… kedua mengenai fatwa Golput atau golongan putih. berdasarkan data statistik diperoleh bahwa angka …
Tags: Politik

29 January 2009 by masdeewee on Masdeewee Yuuk
…  kali membaca berita tentang pengharaman golput , saya yang kebetulan orang Jawa hanya bisa mengurut dada. Seketika itu …  akan mendapat 1 pahala bila salah dan 2 pahala bila fatwa itu benar. Tapi bagaimana dengan fatwa yang satu ini? Sudahkah dikaji …  ini ada pula fatwa yang setengah hati. Yaitu, fatwa haram rokok bagi anak-anak, pelajar, dan ibu hamil. Sangat lucu bila saya bayangkan …
Tags: Indonesia

…  menuai kontroversi lagi! Mengeluarkan fatwa haramnya rokok dan golput ! Reaksipun beragam. Dan tanggapan masyarakat dan juga blogger sama …

…  lekat lagi namanya di kuping saya setelah mengeluarkan dua fatwa pekan ini. Fatwa pertama soal merokok . Untuk yang rokok saya mengamini. …  untuk yang kedua, soal fatwa haram Golongan Putih (Golput ), ini menjengkelkan saya. Nah untuk yang urusan Golput , menurut saya …

29 January 2009 by setiawanbest on Setiawanbest’s Blog
…  terdengar dengan jelas fatwa haram yang dilontarkan oleh Majelis Ulama Indonesia tentang rokok dan golongan putih atau yang lebih kita kenal dengan sebutan golput , fatwa tentang kedua hal inilah yang seolah olah dipolitisir oleh …

29 January 2009 by darwinho on PERJALANAN SETAPAK
…  waktu yg lalu MUI mengeluarkan fatwa mengenai bagaimana hukumnya merokok & golput . Setelah melalui diskusi yg panjang akhirnya diperoleh hasil: Fatwa  …  soroti adalah sebelum 2 fatwa itu keluar-terutama fatwa rokok haram-saya menangkap sebuah kesan bahwa banyak kalangan yg menentang …

28 January 2009 by wahyukokkang on Wahyu Kokkang
…  Saja MUI BerfatwaFatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mengharamkan rokok dan masalah golput menarik perhatian masyarakat. Sederhana saja, rokok dan golput  …

29 January 2009 by assajjad on MyArtikel
…  ikhtilaf ulama dunia tentang rokok ini, maka fatwa MUI tak bisa dijadikan rujukan hukum mutlak akan haramnya rokok , karena …  mayoritas kyai dan santri mengenai pengharaman MUI atas golput , itupun menurut saya, bisa saja jebakan politik. Agar suara umat ini …

28 January 2009 by djunaedird on DjunDiBlog
…  MPR Hidayat Nurwahid mengusulkan agar MUI mengeluarkan fatwa haram terkait masalah golput . Namun MUI menilai, urusan golput bukan masalah agama melainkan …  Golput , adalah benar adanya. Lain golput lain rokok . Setelah menjadi wacana di banyak media masa. Ada yang pro dan ada yang …

29 January 2009 by bayu200687 on merefleksi dunia(ku)
…  inilah hal2 yg akhir2 ini menyita pikiranku… Fatwa Golput Fatwa MUI menyatakan Golput itu haram! Whatta heck! Secara …

Mengapa Fatwa -fatwa Haram MUI tidak digubris? Januari 29, 2009 oleh hmcahyo MUI menuai kontroversi lagi! Mengeluarkan fatwa haramnya rokok dan golput ! Reaksipun beragam. Dan tanggapan masyarakat dan juga blogger sama …

28 January 2009 by imantg on ide lain melihat hidup
…  SIH MUI HARUS SIBUK SAMPE URUSIN MASALAH ROKOK DAN GOLPUT SEGALA? PAKE KELUARIN FATWA HARAM LAGI SUDAH GITU YANG JELAS2 HARAM (MENURUT AKU) MALAH DIHALALKAN …

29 January 2009 by abisyakir on LANGIT BIRU Articles
…  ada namun tidak dipilih, menjadi haram”. Demikian bunyi Fatwa yang disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi Fatwa MUI Ali Mustafa Ya’qub …  mengeluarkan banyak fatwa diantaranya soal rokok dan soal Golput (golongan putih, alias tidak mencoblos di Pemilu). Banyak yang tidak …

29 January 2009 by moeslemquwh on Moeslemlove4all’s Blog
…  ini, berita tentang MUI yang membuat sejumlah fatwa mengenai Golput , rokok dan olah raga Yoga, membuat saya tersenyum. Bukan karena mendukung …

28 January 2009 by infobantul on Infobantul’s Blog
…  Sejahtera (DPD PKS) Bantul Arif Haryanto mendukung fatwa haram MUI terhadap golongan putih (golput ) bagi umat islam. Arif menilai partisipasi rakyat dalam pemilihan umum …

28 January 2009 by Jupri on Jupri Kluwan ‘ s Blog
…  sidang Forum Ijtima’ Ulama III Majelis Fatwa MUI dibahas tentang berbagai masalah seperti tentang rokok , yoga , golput , dan aborsi. Namun dalam putusan sidang tersebut menuai banyak …

…  ini cuma iseng aja berpendapat soal fatwa MUI kalo rokok :Haram bersyarat dan golput :Haram this is Kyai yang rokok nya ngepul,gak punya duit. So kalo golput  …

28 January 2009 by ydamor on MUSLIM MENJAWAB TANTANGAN
Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) memicu kontroversi. Sejumlah fatwa itu dianggap …  MUI mengeluarkan aturan tentang golongan putih, aborsi, rokok , dan yoga. Hanya saja, baru sehari dimunculkan, fatwa tersebut …  mengundang perdebatan. Beberapa fatwa seperti yoga dan golput dianggap tak relevan. Pasalnya, golput merupakan wilayah politik, …

28 January 2009 by angga pratama on gakpentingbanged
…  yang cukup menarik untuk kita bahas dan kritisi mengenai fatwa MUI yang dikeluarkan. Secara garis besar ada 3 fatwa yang dikeluarkan …  kebanyakan masyarakat sekarang ini cenderung menjadi golput (golongan putih) apatisme masyarakat terhadap partai politik/calon …

28 January 2009 by sheinastya putri on YOU’RE 8EAUTIFUL,,
…  nech… aq baca di koran Minggu tgl.25feb’09 tentang fatwa MUI utk beberapa hal yang katanya sihhhhh diharamkan. Setahuku itu ROKOK , YOGA, n GOLPUT .aq cuma mo koment dikit aja kok about it. 1)kalo tentang rokok , aq …
Tags: Unek-unek

28 January 2009 by Romeltea on ERAISLAM
…  agar Mejelis Ulama Indonesia (MUI) segera menerbitkan Fatwa Rokok Haram. Mereka adalah Komite Nasional Perlindungan Anak yang …  Padangpanjang, Sabtu (24/1), mengatakan, “Rokok dan golput tidak bisa difatwa kan halal atau haram.” Ia mengatakan golput alias …

28 January 2009 by cahayasura on Cahaya Sura
…  kita tahu, beberapa hari lalu MUI mengeluarkan puluhan fatwa , beberapa diantaranya mengundang polemik, seperti fatwa tentang rokok yang tidak tegas, tentang yoga, dan tentang “golput “. Tetapi sesungguhnya, fatwa yang paling aneh adalah berikut ini: …

28 January 2009 by hary8 on Hary8′s Blog
…  Membara Usai Melahirkan * 17:38 Tifatul: Fatwa Golput Bukan Pesanan PKS * 16:15 14 WNI Kemungkinan Masih …

28 January 2009 by purwonosobo on Purwono Ibnu Harnudin Personal Blog’s
…  ini, orang-orang lagi rame membicarakan fatwa MUI tentang Golput dan Rokok . Kemarin dulu rame-rame tentang fatwa sesat aliran Ahmadiyah. …

28 January 2009 by ratna ariani on Saatnya HATI NURANI bicara
…  dan KDRT yang diharamkan? Demikian halnya melarang golput , bukan hanya MUI, pernyataan PGI dan KWI sudah lebih dulu menghimbau …  dan haram. Hal itu diputuskan Forum Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia III di Padang Panjang, Sumatera Barat, Minggu (26-1).  …

…  ulama indonesia) beberapa waktu yang lalu mengeluarkan fatwa haram merokok , golput , dan yoga. perlu diketahui bersama bahwa MUI posisi dan kedudukannya …
Tags: 1

28 January 2009 by donypratama on Last Stands Hero
…  Indonesia dalam sebuah interview di media menjelaskan Fatwa Haram MUI yang baru saja diputuskan,fatwa haram ini mencakup fatwa haram untuk merokok ,golput dan yoga . Ketua MUI menjelaskan bahwa hal ini perlu dilakukan untuk …  adalah petani tembakau ,buruh pabrik dan perusahaan rokok di Indonesia, karena rokok juga sudah diharamkan oleh MUI.Kita sama sama …

27 January 2009 by indracyd on INDRACYD’S WEBLOG
…  Bapak Ismanu Soemiran.   Dari Bapak Nurwahid, fatwa tersebut membawa dampak positif,  rakyat Indonesia bisa hidup sehat. …  menjadikan tanda akan Kebesaran-Nya. Untuk fenomena golput bagaimana Bung Cyd!???, Cyd! menjawab dengan “Belajar, belajar, …
Tags: myopinion

27 January 2009 by SufiMuda on SUFI MUDA
…  merencanakan akan mengeluarkan fatwa yang menghebohkan dengan mengharamkan rokok . Sebagaimana yang diberitakan suara karya  Forum Ijtima Ulama Komisi …  VCD, pesanan siapa ya? Bill Gates kali… J Fatwa haram golput dari MUI Madura juga mengundang kontroversi. Saat tulisan ini saya tulis …

27 January 2009 by vatonie on this is my nice world
…  mereka terhenyak ketika mendengar sebuah berita: Yoga, Golput dan Merokok di haramkan di bumi Indonesia. Wah, ini bencana…..sebuah …  untuk membangkang perintahNya, karena dengan keluarnya fatwa itu, akan banyak rakyat Indonesia yang masuk neraka!!!!! Mereka …

27 January 2009 by akhta on akhta’s Blog
…  lagi fatwa MUI yang menurut saya setengah hati sebab ada pengklasifikasian dalam …  Jadi segera dikeluarkan undang-undang yang melarang rokok dan memberi sangsi bagi yang memproduksi, mengedarkan, mengkonsumsi dan …  salah dibikin bener. Kalo anda jadi begitu lebih baik saya golput nggak memilih anda sebagai ulama saya lagi. …

27 January 2009 by ranilukita on Because this life isn’t that narrow
…  berita tersebut mengabarkan hasil Pertemuan Majelis Fatwa MUI di Padang, termasuk di dalamnya terdapat hasil wawancara mengenai …  satu huruf pun redaksi yang tertulis di koran Jawa Pos. Rokok , hukumnya dilarang, yakni antara haram dan makruh. Tetapi, dikhususkan …  pria yang melakukan vasektomi bisa disuburkan kembali. Golput , hukumnya haram jika ada pimpinan memenuhi syarat dalam …

27 January 2009 by koransobek on Koran Sobek
…  telah mengeluarkan Fatwa haram kepada mereka yang  Golput ( golongan putih ) . sebenar nya sikap golput itu adalah bukti bahwa …  yang bertendensi politis karena sudah dipolitisasi. Rokok sudah ada fatwa haram nya lalu sekarang golput juga ada fatwa haram nya, …

27 January 2009 by indra1082 on m2s blog
…  di sebagian besar wilayah Indonesia, serta keluarnya Fatwa Haram untuk Rokok , Yoga dan Golput oleh MUI(Majelis Ulama Indonesia. Dibalik itu semua ada sebuah peristiwa …

27 January 2009 by deddynoer on Deddynoer’s Blog
…  WIB PADANGPANJANG, MINGGU — Forum Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia III memutuskan, merokok hukumnya “dilarang”, yakni …  umat abstain atau tidak menggunakan hak pilihnya alias golput dalam pemilihan umum tahun ini. “Sepanjang ada calon pemimpin yang …

27 January 2009 by Yusuf KS on COLORS OF JOHOHOHO…!!!
…  Ijtima Komisi Fatwa Majlis Ulama Indonesia 2009 telah menetapkan 24 fatwa baru. Beberapa di …  hukumnya adalah haram! Dalam kalimat lain (detik.com) : Golput haram hukumnya bila masih ada pemimpin yang layak pilih. Bila tidak ada …  memaklumi para ulama zaman dahulu yang memberi fatwa hukum rokok itu makruh karena keterbatasan pengetahuan tentang rokok pada saat itu, …

27 January 2009 by annas on
…  saya cowok, gak hamil dan udah tua. Jad say goodbye ama fatwa MUI tentang rokok . Tapi ngawur juga ya, koq yang beginian diurusin, kalo …  itu wajib ya, atinya kalo menganut teori berlawanan, Golput = Haram . nah yang saya belum mudeng itu, bagaimana kalo warga yang gak …

27 January 2009 by maysaroh on Mulutusil’s Blog
…  pengen usil seusil-usilnya… MUI baru aja ngeluarin fatwa mengenai rokok (beritanya disini). Fatwa nya begini, rokok haram untuk ibu …  fatwa lainnya yg menurut gw aneh adalah mengenai masalah GOLPUT . Helloooowww…..please deh (lebay mode-on). Orang awam juga bisa liat …
Tags: Usil, iseng

27 January 2009 by elfatih2007 on Perindu Kebenaran
…  musyawarah ijtima’ fatwa Majelis Ulama Indonesia di Padangpanjang, Sumatera Barat yang berakhir Senin kemarin, MUI akhirnya memfatwa kan haramnya golput . Umat Islam diwajibkan memilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2009.  …  nyelenehnya Lembaga ini, disamping memfatwa kan haramnya rokok . Maka jauh-jauh sebelumnya Nabi Ibrahim as sebagai uswatun hasanah/suri …

27 January 2009 by aanpiyut on curat-coret
…  bencana nasional yang ketiga kalinya yaitu keluarnya Fatwa MUI tentang Rokok Haram dan Golput haram. Pada kasus pertama, bancana yg terjadi telah memberikan …

27 January 2009 by Romeltea on ROMELTEA Ideas Center
…  akhirnya memfatwa kan golongan putih (golput ) haram hukumnya. Artinya, umat Islam wajib menggunakan hak pilihnya atau …  golput haram = golongan hitam wajib/halal? Saat wacana fatwa haram golput menggelinding, saya menulis artikel “Wah, Golput  …  Islam itu fleksibel, luwes, dan luas. Ok deh kalo soal rokok , saya setuju… Tapi soal fatwa haram golput ? Hmm… fatwa yang aneh… …
Tags: Politik, Islam

…  dan menggugat. Kenapa Forum Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia III ini digelar? “Ini berdasarkan ajuan banyak …  Tak ada unsur penyelesaian problem sosial. Soal golput misalnya. Kenapa tidak dikaji terlebih dahulu, mengapa masyarakat enggan …  ilmuwan, mahasiswa, semua awam? Sementara itu, fatwa rokok . Karena para pembahas yang kebanyakan para ulama perokok , lantas fatwa  …

26 January 2009 by eronian on langgam kinasih mochammad
…  ini berita terhangat seputar halal-haram adalah mengenai golput dan rokok . Ada perlakuan berbeda dari MUI dalam penetapan halal-haram …  komentar soal yang ini tapi ngomong-ngomong, sudah ada fatwa haram untuk korupsi/suap apa belum ya, he..he.. 3. MUI sangat …

27 January 2009 by arieronaldo on Arieronaldo’s Weblog
…  aja MUI ngeluarin Fatwa haram buat Rokok , Yoga (cuma yang ada bau bau agama laen, yang cuma senam boleh), dan Golput (untuk pemilu 2009) buat rokok MUI mespesifikasi buat anak kecil dan …

…  MUI(Majelis Ulama Indonesia) membuat fatwa baru yang konterversi seperti pelarangan merokok , dilarang GOLPUT (golongan Putih) dalam pemilihan umum dan aborsi di atas 40 …  Terutama Petani Tembakau kalau perusahan dan pencandu rokok   “si ga apa-apa” tapi kalau petani tembakau harus dapet …

27 January 2009 by yudhiimam on yudhiimam
…  malam kemarin MUI akan mengadakan rapat tentang Fatwa , diantaranya adalah fatwa rokok , yoga dan golput yang diadakan di Padang. Dalam hati saya mengatakan apakah perlu hal-hal …

27 January 2009 by loperkoran on Catatan harian sang Loper Koran,..
…  ini majelis ulama aneh indonesia ini mengeluarkan beberapa fatwa lucu, halam dan haram [sebelumnya sudah sering, yang lucu2]. Ada fatwa  …  makruh rokok ? Haram bagi yang tidak memilih di pemilu [golput ], waduh ne akibatnya kalo para ulama sudah maen-maen sama politik, apa …
Tags: mbanyol

26 January 2009 by M Shodiq Mustika on Tuntunan Islam
…  berita, baru saja MUI keluarkan fatwa yang agak sensitif. Ketua Komisi Fatwa MUI Sumatera Barat Gusrizal Gazahar mengatakan, ulama sepakat memutuskan golput hukumnya haram jika ada pimpinan yang dipilih memenuhi syarat. …  makruh yang dekat dengan haram. Dalam fatwa MUI ini, hukum rokok adalah makruh yang dekat dengan haram.) Mungkin ada tidak sedikit …

37 thoughts on “Ternyata Banyak Ormas Islam Menentang Fatwa MUI perihal Hukum Golput/Rokok

    annas said:
    30 Januari 2009 pukul 10:13

    saya juga termasuk orang yang menentang mas…. tapi saya bukan dari ormas… soalnya suka ngada-ngada aja dah MUI….
    mendingan petasan yag diharamkan, ketimbang rokok, mudharat-nya jauh lebih besar…

    golput diharamkan, apa-apa pula lah. pilihan orang koq diharam-haramkan…

    salam,

    jejak bugil

    http://jejakannas.wordpress.com/

    cenya95 said:
    30 Januari 2009 pukul 10:43

    Banyak juga ya… yang menentang.
    Tapi, apakah MUI mendengarkannya ?
    Apa jadinya bila MUI tidak didengar lagi oleh para moslem ?
    Haram buat MUI tapi tidak bagi yang lain.

    ricky04 said:
    30 Januari 2009 pukul 11:03

    Rokok mudharatnya akan timbal balik, baik kpd perokok aktif & pasif, mudah2-an disiplin utk tidak merokok di tempat2 umum & ruang ber-AC bisa ditegakkan.
    Saya pikir ijtihad MUI adalah suatu bentuk pensikapan atas perilaku kaum muslimin/at yg dikawatirkan bisa membawa kerugian dari aspek mater & non-materi.

    Wassalam,

    http://rindrakari.com

    Musadiq Marhaban said:
    30 Januari 2009 pukul 12:41

    Kalau ia suatu upaya untuk membangun sikap, maka sebaiknya adalah dengan cara membangun pendidikan akhlak Islami di masyarakat dan juga penertiban hukum oleh aparat negara, dan bukan dengan cara mengeluarkan fatwa, karena fatwa pengharaman rokok apalagi masalah golput segala, jelas sama sekali tidak akan mampu untuk mengefektifkan kedua hal di atas.

    Fatwa-fatwa MUI ini menurut hemat saya tidak bersandar pada syariat dan hanya semata-mata kepentingan golongan tertentu saja.

    winsolu said:
    30 Januari 2009 pukul 13:47

    Jelas, bahwa ada intervensi pemerintah tentang keputusan MUI untuk mengeluarkan fatwa haram golput karena beberapa saat lagi ada pemilu raya di Indonesia.

    Dan setelah dilihat istimbat hukum dari MUI banyak yang tidak tepat/kekuatan dalilnya tidak pada tempatnya. Misalnya ada salah satu dalil yang mengambil dari UUD 1945, dan sudah kita ketahui bahwa sumber hukum Islam itu adalah Al Qur’an, hadist, Ijma’ dan Qiyas.

    annisa said:
    30 Januari 2009 pukul 14:29

    sebenarnya mau diharamkan atau ndak, kalau pola pikir masyarakatnya masih belum berubah, ya ndak ngaruh juga.
    buktinya, di kampus saya, tetep aja temen2 merokok sesukanya, seperti dianggap angin lalu saja itu fatwa, khawatirnya, MUI lama-lama kehilangan wibawanya.

    agak sulit kalau MUI bekerja sendirian, sementara pemerintah tahun 2010 (kalau ndak salah) meningkatkan produksi rokok sampai -sekian miliar batang-, lho…3x ada apa ini, dilarang tapi kok produksi semakin menjadi, kan jadi aneh

    belum lagi tidak adanya ketegasan dari pemerintah. Kalau di negara luar, seperti jepang misalnya, tu pelajar2 kagak bakalan bisa dapat itu rokok sembarangan, nah di negeri kita, survei KOMNAS HAM perlindungan anak mengeluarkan hasil yang mengejutkan, mosok anak umur 4 tahun sudah ada yang merokok, itukan apa ya???? ummm masya Allah indonesia

    rasef said:
    30 Januari 2009 pukul 16:05

    Saya pikir MUI itu tidak ada kerjaan dan buat sensasi saja, kenapa rokok dan cara kita golput itu menjadi “HUKUMNYA HARAM”. Padahal di dalam Al-qur’an dan Hadist itu sudah jelas mana2 saja makanan yang tidak di bolehkan dalam agama islam. Kemudian ada kah didalam Al-qur’an dan hadist bahwa merokok dan golput itu hukumnya Haram….!!
    Dan yang paling berkesan saya pikir MUI itu tidak usah membahas ke 2 masalah tersebut, masih banyak PR : MUI di negara kita ini yg perlu mereka bahas spt: tempat2 maksiat, korupsi, masalah jemaah haji dll.

    Imam Syatibi said:
    30 Januari 2009 pukul 21:57

    MUI tu siapa toooo? cobak mas penulis carikan sejarahnya dan diulas… saya yakin sodara bisa…. ;)

    saya orang dari jam’iyyatul ududiyyah al hisabi al jarumi (komunitas saya) gag peduli omongan MUI…

    kalimat buat MUI,”Siapa sih, looh?”
    :mrgreen:

    budhikw said:
    30 Januari 2009 pukul 22:37

    Melihat sidang MUI seperti nonton sidang DPR (Dewan Parodi Rakyat) di Democrazy. Keputusannya nggak mutu, gampang ditebak, dan cuma bikin kontroversi.
    Baca : http://budhikw.wordpress.com/2009/01/26/dagelan-mui-tentang-fatwa-rokomui/

    cortex17 said:
    31 Januari 2009 pukul 09:50

    hohohohooo…..
    golput pun skarang d kaitkan dgn agama

    must see:

    http://www.cortex17.dragonadopters.com/

    bashir21 said:
    31 Januari 2009 pukul 12:17

    Assalamu’alaikum , Menurut saya definisi haram sendiri adalah segala yang memberikan dampak yang buruk bagi diri sendiri atau lingkungan sekitarnya, saya yakin para pembaca tlah mengetahui apa saja yang baik bagi diri mereka, dan bila masih ragu maka ada sebuah hadist yang dapat jadi pertimbangan: Rosululloh SAW bersabda”mintalah fatwa pada hatimu, karena kebenaran adalah sesuatu yang membuat hati tentram”. Yang jadi masalah dapatkah kita mendengarkan suara hati masing-masing? dapatkah kita membedakan antara suara hati dan seruan nafsu? mudah-mudahan Alloh SWT selalu senantiasa menuntun hati kita pada kebenaran dan membuka hati kita untuk menerima setiap kebenaran. amin

    bashir21 said:
    31 Januari 2009 pukul 12:24

    Untuk Golput sendiri menurut saya kita memang harus menentukan pilihan, walaupun pilihannya buruk. Kita harus dapat memilih mana yang lebih sedikit keburukannya. Misal jika ada pilihan antara capres pria nasionalis dan capres wanita nasionalis, saya lebih baik memilih capres pria walaupun saya merasa tidak sepaham, jika sebuah negara dipimpin oleh wanita maka negara tersebut hanya tinggal menunggu kehancurannya.

    [...] Ternyata Banyak Ormas Islam Menentang Fatwa MUI perihal Hukum Golput/Rokok [...]

    ta2anarchy said:
    1 Februari 2009 pukul 17:58

    yah skarang emang zaman edan..ulama yang harusnya sebagai penuntun umat malah menjadi pembingung umat..umatnya yang kesasar pa ulamanya yahhh………????,semoga alloh memberi jawaban secepatnya ,tidak membiarkan umatnya semakin puzziiinnkk…

    M Shodiq Mustika responded:
    1 Februari 2009 pukul 20:38

    @ta2anarchy
    amien
    semoga Allah memberi jawaban secepat nya

    [...] Diantaranya: membudayakan korupsi, menyuburkan materialisme, mengakali hukum negara, melecehkan fatwa MUI, dan sebagainya. Diantara sebab-sebab semakin membudayanya perayaan Hari Valentin, yang paling [...]

    zamani said:
    9 Februari 2009 pukul 11:57

    golput haram,……jangan-jangan ada anggota mui yang mau mencalonkan diri jadi…..???,bagaimana kalau golput diganti nama atau kita sebut menjadi khowarij??

      ridho said:
      11 Juni 2009 pukul 19:19

      memang bxk anggapan yg demikian, namun sebelum ada bukti kita hanyabisa berspekulasi saja!!

    vatonie said:
    27 Februari 2009 pukul 07:22

    nice post mas…

    wah, banyak sekali artikel yang dikumpulkan (termasuk punya saya, he he he, makasih makasih) jadi terbantu….

    Salam kenal ya mas

      M Shodiq Mustika responded:
      27 Februari 2009 pukul 10:09

      @ vatonie
      Salam kenal kembali… Makasih atas dukunganmu terhadap post di atas.

    hmcahyo said:
    27 Februari 2009 pukul 13:27

    wah…. punya saya masuk juga :D

    Andi said:
    3 Maret 2009 pukul 14:30

    Terima kasih artikel saya sudah dimasukkan.

    Abu Fathan As Salafy said:
    11 Maret 2009 pukul 12:07

    asalamualaikum Markaz Abu Fathan mempersembahkan 3 situs utk menambah ilmu dienul islam anda
    kunjungi : http://www.markazsunnah.co.cc dan http://www.desasalaf.co.cc serta http://www.desasalafy.co.cc moga bermanfaat

    loperkoran said:
    19 Maret 2009 pukul 12:37

    tengkyu, artikel saia ikut dimuat,…

    apapun itu, setidaknya halal haram tidaklah membingungkan itu cukupkan? bukannya malah dibuat lucu gini ma para sesepuh dan kyai,…
    Majelis Ulama [aneh] Indonesia.

    acenkmordane said:
    25 Maret 2009 pukul 03:48

    Majelis Ulama Idiot

    Andaikan makhluk yang bernama fatwa sudah sejak dulu menemani bangsa Indonesia, tentu masyarakat kita menjadi terbiasa bergaul dengannya sehingga tidak mudah uring-uringan seperti yang hari-hari ini terjadi.

    Misalnya pada awal 1900-an kaum ulama melontarkan fatwa bahwa Kebangkitan Nasional bangsa Indonesia itu wajib hukumnya (sehingga tidak bangkit itu haram hukumnya). Demikian juga mempersatukan seluruh pemuda Indonesia itu fardhu kifayah (semua orang tidak bersalah asal ada sebagian yang menjalankannya).

    Sumpah Pemuda itu fardhu ‘ain, kewajiban bagi setiap orang, kalau tidak bersumpah bergabung dalam persatuan Indonesia haram hukumnya. Berikutnya begitu Hiroshima- Nagasaki dibom atom, ulama Indonesia sigap melontarkan fatwa bahwa memproklamasi kan kemerdekaan Republik Indonesia itu wajib sehingga masuk neraka bagi siapa saja yang menolak 17 Agustus 1945.

    Lantas diikuti oleh ratusan atau bahkan ribuan fatwa berikutnya: demokrasi itu wajib (meskipun di dalamnya ada komunisme itu haram).Tidak menaati UUD 1945 itu haram. Konstituante dan Piagam Jakarta dicari formula fatwanya. Katakanlah sejak pra-Kebangkitan Nasional hingga era Reformasi sekarang ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah menelurkan lebih dari 5.000 fatwa.

    Makhluk Suci dari Langit

    Sementara kita simpan di laci dulu perdebatan tentang positioning antara negara dengan agama. Kita istirahat tak usah bergunjing ulama itu sejajar
    dengan umara (pemerintah) ataukah di atasnya ataukah di bawahnya. Juga kita tunda menganalisis lebih tinggi mana tingkat kekuatan fatwa kaum ulama dibandingkan undang-undang dan hukum negara.

    Entah apa pun namanya makhluk Indonesia ini: negara sekuler, demokrasi religius, kapitalisme sosialis atau sosialisme kapitalis,atau apa pun. Kita mengandaikan saja bahwa produk kaum ulama,khususnya MUI, berposisi sebagai inspirator bagi laju pasang surutnya pelaksanaan kehidupan bernegara dan berbangsa.

    Sebutlah ulama adalah partner pemerintah. Kaum ulama adalah makhluk suci berasal dari langit, memanggul amanat Allah sebagai khalifatullah fil ardli Indonesia. Kita semua pun bersyukur karena dalam menjalankan demokrasi kita ditemani
    oleh utusan-utusan Tuhan.Dulu para rasul dengan mandat risalah, para nabi dengan mandat nubuwah, dan para ulama dengan mandat khilafah.

    Tidak semua soal kehidupan mampu diilmui oleh akal manusia, maka kita senang Tuhan kasih informasi dan tuntunan, terutama menyangkut hal-hal yang otak dan mental manusia tak sanggup menjangkau dan mengatasinya. Kaum ulama dalam majelisnya terdiri atas segala macam ahli dan pakar.

    Ada ulama pertanian, ulama ekologi, ulama perekonomian, ulama kehutanan, ulama kesehatan dan kedokteran, ulama, ulama kesenian dan kebudayaan, ulama fiqih, ulama tasawuf dan spiritualisme, ulama olahraga, dan segala bidang apa pun saja yang umat manusia menggelutinya karena memang seluruhnya itulah lingkup tugas khilafah atau kekhalifahan.

    Tradisi Fatwa dalam Negara

    Akan tetapi tradisi itu tak pernah ada.Fatwa terkadang nongol dan sangat sesekali. Mendadak ada fatwa tentang golput tanpa pernah ada fatwa tentang pemilu, pilkada, pilpres dengan segala sisi dan persoalannya yang sangat canggih. Tiba-tiba ada fatwa tentang rokok tanpa ada fatwa tentang pupuk kimia, tentang berbagai jenis narkoba, suplemen makanan dan minuman,penggusuran ,pembangunan mal, industri, kapitalisasi lembaga pendidikan,serta seribu soal lagi dalam kehidupan berbangsa kita. MUI mengambil bagian yang ditentukan tanpa pemetaan konteks masalah bangsa, tanpa skala prioritas, tanpa pemahaman konstelasi serta tanpa interkoneksi komprehensif antara berbagai soal dan konteks. Itu pun fatwa membatasi diri pada ”benda”. Makan ayam goreng halal atau haram? ”Dak tamtoh,” kata orang Madura.Tak tentu.Tergantung banyak hal.Kalau ayam curian,ya haram.

    Kalau seseorang mentraktir makan ayam goreng sementara teman yang ditraktirnya hanya dikasih makan tempe, lain lagi hukumnya. Makan ayam goreng secara demonstratif di depan orang berpuasa malah bisa haram, bisa makruh, bisa sunah. Haram karena menghina orang beribadah. Makruh karena bikin ngiri orang berpuasa.

    Sunah karena dia berjasa menguji kesabaran orang berpuasa. Beli sebotol air untuk kita minum, halal haramnya tak terletak hanya pada airnya. Kalau
    mau serius berfatwa perlu dilacak air itu produksi perusahaan apa, modalnya dari uang kolusi atau tidak, proses kapitalisasi air itu mengandung kezaliman sosial atau tidak?

    Kalau kencing dan buang air besar mutlak wajib hukumnya. Sebab kalau orang menolak kencing dan beol, berarti menentang tradisi metabolisme tubuh ciptaan Allah SWT. Berzikir tidak wajib, bahkan bisa makruh atau haram. Misalnya suami rajin shalat dan berzikir siang malam, istrinya yang setengah mati cari nafkah. Atau kita wiridan keras-keras di kamar ketika teman sekamar kita sedang sakit gigi.

    Hak Tuhan

    Butuh ruangan lebih lebar untuk menguraikan berbagai perspektif masalah yang menyangkut fatwa. Negara dan masyarakat tak perlu mencemaskan fatwa karena ada jarak serius antara fatwa dengan agama, apalagi antara fatwa dengan negara dan hukumnya.Terlebih lagi jarak antara fatwa dengan Tuhan.

    Yang berhak me-wajib-kan, menyunah- kan, me-mubah-kan, memakruh- kan dan meng-haram-kan sesuatu hanya Tuhan.Ulama dan kita semua hanya menafsiri sesuatu. Kalau MUI bilang ”rokok itu haram”, itu posisinya beliau-beliau berpendapat bahwa karena sesuatu dan lain hal, maka diperhitungkan bahwa Tuhan tidak memperkenankan hal itu diperbuat.

    Setiap orang, sepanjang memenuhi persyaratan metodologis dan syar’i, berhak menelurkan pendapat masing-masing tentang kehalalan dan keharaman rokok dan apa pun. Muhammadiyah dan NU pun tidak merekomendasikan pengharaman rokok. Artinya, para ulama dari dua organisasi Islam terbesar itu memiliki pendapat yang berbeda.

    Sebelum saya mengambil keputusan untuk mewakili pendapat Tuhan untuk mewajibkan menghalalkan atau mengharamkan sesuatu hal, sangat banyak persyaratan yang harus saya penuhi. Terutama persyaratan riset, sesaksama mungkin dan ini sungguh persoalan sangat besar, ruwet, luas, detail.

    Kemudian andaipun persyaratan itu mampu saya penuhi, saya tidak punya hak untuk mengharuskan siapa pun saja sependapat dengan saya atau apalagi melakukan dan tidak melakukan sesuatu sejalan dengan pandangan saya.Nabi saja tidak berhak mewajibkan siapa pun melakukan shalat.

    Hak itu ada hanya pada Tuhan, Nabi sekadar menyampaikan dan memelihara kemaslahatannya. Para ulama dan kita semua bisa kelak teruji, ternyata sependapat dengan Tuhan,bisa juga akan terlindas oleh peringatan keras Allah: ”Lima tuharrimu ma ahallallohu lak”,kenapa kau haramkan sesuatu yang dihalalkan oleh Tuhan untukmu? Tapi jangan lupa bisa juga terjadi sebaliknya : kenapa kamu halalkan yang Allah haramkan?

    Mungkin benar rokok itu haram dan saya akan masuk neraka karena itu, bersama ulama agung Indonesia Buya Hamka, perokok yang jauh lebih berat dibandingkan saya, Juga ada teman saya di neraka almarhum Kiai Mbah Siroj Klaten yang hingga usianya 94 tahun merokok empat bungkus sehari. Dengan demikian bangsa Indonesia akan tercatat sebagai pemegang rekor tertinggi masuk neraka karena rokok.

    Created by abu zikra
    acenkmordane@yahoo.com

      tahdi said:
      23 Mei 2009 pukul 14:12

      ma f mas… anda hati-hati ngmong seperti itu… “ulama adalah pewaris para nabi”. kalau anda lebih pintar,, tapi kenapa bukan anda yang berada di dalam MUI itu semdiri. mohon dibalas,,, terimakasih

      ridho said:
      11 Juni 2009 pukul 19:15

      liat konteks disekitar fatwa tersebut apalagi menganai golput!!!
      pada dasarnya rumor akan tumbuh jika tidak ada penjelasanx!!]

      wahyu kresna said:
      21 Juni 2009 pukul 10:33

      aduh, jdulnya itu lho, kok majelis ulama i****
      jangan mudah menjelek2kan mas! Hati2!

        M Shodiq Mustika responded:
        21 Juni 2009 pukul 11:07

        @ wahyu kresna
        Memberitakan perbedaan pendapat kok dibilang “menjelek2kan”?

    dodol said:
    6 April 2009 pukul 16:05

    Pernah lihat Ma’ruf Amin kampanye di PKNU ?
    Nah..kalo pernah liat, kira2 ada kepentingan apa fatwa haram golput itu dibuat.

      ridho said:
      11 Juni 2009 pukul 19:09

      benar!!!
      z sedang melakukan pnelitian mengenai fatwa golput ini, dugaan sementara adalah ada muatan politik dlam hasil ijtimah MUI di padang panjang, melihat partai yg berbasis islam tidakmemiliki suara yg signifikan dalam pmilu sebelumnya, tetapi skali lagi kita harus berfikir positif, demikian

    haickal said:
    2 Mei 2009 pukul 10:42

    aslmlkm pagi klo menurut saya bleh saja mengeluarkan fatwa larangan merokok tuh tpi cba lihat dlulah pada msa sekarang……!

    saya memng tidak perokok tpi memang sulit untuk mengeluarkan ftwa itu….gni ja stuju pa g orang mengenai ftwa tersebut sekarang kembali kepada diri masing-masing…Sukron….?????????

    tahdi said:
    23 Mei 2009 pukul 14:04

    assaalam wr wb.
    yang namanya fatwa adalah produk pemikiran sama halnya dengan fiqh.. yang kebenarannya adalah relatif.dan sifatnya tidak mengikat(mengikat bagi yang mengikuti)
    terimakasih.

      ridho said:
      11 Juni 2009 pukul 19:05

      ada dua versi menganai fatwa, ada yg mengatakan kalo fatwa itu sifatx himbauan dan ada juga yg mengatakan sbagai sesuatu yg wajib. mui memberikan jawaba atas pertanyaan umat tentang hukum dari suatu fenomena!!!

    ridho said:
    11 Juni 2009 pukul 19:01

    fatwa MUI ini sebaiknya disikapi secara positif karena mengingat partisipasi masyarakat terhadap pemilu relatif rendah, selama pelaksaan pemilu dari jaman orba samape 2009 persentase golput terus meningkat. fatwa ini dikeluarkan untuk mengantisipasi rendahnya partisipasi rakyat demi menciptakan legitimasi pemerintah.

    internet tips said:
    5 Oktober 2009 pukul 02:39

    nice post, alot of good discussion to :)

    Nurhidayat said:
    16 November 2009 pukul 16:17

    Menurut Saya, sah-sah saja MUI mengeluarkan Fatwa tsb, karena memang sudah tugasnya, tetapi begitulah Ulama yang telah menjadi corong pemerintah, kan MUI bentukan Pemerintah?

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s