Indera Keenam menurut Al-Qur’an

Posted on Updated on

saya pernah membaca buku dan buku itu berbunyi “orang yang sering bermimpi dan menjadi kenyataan maka orang itu memiliki indera ke enam” apa benar itu pak? … tolong beri saya penjelasan yang lengkap dan detail tentang indera ke-6 pak

Jawaban M Shodiq Mustika:

Semua orang memiliki indera keenam. Seperti pada pancaincera, ada yang dayacerapnya tinggi, ada pula yang dayacerapnya rendah. Seperti pada panceindera pula, dayacerap indera keenam dapat ditingkatkan disamping bisa menyusut.

Mengenai indera keenam, M Quraish Shihab dalam Wawasan Al-Quran menerangkan:

… kita masih membutuhkan “sesuatu” di samping akal. Terserah Anda, apa nama “sesuatu” itu. Namailah “indera keenam” sebagaimana filosof dan psikolog menamainya, atau “bisikan atau gerak hati” seperti kata orang kebanyakan, atau “ilham, hidayat, dan firasat” menurut nama yang diberikan agamawan.

Tidak jelas cara kerja “sesuatu” itu, karena datangnya sekejap, sekadar untuk mencampakkan informasi yang diduga “kebetulan” oleh sebagian orang, dan kepergiannya pun tanpa izin orang yang dikunjungi.

Biasanya, “sesuatu” itu mengunjungi orang-orang yang jiwanya dihiasi kesucian, karena Allah tidak akan memberi hidayat kepada orang yang berlaku aniaya (QS Al-Haqarah [2]: 258), kafir (QS Al-Baqarah [2]: 264), bergelimang dosa atau fasik (QS Al-Ma-idah [5]: 108), melampaui batas lagi pendusta (QS A1 Mu’min [40]: 28), pengkhianat (QS Yusuf [12]: 52), dan pembohong (QS Al-Zumar [39]: 3).

Apakah ilham/hidayat/firasat itu berupa mimpi? Tidak selalu, bahkan seringkali tidak lewat mimpi. (Lihat “Petunjuk aneh bin ajaib itu dari Tuhankah?” Di situ, penjelasanku lebih rinci.)

About these ads

31 thoughts on “Indera Keenam menurut Al-Qur’an

    islamarket.net said:
    12 April 2009 pukul 11:28

    bisa juga disebut karomah?

    Acha said:
    13 April 2009 pukul 01:59

    Saya sering menjumpai orang-orang yg berkemampuan ”sesuatu” itu. Namun, akal saya belum mampu memahaminya. Semoga pencarian Saya ini segera menemukan pengetahuan agar akal ini Berkemampuan menjelaskan ”sesuatu” tersebut.

    suro said:
    13 April 2009 pukul 10:10

    mencari “sesuatu” itu sangat menghawatirkan, hati-hati.
    sebelum melanjutkan mencari “sesuatu” itu, lebih baik bekali diri anda dengan pengetahuan alquran dan hadist yg lebih banyak, karena sesuatu itu sangat dekat dg menduakan ALLAH. itu menurut catatan perjalanan hidup yg pernah kujalani.
    setiap kali mendapat statement mengenai hal tersebut, sebaiknya di cek dulu ke kedua rujukan itu, sungguh sangat tipis dan sulit menentukan benar ato salah…
    dan jangan lupa : tinggalkanlah yg ragu2 dan kerjakan yang sudah pasti benar.
    semoga anda tidak tersesat, amien 3x.

    Aden Kejawen said:
    14 April 2009 pukul 08:51

    Saya juga kadang heran dengan diri saya yang kadang cuek terhadap bisikan/perasaan yang disampaikan “sesuatu itu”

    semisal waktu saya hendak kehilangan tas saya di Masjid Kampus, diri saya seperti menolak dan berdebat dengan diri saya sendiri: ” Kenapa kamu taru tasmu disitu?”

    Tapi saya tak memperdulikan karena saya biasa menaruhnya di tempat itu, dan setelah sholat tas saya pun raib tanpa jejak!

    […] Di satu sisi, kita perlu mensucikan hati, terutama dengan bertawakkal kepada-Nya. (Lihat “Indera Keenam menurut Al-Qur’an“) Di sisi lain, kita perlu menajamkan akal untuk memanfaatkan ilmu-ilmu terkait, seperti ilmu […]

    ninaluvchoco said:
    16 April 2009 pukul 12:15

    Katanya ada yang dari syaithan juga kan ya?
    Ngebedainnya gimana….?

      v2love said:
      25 April 2009 pukul 06:26

      Kalo menurut saya orang yg mendapatkan suatu kelebhn bisa dari saithon itu gini,
      1.>apa bila orang menginginkan suatu ilmu tanpa ad pembimbing atau guru.
      2.>ad pembimbing namun dia sangat menggebu gebu untk mendapat kan nya,suatu cotoh dia ingin bisa ilmu mukul orang dari jarak jauh,kalo org normal mempelajarinya 3tahun dia 41 hari sudah bisa namun tunggu dulu darimana datang nya? Itu bisa disebut istiddraz atau dilanjur.Walau dia punya ilmu dr guru yg sama namun belum tentu dia mendapat keridhoan tuhan.
      3.>niat,innamal a’malu binniat.

      Bobbysatriag said:
      22 Mei 2013 pukul 02:37

      Kalo tentang kelebihan itu tergantung dari prosesnya . Kalo indra ke 6 itu sbenernya tanpa berguru bisa tapi kita harus kuat ibadahnya trus jangan pernah di ibadah itu diniatkan untuk indra ke 6 . Tapi memang karna kewajiban kita. Lalu jangan sombong ,sedekah , jauhi zinah.

    ninebox said:
    19 April 2009 pukul 05:07

    @ninaluvchoco..
    cara ngebedainnya y dari kadar iman orang tersebut..

    Jika orang tersebut termasuk golongan orang yang shaleh, insya 4JJ itu *bisikan* langsung dari Tuhan melalui malaikat

    Apabila orang tersebut nonmuslim, tetapi ia baik, selalu berprasangka baik kepada orang lain maupun kepada Tuhannya, tidak takabur, tidak riya, tidak ujub, pasrah dan ikhlas, insya 4JJ orang tersebut juga mendapat karomah dari 4JJ

    karena 4JJ Yang Maha Pemurah memberi rezeki (berupa petunjuk) tanpa membedakan golongan apapun..

      wahyu said:
      29 Juli 2009 pukul 22:56

      kenapa?nama allah malu untuk u sebut padahal allah itu maha esa

    tri suwari said:
    19 April 2009 pukul 05:21

    apakah indra 6 bisa d plajari? gmana dngan paranormal, pesulap, tabib, apakah indra 6 jga dtang dari Tuhan?

    negeripuitis said:
    20 April 2009 pukul 20:37

    Setiap manusia memiliki potensi yg luar biasa dalam dirinya. Tergantung kita mau menggunakannya atau tidak. Sebagai saat anda dihipnotis, anda mampu melakukan apa saja yg dikehendaki penghipnotis itu. Mengapa? Karena alam bawah sadar kita memiliki kekuatan yg luar biasa. Contoh yg lain anda adalah seorang penakut. Suatu hari anda sedang berjalan dg pacar anda tiba2 di tengah perjalanan anda ditodong dan perampok itu berusaha mengganggu pacar anda. Karena merasa harga diri anda diinjak2 dan demi menyelamatkan pacar anda, akhirnya anda nekat melawan perampok yg berjumlah 5 orang itu dan ternyata anda menang. Ini membuktikan tanpa anda sadari sebenarnya memiliki kekuatan yg luar biasa. Nah sekarang yg jadi persoalan adalah bagaimana anda bisa memunculkan kekuatan itu sesuai kehendak anda.

    Ada beberapa cara yg bisa ditempuh:

    1.Menggunakan bantuan jin dg melakukan ritual tertentu termasuk yg mengatasnamakan Islam seperti membaca surah, ayat, sholawat, ato bacaan tertentu selama ratusan bahkan ribuan kali ditambah dg puasa selama beberapa hari. Jangan terkecoh ini adalah cara untuk menyatukan khodam (sejenis jin yg menghuni benda tertentu) dg tubuh anda.

    2. Diisi ilmu oleh seseorang yg memiliki ilmu. Ini pun menggunakan jin. Jangan terkecoh!

    3. Dg mengoptimalkan kekuatan pikiran. Cara ini yg paling masuk akal. Ingat dg pikiran, anda bisa melakukan apa saja. Tapi ini harus dibantu dg pernapasan perut untuk menyerap tenaga prana yg tersebar di udara. Tapi ingat tidak ada ritual apapun seperti yg sy sebutkan di atas. Dg melakukan pernapasan perut yg sudah selaras dan seirama dg detak jantung anda, maka anda akan mampu memiliki kekuatan luar biasa itu. Hanya dg pikiran anda akan mampu menggerakkan benda atau bertarung dg orang.

    4. Dg hati. Setiap manusia mempunyai hati dan kekuatan hati itu sungguh luar biasa. Anda bisa meluluhkan penjahat sekejam apapun asal anda bisa bicara dg hati anda. Hati pun bisa memberikan firasat akan kejadian yg akan kita alami. Dan dg mengikuti kata hati, kita bisa menyelesaikan segala permasalahan yg kita hadapi. Tapi ingat hati seringkali terkotori oleh nafsu sehingga ia kehilangan fungsinya. Selengkapnya silahkan baca “Antara Kata Hati dan Nafsu” di http://negeripuitis.blogdetik.com

    v2love said:
    25 April 2009 pukul 06:11

    “Aku melihat dengan matamu,aku mendengar dgn telingamu,aku brbuat dgn kekuatan mu”lahawla wala quwwata illa billahil aliyil azim.

    JS said:
    26 April 2009 pukul 11:03

    SEBELUM MANUSIA INI MENGETAHUI SIPAKAH SEBENARNYA MANUSIA INI DAN SIAPAKAH SEBENARNYA TUHAN YANG HAKIKI, MANUSIA INI TETAP DALAM KERUGIAN.

    bhuy said:
    29 April 2009 pukul 16:47

    assalamualaikum.
    saya mau tanyanih
    lha kalo saya tu sering kejadian seperti ini, kadang 2 bisa tau kejadian yang akan datang walau hanya beberapa jam kedepan, apa itu juga bisa dikaakan sebagai indra keenam?

    v2love said:
    29 April 2009 pukul 19:05

    Kalo menurut aku penjelasan sampean semua memang benar,.Salam ukhuah dari aku anak borneo

    v2love said:
    29 April 2009 pukul 19:08

    Man arofa nafsahu arofa robbahu

    […] Di satu sisi, kita perlu mensucikan hati, terutama dengan bertawakkal kepada-Nya. (Lihat “Indera Keenam menurut Al-Qur’an“) Di sisi lain, kita perlu menajamkan akal untuk memanfaatkan ilmu-ilmu terkait, seperti ilmu […]

    […] Pada orang-orang yang shalih, mimpi itu biasanya dari Allah. (Lihat “Indera Keenam Menurut Al-Qur’an“) Namun, petunjuk Allah biasanya lebih sering berupa fenomena (di luar mimpi) daripada berupa […]

    dta said:
    2 Juni 2009 pukul 19:29

    secara sederhana saja, saya bukan lah orang yang telalu taat terhadap agama, solatpun seringan kelewat waktunya.. sebagai makhluk sosial pun saya bukan org yang ramah dan pandai bersosialisasi… tapi terkadang saya mendapatkan firsat-firasat yang “aneh”.. tapi sering hal itu mengenai kematian.. sering “tahu” dengan sendirinya bahwa ada seseoarang akan meninggal. dan tak berapa lama lagi ada seseorang yang meninggal… kejadian itu sudah tejadi berulang sebanyak tujuh kali, termasuk dengan meninggalnya ibu saya… yang saya ingin tanyakan… apakah itu? dan apa yang harus saya perbuat dengan yang saya “tahu” itu. karena kadang sulit untuk dijelaskan ke orang lain….

    Takwil Mimpi Yang Tak Seindah Impian « Suara Mustika said:
    9 Desember 2009 pukul 20:16

    […] Pada orang-orang yang shalih, mimpi itu biasanya dari Allah. (Lihat “Indera Keenam Menurut Al-Qur’an“) Namun, petunjuk Allah biasanya lebih sering berupa fenomena (di luar mimpi) daripada berupa […]

    Kumara said:
    7 Januari 2010 pukul 14:14

    menurut pemahaman saya, semua indra itu ada rangsangannya. contohnya : mata rasangannya adalah cahaya, telinga adalah rangsangan gelombang suara, hidung adalah benda gas, lidah adalah senyawa kimia, kulit adalah suhu dan tekanan. sebetulnya indra hanya pesawat penerima saja sedangkan sinyal2 itu oleh di otak sehingga mewujud gambar, suara dan rasa di otak. untuk indra keenam ini sebetulnya di otak ada organ yang namanya kelenjar pituitary, selain berfungsi untuk mengatur kimia otak dan hormon. fungsi kelncar ini yang tidak banyak diketahui orang adalah bisa menangkap gelombang energi atau frekeunsi. organ inilah oleh kalangan persilatan disebut dengan mata batin. cara bekerja indra ini seperti teknologi sonar yaitu otak mengirimankan gelombang lalu gelombang tadi menumbuk obyek dan pantulan gelombang tadi diterima oleh kelenjar ini dan diterjemahkan oleh otak bisa berupa suara atau gambar, atau perasaan(intuisi) atau gabungan ketiganya.
    maka klo sudah terlatih kita dapat menangkap gelombang pikiran orang lain, obyek benda yang jauh.

    Prisatia said:
    3 Mei 2010 pukul 15:46

    Assalamu’alaikum.

    […] Pengertian “membuka hati” adalah melapangkan hati, terutama dengan cara membersihkan hati dari berbagai penyakit hati. Ibarat cermin, yang lebih mampu memantulkan cahaya adalah yang lebih bersih. Ini seperti kemampuan “indera keenam”. (Lihat “Indera Keenam menurut Al-Qur’an“.) […]

    rofi said:
    10 Februari 2011 pukul 14:55

    50% – 50%…tp banyak gag percyanya….
    bneran gag to bnernya???

      Bobbysatriag said:
      22 Mei 2013 pukul 02:44

      Ass. Ga semua orang bisa. Kalo semua bisa . Yg ada nanti ribut. Apalagi yg imannya tipis . Kalo tentang indra ke 6 emang ada. Pokoknya jauhi larangan2 allah sama jalani ibadah wajib dan sunnah . Insyaallah kalo emang allah ngasih. Nanti bisa sendiri.

    mooie said:
    6 April 2012 pukul 20:23

    semoga bermanfaat…

    dan bersikap hati2 dan teliti itu lebih baik…

    Oleh Ummu Mufais

    Saya sering mendengar tentang indra ke enam, apa benar begitu adanya atau tidak, yang pasti ketika saya bicara dengan suami untuk menanyakan tentang indra ke enam itu, suami menjawab ” selama ini kan indra kita cuma ada lima, makanya di sebut panca indra, nah kalau indra ke enam itu yang mana? “, bingung juga saya menjawabnya, dan ketika saya tanyakan lagi bagaimana dengan orang yang bisa melihat makhluk halus alias jin atau syetan, apakah benar dia di beri kelebihan mempunyai indra ke enam oleh Allah swt, jawaban dari suami tetap sama, bahwa panca indra kita cuma lima dan bukan enam.

    Saat ini banyak sekali manusia yang menghendel dirinya bisa membaca orang dan mengetahui kesukaan orang tersebut hanya dengan melihat fotonya, bahkan ada juga yang bisa menyembuhkan penyakit yang di idap oleh seseorang hanya dengan seperti tadi melihat foto, bahkan pengobatan bisa lewat telfun. Kadang saya bingung juga ya…kok zaman sekarang masih ada saja yang percaya sama begituan. Ada juga yang bertanya pada saya, ” kalau itu jin muslim sih gak apa-apa bukan mi?, karena dia kan gak jahat dan dia cuma ingin berteman serta menolong kita”.

    Jawaban saya juga tetap sama, ” kita tidak boleh berteman dengan makhluk yang kehidupannya berbeda dengan kita, karena mereka hidup di alam ghaib “. Dulu saya pernah mendengar dari seorang ustadz yang memberi ceramah dikota kami, ” bahwa barang siapa yang dapat melihat jin atau syetan, berarti orang tersebut sedang kemasukan syetan/jin, jadi entah itu jin muslim atau bukan, tetap saja kita tidak dibolehkan untuk menemaninya, apapun bentuk pertemanannya, karena dia berada di alam yang beberda dengan kita”.

    Lantas bagaimana dengan orang-orang yang memang benar-benar dapat melihat dengan jelas bentuk rupa jin atau syetan itu, Naudzubillahimindzalik. Sewaktu saya tinggal di Indonesia dulu, saya sempat di kejutkan oleh adik saya yang lelaki, dia sudah ikutan mengaji rupanya, tapi setelah saya selidiki kok ngajinya agak menyimpang ya, karena dari cerita adik saya gurunya itu sering keluar kota dan gurunya itu punya kelebihan alias indra ke enam, dan gurunya itu memelihara sesuatu yang menurut saya tidak masuk akal, katanya untuk menemani istrinya di rumah, di kala sang guru dari adik saya itu hendak pergi keluar kota. Yang jadi pikiran buat saya adalah…kan dia guru ngaji…lantas gimana dong dengan murid-muridnya, apa di bekali dengan hal demikian pula. Memang banyak sekali penyimpangan-penyimpangan yang terjadi, sehingga menyuburkan kesyirikan, serta para jin dan manusia jadi berteman, bahkan sering pula jin itu menampakan diri.

    Beberapa minggu lalu, ketika saya sedang kumpul-kumpul dirumah seorang teman, ada seorang ibu nyeletuk bertanya pada saya, “tapi kenapa ya mi, kalau di Jerman itu gak pernah ada jin, bahkan gak pernah kedengeran ada yang melihat jin ?”. Memang pada saat itu temanya tentang jin dan syirik, ” Yah….karena orang-orang jermannya sendiri juga sudah jadi temannya jin, coba saja lihat, mereka minum-minuman keras dan makan-makanan yang haram, serta pakaian mereka pun menyerupai dan kehidupan mereka tidak berdasarkan islami, mereka tidur bersama tanpa nikah, maka jin dan syetan pun malas mengganggu mereka, karena jin itu merasa mereka adalah temannya” seperti itu jawaban saya , membuat para ibu-ibu tertawa mendengar penjelasan saya.

    Sebenarnya maraknya orang-orang di Indonesia itu berteman dengan jin, karena mereka tidak yakin akan kebesaran Allah ta´ala, serta kurang sabar dalam menghadapi kehidupan yang semakin berat. Bukan itu saja bahkan saya mendengar ada seseorang yang percaya pada Allah swt, tapi tidak mesti sholat, melainkan berdzikir saja setiap saat dengan menyebut nama Allah, karena dengan begitu akan lebih mendekatkan diri pada Allah swt, lalu bagaimana dengan perintah sholat yang Rosulullah saw buru sampai ke sidratul muntaha itu, apakah hanya di anggap sebagai pelengkap saja dalam agama islam ini, kalau memang sholat tidak wajib lagi. Dalam Al Qur’an ketetapan sholat termasuk salah satu perintah Allah kepada Rasul yang paling awal. Sejak hari-hari pertama kerasulan, sebagaimana dalam firman Allah Dalam Alqur`anul karim : Surat Al Israa’ (17) : 78

    Yang artinya: Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh[ ]. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).

    “ Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.[Qs. al-Baqarah ayat 153]

    Bahkan rosulullah saw sendiri senantiasa melakukan sholat melebihi sholat yang wajib, yaitu sholat malam yang beliau kerjakan di saat yang lain terlelap, padahal beliau sudah di jamin masuk syurga, Dan Apabila Rasululloh saw menghadapi sesuatu kesulitan, maka beliau sholat. Lalu mengapakah sholat jadi tersia-siakan, hanya karena sesuatu keinginan kita belum lagi terpenuhi, banyak sekali mereka-mereka yang masih percaya dengan hal-hal seperti itu, kalau tidak punya uang berdzikir saja nanti akan ada uang datang, kalau tidak usaha bagaimana bisa datang, atau bila ingin cepat hamil, bila ada temannya yang hamil maka ambil saja barang-barang kecilnya seperti sapu tangan atau menginjak jempol kakinya, karena dengan seperti itu bisa jadi nanti ketularan hamil, yang saya khawatirkan bila orang yang melakukan hal itu benar-benar hamil lantas bagaimana dengan mereka yang belum paham dengan hal ini, nanti akan percaya kalau dengan menginjak jempol kaki temannya yang sedang hamil atau mengambil barang-barang yang dimiliki oleh temannya yang sedang hamil, maka dia akan ketularan hamil akhirnya dan mereka tidak percaya lagi pada Allah swt yang memberi kehamilan itu sendiri.

    Nah kalau hal ini benar-banar di yakini oleh orang-orang awam, nanti mereka-mereka yang pengetahuan agamanya masih minim, akan memburu orang hamil, agar mereka bisa menginjak jempol kakinya, supaya mereka bisa hamil, bukan lagi memohon dan berdo´a pada yang Maha Kuasa agar di izinkan untuk mengemban amanah dariNya. Naudzubillahiminzalik.

    Firman Allah s.w.t.:
    “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendakiNya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar ” (QS. An Nisa”, 48)

    Dalam Alqur`an di katakan : Allah swt berfirman : ” Dan janganlah kamu menyembah apa-apa yang tidak memberi manfaat dan tidak ( pula ) memberi mudharat kepada mu selain Allah ; sebab jika kamu berbuat (yang demikian) itu, maka sesungguhnya kamu kalau begitu termasuk orang-orang yang zalim “.

    Saya jadi ingat zaman saya kecil dulu, ketika saya berpapasan dengan orang yang sedang hamil, orang itu memakai kalung gunting, ketika saya tanya, katanya untuk penjagaan, saya juga gak ngerti penjagaan dari apa, kalau dari perampok, masa guntingnya kecil sekali. Atau ketika tetangga saya hendak mengadakan hajatan mereka selalu memanggil pawang hujan, atau menamcapkan bawang dan cabe di pagar-pagar, katanya untuk menangkal hujan, bahkan sampai saat ini kepercayaan itu tetap di pakai, contoh lain lagi masih ada orang yang selalu memecahkan genting rumahnya, kalau mendengar tetangga satu RT ada yang meninggal, alasannya supaya tidak kebawa atau dari keluarganya nanti tidak ada yang meninggal pula setelah ini. Sesungguhnya syirik itu perbuatan yang di benci oleh Allah swt.

    Allah SWT berfirman : yang artinya, “Wahai umat manusia, sembahlah (Allah) Rabb yang telah menciptakan kalian dan orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa. Dia itu lah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagi kalian dan langit sebagai atap dan Dia pula yang telah menurunkan air hujan dari langit sehingga mampu mengeluarkan berbagai buah-buahan sebagai rezki untuk kalian maka janganlah kalian menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah sedangkan kalian mengetahui.” (QS. Al Baqarah : 21-22).

    Dalam surat lain Lukman berpesan kepada anaknya, yang artinya :

    “Wahai puteraku, janganlah berbuat syirik kepada Allah, karena sesungguhnya syirik itu adalah kezaliman yang sangat besar.” (QS. Luqman : 13).

    Wallahu´alam bishawab.

    Ama Kamajaya said:
    17 Juli 2012 pukul 11:11

    wow siapayang mau ikut pelatihan..
    HANYA 2 hari bisa MENGAKTIFKAN INDERA KE-6
    & MEMBUKA MATA BATHIN.
    (TANPA bantuan jin, sihir, hipnotis dan obat2an).
    BERGARANSI, gagal bisa diulang.
    menggunakan system HIGH-TECH dan PELATIHAN AKTIVASI OTAK TENGAH.
    serius berminat hubungi aq di 085 722 999 772
    nb: lowongan kerja sbg marketing freeland, gaji 3jt + bonus 2jt/bln

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s