Obat Alamiah untuk Atasi Bau Mulut/Kaki, Cegukan, Mual, Perut Kembung, Tidur Mendengkur, Sakit Tenggorokan

Posted on Updated on

Obat Alami untuk Gangguan Kesehatan Ringan
Minggu, 26 April 2009 | 10:00 WIB

KOMPAS.com — Terkadang tubuh kita akan kontan menjerit protes hanya karena kesalahan kecil. Ketika kita sedang makan gorengan bak orang yang sedang mengidam, misalnya. Tak perlu menunggu pergantian hari, tenggorokan langsung meradang. Atau, di saat kita kelewat nafsu dan berolahraga lebih lama daripada biasanya. Besoknya, otot leher terasa kaku dan tegang.

Tak perlu buru-buru ke dokter untuk mengatasi berbagai keluhan ringan tersebut. Semua bisa diatasi dengan natural. Yang kita perlukan hanyalah “modal” berupa tempat penyimpanan ramuan tradisional. Baik kulkas, laci, atau lemari kecil. Selanjutnya, silakan isi dengan berbagai bahan alami rekomendasi para ahli berikut.

Mengatasi mual

Mual bisa datang kapan saja. Entah kala bepergian dengan kendaraan, atau saat kadar asam lambung naik. Gunakan jahe untuk mengatasinya, saran dr Mochtar Wijayakusuma. Jahe mengandung zingiberol yang dapat meredakan mual dan mencegah muntah.

Siapkan 5-10 gram jahe segar dan bersih. Iris-iris, lalu rebus dengan 200 cc air hingga mendidih. Dinginkan sejenak, lalu minum. Kalau ingin efek yang lebih lama, tiriskan jahe yang sudah direbus, kemudian airnya dimasukkan ke dalam tempat membuat batu es. Bekukan di dalam freezer. Setelah menjadi batu es, makanlah dengan cara diisap-isap. Ramuan ini juga efektif untuk menghilangkan mual semasa hamil.

Menyembuhkan cegukan

Cegukan tidak hanya diakibatkan karena kita tersedak makanan, tetapi juga bisa oleh stres. Ketika stres, hormon kortisol masuk ke dalam darah, menyebabkan diafragma menjadi tegang dan otot di sekitar pita suara berkontraksi. Akibatnya, kita jadi cegukan.

Cara termudah untuk meredakannya adalah dengan menelan 1-2 sendok teh gula pasir. Butiran gula pasir mampu merelakskan saraf yang tegang. Sebagai pengganti gula, kita juga bisa menggunakan garam. Tetapi gula merupakan pilihan yang lebih baik karena rasanya manis.

Meredakan sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan kerap membuat kita sulit bicara dan menelan makanan. Sembuhkan dengan bawang putih. Caranya, berkumurlah dengan segelas air hangat yang sudah dicampur dengan 6 siung bawang putih yang sudah dihancurkan. Lakukan selama 3 hari.

Dr Ronald Hoffman, MD, direktur medik Hoffman Center, New York, menyatakan bahwa bawang putih, terutama yang segar, sangat ampuh membunuh bakteri. Menurut penulis Alternative Cures That Really Work ini, hal ini dikarenakan bawang putih mengandung semacam antibiotik.

Menghilangkan bau kaki

Kaki yang lembap karena keringat adalah lahan subur tempat tumbuhnya bakteri. Bakteri itu dapat menyebabkan kaki kita berbau tak sedap. Untuk menghilangkannya, rendamlah kaki di dalam satu bagian cuka yang dicampur dengan dua bagian air. Sifat asam yang terdapat di dalam cuka akan mampu membunuh bakteri pengganggu.

Alternatif lain: Rendam kaki di dalam air yang sudah dicampur dengan teh hitam. Lakukan selama 30 menit setiap hari. Kandungan tanin di dalam teh mampu melenyapkan bakteri dan mengecilkan pori-pori di kaki, sehingga kaki kita tetap kering sepanjang hari. Dalam waktu beberapa hari, atau paling lama satu minggu, kita sudah akan merasakan hasil ramuan ini. Namun, ramuan tradisional ini tidak boleh digunakan ketika kaki kita sedang terluka.

Menghilangkan bau mulut

Bau mulut dapat mengganggu pergaulan dan merusak kepercayaan diri. Untuk mengatasinya, berkumurlah dengan secangkir kecil perasan lemon. Setelah itu, makanlah yogurt tawar yang mengandung bakteri lactobacillus. Selain menghilangkan bau mulut, bakteri jenis ini juga memiliki manfaat tambahan, yaitu dapat memelihara kesehatan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Kombinasi lemon dan yogurt sangat efektif untuk menetralisasi bau mulut dalam waktu yang relatif cepat. Bahkan, manfaatnya dapat bertahan hingga 12-24 jam setelah pemakaian.

Mengurangi gas di perut

Kelebihan gas di dalam perut dapat menyebabkan nyeri dan mual. Makanlah permen peppermint. Menurut Ronald Hoffman, MD, peppermint dapat membunuh bakteri penghasil gas di lambung, sekaligus merelakskan otot-otot organ pencernaan. Hasilnya, kadar gas berkurang dan kelebihan gas jadi lebih mudah dikeluarkan.

Menghentikan dengkur

Bola tenis ternyata bukan cuma sarana berolahraga. Benda bulat ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghentikan dengkuran. Demikian dikatakan oleh Jacob Teitelbaum, MD, direktur medik Fibromyalgia and Fatigue Center, Amerika Serikat, sekaligus penulis buku Fatigue to Fantastic!. Salah satu penyebab kita mendengkur adalah posisi tidur telentang. Posisi ini membuat saluran napas menyempit. Untuk menghindarinya, buatlah kantung di belakang piyama tidur, lalu masukkan bola tenis ke dalamnya. Keberadaan bola tenis di punggung akan membuat kita tidur menyamping, tanpa membuat kita terbangun.

Sumber : Prevention

About these ads

60 thoughts on “Obat Alamiah untuk Atasi Bau Mulut/Kaki, Cegukan, Mual, Perut Kembung, Tidur Mendengkur, Sakit Tenggorokan

    Tips Praktis Dan Aman Atasi Cegukan | save picture said:
    3 Desember 2014 pukul 13:56

    […] File Name : Obat alamiah untuk atasi bau mulut/kaki, cegukan, mual Source : muhshodiq.wordpress.com Download : Obat alamiah untuk atasi bau mulut/kaki, cegukan, mual […]

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s