Takwil Mimpi: Bertemu Mantan Calon Mertua

Posted on Updated on

Selamat pagi pak ustadz shodiq, saya tertarik dengan judul [takwil mimpi] ini, karena beberapa hari yang lalu saya mengalaminya..

kisah sebelumnya seperti ini (berhubungan dengan mimpi saya):
dahulu saya memiliki pacar yang berinisial D yang menjadi pacar saya selama 7 tahun sejak kami masih kelas 3 SMP. kami putus lantaran ternyata dia dijodohkan dengan seseorang pilihan bapak nya. saat kami masih menjalin hubungan, tidak ada tanda2 bahwa orang tua D berencana menjodohkan D dengan seseorang, bahkan cenderung mendukung kami, misalnya dengan usulan2 undangan nya seperti apa, nanti kalau belum ada rumah kita disuruh nyicil salah satu rumahnya yang dikontrakkan dsb.
Saat itu saya masih kuliah semester 5, saya mempunyai pekerjaan freelance sebagai programmer yang sungguh memakan waktu banyak karena dikejar target (saya kerjakan siang-malam dirumah), waktu itu saya masih pemula dalam dunia pemrograman dan bukan jurusan kuliah saya, sehingga saya mengerjakan sambil belajar dan program yang saya buat selesai dalam waktu 1 tahun (kuliah 100% alfa). saat proyek selesai, ternyata kawan saya (leader proyek) menipu saya dengan hanya memberikan 1% dari hasil yang seharusnya saya terima (saya tidak meminta perjanjian, dikarenakan saya kenal dengan orang tsb, dan ini adalah pengalaman kerja pertama saya). Alhasil kuliah saya terbengkalai dengan percuma dan kelulusan kuliah saya telat 2,5 tahun dari yang seharusnya (yang 1 tahun saya agak frustasi karena hal pekerjaan tersebut, jadi malas kuliah – 90% alfa).
saat D wisuda, status saya masih mahasiswa. saya datang ke kotanya, disitulah orang tua D mulai agak berbeda dalam sikap terhadap saya, malah bapak nya terlihat sinis terhadap saya. dalam benak saya mungkin orang tua D berfikir bahwa saya berbohong masalah kerja (untuk menutupi kuliah saya yang belum selesai dan tanpa hasil/bukti dari pekerjaan – dan dikarenakan saya cenderung pendiam, maka tidak banyak penjelasan saya untuk membela diri). hingga akhirnya, beberapa bulan setelah kelulusan D, kami pun putus. dan adik D yang memberitahu saya bahwa D dijodohkan dengan orang lain & dipaksa putus dari saya (D tidak mau menjelaskan alasannya kepada saya). sekedar catatan, saat ini kami sudah 3,5 tahun berpisah, dan pertemuan terakhir sekitar 1 tahun yang lalu (karena dia memilih kota saya untuk meneruskan study, dan saya membantu persiapan2 awal untuk D tinggal di kota ini – bertemu tidak lebih dari 15x).

Dalam mimpi saya :
bapak D meminta saya untuk menikahi putrinya. background dalam mimpi itu tidak begitu jelas (hanya abu2), dan suasananya seperti di dalam pesta. disitu saya tidak melihat dimana D (entah melihat atau tidak, sekilas2 saya melihat bayangan wanita berjilbab putih sedang menunduk cemas, dan dari wajahnya sangat jelas itu adalah D), hanya melihat bapak D secara jelas, dan ibu nya samar2 dibelakang bapak. kami (saya dan bapak) berbicara tentang D (bapak yg memulai pembicaraan). bapak berbicara panjang lebar dan banyak hal (namun saya tidak bisa mengingat satupun), dan berakhir dengan pertanyaan “masih kah ada keinginan nak Fz menikahi anak saya?”. dalam mimpi saya merasa sangat gembira mendapatkan pertanyaan seperti itu. saya berpikir lama, dan sebelum sempat menjawab, saya terbangun dari mimpi.

saya ingin menanyakan kepada bpk shodiq, apakah artinya D sudah dinikahkan dengan pilihan orangtuanya atau bagaimana?. karena untuk menutupi perasaan kecewa (melupakan), saya tidak lagi menghubungi D ataupun keluarganya, beberapa kali D menghubungi saya sekedar menanyakan kabar (terakhir 5 bulan yang lalu), tetapi tidak pernah saya tanggapi sekalipun.. (sebuah usaha yang bisa saya lakukan untuk menuju ikhlas).

catatan :
*. saya belum pernah memimpikan D setelah putus.
*. saya belum memiliki pengganti D, dan belum ada keinginan untuk mencari (mungkin karena awalnya saya “yakin” dengan D, sehingga mindset saya ter setting bahwa “tak ada wanita lain yang bisa memasuki hati saya” – saya pernah mencoba membuka hati sebanyak 2x, tetapi saya mundur lagi karena tetap tidak ada feel & tidak mau menyakiti wanita2 tsb pada akhirnya, padahal wanita tersebut sudah membuka hatinya).
*. bapak adalah orang yg keras, sehingga saya tidak pernah berfikir bahwa pertanyaan seperti itu akan terjadi di dunia nyata.

terima kasih, mohon jawaban dan masukan2 untuk saya..

Jawaban M Shodiq Mustika:

Mimpi tersebut tidak menunjukkan apakah D sudah dinikahkan ataukah belum. Menurutku, mimpi tersebut menggambarkan impianmu yang tidak sesuai dengan kenyataan. Kalau keadaan seperti ini kau biarkan begitu saja, mungkin akan ada banyak waktumu yang terbuang percuma.

Seandainya kau tak mampu mencintai wanita lain, maka sebenarnya kau tak mampu pula mencintai siapa pun, termasuk D. (Bahkan, tampaknya kamu juga kurang mencintai dirimu sendiri.) Kurasa, itulah penyebab utama penolakan orangtua D terhadap dirimu, yaitu meragukan kemampuanmu untuk mencintai putrinya.

Saranku:

(1) tetaplah menjalin silaturrahim dengan D sebagai teman biasa;

(2) berusahalah lebih keras untuk juga mencintai wanita lain tanpa berusaha melupakan si D;

(3) kajilah dengan lebih mendalam mengenai makna cinta sejati; untuk dirimu, aku rekomendasikan buku-buku karya Erich Fromm, terutama The Art of Loving (versi terjemahannya ada lebih dari satu);

(4) tingkatkanlah kecerdasan sosialmu (ada banyak buku dan juga artikel di internet yang menerangkan caranya).

Demikianlah jawaban dan masukanku. Semoga bermanfaat.

7 pemikiran pada “Takwil Mimpi: Bertemu Mantan Calon Mertua

    Fz berkata:
    21 Juli 2009 pukul 03:54

    terima kasih ustadz atas jawaban dan masukan nya…

    mungkin sedikit tanggapan untuk point-point diatas :

    1. ini merupakan hal yang berat, karena terus terang sampai saat ini saya masih berusaha membohongi hati saya sendiri, dengan berkata “saya tidak lagi mencintainya”.

    2. insyaallah ini bisa diusahakan.

    3. saya sudah membaca review nya (belum mendapatkan ebook versi full berbahasa indonesia). memang berkaitan dengan point 1, yaitu “mencintai” dan bukan “dicintai”, tetapi sepertinya hal tsb sulit dilakukan mengingat orang yang kita cintai suatu saat perlahan2 (karena terbiasa) akan dapat mencintai orang lain, yaitu calon pilihan orang tua nya (karena wanita umumnya secara perlahan akan bisa menerima dan mencintai seseorang sekalipun pada awalnya dia tidak suka). bukankah itu seperti makan hati sendiri?

    4. kok ustadz bisa tau ya kalo saya orang yg tertutup dalam lingkup sosial?:(. bagaimana ya, dahulu memang saya bukan orang yang tertutup (walaupun saya dilahirkan dari keluarga yang cenderung pendiam), saya merasa “normal”, atau setidaknya saya tidak menutup diri. beberapa tahun sejak awal study di luar kota dan tinggal dengan nenek saya, terjadi sebuah konflik antara saya dan nenek saya. karena malu (atas konflik yang tak pernah selesai), awalnya saya menarik diri dari keluarga besar, lalu lingkungan. sampai bertahun2 hingga saat ini saya sudah terbiasa “menyendiri”. saat ini dikota tersebut saya tinggal sendiri di satu rumah (sebelumnya berdua dengan nenek saya, tetapi saat ini nenek saya sudah meninggal – karena penyakit – saya tinggal sendiri sejak tahun 2003), dan memang saya tertutup dari tetangga2, bahkan sewaktu masih kuliah saya “datang-kuliah-pulang”, saya tidak suka bergaul dengan kawan2 dikampus, karena kebanyakan dari mereka adalah kaum borjuis yang selalu berkumpul dengan cara menghambur2kan uang seperti di diskotik, karaoke, dsb, sedangkan saya anak dari karyawan swasta biasa (sehingga saya hanya memiliki 4-5 teman akrab dan beberapa teman semi-akrab di kampus). saya tidak/belum bekerja seperti kebanyakan orang, hanya proyek2 berhubungan dengan (kebanyakan software) komputer yang sering datang, alhasil pengerjaannya full dirumah dan semakin jarang keluar kecuali untuk belanja dan membeli makan. bagi saya permainan coding seperti halnya bermain game walaupun skill saya masih dibawah standar, terasa asik, sehingga saya “sering” lupa waktu (dan tidak perduli lingkungan). saya ingin kembali seperti dulu, yang memiliki kemampuan sosialisasi seperti orang2 pada umumnya. tetapi saya merasa telah kehilangan kemampuan itu (karena terbiasa “tanpa bicara” dalam waktu 24jam sehari selama bertahun-tahun), ditambah dengan kurangnya pengalaman (sebagai bahan pembicaraan dalam sosialisasi), karena sebagian besar waktu saya habiskan di depan komputer, dan itu telah berjalan selama bertahun-tahun. sampai saya sadari, bahwa “saya telah terjebak disini…”.

    rasanya kompleks banget ya ustadz masalah saya ini…? :(.
    it’s my life.. :)

    KangBoed berkata:
    22 Juli 2009 pukul 13:04

    SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG

    titi berkata:
    19 September 2009 pukul 09:13

    Ini juga yang terjadi dengan suami saya. Saya mulai tidak bahagia dengan keadaan ini. Suami ku jadi unsosiality person

    icha berkata:
    24 Juli 2010 pukul 16:47

    sore pak ustad….
    saya mau tanya tapi saya cerita dulu pak semuanya, wktu sma th 1999, ada kakak kelas tiga yang suka sama saya tapi kami tidak pacaran karna saya takut dimarahin ortu saya dan saya juga pemalu pak, setelah itu anak kelas tiga itu inisialnya “B” , lulus dari sma lalu dia melanjutkan kuliah semenjak itu saya tidak pernah bertemu B lagi dan saya pun tidak mengingatnya lagi, tapi setelah 10 th tepatnya juli 2009, saya bertemu B lg dan ternyata B masih inget sm saya, kamipun berteman lagi tapi kami tidak pacaran karena saya punya pacar tapi yang saya bingung kenapa saya dan B banyak sekali kesamaan mulai dari tanggal lahir, silsisalh keluarga, orang tua dan kehidupan yang lain kami sama.
    karna saya punya pacar ahirnya B menjauhi saya padahal sblm B mengetahui kalau saya punya pacar B sering bicara kearah serius seperti “kapan saya menikah, apakah saya sudah siap menikah dll, yang berhubungan dengan keseriusan” namun orang tua saya dan kakak saya tidak setuju saya dekat dengan B karena alasan sepele, hanya karena B adalah orang yang kayaa raya, dan saya disuruh keluarga saya untuk tetap memilih pacar saya yang biasa saja seperti keluarga saya keadaan ekonominya dari pada B yang kaya raya, akhirnya saya putus kan untuk memilih pacar saya dari pada B, dan B pun perlahan – lahan menjauhi saya tapi yang anehnya hampir sampai sekarang saya sering sekali mimpi tentang B, yang saya anehnya setiap saya habis jalan-jalan dengan pacar saya malamnya saya mimpi tentang B padahal saya tidak pernah mengingat B apalagi kalau saya sedang jalan-jalan dengan pacar saya.
    berikut sebgian mimpi2 saya tentang B
    1. saya pernah mimpi bergandengan tangan dengan B
    2. saya mimpi B ingin menjemput saya dan bilang “tunggu ya nanti kamu saya jemput” karena saya terdampar disuatu gurun pasir/ lapangan yang luas saya tidak tahu itu dimana.
    3. saya naik mobil bersama B
    4. saya ngobrol dengan B layaknya teman.
    5. saya berfoto dengan B.
    6. saya bertemu B
    7. saya jalan – jalan dengan B
    8. saya bertelponan dengan B
    dan banyak pak saya sudah lupa karena hampir 1 th semenjak B menjauhi saya saya selalu mimpi B terus.
    dan terakhir saya mimpi menangkap seekor burung yang warnanya indah sekali dan lalu saya memasukkannya kedalam sangkar.
    yang ingin saya tanyakan apakah arti mimpi2 saya dengan B dan apakah arti mimpi saya menangkap burung itu.
    makasih pak sebelumnya tolong dibalas ya pak supaya saya tenang pak.

    evi suryawati berkata:
    5 Juli 2011 pukul 11:47

    assalamualaikum pak ustad…
    saya mau bertanya tentang mimpi saya td malam…saya bermimpi dibenci calon mertua saya itu prtanda apa ya pak???trims

    MASTERMASTURI@YAHOO.COM berkata:
    28 Juli 2013 pukul 00:16

    ASSALAMUALAIKUM PAK USTADS
    SAYA MAU BERTANYA, CERITA BEGINI DULU SAYA BERTUNANGAN B PADA MULANYA B BIASA SAJA TAPI BEBERAPA BULAN KEMUDIAN B BERUBAH, DAN MEMBENCI SAYA, SAYA DENGAR CERITA DARI KELUARGANYA, KALO B SUDAH KEMASUKAN OMONGAN DARI ORANG ORANG DEKATNYA, HINGGA B SAMPAI TEGA MENGHINA SAYA, INI DIKARENAKAN PERBEDAAN, TAPI KELUARGA YANG MENGASUH B SEJAK KECIL TAK MAU PUTUS HUBUNGAN ANTARA SAYA DENGAN B, SDANGKAN BPKNYA B BERCERAI DENGAN IBUNYA B SEJAK B MASIH KECIL, DAN B DIASUH OLEH IBUNYA, PADA SUATU HARI B BERTEMU DENGAN BPKNYA DAN BERCERITA TENTANG HUBUNGAN SAYA DENGAN B, B MENGADU PADA BPKNYA KALO SAYA TIDAK PANTAS DENGAN B, KEMUNGKINAN BPKNYA MENYURUH B UNTUK MELAKUKAN SESUATU AGAR SAYA MEMUTUSKAN HUBUNGAN {TUNANG} DENGAN B, SEHINGGA B MULAI BERANI MENGHINA SAYA,DAN INI SAYA YAKINI SEBAB KELUARGA IBUNYA B YANG MEMBERITAU SAYA, SDANGKAN DARI PIHAK KELUARGA IBUNYA SELALU MENGINGATKAN SAYA AGAR HUBUNGAN SAYA DENGAN B TIDAKLAH SAMPAI PUTUS KARENA TIDAK INGIN KEJELEKAN TERJADI, APA LAGI KELUARGA SAYA DENGAN B ADALAH TETANGGA DEKAD. NAMUN PADA AKHIRNYA HUBUNGAN INI PUTUS JUGA, ITU KARENA KELUARGA SAYA TAK LAGI KUAT, SDANGKAN SAYA MASIH BERHARAP, NAMUN KELUARGA B TAK LAGI MENERIMA, LANTARAN B MASIH TIDAK SUKA SAMA SAYA, ENTAH KENAPA SAYA SERING KALI BERMIMPI KELUARGANYA B, YANG DULUNYA MENDUKUNG, NAMUN TIDAK PERNAH BERMIMPI B, SDANGKAN PADA WAKTU SBELUM PUTUS, SAYA SERING BERMIMPI B, NAMUN DALAM MIMPI ITU B BENAR BENAR BENCI SAYA SAMPAI MENANGIS, TERAKHIR SAYA MIMPI BERGURAU DENGAN IBUNYA B, TANYA LAGI PAK USTADS?. SETELAH SAYA LAMA PUTUS DENGAN B, SAYA PERNAH BERJUMPA DENGAN IPARNYA B, DIA BERTANYA APAKAH SUDAH JUMPA WANITA LAIN { TUNANGAN} SAYA JAWAB TIDAK, SEBAB SAYA MASIH BERHARAP, DAN DIA BILANG ADA KABAR BAIK, DAN SAYA PIKIR MAU DISAMBUNG LAGI DENGAN MANTAN TUNANGAN SAYA, TERNYATA DIA BERCERITA WANITA LAIN, DIA BILANG BEGINI, ADA SODARA SEPUPUNYA B JUGA PUTUS HUBUNGAN DENGAN TUNANGANNYA, DAN SAYA DISURUH MELAMAR SODARA SEPUPUNYA B, DAN DIA BILANG : SAYA SAMA KAMU {SAYA SENDIRI} SAMA BAIKNYA, JADI KAMU JANGAN MENUNGGU B, KALO KAMU MASIH MENUNGGU B TENTU LAMA, MUNGKIN SUDAH WAKTUNYA BAGI SAYA TUK BERKELUARGA, SEDANGKAN DULU IPARNYA JUGA MENDUKUNG HUBUNGAN SAYA DENGAN B, NAMUN BAGI SAYA YANG TAK HABIS SAYA PIKIR, RASANYA INI ADA DUA ACARA, APAKAH INI MENOLAK SECARA HALUS ATAU MENGUJI, SEBAB PERNAH TERUCAP DARI KATA KATA SAYA, SAYA KALO BUKAN DENGAN B RASANYA MALAS MENCARI PENGGATINYA, APAKAH TINDAKAN SAYA TERLALU MEMAKSA KELUARGANYA B?, MOHON DIJAWAB PAK USTADS, TERIMA KASIH WASSALAM,?.

    elis berkata:
    4 Oktober 2013 pukul 23:36

    ass
    pak ustad aku mimpi melihat wajah calon mertua ku yang prempuan ada apa ya bisa di bntu dri semua ini biar jelas

    maksi wassalm

Silakan sampaikan pemikiran Anda

