Jawaban NASA terhadap Ramalan Kiamat 2012

Posted on Updated on

2012Menurut sudut pandang ilmiah versi NASA, tidak ada bukti yang cukup kuat untuk dijadikan landasan ramalan bahwa kiamat akan terjadi pada 2012. Ini dia laporannya:

NASA Menjawab Pertanyaan Seputar Ramalan Kiamat 2012
Senin, 16/11/2009 16:35 WIB
Rita Uli Hutapea – detikNews

Washington – Demam film bertema kiamat, “2012″ tengah melanda. Banyak pertanyaan muncul terkait ramalan kiamat tahun 2012 itu.

Salah satunya mengenai kisah munculnya prediksi kiamat tersebut. Awal prediksi kiamat tersebut bermula dari klaim bahwa Nibiru, planet yang diduga ditemukan Bangsa Sumeria tengah melaju menuju Bumi.

Bencana awalnya diprediksi datang pada Mei 2003. Namun karena tidak ada yang terjadi pada hari yang ditentukan itu, prediksi kiamat beralih ke Desember 2012. Kemudian dihubungkanlah dengan kisah berakhirnya sistem penanggalan suku Maya kuno pada musim dingin 2012 dan diprediksi tanggal kiamat jatuh pada 21 Desember 2012.

Tapi benarkah ada planet bernama Nibiru atau Planet X atau Eris yang sedang mendekati Bumi dan mengancam planet kita dengan kerusakan luas? Menurut NASA dalam situsnya, Nibiru dan kisah lainnya mengenai planet yang tengah menuju Bumi hanyalah hoax internet. Tak ada dasar untuk mendukung klaim tersebut.

Lebih lanjut dinyatakan NASA, jika Nibiru atau Planet memang ada dan tengah akan menuju Bumi pada tahun 2010, maka para astronom pasti sudah akan mengetahuinya setidaknya pada satu dekade terakhir. Dan planet itu harusnya bisa terlihat dengan mata telanjang saat ini.

Jelas sekali itu tidak nyata. Sedangkan Eris meski nyata adanya, namun itu merupakan planet kecil mirip dengan Pluto yang akan tetap berada jauh dari Bumi. Jarak terdekat dengan Bumi yang mungkin adalah sekitar 4 miliar mil.

Banyak pula yang menanyakan tentang teori pergeseran kutub. Mungkinkah itu terjadi? Menurut NASA, pergeseran rotasi Bumi mustahil terjadi. Memang ada pergerakan lamban benua-benua (misalnya Antartika yang dekat dengan ekuator ratusan juta tahun silam), namun ini tidak relevan dengan klaim pergeseran kutub.

Lantas apakah Bumi terancam ditabrak oleh meteor pada tahun 2012? Menurut NASA, Bumi memang akan selalu bisa mengalami tubrukan dengan komet dan asteroid, meskipun tabrakan besar sangat jarang terjadi.

Tabrakan besar terakhir adalah 65 juta tahun lampau. Dan itu menyebabkan musnahnya dinosaurus. Kini para astronom NASA sedang melakukan survei yang disebut Spaceguard Survey untuk menemukan ada tidaknya asteroid-asteroid besar dekat Bumi sebelum menabrak Bumi.

“Kami telah memastikan bahwa tak ada ancaman asteroid sebesar asteroid yang memusnahkan dinosaurus,” demikian NASA dalam statemennya.

“Semua pekerjaan ini dilakukan secara terbuka dengan temuan-temuan diposting setiap hari di situs NASA NEO Program Office. Jadi Anda bisa melihat sendiri tak ada yang diprediksi akan menabrak Bumi pada tahun 2012,” tandas NASA.
(ita/nrl)

About these ads

36 thoughts on “Jawaban NASA terhadap Ramalan Kiamat 2012

    efty said:
    17 November 2009 pukul 11:12

    hullahuallam, hanya allah yg tau kapan kiamat itu terjadi,tp kiamat ga mungkin menjauh dari kita suatu saat pasti akan terjadi cma kita ga tau kapan hal itu terjadi, seperti hal nya dengan kematian….yg penting kta hrus sllu berbuat bae, memanfaatkan waktu sebae mungkin jgn ampe kita jdi orang yg merugi….

    Erna Rosida said:
    17 November 2009 pukul 12:27

    Hidup ini mm hy u/mtunggu saat kematian n kiamat tiba jd nikmati n lakukan yg tbaik so mdptkn yg baik pl g plu risau kpn mati or kiamat dtg enjoy aza lah yao.,.

    abi saputra said:
    17 November 2009 pukul 12:45

    makanya hdp baru….segera bertaubat ok…..!

    abi saputra said:
    17 November 2009 pukul 12:50

    n jangan terlalu di imani…..sekedar asal tau aja

    jarconi said:
    17 November 2009 pukul 12:57

    film biasa buatan orang Holy sana. Dak pengaruh bagi saya. Cueh Gitu Looh

    abi saputra said:
    17 November 2009 pukul 13:03

    yupz jarco….

    totto said:
    17 November 2009 pukul 15:15

    Yups! G ngaruh bgt!! Bertanyalah kpd iman yg ada didadamu. Petunjuk Rosul lbh jelas ttg itu…sedangkan yg ini didasari takhayul, prasangka dan rekayasa org2 yg sok lbh pintar dr Allah. Nau’dzubillahi min dzalik.

    positive said:
    18 November 2009 pukul 05:59

    buat hiburan saja :D

    abi saputra said:
    18 November 2009 pukul 06:07

    Hiburan yang bisa menyesatkan……………!

    syarif said:
    18 November 2009 pukul 08:43

    syukurlah…kalo sekiranya dalam waktu dekat ini di prediksi tidak ada meteor besar yang akan menabrak bumi.

    Widy Jantiko said:
    18 November 2009 pukul 10:23

    Sebagai Muslim.. yang dewasa tentu kita harus pandai menyikapi mana yang fiksi atau sekedar imajinasi manusia, walaupun kita tidak tahu kapan kiamat itu datang tapi Rasulullah SAW sudah memberikan tanda-tandanya.. jangan sampai film yang tadinya hanya sebuah rekaan belaka mempengaruhi pikiran dan iman kita….

      satrio said:
      19 November 2009 pukul 22:04

      sangat setuju sekali dengan pendapat / tutorial mas widy jantiko.Semoga semua saudara2 kita segera mandapatkan hidayah dari Allah SWT,mereka segera bertobat,dan menjadi lebih baik,tidak menjadi anggota golongan orang orang yang merugi.

    ana said:
    18 November 2009 pukul 12:36

    kok mau2nya percaya ma ramalan???
    hidup mati, apalagi kiamat itu urusan Alloh, jd ya jangan percaya dech””……………..

    DWIYANTO said:
    18 November 2009 pukul 15:20

    KIAMAT,HIDUP&MATI HANYA ALLAH YANG TAU MASALAH ISU KIAMAT HANYALAH ISU CUEKI AJA………………….

    ekaitpc said:
    19 November 2009 pukul 12:57

    kiamat adalah takdir dan bisa terjadi kapanpun….

    pro-soccerinfo said:
    19 November 2009 pukul 12:59

    only god know when the earth will end

    inthan said:
    19 November 2009 pukul 14:53

    itu cuma omong kosong doang mudah mudahan gak dech aminnnn

    mbah gendeng said:
    19 November 2009 pukul 17:52

    mudah2an bukan kiamat kubro

    endy21 said:
    20 November 2009 pukul 00:26

    YAng penting nonton 2012 yang keren ^_^ hehehe. Biar aja mo kiamat atau gak pada tahun itu. Film hanyalah sebuah film. Toh selain 2012 banyak kok film yang mengisahkan akhir dunia kok gak diprotes. Yang buat juga orang-orang kafir juga. Semacam Terminator, Knowing, dll.

    Kok bisa ya? Ya…, mungkin gara-gara menggunakan tanggal 21-12-2012 yang seolah-olah tuh hari bakalan kiamat.

    Gitu aja direpotin? Masih banyak hal yang harus direpotin selain itu. Lihat para penduduk dunia sekarang, gak usah jauh-jauh, deket rumah masih banyak yang bisa kita lakukan untuk mereka daripada berdebat tentang film 2012 yang hanyalah sebuah film tentang tanggal 21-12-2012. Mangnya ngaruh apa kalau ditonton? Apakah bakalan kiamat ditanggal itu? Gak pasti kan? Ya udah :)

      Agung F said:
      21 November 2009 pukul 20:23

      Betul itu, toh di filmnya juga nggak diceritain kiamat beneran, endingnya masih ada kehidupan setelah bencana itu.
      Sama aja kayak misalnya ramalan cuaca, besok hujan, akan ada banjir. Mau percaya atau nggak ya terserah yang baca ramalan cuaca. Tapi yang baca ramalan cuaca juga mesti tahu orang yang ngeramalnya dapat perkiraan darimana, bisa dipertanggungjawabkan atau nggak..

    Spiritual bisnis internet seo said:
    20 November 2009 pukul 00:51

    lumayan buat nakut2 in yg jarang ingat ma akhirat ;)

    DHEWIQ said:
    21 November 2009 pukul 10:34

    ehm,,,,,,,,,,,,,,bualan yg paling menyesatkan yg pernah gw dnger.
    hallow,,,,,,,kiamat tuh nggak ada yg tau kcuali Allah swt.qt nggak usah percya ama kbar angin kyk gini,,,,ntar jatuhnya malah ke syirik.manusia awam kyk qt nggak usah ngedahuluin tuhan deh,,,,orang rasulullah yg udah jelas kekasih Allah ajah nggak tau tanggal pastinya kug,,,,apalagi qt.so,,,,kalo qta di hadapkan ama kabar kyk gini,,,cukup 3 kata”MANA OPEN AWAK”

    maya said:
    22 November 2009 pukul 17:00

    walahualam bissawab.
    Semua itu hanyalah perkiraan dan jika memang kita sebagai manusia kahir zaman harus segera berlutut dan bertaubat kepadaNya

    rakyat jelata said:
    24 November 2009 pukul 04:16

    No Body Know….. Only god know why.
    sisi positifnya, lakukan yang terbaik untuk hari ini demi hari esok kelak… cheers !!! :)

    Uju Gunawan, S.Pd said:
    24 November 2009 pukul 22:11

    Patut direnungi tak patut tuk dipercayai … OK Coy….

    fitri latifah s said:
    29 November 2009 pukul 14:27

    klo emang kiamat thn 2012 bnr2 trjd kita mesti pasrah tp Q lbh percaya ma allah

    fitri latifah s said:
    29 November 2009 pukul 14:34

    klo emang ramalan kiamat 2012 bnr2 trjd kt mesti pasrah tp Q lebih prcy ma allah bkn ramalan……………..by

    gusti ganda said:
    29 November 2009 pukul 17:04

    hebaaaat tuch sutradara’na 2012.. bsa mmprediksikan kiamat duet dg suku maya.. tpi lbih hebaaaaat lgi ki Joko Bodo dunXxxzzz..
    shbat appUn kLian,,lbih hebat lgi tuhaN Q ALLAH SWT.

    Somewell said:
    5 Desember 2009 pukul 19:40

    Mkanya Rajin-rajin Mendekatkan diri pada Allah, biar jangan Takut dengan Kiamat !

    Bonny said:
    6 Desember 2009 pukul 21:19

    informasi yang bagus..!!!

    foto pre wedding said:
    22 Desember 2009 pukul 11:58

    menurut saya kiamat itu nggak ada yang tau & yang tau hanyalah yang MAHA PENCIPTA ALAM SEMESTA

    jack said:
    24 Mei 2010 pukul 20:25

    allahhu akbar.. ..
    allahhu akbar…….
    walila ilham……………………………………….
    jadio rang jangan sok tau peramal aj bsa mati dy juga gk tau mati’a kapan
    jangan peramal percaya sama allah
    karna allah yg pnya resmi alam semesta

    lisun said:
    3 Oktober 2010 pukul 12:17

    semuanya hanya allah yang mengatur semuanya

    harjo tejo said:
    28 November 2011 pukul 00:21

    terlepas itu benar atau tidaknya sesuatu yang terjadi di tahun 2012 nanti….lebih baik fokuskan ke ibadah kita saja dengan tidak merugikan orang lain jika bisa justru membantu orla dengan kemampuan seadanya,disitulah kita akan tenang fikiran sejernih embun dan hati seputih kapas,ojo ndangak-ndangak…mengko mundah loro dewe….

    Pogos Di Arta said:
    9 Januari 2012 pukul 19:03

    Smoga aja hal ini hny khyaln belaka.
    Blm siap .
    Msh prlu brbnah diri .

    shot said:
    19 Desember 2012 pukul 16:23

    whats’ armagedon!!!….suku maya goblok’S….kalender habis ya beli LAgi dong!!!!!di pasar banyak!!!!! gitu kok repot,,,,,,,,, :p

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s