Perang Blogger Cantik Berjilbab vs Blogger Pembuka Aurat

Posted on Updated on

Tentang Islam | jurnalistik kuning | gosip artis | blog islami | wordpress | metode dakwah | takut Allah | rinduku.wordpress.com | SEO | cara menaikkan traffic pengunjung blog | pornografi | heboh skandal video porno mesum “Luna Maya & Ariel Peterpan” | pembuka aurat | berjilbab

Akhir pekan lalu, wordpress.com Indonesia mencatat sebuah sejarah “hitam” yang mungkin membuat gerah para aktivis yang giat berdakwah di blog wordpress.com Indonesia. Dikabarkan, sebuah blog tiba-tiba menjadi blog “selebritis” lantaran dikunjungi oleh ratusan ribu kunjungan per hari. Padahal, di hari-hari sebelumnya, frekuensinya hanya ribuan. Jadi, ada peningkatan ratusan kali lipat hanya dalam 1-2 hari saja. (Demikian pula beberapa blog lain yang mengekor di belakangnya.)

Ada apa? Ini dia kata si empunya blog:

… ternyata tidak terlepas dari gosip yang sekarang ini sedang memanas, yaitu tentang video porno yang diduga ariel peterpan …

Si blogger tersebut menjadi sangat kegirangan, sampai-sampai mengucap: “Syukur alhamdulillah …” Astaga! Aku kaget. Aku pikir: Tidak malukah kita bergembira menjadi blogger selebritis hanya lantaran sebuah berita “kuning” yang biasanya jadi andalan “tabloid kuning”? Tidak malukah kita membusungkan dada di atas penderitaan orang lain, yaitu tercemarnya nama Luna Maya dan Ariel Peterpan?

Menyaksikan hal yang menurutku memalukan itu, seorang blogger cantik berjilbab bernama rinduku merasa gerah. Dengan tegas, ia berseru kepada sang blogger “pembuka aurat”:

mas, lebih baik menaikan nilai ibadah lah, kalau terus terusan menggelar kecabulan untuk menaikan hits jangan lah, bayangkan bagaimana mempertanggung jawabkan di akhirat nanti dengna ALLAH setelah jutaan mata manusia kita suguhkan pornographi

STOP PORNOGRAPHY lewat Blog … apapun alasannya takutlah sama ALLAH mas, masa blog dijadikan ladang dosa, mau sampai kapan? saya mengingatkan karena kita wajib saling mengingatkan.

Namun, sang blogger yang sedang “naik daun” itu tidak merasa bersalah, tetapi malah berkilah:

iya makasih atas nasihatnya yang sangat berharga ini
tapi aku tidak menampilkan link download maupun videonya kok mbak
aku cuman menulis bahwa ada video itu
dosa juga gak yaw,,
:D

Sepertinya sang blogger “pembuka aurat” itu belum memahami apa yang sebenarnya dimaksudkan oleh sang “blogger cantik berjilbab”. Lantas ditegaskanlah oleh sang jilbaber:

tanya hati nurani mas, hati mas tahu jawabannya … menulis, menyampaikan berita porno, ALLAH mencatat semua niat !! tak ada yang luput, saya gak mau debat, hanya mengingatkan, itu juga kalu yang diingetin mau, kalau engga dosa kan tanggung sendiri kan?

Yok, belajar takut dan malu sama ALLAH.

Sampai di sini, belum ada tanggapan lagi dari yang ditegur. Jangan-jangan, keduanya belum menyadari perbedaan sudut pandang masing-masing. Sang jilbaber menggunakan sudut pandang batiniah, sehingga menganggap bahwa memberitakan dugaan adanya skandal seksual secara “apa adanya” pun sudah tergolong “membuka aurat“. Namun sang pembuka aurat itu hanya menggunakan sudut pandang lahiriah. Baginya, menyebarkan gosip atau memberitakan aib orang lain bukanlah tergolong membuka aurat.

Selanjutnya, ….. silakan sebarkan yang baik-baik saja! ***** Bookmark or Share *****

Wallaahu a’lam.

About these ads

49 thoughts on “Perang Blogger Cantik Berjilbab vs Blogger Pembuka Aurat

    Zaki said:
    7 Juni 2010 pukul 16:28

    Ade memang luar biasa, saya tahu dia sangat konsisten untuk menjadikan blog sebagai alat dakwah, mengingatkan hamba yang lain untuk takut kepada Allah SWT, semoga kita semua memiliki kesadaran yang sama, dan di BOTD nanti nomor 1 adalah blog blog para pendakwah.

    Inilah jihad diabad modern, sebarkan terus berita ini mas, ke semua blog cantumkan link agar terbuka hati nurani dan republik ini tidak terlaknat karena telah menjadi republik cabul.

      M Shodiq Mustika responded:
      7 Juni 2010 pukul 16:42

      @ Zaki
      Ya, mari kita terus berjuang untuk menjadikan kita lebih baik dan semakin baik.
      Terima kasih atas kunjungan dan dukungannya.

      yas yasiiro said:
      12 Juli 2010 pukul 14:59

      Republik Cabul??? na’udzu billaahi min dzaalik…..

    dhimasln said:
    7 Juni 2010 pukul 17:12

    masyaAlloh,, tuh blogger pembuka aurat moga-moga cepet tobat

    nanangrusmana said:
    7 Juni 2010 pukul 17:40

    kebenaran itu adalah hanyalah milk Allah. satu satunya organ tubuh yang tidak bisa berbohong adalah hati nurani. maka benar yang disampaikan Ade, tanyakanlah kepada hati nurani……….!

      M Shodiq Mustika responded:
      7 Juni 2010 pukul 19:36

      @ nanangrusmana
      Memang seharusnya begitu. Masalahnya, kalau pendekatan batiniah tidak dipakai, maka “hati nurani” itu seolah-olah tertutup.

    Amru Munandar said:
    7 Juni 2010 pukul 19:19

    Assalamu’alaikum…
    good…. saling mengingatkan… aku setuju itu!!! TAPI BLOG JUGA MENULIS SESUATU YANG FAKTA YANG PATUT DICERITAKAN…BANYAK CERITA2 WARTAWAN YANG AKU BACA SEPERTI ITU, MEREKA MENULIS HAL2 YANG NYATA. mungkin termasuk cerita aril yang sudah memiliki bukti2 yang cukup jelas saya rasa!!!

    malah TULISAN DIATAS belum cukup bukti saya rasa, karena tidak ada bukti chating yang ditampilkan dengan siapa dan siapa KATANYA DI PARAGRAF YANG SAYA BACA “Si blogger tersebut menjadi sangat kegirangan, sampai-sampai mengucap: “Syukur alhamdulillah …” Astaga! Aku kaget.”

    SIAPAKAH SI BLOGER? saya juga bloger, anda juga bloger, kalian juga blogger, berarti kita semua dong?????? j
    dan secara tidak langsung tuisan ini juga telah menampilkan aib SI BLOGER seperti SI BLOGER menampilan berita si ARIL DAN LUNA, tapi tulisan ini tidak menunjukkan bukti jelas, astagfirullah……………..
    apa mo ngikut2 SI BLOGER NULIS AIB ORANG LAIN JUGA? atau mo ngikut2 SI BLOGER NAMBAH BLOGSTAT? ATAUKAH MENULISKAN FAKTA SEPERTI YANG DITULISKAN SI BLOGGER HINGGA TIBA-TIBA AJA ADA BLOGSTAT?

    mohon maaf jika ada kekurangan… WASSALAM

      M Shodiq Mustika responded:
      7 Juni 2010 pukul 20:10

      @ Amru Munandar

      Aku tidak tahu jenis etika jurnalistik mana yang Anda pakai. Etika jurnalistik yang kupegang adalah bahwa tidak selayaknya kita menyebut identitas orang ketika memberitakan perbuatan buruknya. Oleh karena itu, aku tidak menyebut siapakah “blogger pembuka aurat” yang kumaksud itu. Bagiku, tidaklah terlalu penting siapakah dia. Yang lebih penting adalah perilakunya. Dengan kata lain, aku tidak mengecam orangnya, tetapi hanya mengkritik perbuatannya.

      Sementara itu, karena tidak menyebut identitasnya, maka aku tidak tergolong membuka aib orang. Dengan kata lain, aku tidak bisa dituduh mencemarkan nama baik orang dalam hal ini. Lain halnya dengan si blogger yang terang-terangan menyebut nama Luna Maya atau siapa pun. Ia bisa dikenai tuduhan mencemarkan nama baik.

      Mengenai apakah yang aku ceritakan di atas itu kisah nyata ataukah karanganku belaka, silakan tanyakan kepada saksi utamanya, sang “blogger cantik berjilbab”, yaitu Rindu alias Ade.

      Mengenai tudingan bahwa aku “mo ngikut2 SI BLOGER NAMBAH BLOGSTAT”, lihat penjelasanku pada setahun yang lalu di artikel “Inilah yang lebih menarik daripada seks“.

      Wa’alaykumussalaam….

        darahbiroe said:
        8 Juni 2010 pukul 16:47

        anda sendiri juga TIDAK KONSISTEN coba berkaca di postingan anda ada berapa judl dan topic postingan yang sama dgn yang dimaksud mbak rindu tentang tulisan aku
        disana aku menulis MIRIP
        aku tidak ngejudge bahwa itu ariel disana aku menulis mirip
        mohon kalau mau menulis jgn sesuka hati
        karena itu juga menyinggung perasaan orang lain

          M Shodiq Mustika responded:
          8 Juni 2010 pukul 17:49

          @ darahbiroe
          Seperti yang dikatakan oleh ayat kitab suci yang dikutip oleh ukhti Rindu alias Ade, kita memang berada dalam kerugian, kecuali bila saling mengingatkan.
          Aku tidak berlepas diri dari kesalahan. Oleh karena itu, kalau kita sama-sama bersalah, marilah kita bertaubat.

            darahbiroe said:
            8 Juni 2010 pukul 18:51

            Baginya, menyebarkan gosip atau memberitakan aib orang lain bukanlah tergolong membuka aurat.

            makanya kmrin aku tanya apakah ini dosa mbak gitu, karena aku tidak tahu,,,

            kalau anda udah tahu kenapa anda juga menulis.. bahkan di postingan ini juga itu dituliskan beberapa kata yang sama dgn yng q tulis

            M Shodiq Mustika responded:
            18 Juni 2010 pukul 16:07

            Pembaca silakan menyaksikan sendiri apakah postinganku sama ataukah berbeda dengan postingan darahbiroe.

      m syadid said:
      12 Juli 2010 pukul 15:22

      hey mru,,jgn pake otot,lo baru ikutan diskusi ya??dasar gk brpndidikan lo!! ,,kalo mau pake otot mendingan sparing aje ame gw!!yuk dimane lo mau??

    fujifilm digital camera said:
    7 Juni 2010 pukul 21:52

    mudah”an cepet dikasih pencerahan tuh…

    Komunitas Salesman said:
    8 Juni 2010 pukul 02:17

    Wah numpang lewat aja nich kayaknya saya ketinggalan kereta kalau ada berita berita gitu …apa karena saya yang katrok .
    Ah mending jualan saja ah biar rejeki ngalir buat anak istri syukur bisa buat orang lain…selamat berargumentasi.
    Salam kenal

    Amru Munandar said:
    8 Juni 2010 pukul 06:55

    “SAYA KUTIP LAGI”
    “Sementara itu, karena “TIDAK MENYEBUT IDENTITASNYA”, “maka aku TIDAK tergolong membuka aib orang”. tapi tulisan ini ketika ditujukan ke blogger tersebut melaui tulisan tangan anda dan hati anda (apakah ini???????????)!!!

    BAGAIMANA JIKA YANG ADA TULISAN KE SIBLOGER MENURUT SAYA BOHONG YANG BERSIFAT MENUDUH? ATAUKAN HANYA MO NGEGOSIPIN SI BLOGGER?
    “bagaimana yang disebut FITNAH? SAYA JUKA TIDAK TAU BAGAIMANA ETIKA JURNALIS ANDA, saya memang bukan jurnalis kang, tapi menulis yang saya dapat dari yang saya praktek dilapangan, saya terus terang lebih senang jika membaca ada bukti, karena berita2 yg ditampilakan harus ada “BUKTI”, bukan hanya “KATANYA?”, “PERAH AKU LIHAT?”, “PERNAH AKU BACA?”, “DMN?” ,”KAPAN?” “MANA REFEENSI?” “ADA BUKTI TERTULIS ATAU GAMBAR TIDAK?” yang ditujukan ke si bloger…
    solusi :
    – jika ingin menampilan capture hasil chat nya atau comment diblog anda atau blog mbak adek, ditutup id nya aja, dan lihatkan pesannya aja!!! itu dah sekedar bukti bahwa ada tidak menuduh (nah yg gini FAKTA apa sama aja kayak yang dituduhkan ke SIBLOGGER ya?)

    maaf kang jika aku kontra dan aku tidak bermanksud resek, karena aku orang praktisi. aku tulis ketika aku telah mencoba dan mendpatkan hasil, sedikit kekhilafan itu memang ada pada diriku, thanks udah mengomentari lagi komentar2 ku…

      M Shodiq Mustika responded:
      8 Juni 2010 pukul 09:46

      @ Amru Munandar
      Yang Anda persoalkan ini sudah kujawab pada jawaban terdahulu. Jadi, aku tak perlu menambahkan jawaban. Aku hanya mohon maaf karena tak mampu menyampaikan penjelasan yang dapat Anda pahami. Sekian dan terima kasih atas masukannya.

    priaparipurna said:
    8 Juni 2010 pukul 12:50

    Tulisan yang Bagus, Teruslah Menulis!

    PETER
    http://www.priaparipurna.wordpress.com

    rumah-sehat afiat said:
    8 Juni 2010 pukul 15:25

    Ya setiap hal ada pertanggungjawabannya. Beritakanlah hal yang positif dan di maya ini memang bebas namun tetap bertanggung jawab. silahkan pilih tentu apa yang kita tulis ada yang patut atau tidak dan bertindaklah bijak.

    kawanlama95 said:
    8 Juni 2010 pukul 15:38

    Banyak blogger pengen diliat jadi ya pragmatis saja rupanya. Kami kawanlama95 tidak terlalu tertarik dengan isu-isu seperti itu. walau kami secara pribadi pernah di jalanan’ . kalo hanya melihat artis berpelukan . Ah itumah biasa bagi kami ngapain di beritakan. Kami mah liat langsung . bukan katanya. apalagi kami punya narasumber yang Valid di Bidang Investigasi. Bagi kami ISu seperti itu dijadikan posting buat kami kontraproduktif. Setiap blogger ada agendanya masing-masing. Dan setiap manusia akan diminta pertanggung jawabannya di mata Allah. Ya memang agar blognya rame , mungkin perlu sensasi . terus di posting dah tema2 sejenisnya.

      M Shodiq Mustika responded:
      8 Juni 2010 pukul 15:55

      @ kawanlama95
      Masukannya bagus sekali. Terima kasih.
      Bagi kami, isu seperti ini bisa pula dianggap “kontraproduktif” bila acuannya adalah kepentingan dunia saja. Namun, karena kami ingin lebih mementingkan akhirat, yang “kontraproduktif” itu pun terkadang kami jalani.

    kawanlama95 said:
    8 Juni 2010 pukul 15:42

    Pak ini yang punya blog . laki atau perempuan ya. Kok fotonya perempuan ya. Syukurlah wanita berjilbab. Wah cantik ya . duh kalo Istri saya dipajang disitu malu dah.Masih gadis ya … Semoga Bapak di berkahi Allah

    Maaf bila tidak berkenan komentar saya yang , bahasanya kurang tepat.

    Rindu said:
    8 Juni 2010 pukul 16:01

    “Demi masa”.
    “Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian”
    “Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat
    menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi
    kesabaran.”
    QS Al ‘Ashr [103] : 1-3

    Jadi kewajiban untuk saling mengingatkan bukan hanya tugas guru ngaji tapi juga kita semua, semoga ALLAH ridho, tapi mereka yang mati hati nurani biasanya gak akan denger, karena hatinya mati, tertutup oleh dosa dan kesalahan …

    Ketika hati tertutup, maka kebenaran hanya akan jadi angin lalu, melakukan dosa sudah biasa … saya ingin suatu hari yang masuk BOTD itu mereka yang menulis bagaimana mengingat ALLAH, bagaimana mencontoh kehidupan para rasul.

    Benar mas Zaki bilang, republik ini sudah jadi republik cabul ketika aib orang menjadi headline melebihi berita mereka yang tertindas di Palestine.

      M Shodiq Mustika responded:
      8 Juni 2010 pukul 16:20

      @ Rindu
      Sang saksi utama kisah di atas sudah ikut menyampaikan komentar. Terima kasih.
      Semoga Allah membalas kebaikan antum dengan yang lebih baik. Aamiin.

    darahbiroe said:
    8 Juni 2010 pukul 16:26

    Namun, sang blogger yang sedang “naik daun” itu tidak merasa bersalah, tetapi malah berkilah:
    sepertinya aku bukan tidak merasa bersalah
    melainkan aku nanya
    karena aku juga tidak tahu
    hanya mengikuti tren ajah krn blog yng q tulis adalah tentang smua hal yang update
    kalau bisa jangan ditulis seakan2 aku sombong dan gak mau tahu…
    thx

      darahbiroe said:
      8 Juni 2010 pukul 16:29

      dan sepertinya ini juga bukan perang
      melainkan se2orang yang tidak tahu (saya) bertanya apakah kegiatan menulis sprti ini juga dosa gitu..
      krna aku juga tidak menanamkan link pideo untuk mendownload
      hanya cuman tulisan

      M Shodiq Mustika responded:
      8 Juni 2010 pukul 17:55

      @ darahbiroe
      Di penutup artikel, kutegaskan adanya perbedaan sudut pandang. Siapa pun bisa mengalaminya, termasuk diriku sendiri. Jadi, jelas bahwa ini bukan masalah kesombongan.

        darahbiroe said:
        8 Juni 2010 pukul 18:48

        harusna
        tidak memojokan
        menuliskan sbg blogger pembuka aurat
        klo anda sendiri juga sama ajah
        apa gak malu menulis tulisan ini

          M Shodiq Mustika responded:
          9 Juni 2010 pukul 13:00

          @ darahbiroe
          Maaf bila anda merasa terpojok. Memang pahit bila merasa terpojok, sebagaimana para artis tertentu yang merasa terpojok ketika isu buruk mengenai dirinya disebarluaskan.
          Aku tidak bermaksud membuat Anda terpojok. Artikel di atas aku tujukan kepada semua blogger, termasuk diriku sendiri. Yang aku kritik hanyalah perbuatannya, bukan orangnya.

    sunarnosahlan said:
    8 Juni 2010 pukul 20:33

    semoga ini bukan perang antar bloger

      M Shodiq Mustika responded:
      8 Juni 2010 pukul 20:45

      @ sunarnosahlan
      Aamiin.

        munaro said:
        9 Juni 2010 pukul 11:49

        lo sudah memancing perang antar bloger…
        bilang aja lo munafik…
        gitu aja kok repot.

          M Shodiq Mustika responded:
          9 Juni 2010 pukul 12:18

          @ munaro
          Boleh saja anda berpandangan begitu. Aku menghargainya sebagaimana aku juga menghargai pembaca lain yang pandangannya berbeda dengan anda. Yang penting, segala sikap kita haruslah dapat kita pertanggungjawabkan di dunia dan akhirat

    pipty said:
    9 Juni 2010 pukul 11:44

    bagi bloger menulis itu kewajiban ,bagi pembaca mengomentari itu adalah hal biasa
    bagi bloger menulis itu punya tanggung jawab moral tentang apa yang ditulisnya
    bagi pembaca memberi apresiasi dan masukan yang bersifat baik wajib hukumnya
    marilah para bloger saling memaafkan satu sama yang lain dan bersatu ,untuk menghasilkan karya yang bermutu.

      M Shodiq Mustika responded:
      9 Juni 2010 pukul 12:14

      @ pipty
      Masukannya bagus sekali. Terima kasih atas nasihatnya.

    munaro said:
    9 Juni 2010 pukul 11:55

    yang punya blog cowok apa cewek ya.
    kalo cewek kok namana mshodiq wkwkwkwkw

    senyumanpagi said:
    9 Juni 2010 pukul 17:40

    “Aku janjikan sebuah rumah di tepian Jannah untuk orang yang meninggalkan perbantahan meskipun saat itu posisinya benar”(HR.Abu Daud)
    Kalau hati kita “panas” karena ingin berbantah,ingat2 janji indah Rasulullah diatas…

      Rindu said:
      9 Juni 2010 pukul 19:20

      Saya suka sekali kalimat ini, yok kita memperbaiki diri agar ALLAH ridho, salah satu ciri kekasih ALLAH adalah dia sibuk memperbaiki diri bukan sibuk memperbaiki orang lain … dan hari ini sang darah biru malah menulis artikel gosip yang baru, masya ALLAH semoga ALLAH membuka hatinya yah.

      Ya ALLAH kami hanya debu, singkirkan kami dari para kaum yang kelak akan ENGKAU murkai….

    baguscokie said:
    10 Juni 2010 pukul 12:09

    Semua orang “terjebak” untuk mencari popularitas dengan cara yang nyerempet2 atau memancing orang untuk penasaran, tak terkecuali diriku yang juga sempat latah ikut memosting hal serupa.
    inama’amalu bin niat
    setiap orang akan dimintain pertanggung jawaban dunia akherat akan semua tindakannya

    SEO blogger said:
    11 Juni 2010 pukul 11:49

    hidup blogger berjilbab….. :)

    SEO blogger said:
    11 Juni 2010 pukul 11:51

    satu lagi sangat langkan mendengar artikel dengan judul yang sangat menarik serta bermanfat.. semangat ya… :)

    rainer said:
    14 Juni 2010 pukul 04:10

    wajarlah, bila seseorang yang sedang menaiki unta dan disamping ia melihat kuda pasti ia akan menaikinya. berbeda dengan orang yang masih memiliki norma di hatinya. ia akan berfikir dua kali sebelum menaiki kuda tersebut dan mempertanyakan efek darinya.. salam

    http://muhammadr06.student.ipb.ac.id said:
    15 Juni 2010 pukul 18:26

    berarti bloger tuh ada dua, cantik berjilbab sama pembuka aurat

    pembaca said:
    17 Juni 2010 pukul 17:52

    * saya kebetulan membaca blog ini, saya tidak terkait dg komen2 diatas.

      M Shodiq Mustika responded:
      17 Juni 2010 pukul 21:49

      @ pembaca
      1) Bila Anda tidak memperhatikan jawaban kami terhadap komentar para pembaca, maka Anda hanya akan mengulang-ulang persoalan yang sudah kami jawab. Bila Anda hanya mengulang-ulang, maka arahnya adalah debat kusir, dan kami tidak mau debat kusir. Oleh karena itu, harap perhatikan jawaban-jawaban kami daripada mengulang-ulang persoalan yang sama.
      2) Mengenai batas aurat fisik, lihat http://muhshodiq.wordpress.com/2008/12/18/benarkah-penggunaan-jilbab-harus-ditekankan/

    fansarieluna said:
    19 Juni 2010 pukul 14:17

    hebat juga ariel… bisa mengguncang dunia!!! yang ancur, yang baik, yang merasa beriman, yang bodoh, yang merasa berpendidikan, pokonya semuanya ngebahas dia… padahal banyak tuh video-video “begituan” mah… situs “begituannya” juga jutaan lebih beredar di internet.. makin hari makin subur… kapan aja.. dimana aja bisa di download.. artis-artis tertentu juga ada yang pernah beredar video-nya tapi nggak seheboh ariel bangeeeettt… hidup ariel!!! semua orang perduli dan sayang sama elooooo!!!!! kalo gw yang ke’gep “begituan”, who cares???????? ya gak sih!! hidup ariel ajah lah…

    doel said:
    5 Juli 2010 pukul 17:01

    semua bisa tewujut, mau yang benar ataupun yang salah……. tergantung dari masyarat dan umat pa bila ada yg mendukung atau semua mendukung…………/
    apabila kita ingin bumi indonesia ini menjadi damai, aman dan di ridhoi Allah ikuti apa mauNya. pake hujum Nya – ” jangan mencampurkan adukan yang haq dan yang bathil”
    klo ada yg bathil ya perangi …..
    negara kita ”peraturan yang sudah benar selalau di pikirkan untuk memjadi benar akhir nya jauh dari kebenaran… dan masyaratnya selalu takut,ikut dan manut…. klo merasa jauh dari aturan Allah ya jangan takut untuk merubah … klo ga bisa… ya harus bisa … kala itu nabi muhamad ibadah ia ga sendirian … utk memerangi yg selalau menentang hukum2 Allah” selalu melebarkan sayap memperbanyak umat( dukungan) untuk berjuang bersama di jalan Allah.
    islam bukan hanya jadi kumpulan atau seklompok atau gank, yang selalu menonjolkan kebenaran argumen yg dia anggap bener… atau pun berjuang dengan gaya premanisme.
    sebagian besar masyarat indonesia adalah muslem, pasti akan memdukung
    ikuti metode dalam ”masjid” siapa datang lebih dulu dan berilmu ia berhak menjadi imam, dan ma’mum wajib mengikuti

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s