Bergaul

Kumpulan Cerita Humor Seputar Puasa

Posted on

| kumpulan cerita | cerita lucu | humor sufi | seputar puasa |

Puasa adalah ibadah yang santai. Dalam kesantaian, alangkah enaknya bila kita bisa menikmati cerita-cerita humor mengenai puasa dan amalan ibadah sekeliling puasa, tanpa merusak ibadah puasa kita. Siapa mau? Ini dia beberapa humor sufi seputar puasa yang paling lucu (menurutku):

Dampak Buruk SMS bagi Perkembangan Jiwa Remaja

Posted on Updated on

Apakah dirimu suka pakai SMS tiap hari, siang-malam dan pagi-sore? Berhati-hatilah! Jangan sampai penggunaan SMS itu menghambat perkembangan psikis dirimu, seperti dikabarkan:

SMS Hambat Perkembangan Psikis Remaja
Jumat, 29/05/2009 12:52 WIB
Fino Yurio Kristo – detikinet

Washington – Kaum muda dikenal sebagai rajanya mengirim SMS. Namun jika dilakukan dengan terlalu berlebihan alias ekstrim, kebiasaan SMS dapat membuat mereka ketiban berbagai masalah yang cukup serius.

Itulah kesimpulan yang tertera dalam penelitian oleh psikolog dari Massachussets Institue of Technology, Sherry Turkle. Studi ini menyebutkan kalau remaja yang terlalu banyak berkirim SMS dapat mengalami gangguan tidur, kecemasan dan juga terhambat perkembangan psikisnya.

Dikutip detikINET dari ABC, Jumat (29/5/2009), Turkle memaparkan kalau SMS membuat proses perpisahan antara orang tua dan remaja untuk menjadi orang dewasa yang sehat jadi terganggu. Sebab dengan SMS, anak dan orang tua dapat terus terhubung secara berlebihan.

“Di antara tugas yang harus dilakukan remaja adalah untuk berpisah dengan orang tua dan menemukan ketenangan serta kedamaian untuk menjadi orang yang mereka inginkan. Namun SMS mengganggu tugas tersebut,” klaim Turkle.

Sementara gangguan tidur atau stres dapat terjadi karena remaja sering memaksa diri untuk membalas SMS walau hari sudah larut malam.

( fyk / faw )

Konsultasi: Putus cinta karena kurang apa?

Posted on Updated on

sya mau konsultasi tntng masalah cinta dn skr saya hbgn posisi sya sdah putus. ketika saya pacaran sma dia mulai long distance wktu itu dia masih kul di mesir dan skrg dia beradah di indonesia sudah lulus s1. saya kenal dia sjk kecil dlu, nah kita emang saudara dkat.
saya sdah pacaraan 4thn. dan dlu emg kita pngen untk siap lakukan niat rassulullah untk menikah, karna kmi br2 msih ada kak2 yg tertua blom nikah, kita hny bsa sabar dan pasrah untk mnghargain ka2 kmi.
skrg aku tgl jauh dari dia. dia d indonesia jadi hbg kmi long distances. pak ustadz, saya sayanggg bangt sma dia apa yg dia mau saya sllu berikan untk bikin dia senang dan bahagia. itu bukti sayang sya ke dia. aku terus yg hbgn dia sms,tlpn. krn aku tau dia ga pnya uang, krn blm ada kerjaan. itu yg saya hargain dan ngerti posi2 dia…skrg kmi br2 sudah pasrah dng berdah long distances.
knp ya ustadz klau kita br2 lg dkta kta akur2 ajah,.tpi klau jarak jauh sering ada keribuatan dan tak percaya satu2 sama lain.
skrg dia bedah dia bantuh org nya d toko, jdi ga prnah ada wktu untk ku. jdi dia minta untk sementar hbng kta cukup disini dlu? apa itu nama nya dia meputuskan aku ustadz??…aku kecewa dng dia, krn aku berikan ke dia kasih sayang lebih mensayangi diriku sendiri..
apa yg harus ku lakukan ustadz..aku mncoba melupakan dia..krn ini mungkin dia gak sayang lagi ma aku..aku bodoh ..mencintai orng yg hny bsa mensakitiin hati ku..kecewaain aku..apa salah ku ya allah…kurang baek apa aku ma dia…?? :( :( hiks,,hiks..

Tanggapan M Shodiq Mustika: Baca entri selengkapnya »

Cara Ngobrol Pria-Wanita Yang Mengasyikkan

Posted on Updated on

Clipart of iPod ManiaBeda Cara Dengerin. Tahukah kau film serial TV berjudul The Six Millions Dollar Man dan Bionic Woman? Klo belum tau, tanya deh ama bokap-nyokap. Kedua film ini amat populer di tahun 1980-an. Film pertama mengenai pria super yang bermata tajam (mampu melihat gamblang dari jarak jauh). Film kedua tentang wanita super yang bertelinga tajam (mampu mendengar jelas dari jarak jauh).

Kedua film itu ternyata ngelambangin perbedaan antara lelaki dan perempuan. Walau bermata tajam, cowok tuh telinganya kurang peka. Sebaliknya, meski bermata kurang tajam, cewek tuh telinganya amat peka.

Jadi, ketika kita berbicara dengan cowok, suara kita jangan terlalu lirih. Bisa-bisa nggak terdengar olehnya. Sebaliknya, bila kita ngobrol ama cewek, suara kita jangan terlalu keras. Bisa-bisa kita dikira sedang marah.

“Warna Suara” di Telinga Cowok-Cewek

Di telinga pria, suara orang-orang biasanya hanya terdiri dari tiga macam: rendah, sedang, dan tinggi. Namun, wanita ngedengerin suara dengan lebih rinci: air keran menetes, tangis bayi, anak kucing mengeong, de el el.

Jadi, kalo kamu cewek pengen lebih dikenal di telinga cowok, terutama pada obrolan pertama, nggak usah bingung. Tenang aja! Yang penting, bicaralah dengan suara sejelas-jelasnya. Jangan terlalu cepat. Beri dia kesempatan untuk mencerna makna setiap kalimatmu. Yang lebih penting bagi cowok pada umumnya bukanlah bagaimana kamu berbicara, melainkan apa makna kata-katamu.

Sebaliknya, kalo kamu cowok pengen lebih dikenal di telinga cewek, terutama pada obrolan pertama, jangan asal jelas bicara. Kurang berkesan tuh! Alih-alih, ucapkanlah kata-kata dengan intonasi, mimik wajah, dan bahasa tubuh yang sesuai. Yang lebih penting bagi cewek pada umumnya bukanlah apa makna kata-katamu, melainkan bagaimana kamu mengatakannya. Baca entri selengkapnya »

Bila cewekmu bicara: “Mending aku mati aja deh, biar kamu tenang”

Posted on Updated on

Cewek suka bicara secara dramatis. Seringkali cewek mendramatisir cerita mereka. Sebenarnya… ya itulah yang disebut berbicara dengan perasaan. Cewek suka melebihkan sesuatu sesuai dengan perasaan yang ada. [Diantara cowok, ada pula yang suka bicara dramatis, terutama yang bertipe romantis. (Lihat Ciri Khas Sifat Romantis.) Bila cewekmu berkepribadian romantis, maka dia bisa dramatis buangeettt.] So…. gak heran dech kalo ada cewek mengatakan “dunia mau menelanku”, or “aku rasanya mau mati ajha”. Baca entri selengkapnya »

Kontroversi di masyarakat tidak perlukah?

Posted on Updated on

Dipandang dari sudut ilmu komunikasi, bukankah yg terpenting adalah bagaimana menyampaikan idea/maksud agar ditangkap dan dipahami secara TEPAT oleh audience, bukan malah membebani mereka dengan kontroversi…. [misalnya dengan penggunaan istilah "pacaran islami"]?

Tanggapan M Shodiq Mustika:

Kontroversinya di kalangan siapa? Ilmu komunikasinya ilmu komunikasi yang mana?

Pernyataan bahwa “yg terpenting adalah bagaimana menyampaikan idea/maksud agar ditangkap dan dipahami secara TEPAT oleh audience” itu menunjukkan penggunaan paradigma mekanistis dalam ilmu komunikasi. Dalam paradigma yang dipengaruhi oleh fisika (Newtonian) ini, komunikasi dikonsep sebagai proses penyampaian materi secara mekanistis antara manusia.

Paradigma tersebut merupakan model lama/klasik yang telah banyak “ditinggalkan” oleh mereka yang mendalami studi komunikasi. Memang, paradigma tersebut masih berguna, tetapi daya gunanya terbatas pada keadaan tertentu saja. Dewasa ini, para ilmuwan komunikasi telah mengembangkan berbagai paradigma baru yang lebih sesuai dengan berbagai keadaan lainnya. Diantaranya adalah paradigma psikologis, paradigma interaksional, dan paradigma pragmatis. Baca entri selengkapnya »

Konsultasi: Jodoh Si Mahasiswi Malaysia

Posted on Updated on

saya student malaysia yg kuliah di bandung. saya baru selesai membaca buku ustaz,; Doa dan Zikir Cinta. tertarik saya mahu konsultasi. alhamdulillah kuliah udh mau selesai..lg mengerjakan thesis skrg. persoalan saya gini ustaz..saya berteman dgn org indonesia di sini. kami menjalinkan hubungan yg serius ( mau menikah). dia ada telfon orgtua saya di malaysia. ayah saya santai aja jawapnya. maybe menghormati.dia bilang dengan ayah saya, dia mau nikah sama saya..tp bukan skrg.. lagi mau kumpul uang n bantu keluarga. insya’Allah 2tahun. ayah saya cuma mengiyakan.

masalahnya ustaz..org tua saya ga begitu suka..soalanya.. (1) 2tahun tu lama..umur saya udh 26, umurnya br 24. dan (2) dia org indonesia.
ibu saya bilang, dia ga mau berjauh dengan saya. tp saya bilang..dengan sapa saya nikah..saya pasti ikut suami saya. dan ibu bilang lagi, nikah aja sama yg dekat.hahah..soal hati susah ya mau di selesaikan.. ustaz..gmana ya mau bilang ke orgtua saya?. salah ya kalau saya terusin niat saya? walaupun keluarga ga setuju. bukan niat kawin lari. tp bertahan sampai setuju. bisa?

Jawaban M Shodiq Mustika: Baca entri selengkapnya »

Koleksi Lagu Pembangkit Semangat (Free Download)

Posted on Updated on

Berikut ini kumpulan lagu-lagu pembangkit semangat untuk kita semua. Sebagian besar diantaranya diilhami oleh ketabahan warga Gaza, Palestina, dalam menghadapi kezaliman Israel belum lama ini. Sebagian besar dari lagu-lagu tersebut dapat kita unduh (download) secara gratis (free), sedangkan sebagian lainnya perlu dibayar (dan disumbangkan untuk perjuangan warga Palestina).

Baca entri selengkapnya »

Bila Guru Menanam Kebencian di Benak Murid

Posted on Updated on

Siang tadi (9 Januari 2009), sepulang sekolah, sepertinya ada sesuatu yang lain pada diri Syifa, 9 tahun, putri sulung kami. Tak seperti biasanya, dia tak tampak lelah. Dia terlihat bersemangat.

Eit, tunggu dulu. “Bersemangat” itu bukan kata yang tepat untuk menggambarkannya. Kurasa, ada api yang menyala di matanya. Api kemarahankah? Apakah tadi ada temannya yang membuatnya gusar?

Walau penasaran, tak usahlah buru-buru aku menanyainya. Biarlah dia melenturkan otot, melepas penat lebih dulu. Nanti sajalah aku bertanya-tanya. Tapi semenit berikutnya, dia sudah lebih dulu menyampaikan aspirasinya kepadaku.

“Ayah jangan beli Aqua lagi!” serunya tanpa basa-basi.

“Kenapa?”

“Itu ‘kan buatan Amerika!”

“Emangnya kenapa kalo buatan Amerika?”

Baca entri selengkapnya »

Konsultasi: Dari cinta segitiga sampai belum kepikiran menikah

Posted on Updated on

Akhir 2007 kemarin aku jadian ma si A selama 1 bulan. Setelah jalan sebulan, aku baru tau dia punya anak istri. Awalnya aku marah banget ma si A dan langsung mutusin dia. ga tau kenapa setelah kejadian itu rasa sayangku pada si A malah semakin bertambah. Aku dah berusaha melupakan semuanya, tapi hasilnya tetep nihil. Semakin aku melupakannya, hatiku malah semaikn sakit.

Akhirnya aku masih komunikasi ma si A. Walaupun status kita tidak pacaran lagi, kita masih tetep kayak yg dulu. Dia janji mau menceraikan istrinya.

Aku sadar bahwa apa yang aku lakukan ini salah, tapi aku ga bisa membohongi persaanq sndiri klo aku masih sayang dia. Aku juga dah berusaha cari cowo laen, tapi bayang2 si A masih melekat di pikiranku.

Setahun lebih aku komunikasi ma si A. Si A bisa mengerti, memahami, menenangkan aku jika da masalah, mengajarkan soal agama, terutama selalu mengingatkan aku jika waktu sholat tiba, bisa sbgai t4 aku curhat dll (itulah yang ku suka dari si A). aku hampir tidak percaya dan tidak bisa menerima kenyataan ini kalo dia dah berkeluarga hingga akhirnya aku jatuh sakit….

Kakak si A juga menyatakan cinta ke aku, tapi ku tolak. Di tahun berikutnya pas lebaran kemarin, kakak si A maen kerumahku. Beberapa hari setelah itu, aku kepikiran terus ma kakak si A.

Aku berfikir, “Gak mungkin dan mustahil kakak si A suka & nembak q, secara q ini kan mantan adiknya.” Ga q sangka dan ga q duga, ternyta kakak si A beneran nembak aku dan tanpa pikir panjang aku pun mencintanya karna pikiranku dah kalut ma si A.

Mau ga mau, si A tau semua ini dan dia marah bnget. si A mengancam akan berantem ma kakaknya sendiri kalo aku masih meneruskan hub dengan kakanya. Si A juga menyumpahi aku bahwa aku akan inget dia sampai kapanpun walaupun aku dan nikah kelak. Dari pertengkaran itu aku dah mutusin tuk ga komunikasi / berhub lagi ma si A yang walaupun sebenrnya aku masih sangt menyayangi si A dari pada kakanya.

NB: Jauh sbelum aku masuk dalam kehidupan si A, rumah tangga mereka sudah di ujung tanduk. Sebenernya aku ga mau kalo sampai si A cerai karna itu perbuatan yang dibenci Yang Kuasa.

Yang mau aku tanyakan, apakah semua yang aku lakukan itu salah dan gimana dengan aku menerima kakaknya….?????? Mohon jawaban dan solusinya,
makasih banyak sebelumnya.

Tanggapan M Shodiq Mustika:

Baca entri selengkapnya »