Ciri Khas Sifat Romantis

Posted on Updated on

Apa sajakah ciri khas sifat romantis? Dengan kata lain, apa dan bagaimana sih visi, misi, persepsi, pola pikir, sikap, dan ekspresi yang romantis?

Berikut ini hasil pembacaan M. Shodiq Mustika terhadap berbagai sumber mengenai Teori Enneagram, Tipe Romantis:

VISI: “Aku merindukan seseorang yang sangat berharga dalam kehidupanku. Alangkah sempurnanya hidupku seandainya aku bersatu kembali dengan seseorang yang kurindukan itu.”

MISI: mencari cinta sejati (termasuk dengan jalan mencintai seseorang yang istimewa, khususnya lawan-jenis tertentu, sedalam-dalamnya dan setulus-tulusnya).

PERSEPSI: “Kebahagiaan sejati terletak di lubuk hati yang paling dalam.”

POLA PIKIR: “Kita akhirnya akan lepas dari masa-masa sulit.”

SIKAP:

  • percaya diri (“Meskipun banyak orang tidak menghargaiku, bisa kubuktikan bahwa aku tak seburuk anggapan mereka.”);
  • berani dan tabah hadapi rintangan dan penderitaan (“Bagaimanapun, aku jadikan petaka itu menyenangkan.”);
  • rela berkorban untuk kepentingan orang lain;
  • betah “jauh di mata, dekat di hati”, bahkan walau sampai selama-lamanya;
  • lebih menghargai kualitas batiniah daripada penampilan lahiriah.

EKSPRESI:

  • kreatif dan unik (lain dari yang lain);
  • variatif (“berwarna-warni”);
  • indah;
  • dramatis (penuh imajinasi dan perasaan mendalam);
  • simbolis (menggunakan lambang atau ungkapan kiasan, tidak to the point).

CONTOH EKSPRESI: puisi karya Shakespeare, “Soneta 29”, terjemahan M. Shodiq Mustika:

Kala tersipu di depan manusia dan Fortuna,

sendirian aku terlunta-lunta berair mata.

Percuma kuraungi langit nan tunarungu,

maka kucermini wajahku, kuomeli tapak tanganku.

Oh, andai aku raja sejuta satria,

yang mendamba raut muka ini-itu,

yang tak mungkin kuhirup walau mulutku meliur.

Namun, saat kutatap cermin dengan sebelah mata,

mendadak sontak terpampang dikau, lalu wajahku,

bagai cengkerama mencuat di masa rehat.

Dari bumi merekah, syahdu nyanyiku di pintu surga,

berkat memuat memori cinta berair madu,

tak sudi kutukar wajah aku dengan raut muka raja.

Iklan

20 thoughts on “Ciri Khas Sifat Romantis

    qodam said:
    24 September 2008 pukul 23:02

    seperti yang sampeyan tulis. meski kata2 yang saya lihat kata2 di atas memang simbolik.

    ariesma said:
    27 Oktober 2008 pukul 20:23

    kreatif juga ,bagus,…..

    The Scholar said:
    24 Desember 2008 pukul 12:02

    Nice Article, Visit My Site and Create My Link

    Tanks!

    iren said:
    31 Januari 2009 pukul 09:20

    cinta

    Angin lelono said:
    15 Februari 2009 pukul 13:26

    Bagus, n sediit tambahan biasanya orang yang romantis akan cengeng, mudah tersentuh hatimya

      topf said:
      30 Maret 2009 pukul 13:31

      ah ga jg,dri skian kcil cwe yang pernah aq kencani rt2 mereka bilang aq bkan tipe cwo yang romantic.tp hatiq gampang tersentuh&agak (sdikit)cengeng…pie jal?

        M Shodiq Mustika responded:
        30 Maret 2009 pukul 13:44

        @ topf
        Pengambilan kesimpulanmu kurang tepat.
        Yang romantis itu hatinya gampang tersentuh, tapi yang hatinya gampang tersentuh belum tentu romantis. (Bandingkan: Manusia itu berkaki dua, tapi yang berkaki dua belum tentu manusia.)

        kiki said:
        26 April 2009 pukul 12:29

        menurut aku..orang yang romantis itu..mw melakukan hal2 yang tdk sanggup di lakukan oleh pasangan lain..dan menurut aku..romantis itu bukan berarti harus di tempat yang mewah dan nyenengin..tapi apabila pasangan kita menyayangi kita dengan setulus hati..itupun juga bisa di katakan romantis..apalagi..kalo pasangan kita rela berkorban apapun demi kita..menurut aku itu udah cukup untuk nunjukin kalo dia romantis n sayang ma kita..

    acxenk said:
    17 Mei 2009 pukul 09:43

    kata2 di atas bagus.. OK ^_^

    oh yaah……
    =
    hmm2…..
    sedikit cerita2….
    permisi mas buu…. maaf yaah…..
    gpp kan…..
    hehehehe….
    🙂

    aku tak bisa menilai tentang diriku
    orang yang bisa menilai diriku Romantis itu adalah Istriku..
    =
    walapun diriku belum menikah, namun dia ku anggap seperti istriku,
    diriku yakin dan percaya kalo diaPun sama sepertiku.

    ==

    diriku malah di anggap sifat yang sangat membinggungkan, hehe..
    sifatku seperti ini ke dia:

    1. gagh suka bila di ajak nonton film yang berbau Romantis Kecuali hanya satu yang tak sengaja ku tonton pada saat dulu yaitu “My Sassy Girl”

    2. aku malahan suka nonton film yang beradegan perang seperti sejarah2 zaman dahulu dan technology2 zaman modern tapi flm horror aku sangat gagh suka sebab nakut2tin buat si dia.

    3. diriku suka m lagu/musik yang campur2 semua suka, jenis apapun, namun tergantung pada saat saat tertentu.

    4. dia bilang bahwa diriku sebenarnya sangat romantis tapi peranku saat bersama dia kesan itu tak muncul dan tidak di praktekan, itu kata dia.

    5. semua temen2 dia bertanya Romantis gagh sih cwo itu?? jawab dia, gagh.. coz diriku pernah berbuat tak selayaknya seorang pacar, seperti ini: tidak pernah berpegangan tangan saat berjalan berdua dan pernah menendang kakinya saat dia duduk, namun itu pelan, pada saat aku menyuruh dia berdiri.

    6. pertemuan itu hanya 4 hari.

    7. dia gagh menyadari kesan itu saat saat bersamaku dalam 4 hari itu.

    8. dia terharu saat kesan itu, ku ingatkan kembali padanya dan apa di balik itu.

    9. jawab dia, kamu membuat aku rindu, kamu adalah orang yang slalu menjadi tanda tanya buatku, aku sayang kamu, cinta kamu dan slalu..

    petunjuk:
    dia itu sang cwe
    dan aku/diriku itu dari sang cwo
    nomor 9 itu pendapat sang cwe

    kisah nyata
    tanggal 19 bulan 9 adalah hari spesial kami

    ==

    kan ku tulis kata kata yang simple dan mudah untuk di mengerti:

    kata2 ucapan yg bagus
    adalah kata kata yang telah kamu buat sendiri
    bukan kata kata orang lain
    hanya perlu logika, pikiran, imajenasi dan perasaan tertuju pada satu titik
    tanya kenapa……
    karna kata kata itu menggunankan air mata kamu itu sendiri

    hanya cukup di jawab di dalam hati
    thx..

    ==

    memang rada ribet semua kata2 ini
    cukup di mengerti aja dan bukan untuk menjadi tanda tanya,
    aku yakin kamu bisa.

    oh yaah…..
    salam kenal yaah buat semuanya…..
    ^_^V

    acxenk said:
    17 Mei 2009 pukul 10:19

    kalo pasangan kita rela berkorban apapun demi kita, itu nyimpang jauh dari Romantis. klo aku nilai sayang cinta2 bget kalee…… Bukan Romantis, maaf sebelumnya.

    kalo pasangan kita rela berkorban apapun demi kita, itu kewajiban seorang pasangan/pacar maupun suami istri.
    trus klo cinta itu hilang, janganlah di butakan oleh cinta, cinta sesungguhnya itu adalah cinta hanya kepada Tuhan YME, jodoh itu itu di tangan Tuhan, qta harus slalu ingat kepadanya.

    qta di beri cinta, qta di beri sayang, qta di beri perasaan supaya orang terhanyut dalam gelombang asmara qta, namun gunakanlah sebaik2nya.
    klo semua itu gagal, itu sudah takdir dan wajib qta jalani.

    kadang orang sering kali salah mengartikannya, maaf sebelumnya..

    qta share bersama
    ^_^V

    acxenk said:
    17 Mei 2009 pukul 21:31

    kadang istriku beranggapan klo aku itu orang yang lengkap saat berdua, canda2an, marah2an, brantem mpe serius2an, sampai bilang kata2 yang tak seharusnya yang qta ucapin contohnya bilang goblok, bodoh, tolol, buyan, gila, hoi, heh, bajingan, keparat, trus brengsek dan lain sebagainya. emang aku bersama dia itu orang yang aneh menurut orang lain terutama buat temen2 yang di sampingnya.

    aku juga heran menurut diri sendiri, kok bisa yaah..
    di tanya asyik iya, di tanya nyebeLin juga iya
    emang laah dunia.. ada2 aja..

    hal yang pernah ku lakukan buat dia
    memetik bunga secara langsung dan memasangnya di telinga sebelah kirinya
    membuat kata kata yang Romantis yang tak dia sadari
    membuat kesan yang sangat romantis sewaktu di pantai parang tristis, tambak boyo, malioboro, hingga di kamar tidur sambil bercerita cerita dan waktu berjalan kaki pun aku mempraktekkannya, tapi sayang dia tak sadar padahal ada sisi Romantis di sisi balik itu
    contohnya
    seperti foto ini

    dan masih bnyak lagi yang tak bisa ku gambarkan
    coz gambaran itu ada di dalam hati

    kenapa cwe merasa peNasaran sama seseorang pujangga??
    apakah dia ingin merasakan peRasaan dari seorang pujangga atau perasaan hati seorang pujangga maupun dari isi dalamnya seorang pujangga.
    semua itu kurang tepat..
    mungkin dia ingin merasakan kebahagian dari seorang pujangga.

    sayang..
    kianpun tlah berlalu..
    hari demi hari..
    waktu demi waktu..
    hingga detik sekarang..
    ku s’lalu..
    i miss u..

    yaah kata2 ku ini sangat berlebihan..
    bisa di bilang gombal..
    hehehehe..
    ^_^V

    acxenk said:
    17 Mei 2009 pukul 22:38

    soal yang simple mengetahui sifat seseorang, maksudnya pikiran yang dalam atau hanya sebatasnya sering yang qta jumpai sebelumnya yaitu teman2 qta dan apa di balik itu.

    semua manusia itu sama hanya kodrat, hati/bhatin dan pola pikirnya yang berbeda.

    ibarat burung merpati tanpa sayap
    dan
    ibarat burung merpati terbang tanpa sayap

    ibarat burung merpati tanpa sayap –> pasti seseorang tersebut perlahan memikirkannya, jawabnya ya gagh bisa terbang.
    sedangkan
    ibarat burung merpati terbang tanpa sayap –> seseorang tersebut langsung nyambung pikirannya, jawabnya ya iyalah gagh bisa terbang.

    coba di pikir kalau kata2 itu ibaratnya ngak ada jadi gimana?

    yang membuat orang berfikir lebih dalam itulah jawabannya.

    by.acxenk

    trima kasih..

    mega said:
    4 Juni 2009 pukul 19:56

    burung merpati butuh sayap agar dia bisa terbang dengan sempurna
    aku butuh kamu tuk ngejalanin hidup ini buat semuanya menjadi sempurna
    mungkin ini inti dari kalimat di atas..
    kamu dan aku……
    satu………..
    i miss u to…..
    suamiku…..

    gak nyangka aja di tulis di sini
    aku tau, mungkin ini laah yang di katakan bunga abadi itu yang letaknya di hati, harumnya bunga mengingatkan aku pada dirimu dan seakan2 kamu berada di sisiku.

    penjelasannya:
    bunga itu ibarat kenangan yg telah di berikan dan banyak contohnya..
    sedangkan..
    abadi itu ibarat ku slalu dan ingat padamu slamanya

    emank smua kata2 itu membingungkan..
    tajam pikirannya..
    klo sekilas di baca pasti gk ngerti..
    klo di pikirkan, otak terasa pusing..
    klo di diamkan tapi pengen tau..
    namun akhirnya aku bertanya..
    dan..
    itu jawabannya..

    makasih suamiku..
    ku slalu padamu..
    slamanya..

    sarah said:
    5 Juni 2009 pukul 12:01

    tapi romantis lebih asyik dg sebuah perlakuan tanpa kata2. hehehe. i’m very like it. 🙂

    kodok said:
    17 Juli 2009 pukul 07:42

    gw setuju dengan sarah….
    sifat romantis gak usah di liatin lewat kata atau apalah
    so biarkan aja berjalan dengan apa adanya…

    talk less do more….

    kikakirana said:
    5 Maret 2010 pukul 07:37

    wah ttep nggak ngerti juga dech romantis itu apa,,,
    yg aq ngerti sich romantis nggak romantis untuk ukuran tiap orang itu bisa berbeda”…

    bahkan mngkin klo buat pasangan petinju saling tonjok”an, jotos”an pas waktu latihan bareng itu juga bisa disebut romantis kli ya???
    biarpun babak belur gag keru”an 😀

    Salam kenal 😉

    mashon said:
    28 Juli 2010 pukul 22:20

    wheheh,,,setuju deh dengan TSnya…

    mantapp ciri2 khas sifat romantisny aku suka bgt…

    Agus Bisena said:
    28 Oktober 2010 pukul 00:22

    cinta itu menurutku bukan salah satu menjadi korban. tapi harus saling mendukung dan memuliakan, makasi…

    one said:
    21 Januari 2011 pukul 21:21

    ha?itu ciri” romantis?weq..itu mahh ciri” gw smua..-_-
    n gw ga berasa romantis ..,,gw pikir gw lebih ke puitis..,,ato..,,terkesan cool n aga kya sedih gtu..,,anehh jgx..,,

    mirdmont said:
    2 April 2011 pukul 03:45

    Hmhmhm
    yaya..
    Sepakat ma acxenk

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s