Tatapan Mata Cewek-Cowok

Posted on Updated on

Menurut penelitian Allan & Barbara Pease, jangkauan pandangan mata cewek tuh lebar banget, lebih dari 180 derajat. Karena itu, wanita dapat melihat sekeliling secara sekilas tanpa harus memutar kepala.

Jadi, bila kamu pria, lalu cewek gebetanmu gak pernah secuil pun melayangkan pandangan matanya ke arahmu, jangan ke-CR-an terus. Belum tentu dia cuek ama kamu. Mungkin aja dia sering “curi-curi pandang”. Ini karena wanita dapat melihat sekeliling tanpa harus memutar kepala. Hanya dengan melihat sekilas, cewek udah mampu ngeliat “sasaran”!

nuvailia.jpg

But… Walo bisa ngeliat sekeliling dengan mudah begitu, pandangan mata cewek itu “kurang tajam”. Pandangan matanya cenderung “buta arah”. Makanya jangan heran deh… klo hang out ke mall bareng ce-es-nya, cewek tuch lebih mudah hafal isi mall. Cumaa… ya itu… hafalnya mah hanya isinya, bukan tata letaknya. Coba klo diminta ngasih arahan, umpamanya “Di gerai mana kau beli HP-mu ini?” yang ada juga gini jawabannya “Pokoknya deket food court deh.”

Kalo kita ngedapetin jawaban kayak gitu dari cewek, maklumi ajal lah! Kalo emang butuh pergi ke tempat itu, ajak aja si cewek untuk kembali ke situ dan nunjukin lokasinya. Dengan mudah dia dapat menemukan tempat tersebut.

Now… what about men?? Oke… let’s talk about men.

Klo cowok niy, jangkauan pandangan matanya “sempit” (terfokus) seperti terowongan, sekitar 45 derajat atau kurang. Dengan terfokus gitu, mata cowok berusaha ngeliat “sasaran” secara tajam, termasuk ketika ngeliat cewek, he he he….

ginanjar.jpg

Nah, kalo kamu wanita, lalu ada cowok menatap wajahmu tanpa berkedip, jangan ke-GR-an terus. Belum tentu dia naksir kamu. Mungkin aja terfokusnya tatapan matanya pada wajahmu itu hanyalah untuk mengenali perbedaan antara dirimu dan cewek-cewek lain. Bila cuma ngeliat sekilas, sulit bagi cowok buat segera ngenali dirimu.

Kalo cuma liat sekilas-sekilas aja, kayaknya semua cewek tuh sama di mata cowok. Makanya, untuk mengenali apakah yang dilihatnya itu benar-benar dirimu ataukah kuntilanak, kaum pria mungkin perlu memfokuskan pandangannya ketika menatap dirimu. (Penulis buku ini sadis, ya? Masak, cewek semanis kamu dibanding-bandingin ama kuntilanak. Hiiiii….)

But… Kalo kamu cowok TERLALU terfokus ketika menatap cewek, ati-ati! Jangan sampai terjerumus ke dalam “zina mata”. Untuk menghindarinya, berikut ini beberapa saran dari M. Shodiq Mustika & Aisha Chuang, Gaul Gaya Rasul (Jakarta: Qultum Media, 2006), hlm. 52-57:

  • Supaya tidak terkagum-kagum pada dayatarik seksualnya, fokuskan pengamatan kita pada penampilan non-seksualnya apabila kita memandang lawan-jenis.

  • Setiap kali terpikat pada dayatarik seksualnya, lekas2lah alihkan pandangan ke arah lain sampai gejolak birahimu reda.

  • Ketika kau kewalahan meredam nafsu syahwat, segera “alihkan perhatian” ke hal-hal lain yang bersifat non-seksual. Umpamanya: sepakbola, berita politik, dialog bisnis, eksplorasi flora dan fauna, dan sebagainya.

———-

Sumber: M. Shodiq Mustika & Krisnina Rihardini, Taaruf Forever (Semarang: Qudsi Media, Maret 2007), hlm. 4-7.

77 thoughts on “Tatapan Mata Cewek-Cowok

    2 said:
    23 April 2008 pukul 09:12

    Wah asik trnyata masih bnyak orng yang perduli dng konflik yg ada pda remaja.dng ini kta dpt lbh mengerti dan pahami g mana cara pacaran yg sehat yg dan membwa rahmat agar kita tidak d laknat

    Adhyt said:
    16 Mei 2008 pukul 22:26

    Artikelny bagus bgt.Keren,minta izin bwt dijadiin bahan bwt siaran.Biar anak muda skrg pada tobat…Mksh…

    Mahdi said:
    20 Mei 2008 pukul 05:29

    terima kasih atas sarannya ini , semoga Allah merahmatimu

    alie said:
    1 Juni 2008 pukul 09:35

    ya memang ,apalagi di zaman sekarang ini yang mana kaum muda tidak mengubris akan adanya aturan agama,yang mereka pikir hanyalah kesenangan semata,hingga tidak tau akan norma-norma agamanya sendiri,jarang sekali mereka untuk berpegang teguh pada norma2 trersebut.

    ika said:
    5 Juni 2008 pukul 10:40

    maaf ni aku mau tau cowok di atas ma sapa namanya

    Nita said:
    15 Juni 2008 pukul 20:37

    aku sbg prmpuan ngrasa gt klo dah ngliat org yg ku suka,, kok bs tw sih?? bpk dah survei ya??
    tp skrg aku sadar untungnya org itu tak membalas tatapanku itu walau sebantar..
    tp apakah aku boleh melihatnya walau untuk melihat suatu keadaan apakah dia berbicara dg org lain??

    M Shodiq Mustika responded:
    16 Juni 2008 pukul 06:24

    @ Nita
    Boleh melihat lawan-jenis, asalkan tidak disertai dengan syahwat atau kemungkaran lainnya. Lihat http://wppi.wordpress.com/2008/05/29/bolehkah-laki-laki-memandang-perempuan-dan-sebaliknya/

    tethe said:
    22 Juni 2008 pukul 19:22

    q juga sering gityu klo lgi natap cowok q. ebiez di ganteng banget. truz dia sering juga namatin q gitu. aduhh q dah dosa nich. makasih ya ataz pengethuanx. lain kali q akan coba untuk menghindarinya.

    ya bener remaja sekarang mang harus baca ni artikel

    lani said:
    11 Juli 2008 pukul 13:11

    Emang Benar Tuch.Tapi Ga semua cewek kayak gitu.Malh ada yang jelalatan

    flanker said:
    29 Agustus 2008 pukul 01:58

    Sebenernya kunci dari itu semua bukan bagaimana mengalihkan perhatian…
    itu mah sama aja cuma menjaga “luar”nya cuma tampilan. itu sama aja omong kosong!
    kuncinya adalah bagaimana cara pandang kita tehadap wanita (kalo kta co) dan pria (kalo kita ce). ketertarikan secara fisik itu biologis…bahkan naluriah…
    yang membedakan kita dengan binatang itu cara kita berpikir dan menyikapi.ketertarikan secara fisik bukan terutama sebagai dosa atau hal yang sangat “menjijikkan”, hal semacam itu malah bisa memperkaya batin kita kalau kita menyikapi diri dan otak kita dengan benar.
    itu melatih kita berpikir: “bagaimana menghormati lawan jenis”.jai mereka bukan sekedar calon pasangan seksual semata yang setiap bagian tubuhnya bisa kita eksploitasi dan nikmati entah nanti atau kapanpun saat mereka jadi “milik” kita. hormat kepada lawan jenis jauh lebih bisa menjaga hati dan pikiran secara dasariah, karena paradigma kita pada dasarnya sudah bersih.
    mudahnya hati dan pikiran dibersihkan dulu, entah nanti ada godaan cewek/co secantik/secakep apa, seterbuka apa bajunya, dsb, kita akan jauh lebih mudah menetralisir pikiran negatif dan birahi…
    saya sudah coba, jauh lebih menenangkan dan membahagiakan.hidup lebih bebas, namun hati tetap bersih..
    jadi bukan sekedar tampilannya dibuat-buat supaya “menghindar”, tapi hati kita yang dibersihkan…
    kelihatannya jauh lebih tulus, murni, dan dewasa…
    ini memang sulit, tapi hidup memang sulit, jadi kalau mau cari gampang,mudah,dan pasti, mati aja…hehehe=)

    ma2n said:
    29 Agustus 2008 pukul 10:59

    HHmmm…….. untun9 gwe jadi cowok. coz dosanya sedikit,,,
    ada hadistbilang kalo memandang satu kali(tanpa berketip) itu ka9ak d0sa,,

    opie said:
    21 September 2008 pukul 13:22

    suhanallah
    muda-mudahan jadi akhwat sholehah & mendapatkan ikhwan yang sholeh
    do’ain ana juga yach…..

    eka anazhackerz said:
    6 Oktober 2008 pukul 22:49

    salam ta’ruf ya, nama saya eka anas

      macho said:
      19 Juni 2009 pukul 21:38

      Nah, foto bibir doang juga bikin nafsu cowok…mending tampilin matanya aja….apalagi bibirnya seksi tuh…ck ck ck

    iis said:
    7 Oktober 2008 pukul 16:00

    bener gak seeh saling pandangan bisa ungkapkan cinta,
    saat aku tatap matanya au tau dia cinta aku, he he he … apa bukan aku yang ke GR an yach..?

    erma said:
    9 Oktober 2008 pukul 21:33
    fika said:
    18 Maret 2009 pukul 21:38

    remaja saat ini sepertinya sudah tak malu-malu lagi bila berhubungan dengan lawan jenis.mereka sering bersama, jalan bareng, bahkan rangkul-rangkulan. bagaiman menurut anda? apa itu baik(sah-sah aja) atau tidak?

      M Shodiq Mustika responded:
      18 Maret 2009 pukul 23:09

      @ fika
      Aku tidak menganggap semua itu baik.

    affandizn said:
    13 April 2009 pukul 19:43

    mas,ajarin cara nulis buku? kalobisadibikin ebooknya. lagi mau nulis buku niy.🙂

    […] cewek-cowok pasang telinga berbeda, seperti pada cara ngeliat. Telinga cewek “melebar” juga; pendengaran cowok terfokus […]

    Imas sumarni said:
    17 April 2009 pukul 21:01

    Cewek lebh tertarik sama cowok yg jaim..tdk jelalatan menjaga pandangan nya..itu lah yg membuat cewek2 penasaran pd tipe cowok yg jaim..dgn menjg pandangan tersimpan aura yg memikat hati..tersimpan hasrat yg dalam..siapakah dikau sbnarnya..wahai pria jaim.

      cwe petualang said:
      19 Juni 2009 pukul 21:32

      Aku pernah jumpa cowok jaim yang bikin gw penasaran…setelah kenal….wow! ternyata….dia nakal!!! jadi gak jamin yah, kalau cowok jaim itu alim…Ok!

    dina said:
    1 Mei 2009 pukul 23:38

    Postingannya, ngena abiss, keren.

    ascol said:
    13 Mei 2009 pukul 16:00

    ta2pan mata cewek setajam silet,klau kamu cwok dita2p oleh cwek kamu akan merasa tercabit2

    viekar said:
    9 Maret 2010 pukul 17:25

    pandanganmu adalah racun berbisa yang dikeluarkan dari busur2 syaitan

    desy said:
    27 Juli 2010 pukul 06:23

    Hmmm, kenal itu foto cw yang pake jilbab nya. Anak bandung, cimahi. Namanya dezy.

    ammary said:
    17 Desember 2012 pukul 07:31

    ass. wr wb.. boleh tau ga nama mas yang ada di dalam pic di atas?? makasih

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s