Tiga Syarat Utama Tumbuhnya Cinta Romantis

Posted on Updated on

Bagaimanakah cara yang paling strategis untuk mendapatkan cinta yang romantis? Apa sajakah syarat-syaratnya?

Menurut Hartfield & Rapson (1993), syaratnya ada tiga:

  1. latar belakang sosial-budaya yang membangun membangun harapan untuk jatuh cinta;
  2. kandidat yang tepat dalam kaitannya dengan penampilan, kepribadian, latar belakang, dan nilai-nilai;
  3. getaran yang ditandai dengan cinta romantis.

Untuk memenuhi syarat nomor satu, caranya telah kami terangkan dalam bentuk artikel “saat terbaik untuk PDKT“.

Untuk memenuhi syarat nomor dua, caranya kami jelaskan dalam postingan “Dapatkan kecantikan dan kepribadian yang memikat!“.

Untuk memenuhi syarat nomor tiga, caranya diungkapkan oleh Ayala Malach Pines, Falling in Love: Buku yang menguak misteri bagaimana dan mengapa kita jatuh cinta (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005), hlm. 77-78:

Ambillah keuntungan dari waktu-waktu di mana Anda [atau para kandidat] tergetar secara emosional oleh kejadian positif [yang mesti disyukuri] maupun negatif [yang memerlukan kesabaran] dalam hidup Anda. Ini adalah saat-saat di mana Anda [dan para kandidat] lebih mungkin untuk terbuka pada cinta.

Misalnya, saat kandidat-kandidat (para calon jodoh Anda) itu meraih sukses lolos seleksi ujian masuk perguruan tinggi yang mereka idam-idamkan, sampaikanlah ucapan selamat kepada mereka. Namun bila mereka gagal, sampaikanlah bahwa Anda masih menghargai mereka.

Sebaliknya, ketika Anda meraih sukses lolos seleksi ujian masuk perguruan tinggi yang Anda idam-idamkan, perhatikanlah siapa saja yang menyampaikan ucapan selamat kepada Anda. Namun kalau Anda gagal, perhatikanlah siapa saja yang masih memperlihatkan penghargaan kepada diri Anda.

Carilah situasi dari getaran fisik dan emosional yang tinggi: menari, hiking, aerobik, jogging, perjalanan ke luar negeri, [kursus atau pelajaran di] kelas yang menarik, film laga, konser yang menarik, dan perjalanan spiritual.

Pilihlah aktivitas yang sangat Anda nikmati dan bisa membuat Anda senang. Pastikanlah bahwa aktivitas-aktivitas tersebut digemari pula oleh orang-orang (lawan-jenis) dengan karaketeristik yang sesuai dengan yang Anda cari. Misalnya, kalau Anda menghendaki kandidat yang berbodi sehat, aktivitas jogging tergolong sesuai, bukan?

Cobalah untuk berada dalam mood yang bagus saat Anda bertemu dengan orang-orang baru. Jika perlu, jangan ragu untuk membuat mood Anda bagus dengan mendengarkan musik yang rancak, rekaman yang lucu, atau menyaksikan film yang menarik.

Secara demikian, melakukan jogging sambil mendengarkan musik favorit dari radio mini atau walkman (yang tahan goncangan) dapat menciptakan mood yang bagus, bukan?

Dan ingatlah bahwa rintangan-rintangan eksternal mempertinggi daya tarik.

Melakukan jogging sambil membawa radio mini atau walkman itu mungkin agak menyulitkan. Namun, rintangan itu justru mempertinggi daya tarik!

Iklan

3 thoughts on “Tiga Syarat Utama Tumbuhnya Cinta Romantis

    […] Tiga Syarat Utama Tumbuhnya Cinta Romantis […]

    andy said:
    28 Mei 2008 pukul 11:49

    zzzzz

    […] Kalau dalam dugaanku sih, makna “baru agak serius” itu adalah “belum siap nikah dalam waktu dekat”. Namun apa pun makna dari kata-katanya itu, perlu kau pahami bahwa cinta adalah proses. Apakah cinta itu akan berkembang ataukah layu, itu akan tergantung pada bagaimana perawatannya. Untuk itu, silakan ambil pelajaran dari “Tiga Syarat Utama Tumbuhnya Cinta Romantis“. […]

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s