Cinta Tersembunyi Yang Terpuji

Posted on Updated on

Telah kita ketahui bahwa Nabi saw menganjurkan kita untuk mengekspresikan rasa cinta. Lantas, apakah merahasiakan cinta itu selalu terlarang? Terlarangkah menyembunyikan cinta dalam keadaan apa pun?

Tidak selalu dan tidak selalu. Ada kalanya kita perlu menyembunyikan rasa cinta di dalam hati.

Tujuannya, antara lain: menjaga keutuhan cinta; mempertahankan hubungan pertemanan; memelihara kehormatan diri; menjaga keselamatan diri.

Kalau di antara itulah alasan Anda merahasiakan rasa cinta Anda kepada si dia, maka Anda justru merupakan pencinta yang “memiliki sifat yang terpuji”. Demikian fatwa Ibnu Hazm. (Di Bawah Naungan Cinta, hlm. 83)

Contoh cinta tersembunyi yang terpuji:

Bismillah….
Saya mungkin tipe yang ‘mengumbar2′… Ingin sekali saya mengumumkan kepada dunia ketka saya benar2 sedang di’mabuk cinta’.. Saya utarakan ini kepada orang yang saya maksud dengan cara yang (menurut saya) paling tepat dan juga di blog… Sengaja tidak saya umumkan siapa pria ini sebenarnya.
Karena jujur saya harus berhati-hati karena ini bersangkutan dua orang dengan dua lingkungan dan latar belakang berbeda.. Saya tidak mau jika termyata finalnya kami tidak bersama, kelak akan ‘mempersulit’ kelancaran datangnya kesempatan untuknya kelak…
Jadi jika saya ‘merahasiakan’nya.. Alasannya bukan karena saya takut malu, takut di-hina, takut cupu atau gengsi…. sama sekali bukan…
Tapi karena ingin membahagiakan orang yang saya cintai.. Tapi yaaa, pemahaman orang tentang hakikat cinta berbeda-beda.. Yang pasti di kala cinta ‘utama’ saya pada Sang Kekasih tetap terjaga, maka cinta saya ‘yang lain’ tidak akan membuat saya ’sakit’ walau luka itu ada…. Wallahu’alam.. ^_^

27 thoughts on “Cinta Tersembunyi Yang Terpuji

    fiTRi said:
    16 Februari 2008 pukul 21:48

    kOk sM c…..!!!!!!!!!

    qU jG leBh mEmiLih diAm!!n mNuTup rPt kLo qU sKa sEoRn9!!!!!
    tP bEdaNya, qU tKuT kLo qU bLan9 sKa,nTi hUbUn9anQu n dYa jD aNeh!!!!cOz qTa ShaBaTan!!!

    qU LeBh mEmiLih tUk bHagIain dY dGn cRa Qu y9 kYa gNi……😛

    Rusdi said:
    12 Maret 2008 pukul 12:38

    fitri ngomongin saya ya??:P

    ngawe said:
    6 Juni 2008 pukul 11:03

    aku juga takut, ngomongin pada yang aku sayangi…….?sebenarnya aku suangaaaatss sayang pada dia, tpi aku ragu…. stelah membaca ini aku jadi tidak ragu lagi……? makasihh yaa…? salam buat gamma, dhany, mula….?

    mia said:
    10 September 2008 pukul 19:33

    Jujur kalau aku ndak takut buat ungkapin rasa sayangku pada seseorang yang penting pertemanan tetap terjaga…………………….dan aku berharap semoga orang2 yang pernah atau sedang aku sayangi bisa buat aku jadi lebih baik lagi……..kalau aku suka sama seseorang aku harap dia bisa buat aku lebih dekat dengan Allah,semoga dia bisa melindungiku…dan aku juga bisa buat dia jadi lebih baik………….

    ichwanul mukhlis said:
    19 Januari 2009 pukul 13:11

    iya bener……

    sbenarnya q jg sayang bgt ma dia…..
    tp q jg blum ngomong…..
    enaknya kalo mw ngomong itu…..kalo dah siap nikah secara lahir dan batin…..sayangnya aku belum punya penghasilan tetap bwt menghidupin si dia…..Doain mg sampai ke walimatul ursyi ya…..

    M Shodiq Mustika responded:
    19 Januari 2009 pukul 20:15

    @ ichwanul mukhlis
    Aamiin.

    akbar said:
    17 Maret 2009 pukul 20:52

    cinta yang tak diungkapkan namun terpuji, bila memang itu ada berarti kita tidak boleh mencintai seseorang sebelum kita siap untuk meminangnya? atau apa?

      M Shodiq Mustika responded:
      17 Maret 2009 pukul 22:00

      @ akbar
      Ada perbedaan antara “mencintai” dan “menyatakan cinta”. Mencintai sesuatu yang baik itu selalu baik, tetapi menyatakannya tidak selalu baik, tetapi tergantung pada konteksnya sebagaimana telah dijelaskan dalam artikel di atas.

    si Bungsu pemalu said:
    19 Maret 2009 pukul 15:08

    Rasa mencintai memang ada, tapi menyatakan cinta sangat sulit sekali. Bagi saya cinta itu bukan untuk main-main & bukan pula mainan.
    sampai saat ini, jujur saya blom pernah nyatain cinta sama akhwat, tapi herannya ada 3 akhwat yang terus terang ungkapkan rasa cintanya pada saya.
    menurut pa ustad, saya harus bagaimana menyatakan pada ke-3 akhwat tadi?? sedangkan rasa cinta ini bukan pada mereka.

      M Shodiq Mustika responded:
      19 Maret 2009 pukul 15:38

      @ si Bungsu pemalu
      Jawablah secara netral. Misalnya, “Aku merasa tersanjung. Aku kekurangan kata-kata untuk menanggapinya. Aku belum yakin siapakah jodoh terbaik yang Allah sediakan bagiku. Kuharap kau memaklumi keadaanku ini.”

    R-Phay said:
    24 Maret 2009 pukul 09:45

    Salam kenal pak..saya kagum dg tulisan” bpk. smga v bs mnjd s’org pnulis.
    gni pak v jg ngalamin hal yg sm,sudah dr smp memendam rasa ini smpai skrg mw kuliah..
    sbenerny dy yg nyatain duluan scara sderhana tp wkt itu v dlarang pacaran krn usia dan qt aktif dmsjd. v sayaang sm dy tp dy gk pernah tw ap yg v rasain. sesek se pak ngrasain hal yg ky gni. dan sampai saat ini klo kita bertemu dy suka menundukan kepalany..apa dy msih punya perasaan yg sm? :-)ngarep..
    mau mnta solusinya, gmn y cara lupain dy? dan membuka hati sma yg lain.. heu3 syukron ust.:-)

      M Shodiq Mustika responded:
      24 Maret 2009 pukul 20:15

      @ R-Phay
      Alhamdulillaah.. Segala puji adalah bagi Allah… Saranku, nggak usah berusaha ngelupain dia. Berserah diri sajalah kepada Sang Mahakuasa. Biarlah Dia yang menentukan apakah sebaiknya dia terlupakan ataukah tidak terlupakan oleh dirimu.

    Okto said:
    19 April 2009 pukul 21:21

    klau mmg org yg kita cintai memungkinkan untuk kita miliki.mngapa kita hrs menyimpan prasaan, Daripada kita hnya d lmbungkan oleh angan2 dan perasaan yg tak menentu,sblm kta mnyesal ,klau mmg orang yg kita cintai tdak mencintai kita, kita pun hrs siap menerimanya, mngkin stlah dia thu prasaan kita dia pun bsa menjaga perasaan kta.kecuali klau org yg kta cntai itu tdk mngkin kta miliki atau udah jdi suami/ istri org lalu kta merahasiakan perasaan kta. Inilah cinta trsembunyi yg terpuji.

    Imas sumarni said:
    19 April 2009 pukul 22:37

    Cinta dtgnya dari Allah..menyukai keindahan..jika lah jodo meskipun disembunyikan..cinta itu sendiri yg akan mengungkapakan nya..karna ini masalah hati yg tak bisa dibohongi..dtg pd siapa saja..tua..muda..sy sndri lbh mnyukai yg lbh mtg dan kalm…he,he..

    […] pada keburukan, lebih baik cinta semacam itu disembunyikan, tidak diekspresikan. (Lihat “Cinta Tersembunyi Yang Terpuji“. Mengenai halalnya percintaan di luar nikah, lihat “Berdosakah ekspresi cinta asmara […]

    nike said:
    11 Mei 2009 pukul 17:29

    ass.kum
    gmn ya pak ust. saat dah jelas fakta nya kita ngga bs sm seseorg, tp msh aj dia ad di qolbu. ngga bs nya itu krn bnyk hal sprti: 1.scr lisan dia mengungkap bhw dia msh blm pgn nikah krn blm mapan 2.tnp sngj sy tahu dia jg mnjalin kedekatan dg wanita lain
    brarti dia kan bkn org yg baik buat sy, tp knp sy msh merindukannya,pdhl seandainya qolbu sy ini seperti kemudi, ingin rasanya sy belokkan kmn gt asal ngga ke dia.
    wasssalam

      M Shodiq Mustika responded:
      11 Mei 2009 pukul 19:17

      @ nike
      wa’alaykumussalaam… Berserahdirilah kepada Tuhan. Dialah Yang lebih tahu apa yang terbaik bagi kita. Biarlah Dia yang menentukan apakah sebaiknya dia terlupakan ataukah tidak. Sementara itu, sertailah sikap tawakkal ini dengan ikhtiar-ikhtiar seperti yang kupaparkan di postingan “Konsultasi: Cara ‘Melupakan’ Si Dia“.

    isna said:
    3 September 2009 pukul 15:21

    ya itulah yg sdng q rskan………
    q mgagumi ssorng,mnyukainya n enthlah…………….

    q sulit skli mnghlangkan byang”a dri pkiranq>>>
    tpi syang ,,,,,,,,,itu hnylah smpanan ksah dlam pkranq…
    yg mgkin t’ da yg tw tntng ne smw…
    jujur….
    q gx bz nglupai dya…tpi pa ya mngkin q hruz sllu mkirin dya sdngkan q sndiri za blom tau pasti pa dya mmliki rsa yg sma dnganq…
    mmang ce…q sempat mmliki connecting ma dy…
    tp enthlah…. YA ALLAH…. ahdinii ila sirotakal mstaqim…amiin

    cipluk said:
    16 September 2009 pukul 14:47

    saya suka dengan seorang laki-laki dan saya berusaha mendekatinya dengan menjadi teman yang selalu ada untuknya. dan pada suatu hari dia curhat sama saya bahwa dia menyukai seorang wanita, hati ini rasanya sakit sekali, walau begitu saya berusa untuk memberikan dia semangat dan saran untuk mendapatkan wanita yang ia suka.

    apa yang harus saya lakukan? membantunya atau apa yang harus saya lakukan

    pipi tembem said:
    25 September 2009 pukul 09:47

    nah, itu yang terjadi dgn saya, mohon petunjuk. saya mencintainya sejak saya masih gadis hingga sekarang, kami saling mencintai, namun sptnya kami tidak berjodoh, sudah lebih 4x putus nyambung, (maksudnya kadang dekat, lalu menjauh lagi) baik mulai dari bujangan, sampai kami terikat perkawinan dengan orang lain, kami masih ber say hello, walaupun cuma melalui sms ato email.. kami hanya menjaga jarak agar tidak mendekati zina, kami juga tetap menjaga keutuhan masing-masing rumah tangga kami dengan sebaik-baiknya, meskipun kami “tetap memendam harap”. Dosakah ini? bolehkah tetap berharap suatu saat dia bisa menjadi milik saya yang seutuhnya?

    Voe Tomboy said:
    22 Maret 2012 pukul 18:03

    saya telat tau tulisan ini .. dan terlanjur sudah tercebur dan tenggelam ….

    Evi said:
    3 Mei 2012 pukul 15:09

    Ak sudah menikah.Tpi ak mencintai laki laki lain..Sesak sekali rasanya dihati menahan rasa ini. Ingin aku ktakan,tpi aku tak sanggup..Apa yg hrus ak lakukan

    Kaylila jumainah said:
    20 April 2013 pukul 00:08

    Tuhan Maha tau apa yg qt rasa
    allahuakbar

    […] pada keburukan, lebih baik cinta semacam itu disembunyikan, tidak diekspresikan. (Lihat “Cinta Tersembunyi Yang Terpuji“. Mengenai halalnya percintaan di luar nikah, lihat “Berdosakah ekspresi cinta asmara […]

    Dilema said:
    26 Juni 2014 pukul 11:52

    saya juga lagi jatuh cinta dengan pria lain. ( teman sekerja). kita sama sama cinta . dan dia juga pernah mengajak menikah. walau hati bilang ya, tp mulutku tdak bisa berkata apa apa. hatiku menjerit , tp aku tdk bisa menjawab YA. karena aku masih bersuami. Dalam batinku aku menangis, andai saja aku bisa menikah dengan dia ……..

    mekel said:
    1 Maret 2015 pukul 21:27

    semua itu juga terjadi pada saya.. wanita itu begitu sangat Saya kagumi.. karna jilbab.kcantikan.. dan akhlaknya..
    dy sering curhat kepada saya.. dan cukup dekAt dalam suasana krja..
    namun saya tidak berani mengungkapkan rasa suka ini..
    hingga thn kmaren dy akhirnya menikah.. dengan rekan kerjA saya.. bgitu menyayat hati saya..

    rumah joglo said:
    3 Maret 2015 pukul 01:11

    jual rumah limasan dan rumah joglo murah http://www.limasanjati.com

Silakan sampaikan pemikiran Anda

