Ciri Khas Sifat Romantis (republished)

Posted on Updated on

Apa sajakah ciri khas sifat romantis? Dengan kata lain, apa dan bagaimana sih visi, misi, persepsi, pola pikir, sikap, dan ekspresi yang romantis?

Berikut ini hasil pembacaan M. Shodiq Mustika terhadap berbagai sumber mengenai Teori Enneagram, Tipe Romantis:
 
VISI: “Aku merindukan seseorang yang sangat berharga dalam kehidupanku. Alangkah sempurnanya hidupku seandainya aku bersatu kembali dengan seseorang yang kurindukan itu.”

MISI: mencari cinta sejati (termasuk dengan jalan mencintai seseorang yang istimewa, khususnya lawan-jenis tertentu, sedalam-dalamnya dan setulus-tulusnya).

PERSEPSI: “Kebahagiaan sejati terletak di lubuk hati yang paling dalam.”

POLA PIKIR: “Kita akhirnya akan lepas dari masa-masa sulit.”

SIKAP:

  • percaya diri (“Meskipun banyak orang tidak menghargaiku, bisa kubuktikan bahwa aku tak seburuk anggapan mereka.”);
  • berani dan tabah hadapi rintangan dan penderitaan (“Bagaimanapun, aku jadikan petaka itu menyenangkan.”);
  • rela berkorban untuk kepentingan orang lain;
  • betah “jauh di mata, dekat di hati”, bahkan walau sampai selama-lamanya;
  • lebih menghargai kualitas batiniah daripada penampilan lahiriah.

EKSPRESI:

  • kreatif dan unik (lain dari yang lain);
  • variatif (“berwarna-warni”);
  • indah;
  • dramatis (penuh imajinasi dan perasaan mendalam);
  • simbolis (menggunakan lambang atau ungkapan kiasan, tidak to the point).

 
CONTOH EKSPRESI: puisi karya Shakespeare, “Soneta 29”, terjemahan M. Shodiq Mustika:

   Kala tersipu di depan manusia dan Fortuna,

   sendirian aku terlunta-lunta berair mata.

Percuma kuraungi langit nan tunarungu,

maka kucermini wajahku, kuomeli tapak tanganku.

   Oh, andai aku raja sejuta satria,

   yang mendamba raut muka ini-itu,

   yang tak mungkin kuhirup walau mulutku meliur.

Namun, saat kutatap cermin dengan sebelah mata,

mendadak sontak terpampang dikau, lalu wajahku,

bagai cengkerama mencuat di masa rehat.

   Dari bumi merekah, syahdu nyanyiku di pintu surga,

   berkat memuat memori cinta berair madu,

   tak sudi kutukar wajah aku dengan raut muka raja.

Iklan

37 thoughts on “Ciri Khas Sifat Romantis (republished)

    Budi Darma said:
    8 Februari 2007 pukul 07:34

    Waoww!!! Terjemahan puisi yang luar biasa dari seorang penulis yang katanya “tidak berbakat di bidang bahasa”.

    ririsatria said:
    9 Februari 2007 pukul 21:21

    Bravo … Hebat !

    Salam kenal, dan teruslah berkarya …

    Wassalam
    Riri Satria
    http://ririsatria.wordpress.com

    paknewulan said:
    13 Februari 2007 pukul 15:21

    Kayaknya deskripsimu cocok pada diriku yang terjebak di lingkungan orang-orang yang tidak romantis tetapi suka ‘romantis’ alias sukanya yang gratisan melulu. Padahal sesuatu yang bayar itu lebih enak daripada yang gratis karena……………

    Taufik said:
    15 Februari 2007 pukul 19:56

    Wah… kayaknya mas Shodiq ini orang yang romantis juga yach, buku2nya moga segera terbit…. salut dech!

    Rini Nurul Badariah said:
    16 Februari 2007 pukul 06:22

    Hebat, mas Shodiq. Saya suka gaya bahasa Anda.

    m.aviv sudarmanto said:
    16 Februari 2007 pukul 19:45

    mas bisa dikirimkan mode-mode puisi dan tips-tips romantis buat pacaran.karena saat ini aku lagi kasmaran.
    makasih semoga sukses.
    saya tunggu di e-mail saya.

    Donny said:
    23 Februari 2007 pukul 22:13

    Siip…tulisan yang lagi saya garap sudah mendekati dong 🙂 tinggal disempurnakan saja…

    ari said:
    27 Maret 2007 pukul 11:37

    salam

    pinjem lagi ya mas shodiq…biar tambah banyak yang baca:)))

    Nie_a mut'z said:
    7 Mei 2007 pukul 12:39

    puisi romantis…??? wah… perlu tuh biar lebih berwarna aja..
    mau donk di kirimin puisi yang romantis.. tapi ga gombal yaa… hehehe

    alien said:
    25 Mei 2007 pukul 14:43

    emang ada ya pacaran islami? yg seperti apa tuh???

    ya, ada.
    silakan kunjungi http://pacaranislami.wordpress.com/about/

    zieda said:
    19 Juni 2007 pukul 13:20

    masa seh ada pacaran islami??????
    truzz “hati”nya di taro dimana tuch????

    Lihat situs Pacaran Islami

    putri said:
    19 Juni 2007 pukul 13:26

    waaaaaaaaaaaaaaaaa
    puisi nya keren bwangettttt
    truzz berkarya n chayooooo ya….
    gut lak to u
    btw kapan2 boleh dunk kirim puisi yang romantis tapi gak gombal (kaya komentarnya nie_a mut’z)
    cukup sekian n aq tunggu puisinya di e-mail q
    ddaaaaggghhhhhh………..

    HG said:
    22 Juni 2007 pukul 15:10

    Perfect!!!

    Bagus banget terjemahan nya
    Kalo kuliah berapa SKS pak?
    Salam Kenal Dari IT Maniak

    Ha3x……
    😀

    ache said:
    23 Juni 2007 pukul 17:10

    bagus…bagus…bagus…

    kalo masih ada tolong di muat lagi yach

    Danela oktaviani said:
    10 Juli 2007 pukul 17:10

    keren puisinya…tapi anda pernah mempraktekkan semua keromantisan itu dalam hidupan anda?berarti anda termasuk orang yang romantis??apa segi romantis itu dilihat dari perlakuan or puisi yang kita berikan?apakah romantis yang anda gambarkan tidak terlalu cengeng/melankolis untuk seorang lelaki????

    saya berusaha untuk mempraktekkan keromantisan dalam hidup saya. kata istri saya seh, saya romantis. lihat penulis romantis 1. segi romantis ya terutama dari perlakuan, puisi hanya salah satu cara untuk mengekspresikan keromantisan. ya enggak cengenglah, lihat penulis romantis 2.

    sikabayan said:
    25 Juli 2007 pukul 13:10

    euh… bagus kang untuk puisinyah… cumah sajah pada sikap poin 4… kabayan kurang sreg… untuk kenyataan hidup…

    M Shodiq Mustika responded:
    25 Juli 2007 pukul 13:37

    @ putri
    mau puisi romantis dariku? ntar, ya! nunggu mood dulu.

    @ HG
    salam kenal kembali
    makasih atas pujiannya yang selangit

    @ ache
    oke, doakan aja biar ku bisa nulis romantis lagi

    @ Danela oktaviani
    berdasarkan kriteria di atas, anda tergolong romantis, gak?

    @ si kabayan
    yach, kepribadian orang berlainan, tantangan hidup berlainan pula.
    kalo kurang sreg, silakan bersikap lain (tentu saja asalkan masih dalam koridor kebaikan).

    CY said:
    26 Juli 2007 pukul 17:40

    Bener2 romantis nih rasanya…, jadi ikut terbawa2….

    salam kenal bung… keep writing

    dondang_kesowo said:
    4 September 2007 pukul 16:30

    kalo ada pantun2 apa puisi2 yangg romantiiis…. mau doong

    met berkaya kang M. Shodiq Mustika.

    aku tak dadi penikmatnya saja. siap nompo dadine ae wesss

    Assalamu alaikuum wr. wb dan salam kenaal kang

    M Shodiq Mustika responded:
    4 September 2007 pukul 21:51

    @ CY
    Salam kenal juga.
    Keep on being romantic.

    @ dondang_kesowo
    Boleeeh, ntar kalo ada.
    Wa’alaykum salam wr wb & salam kenal juga.

    eka ardiansyah said:
    6 September 2007 pukul 23:06

    semoga saja semua yang tercurahkan disitu dapat bermakna untuk semua(kami dan yang lain) semoga terus maju end tambah semangat

    idah said:
    5 Desember 2007 pukul 14:52

    rOmantis Blh aJa asAl g PgAng nE itu cKup kCupAn d kNing he…he…..

    idah said:
    5 Desember 2007 pukul 14:55

    bKin pWisi bWt Yg LongDisTanCe dOnk.. n’ TipS HdPI loNGDistAncE q TnGgu LOOOO

    Yusuf said:
    22 Januari 2008 pukul 23:15

    puisinya keren bgt, menurut gw cinta sejati tu adanya sama Allah YME, cz apapun kesalahan kita pasti d ampunin ma Dia, d Dia jugalah yg ngerti apa mw kita, so.. kita manusia hanya mampu menirunya tp tdk dpt melakukannya . tp yg namanya cinta memang sangat indah. dn itu adalah anugerah Tuhan yg d berikan pada manusia.

    fiTRi said:
    16 Februari 2008 pukul 21:40

    jaRak itU uKuRan
    jAUh dkat itu pIliHan
    tP kTika qTa mEmiLih mna yG lbiH baiK?
    kNap hRs dpRtEnta9kaN?!!
    Allah itU dkaT, bHkN lbiH dkat dRi UrAt naDi!!
    kLo hTi ini uDh n9rS dKt sm sEeOrng,sEjaUh aPpUn dYa pSt dY tTp dKt ja!!!!!
    mSqpUn dY dsYurGa sXpUn,,,,,,,,, 🙂

    andi said:
    11 Maret 2008 pukul 11:41

    cinta itu telah datang saat ini tapi tak mampu tuk mengungkapkan

    infogue said:
    28 Mei 2008 pukul 12:41

    Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://18-thn.infogue.com/ciri_khas_sifat_romantis

    edy fernando said:
    5 Juni 2008 pukul 21:13

    bagi q, cinta ada… meskipn tk terlihat
    cinta itu hanya bisa dirasakan oleh indra ke 6 qt, yaitu hati…

    andhes said:
    5 Juni 2008 pukul 21:22

    kehidupan
    kosong…
    hampa…
    hanya terdangar desa napasku
    tanpa kau di samping ku

    indah said:
    16 Juni 2008 pukul 11:36

    bwt gW RoMaNtIs Itu Ga Bsa Di uNGKPkN LwT aPaPUN.kRn roMaNtIs tANda gUtip HiasAn Dalam Suatu HubngN,
    yAPH, kY cWO gW yG jRNG bgt TunjKIN keRONTISn di dPN gw,
    Tp gW sAdar Ko DiA syN Bgt Ma gW………….
    hehehehehehe PD yAcH gW,
    jD BwT Lo Yg pUnyA cWo Ga RomNtS
    So…..BkN bRaRti MrKgA SygMa kt..ok

    InDah said:
    16 Juni 2008 pukul 11:41

    saTu lAgi :

    Gw SaYaN BGt Ma CwO gW yAnG SkRG Kr2 2 THN gw bKnn Ma dia,

    Jd bWt Gw dIa iTu oRnG yAnG pALINg RmNtS SeDuNIa……………………!!!!,

    Btw….Gw bAchStrEeT Lo Ma dIa jD bNYak BGT pEnGRbNn YAng Gw Ma dIA LkuIN jD Kt BeR-2 gA SmPT BwT RmNtS,

    ……………..iNdAh cYaNg bGt Ma BELO…………

    dhieeewhe said:
    18 Juli 2008 pukul 08:38

    bagus banget puisi terjemahannya !!
    keren dech !!

    ^_^

    S Belen said:
    26 Juli 2008 pukul 10:29

    Congratulation kuucapkan bagi Shodiq, terjemahan karya Shakespeare dikemas dalam bahasa Indonesia yang indah. Susah mencari orang sehebat Shodiq. Anda berbakat. Go ahead

    febi tumpuan nande ola said:
    19 Maret 2009 pukul 21:17

    ak merasa hidup ini menjadi indah dan penuh makna setelah kau hadir dlm hidup ku
    ak bisa mencintaimu karna aku tau km juga mencintaiku
    mw cari temen dung
    08982555013

    […] seperti itu biasanya terdapat pada orang-orang yang romantis atau orang yang pernah terpuruk tapi kemudian bangkit kembali. (Sepertinya, Aling begitu pula, maaf […]

    silk scarves said:
    26 Maret 2010 pukul 15:52

    Terima kasih saranya, saya sekarang jadi mengerti cara menjadi romantis.

    Gede Budi Widiarta said:
    31 Desember 2014 pukul 20:27

    Pengen bisa nulis puisi seperti Shakespeare… hehehehe….. klepek2 dah cew2 bacanya..

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s