Fatwa MUI: Golput haram, rokok makruh-haram. (Aneh dan kontroversialkah?)

Posted on Updated on

Baru saja MUI keluarkan fatwa yang agak sensitif. Ketua Komisi Fatwa MUI Sumatera Barat Gusrizal Gazahar mengatakan, ulama sepakat memutuskan golput hukumnya haram jika ada pimpinan yang dipilih memenuhi syarat. Sebaliknya, bila ada seseorang yang tepat untuk menjadi pimpinan tetapi pemilih memutuskan Golput hukumnya juga haram. “Dalam Islam, memilih pimpinan itu wajib, asal[kan] pimpinan yang dipilih itu memenuhi persyaratan,” kata Gusrizal. (Sumber: Tempo Interaktif)

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ali Mustafa Ya’qub menjelaskan, ijtimak ulama memutuskan merokok hukumnya ’’dilarang’’, yakni antara haram dan makruh. Maksudnya, hukumnya “makruh” bagi orang-orang pada umumnya, tetapi haram bagi orang tertentu atau dalam keadaan tertentu. Yang diharamkan merokok adalah “ibu-ibu hamil, anak-anak, di tempat umum, dan pengurus MUI,” katanya di aula Perguruan Dinniyah Putri, Jalan Abdul Hamid Hakim, Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), Ahad (25/1). (Sumber: Riau Pos) (Catatan: Makruh itu sendiri terdiri dari dua macam: [1] makruh yang dekat dengan halal dan [2] makruh yang dekat dengan haram. Dalam fatwa MUI ini, hukum rokok adalah makruh yang dekat dengan haram.)

Mungkin ada tidak sedikit diantara kita (termasuk diriku) yang merasa kecewa dengan fatwa-fatwa MUI tersebut. Namun menurutku, kita perlu menghargai ijtihad para ulama kita itu.

Bahwa hasil ijtihad mereka tidak sama dengan hasil ijtihad ulama di negeri-negeri lain, itu wajar saja. Ijtihad memang memungkinkan perbedaan pandangan. (Lihat postingan “Mengapa Ulama Berlainan Pendapat“.)

Seandainya hasil ijtihad mereka itu benar dalam pandangan Allah, pahalanya dua. Kalau salah, pahalanya satu. Nah, kalau Allah saja menghargai hasil ijtihad dengan pahala, tidakkah kita mestinya juga menghargai hasil ijtihad itu?

  • **Untuk penelusuran lebih lanjut di WordPress.com, these are the most relevant links. ( Show the most recent. )

 

27 January 2009 by Yusuf KS on COLORS OF JOHOHOHO…!!!
…  Ijtima Komisi Fatwa Majlis Ulama Indonesia 2009 telah menetapkan 24 fatwa baru. Beberapa di …  hukumnya adalah haram! Dalam kalimat lain (detik.com) : Golput haram hukumnya bila masih ada pemimpin yang layak pilih. Bila tidak ada …  memaklumi para ulama zaman dahulu yang memberi fatwa hukum rokok itu makruh karena keterbatasan pengetahuan tentang rokok pada saat itu, …

27 January 2009 by elfatih2007 on Perindu Kebenaran
…  musyawarah ijtima’ fatwa Majelis Ulama Indonesia di Padangpanjang, Sumatera Barat yang berakhir Senin kemarin, MUI akhirnya memfatwa kan haramnya golput . Umat Islam diwajibkan memilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2009.  …  nyelenehnya Lembaga ini, disamping memfatwa kan haramnya rokok . Maka jauh-jauh sebelumnya Nabi Ibrahim as sebagai uswatun hasanah/suri …

27 January 2009 by Romeltea on ROMELTEA Ideas Center
…  golput haram = golongan hitam wajib/halal? Saat wacana fatwa haram golput menggelinding, saya menulis artikel “Wah, Golput  …  Islam itu fleksibel, luwes, dan luas. Ok deh kalo soal rokok , saya setuju… Tapi soal fatwa haram golput ? Hmm… fatwa yang aneh… …
Tags: Politik, Islam

27 January 2009 by aanpiyut on curat-coret
…  bencana nasional yang ketiga kalinya yaitu keluarnya Fatwa MUI tentang Rokok Haram dan Golput haram. Pada kasus pertama, bancana yg terjadi telah memberikan …

27 January 2009 by koransobek on Koran Sobek
…  telah mengeluarkan Fatwa haram kepada mereka yang  Golput ( golongan putih ) . sebenar nya sikap golput itu adalah bukti bahwa …  yang bertendensi politis karena sudah dipolitisasi. Rokok sudah ada fatwa haram nya lalu sekarang golput juga ada fatwa haram nya …

27 January 2009 by yudhiimam on yudhiimam’s Blog
…  malam kemarin MUI akan mengadakan rapat tentang Fatwa , diantaranya adalah fatwa rokok , yoga dan golput yang diadakan di Padang. Dalam hati saya mengatakan …

…  MUI(Majelis Ulama Indonesia) membuat fatwa baru yang konterversi seperti pelarangan merokok , dilarang GOLPUT (golongan Putih) dalam pemilihan umum dan aborsi di atas 40 …  Terutama Petani Tembakau kalau perusahan dan pencandu rokok   “si ga apa-apa” tapi kalau petani tembakau harus dapet …

…  dan menggugat. Kenapa Forum Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia III ini digelar? “Ini berdasarkan ajuan banyak …  ilmuwan, mahasiswa, semua awam? Sementara itu, fatwa rokok . Karena para pembahas yang kebanyakan para ulama perokok , lantas fatwa  …
26 January 2009 by eronian on langgam kinasih mochammad
…  terhangat seputar halal-haram adalah mengenai golput dan rokok . Ada perlakuan berbeda dari MUI dalam penetapan halal-haram kedua hal …  komentar soal yang ini tapi ngomong-ngomong, sudah ada fatwa haram untuk korupsi/suap apa belum ya, he..he.. 3. MUI sangat …

27 January 2009 by Hatim Gazali on Hatim Gazali
…  oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). MUI telah mengeluarkan fatwa haram bagi golongan putih, sehingga umat Islam tidak punya pilihan lain …  proses ijtihad tersebut. Seperti halnya fatwa terhadap rokok . Walaupun MUI telah mengeluarkan fatwa haram terhadap rokok dengan …

20 December 2008 by Hatim Gazali on Hatim Gazali
…  hak tidak memilih (Golongan Putih, golput ) ke dalam bahasa fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). Adalah Hidayat Nurwahid yang mula-mula …  nanti. Bukankah MUI telah mengeluarkan fatwa haram bagi rokok , tetapi jumlah perokok di Indonesia tak pernah berkurang secara …

26 January 2009 by abuazmar on Basuki Rahmad’s Blog
…  wong parent-nya sudah jelas hukumnya. Itu kalau mengikuti fatwa bahwa demokrasi tak sesuai dengan Islam. Semoga ada debat terbuka …  mengenai hukum Golput haram ini. Kalau isu haramnya rokok sudah lama berhembus, kalau golput kan berhembusnya bbrp bulan terakhir …

27 January 2009 by arieronaldo on Arieronaldo’s Weblog
…  aja MUI ngeluarin Fatwa haram buat Rokok , Yoga (cuma yang ada bau bau agama laen, yang cuma senam boleh), dan Golput (untuk pemilu 2009) buat rokok MUI mespesifikasi buat anak kecil dan …

26 January 2009 by ruparuparumpi on Ruparuparumpi’s Blog
…  MUI mau ngeluarin fatwa haram lagi nih…gawat…jadi tambah dosa lagi dunk saya kalo melanggar …  banyak pihak yang menyarankan untuk tidak mengharamkan golput . Saya sendiri tidak begitu paham kenapa golput bisa dikategorikan …  fatwa haram golput , disamping fatwa haram lainnya tentang rokok (kalau yang ini dia tidak sewot😀 ). Dia bilang : “Ngapain sih …

27 January 2009 by akhta on akhta’s Blog
…  lagi fatwa MUI yang menurut saya setengah hati sebab ada pengklasifikasian dalam …  Jadi segera dikeluarkan undang-undang yang melarang rokok dan memberi sangsi bagi yang memproduksi, mengedarkan, mengkonsumsi dan …  salah dibikin bener. Kalo anda jadi begitu lebih baik saya golput nggak memilih anda sebagai ulama saya lagi. …

27 January 2009 by loperkoran on Catatan harian sang Loper Koran,..
…  ini majelis ulama aneh indonesia ini mengeluarkan beberapa fatwa lucu, halam dan haram [sebelumnya sudah sering, yang lucu2]. Ada fatwa  …  dinegeri ini. Lalu yang paling baru adalah fatwa haram rokok , mungkin secara positif thinking kita bakal setuju benar dengan fatwa  …
Tags: mbanyol

27 January 2009 by abisyakir on LANGIT BIRU Articles
…  kemarin, 26 Januari 2007, TVOne memberitakan keluarnya fatwa haram MUI tentang MEROKOK dan GOLPUT . Fatwa ini dirumuskan setelah MUI …  sekitar 70.000 paper/tulisan yang mengupas tentang bahaya rokok /tembakau bagi kesehatan manusia. Dengan dasar itu, sebenarnya MUI bisa …

23 December 2008 by abisyakir on LANGIT BIRU Articles
…  Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid, agar MUI mengeluarkan fatwa haram golput . Hal itu ditanggapi secara vis a vis oleh FPI. FPI menyerukan para …  ya?]. Saya setuju jika MUI menerbitkan fatwa haram rokok , demi kebaikan hidup kaum Muslimin. Saya setuju fatwa itu. Tetapi, …
…  – Memilih dalam pemilu adalah hak bukan kewajiban. Fatwa MUI yang mengharamkan golput selama masih ada calon yang bagus dinilai …  golput MUI tidak ragu-ragu sedangkan saat mengharamkan rokok MUI lebih banyak pertimbangannya. Padahal rokok jelas-jelas membahayakan …

27 January 2009 by deddynoer on Deddynoer’s Blog
…  WIB PADANGPANJANG, MINGGU — Forum Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia III memutuskan, merokok hukumnya “dilarang”, yakni …  untuk para petani tembakau, sebab yang diharamkan adalah rokok bukan bahan pembuatnya. Keputusan MUI ini disambut positif Ketua …

27 January 2009 by abes08 on Sugeng rawu
…  MUI kita telah mengeluarkan fatwa baru terkait beberapa hal; rokok , golput , aborsi, pernikahan dini, Yoga yang digelar di Padang, yang melibatkan …

25 January 2009 by abes08 on Sugeng rawu
…  mendengarkan ketok palu dari sang “ulama” seputar rokok dan Goput. Haram kah atau apakah, yang tentunya, akan berimplikasi kepada …  dikerjakan oleh saudara-saudar kita, di Jawa Timur, ketika fatwa haramnya rokok dibarengi dengan penutupan pabrik-pabrik rokok . Bukan …

26 January 2009 by Arif Apriyadi on Kerangka Berpikir Arif Apriyadi
…  fatwa terbaru MUI sudah dikeluarkan, yaitu fatwa merokok dan fatwa golput . Walahpun ada kondisi-kondisi yang berlaku terhadap fatwa tersebut, …  pada Qur’an dan Hadis tidak secara gamblang menyebut bahwa rokok adalah haram. sehingga dalam melihat rokok ini harus digunakan ijtihad. …

26 January 2009 by nirwan on Tukang Ngarang
…  telah Engkau tuliskan…!”* * * Kudukung sepenuhnya fatwafatwa “haram-halal” yang akhir-akhir ini rajin dikeluarkan oleh …  justru karena tarik-menarik kepentingan antara perusahaan rokok dan kelompok yang merasa risih karena rendahnya cukai rokok di negeri …

26 January 2009 by meylya on Meylya’s Weblog
…  Persiapan rakernas PDIP yang mulai ramai, hingga soal fatwa haram rokok . Soal rokok pasti kudukung, semata-mata bukan karena tak merokok . Tapi …
Tags: Opini

24 December 2008 by meylya on Meylya’s Weblog
…  yang seperti itu ‘sudah didaftarkan’. Tinggal menunggu fatwa , maka ‘resmi’ sudah julukan sebagai ‘ahli neraka’. …  jumlahnya ‘naudzubillah’ itu akan diberi sanksi sama. Rokok akan diharamkan, tidak dihitung itu merupakan lahan untuk berburu rezeki …
Tags: Opini

26 January 2009 by snedix on Distorsi Imaji
…  dan peci-nya : “Ah maenya golput wae haram! Rokok mah pek wae lah” (Ah, masa golput haram! Kalau rokok mah silakan saja …  saya dengar. Aneh saya pikir, buat apa MUI mengeluarkan fatwa yang begituan ya?. Ternyata ada syarat golput yang digolongkan haram, …

26 January 2009 by syaifuddin on Syaifuddin Blog
…  Persiapan rakernas PDIP yang mulai ramai, hingga soal fatwa haram rokok . Soal rokok pasti kudukung, semata-mata bukan karena tak merokok . Tapi …
Tags: Opini

60 thoughts on “Fatwa MUI: Golput haram, rokok makruh-haram. (Aneh dan kontroversialkah?)

    tora said:
    26 Mei 2009 pukul 00:39

    waaahhhh……yang biqin MUI ga tau diri cuma satu hal aja :
    1. MUI bisa meng-influence seluruh elemen masyarakat indonesia dalam sekali pengeluaran statement. sedang tidak smua elemen msyarakt ngerti porsi dan arti dari produk “fatwa” itu sendiri….nah klo yang ngerti kaya kita2, kan tau bahwa “fatwa” adalah himbauan ( ya, namanya juga himbauan tul ga, bole diikuti bole enggak ), tapi bagi mereka yang awam “fatwa” itu adalah “wajib diikuti”…ini dia yang parah…mereka yang awam kan biasanya langsung “judging” tanpa mikir 1stngah X, eh salah tanpa mikir 2 kali ^_^.walhasil deh…malah menurut gw “fatwa” banyak sisi negatifnya juga deh.

    jadi klo fatwa ada sisi negatifnya ( napak tilas alesan Ulama ttg facebook ), berati bukan nggak mungkin kan “fatwa” itu sendiri,termasuk kategori haram? ^_^…ya nggak coy

    ye de es said:
    3 Juli 2009 pukul 13:09

    Sorry terlambat comment, setiap hukum ada objectnya. Anak-anak ( belum aqil baligh) bukan object hukum dalam hukum Islam. Kog Mui mau menerapkan hukum pada anak-anak? Bodoh itu jaiz, tapi jangan di publikasikan. Meng atas namakan “ulama” ( baca berilmu) lagi.
    yach, bikin malu sebagai warga muslim Indonesia !

    sulaiman said:
    15 September 2009 pukul 23:04

    Rokok, golput haram = melanggar HAM.
    Kenapa MUI tidak membuat fatwa KORUPSI HARAM ?????????

    crazytainment.com said:
    1 Desember 2009 pukul 19:12

    Halal atau haram tetap saja rokok itu sangat2 mengganggu…

    Budi SBY said:
    23 Januari 2010 pukul 16:27

    saya setuju Golput haram, karena harus ada pilihan. Allah tidak mengambil keputusan abu-abu tetapi A atau B, sekali ada larangan maka silahkan pilih diikuti atau tidak. Contoh simpel Allah melarang Adam dan Hawa memakan buah holdy maka larangan itu wajib berlaku. Demikian pula sudah banyak yang berslogan Islam ya maka pilihlah partai tersebut, jangan sampai ditinggalkan.

    ridho said:
    18 November 2010 pukul 21:32

    tolong jelaskan
    1. pengertian ijtihad
    2.contoh-contoh ijtihad yang dikeluarkan mui

    Banu Pangestu said:
    1 Maret 2014 pukul 10:34

    ketika MUI mengeluarkan fatwa haram untuk golput / bagi orang2 yang tidak memilih wakil RAKYAT / presiden….. apakah MUI juga berani mengeluarkan Fatwa HARAM untuk para pejabat / presiden yang sudah di pilih dan melakukan koprupsi serta tindakan yang merugikan orang banyak…..????????? apakah MUI berani melebelkan cap HARAM nya kepada perorangan yang korupsi…….?????????????? TIDAK….!!!!!!!! tidak ada MUI mengharamkan para pejabat / presiden yang sudah korupsi dan merugikan rakyat….. MUI CUMA BERANI MENGHARAMKAN BAGI ORANG2 YANG GOLPUT / TIDAK MEMILIH…… berarti MUI cuma sekumpulan orang2 PENGECUT…!!!!! MUI LEMPAR BATU SEMBUNYI TANGAN…..
    MUI cuma bisa meresahkan dan menyesatkan umat denga FATWA / LABEL HARAM NYA……

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s