Pria terpikat foto wanita cantik, siapa salah?

Posted on Updated on

foto wanita cantik di Taaruf NetworkKetika merasa terpikat melihat foto wanita cantik di Ta’aruf Network, seorang ikhwan anggota komunitas ini memprotes: “mbak kalo bisa fotonya jangan di pajang terus y….. yang ngeliat ga sanggup….. kasihan kita para ikhwan yang liat terus, ntar malah jadi zina [mata] lho…….” Dengan kata lain, karena kecantikannya membuat si pria terpikat, ia meminta sang wanita untuk menyembunyikan kecantikannya. Haruskah demikian? Salahkah si wanita?

istrikuTidak dan tidak. Nabi Muhammad saw. pernah memalingkan muka anak pamannya yang bernama al-Fadhl bin Abbas, dari melihat wanita Khats’amiyah pada waktu haji, ketika beliau melihat al-Fadhl berlama-lama memandang wanita itu. Dalam peristiwa ini, Nabi Muhammad saw. tidak meminta sang wanita untuk menyembunyikan kecantikannya.

Jadi, apabila si pria itu begitu terpikat pada kecantikan wanita, sehingga mengarah pada “zina mata“, padahal sang wanita sudah menutup aurat, maka yang salah, sehingga perlu diluruskan, ialah si pria. Caranya? Tundukkan pandangan!

foto seronok Siti Nurhaliza

Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menundukkan pandangan [mata] mereka, dan memelihara kemaluan mereka; yang demikian itu lebih suci bagi mereka.
(QS an-Nur: 30)

Alih-alih, seandainya keterpikatan si pria itu mendorongnya untuk melamar untuk menikahi sang wanita, maka ini justru selaras dengan sunnah Nabi. Beliau bersabda dalam hadits Jabir bin Abdillah ra: “Idza khathaba ahadukum al-mar’ata fa in istathâ’a an yanzhura minhâ ilâ mâ yad’uw ilaa nikahiha fal yaf’al.” (Jika seseorang dari kamu hendak melamar seorang perempuan, maka jika ia mampu melihat perempuan itu pada apa yang mendorong menikahinya, maka lakukanlah). [HR. Ahmad dan Abu Dawud, dan disahihkan oleh al-Hakim. Lihat Imam Ash-Shan’ani, Subulus Salam, jld. III, hal. 113].

53 thoughts on “Pria terpikat foto wanita cantik, siapa salah?

    imi surya putera said:
    19 Februari 2009 pukul 03:24

    Sayang mas jika ada wanita cantik di depan mata dilewatkam begitu saja, hitung2 menikmati ciptaan 4JJI, he…he…he…

    M Shodiq Mustika responded:
    19 Februari 2009 pukul 05:06

    @ imi surya putera
    nama nya laki2
    kalau ada wanita cantik lewat langsung menjadi pusat perhatian, tapi hendaknya kita menundukan pandangan kita, supaya tidak terjadi zina mata.

    Billy Koesoemadinata said:
    19 Februari 2009 pukul 08:45

    yak, saya setuju ustad..
    ga selamanya musti wanita yang harus menyembunyikan dirinya.. tapi juga para pria yang harus bisa menahan agar tidak berlebihan..

    sayang, ego kadang2 lebih gede😀

    Yep said:
    19 Februari 2009 pukul 09:29

    Semua tergantung niat bukan ? klu saya melihat untuk menikmati kecantikannya tanpa timbul rasa menginginkan🙂 mungkin boleh ya Pak ?🙂

    Herman S.Y said:
    19 Februari 2009 pukul 11:33

    Jadi, apabila si pria itu begitu terpikat pada kecantikan wanita, sehingga mengarah pada “zina mata”, padahal sang wanita sudah menutup aurat, maka yang salah, sehingga perlu diluruskan, ialah si pria“.

    Ehm.. berarti kalau sang wanitanya memakai baju yg seksi, trus si prianya terpikat pada kecantikan dan kemolekan tubuhnya, yg salah wanitanya ya…😛

    By the way.. any way.. bus way… mengenai foto, dulu waktu saya masih SMA pernah melihat foto wanita cantik di koran, tema-nya sih memakai susuk gitu, pas saya melihat tuh foto, ga tau kenapa kaya ada yg narik gitu… Alhamdulillah saya bisa melawannya… dalam hati saya segini baru foto gimana ngeliat lngsung ya…😛

    Weh… menyimpang dari topik dikit negh…😛

      M Shodiq Mustika responded:
      19 Februari 2009 pukul 12:15

      @ Billy Koesoemadinata
      Terima kasih atas dukunganmu.

      @ Yep
      Ya, selama tidak mendekati zina, boleh-boleh saja.

      @ Herman S.Y

      kalau sang wanitanya memakai baju yg seksi, trus si prianya terpikat pada kecantikan dan kemolekan tubuhnya, yg salah wanitanya ya…

      Yang salah bisa si wanita saja, bisa pula dua-duanya. Kesalahan wanitanya adalah tidak “menutup aurat” secukupnya, sehingga tampak sexy. Bila si pria segera memalingkan muka, ia tidak bersalah. Namun jika si pria terus menatapnya, sehingga mengarah pada “zina mata”, maka dia pun juga ikut bersalah karena tidak menundukkan pandangan.

      @ Awaluddin
      Doanya bagus. Cuman, kok baru sekarang aku mendengarnya. Aku jadi bertanya-tanya: benarkah itu pesan Nabi?

      nana said:
      6 Desember 2009 pukul 19:56

      tergantung siapa yang memakai nya, percuma kita menutupi aurat kita akan tetapi hatinya dia buka lebar-lebar.
      dia menutupi aurat hanya untuk kedok aja seh kan percuma juga. akan tetapi apabila kita menutupi aurat dan hatinya dengan ikhlas/ketulusan berdasarkan niatnya maka dia akan terlihat cantik luar dan dalam.

      aricka oktaviani said:
      11 Agustus 2011 pukul 09:05

      ASsalamualikum wr wb sy sangat setuju bgt pak sependapat kra sy sebagai kaum hawa sangat tidak yaman bila berjalan dan ketemu dgn cwok….saya mau bertanya apa saya slh jika sy hanya menundukan kepala

    Awaluddin said:
    19 Februari 2009 pukul 11:38

    kecantikan itu bagian dari seni… tergantung siapa saja menilainya,,, gimanapun cantiknya dia jika kita memandang dengan keadaan marah, atau benci kecantikan itu tidak ada lagi…

    pesan nabi : jika engkau melihat perempuan yang sangat cantik lewat dihadapanmu, atau dimanapun engkau melihatnya, lihatlah langit dan berdoa kepada allah : yah Allah Semoga dia jadi jodohku… Amin…

    vitri said:
    19 Februari 2009 pukul 12:16

    yah ..akhirnya semua di kembalikan pada keimanan seseorang itu sendiri, namun semuanya juga nggak luput dari kesalahan si wanita, toh sekarang banyak pameran gratis juga, di jalan2 dan di mana saja, dari yang terminim sampai yang terbuka, bahkan di dunia maya malah jauh lebih parah ..
    Lalu bagaimana kalo sudah begini? Siapa yang patut di salahkan coba?
    Islam dah kasih aturan yang bagus plus sempurna juga, pokoknya andai setiap insan itu paham akan Islam, indah deh dunia ini ..

    Herman S.Y said:
    19 Februari 2009 pukul 23:12

    Hehehe sebenarnya saya juga udah tau…😆

    “Namun jika si pria terus menatapnya, sehingga mengarah pada “zina mata”, maka dia pun juga ikut bersalah karena tidak menundukkan pandangan.”

    Secara kenyataan bagi para kaum adam jika melihat cewek yg sexy nan bahenol, kebanyakan lupa dengan hadist tersebut (heheheh saya juga mengakui…😆 ), sebenarnya menahan godaannya itu susah banget kalau ga diimbangin dengan niat tuk melawan godaan tsb, Insya Allah bisa dilakukan jika menunduk kalau ketemu cewek yg bahenol gimana gitu, trus diimbangi dengan mengucapkan Istigfar.😉

      M Shodiq Mustika responded:
      20 Februari 2009 pukul 05:23

      @ Herman S.Y
      sepertinya begitu lebih baik yah??
      diimbangi dengan niat untuk melawan godaan,menundukan pandangan,dan mengucapkan istigfar
      memang seharusnya begitu yah supaya tidak menimbulkan ” zina mata “

    muftialy said:
    20 Februari 2009 pukul 05:25

    Nah kalau itu, ikhwannya yang perlu dipertanyakan…
    Masak cuma lihat foto doang sudah blingsatan..?
    Jangan-jangan orientasi ikhwan yang melihat itu cuma kepada fisik saja…
    kalau katanya Almarhum Husain Umar itu dinamakan Voyeurisme… wal Iyadzu billahi min Syarri dzalika

    giyzt said:
    20 Februari 2009 pukul 07:23

    back to personality aja menurutku..foto juga bisa di edit biar nambah cantik dari aslinya..atau tambah ganteng dari aselinya..tapi buat kaum muslim hawa..memang saya setuju untuk tidak terlalu berlebihan memamerkan kecantikannya di dunia maya..apalagi sampe jadi obyek yg enggak2..egoisnya kaum adam..nah yg bukan muslim sih monggo aja mau buka2an..asal siap di panggang di akhirat ntar..

      M Shodiq Mustika responded:
      20 Februari 2009 pukul 12:32

      @ giyzt
      ada benernya juga sih kalau menurutku, jangan berlebihan dalam memamerkan kecantikan
      kalau mau pamer yah sama suami sendiri…

    Jupri said:
    20 Februari 2009 pukul 21:05

    Ya jelas bung Shodiq, ana juga pajang foto teman ana sebagai avatar blog ana. jadinya visitor membludag, dosakah saya ???
    Gimana caranya tukar link sama antum ?

    themnet said:
    21 Februari 2009 pukul 05:47

    Massya Allah ..emang terlihat cantik mas….tapi jaman sekarang banyak cantik hanya luaran saja…tapi yang di foto itu engga kan mas?
    kayanya sih emang calon istri yang bisa membinarumah tangga yang sakinah ,mawaddah plus warahmah.. heheheheh

      M Shodiq Mustika responded:
      21 Februari 2009 pukul 06:19

      @ themnet
      poto-poto yang aku pajang, mudah2an orangnya memang cantik luar dalam
      Aamin….

    vanikingkongkeren said:
    1 Maret 2009 pukul 08:44

    tidak ada yang bisa disalahkan atau dipersalahkan.
    kenapa? karena manusia sudah diberikan oleh Allah nikmat keindahan.
    jika seorang perempuan tertarik melihat wajah lelaki atau sebaliknya, sah-sah saja, karena memang disitulah letak kuasa Allah. tidak kemudian perempuan dipersalahkan karena tidak bisa menjaga pandangan atau sebaliknya lelakinya yang dipersalahkan karena mata keranjang (dasar lelaki).
    yang kemudian menjadi tidak sah atau salah adalah ketika setelah itu yang timbul adalah nafsu setan. atau ketika perempuan sudah memperlihatkan auratnya (beda perkara) dalam hal ini baru bisa disalahkan dan dipersalahkan.
    ya nggak Oom???

      M Shodiq Mustika responded:
      1 Maret 2009 pukul 14:24

      @ vanikingkongkeren
      Betuuul…. Allah pun menyukai keindahan.

    joesatch yang legendaris said:
    3 Maret 2009 pukul 02:36

    ahahaha, iya, pak shodiq. egois sekali kalo supaya kita nggak melakukan kekhilafan maka orang lain yang kita suruh untuk menjaga hati kita. macam kita nggak bisa melakukannya sendiri. terus apa gunanya kita dikasih otak sama Allah buat ngontrol nafsu?😈

    Cep Tony said:
    12 Maret 2009 pukul 23:06

    Pa Ustadz, saya mau curhat nich……
    umur saya sekarang hmpir 25 taun. Secara hati yang mendalam memang saya “masih menyendiri”. Tapi walau begitu, saya mempunyai beberapa teman / kenalan wanita, bahkan mungkin sudah agak dekat.
    Setiap kali saya komunikasi dengan teman2 wanita tsb, kadang mereka yg “nembak” saya duluan, bahkan ada yang sampai orang tuanya menjodohkan saya dengan anaknya. Padahal seumur hidup saya belum pernah mengatakan “I love U” ataupun pacaran, karena bagi saya cinta itu sprti ‘sakral/suci’. Dan selama ini saya belum menemukan seorang wanita yang betul-betul membuat hati saya luluh. Karena tipe wanita yang saya inginkan adalah, muslimah (pasti), berhati mulia, dewasa & keibuan, qonaah, cantik (relatif), dan dari keluarga yang baik-baik. Karena prinsip dlm keluarga ataupun adat ada istilah “Bibit, Bebet, Bobot”.
    Saya juga menyadari betul bahwa, tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna.
    Jujur, selama ini saya sangat bingung….. bagaimana untuk mengatakannya……
    menurut pa Ustad, apa yang mesti saya lakukan??

    kellyamareta said:
    15 Maret 2009 pukul 12:01

    setuju dengan artikel pak ustadz
    tidak menghakimi wanita🙂

    the pajar _El-islam said:
    20 Maret 2009 pukul 15:45

    mohon penjelasan cerita: Nabi Muhammad saw. pernah memalingkan muka anak pamannya yang bernama al-Fadhl bin Abbas, dari melihat wanita Khats’amiyah pada waktu haji, ketika beliau melihat al-Fadhl berlama-lama memandang wanita itu. ,,,apakh ni hadist nabi, shahih ,dhoif, atau bagaimana?? di kitab mana ? thanks

      M Shodiq Mustika responded:
      21 Maret 2009 pukul 15:49

      @ the pajar_El-islam
      Hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, terdapat di kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim. Dalam hal keshahihannya, hadits-hadits yang termuat dalam kedua kitab tersebut menempati derajat tertinggi.

    Nazma said:
    21 Maret 2009 pukul 20:15

    Trus, soal desas desus foto muslimah yg ktnya dimanipulasi akhrnya jd fitnah gmna pak?

      M Shodiq Mustika responded:
      21 Maret 2009 pukul 22:13

      @ Nazma
      Aku kurang mengerti maksud pertanyaanmu ini apa. Jadinya aku belum bisa jawab.

    hmcahyo said:
    22 Maret 2009 pukul 13:02

    wah mereka harus mbayar ke cak sodiq karena di promokan di sini:mrgreen:

    kuz said:
    2 April 2009 pukul 13:07

    ass,pa ustad nu bageur abi ti lmbur bade naroskeun,,,ai bobogohan teh haram teu???….blz

      M Shodiq Mustika responded:
      2 April 2009 pukul 13:24

      @ kuz
      Kau pakai bahasa apa sih? Aku nggak ngerti maksud pertanyaanmu ini apa.

    bunga said:
    22 April 2009 pukul 19:02

    pak ustd mksd prtnyaan Kuz adalah pacaran itu hukumnya haram nggak

    v2love said:
    1 Mei 2009 pukul 21:16

    “Burung camar turun kekali dari pandangan masuk kehati”
    “innalloha jamilun yuhibbul jamal”sesungguhnya allah itu maha indah{cantik} menyukai keindahan”

    flow said:
    18 Mei 2009 pukul 16:50

    gimana pak kalo akhwat majang fotonya di facebook…..?
    apa lagi kalo akhawat nya cantikkkk……!!!
    padahal kita nya kan gak bole terlalu banyak di pria…..eeuuhh…..
    serasa gak ada batasan….biar ust….bisa kepleset juga gimana…di tunggu jwabnya ….penting pak//// soalnya kejadian n nyata

      M Shodiq Mustika responded:
      18 Mei 2009 pukul 17:17

      @ flow
      Bukankah pertanyaan tersebut sudah terjawab dalam postingan di atas?

    Donnie Ardiansyah said:
    7 Juni 2009 pukul 21:07

    Saya sangat menghormati wanita akan tetapi wanita juga harus pandai menjaga amanah Allah dengan sebaik-baiknya dan hanya diberikan sepenuhnya kepada suaminya bukan ke orang lain.
    only for suami..

    tika said:
    16 Juni 2009 pukul 12:53

    sebagai wanita aku ingin dihargai……..knapa para lelaki selalu mengandalkan hawa nafsu nya sih………………sehingga wanita pun tergoda…………

      than must tw said:
      22 November 2009 pukul 14:00

      it emg udh kodratnya mba lelaki mmiliki lbh banyak napsu/kemauan,sdngkan wanita pnya satu napsu/kemauan namun pandai menutupinya,..jd jgn heran lo lelaki lbh agresif d bandingkan wanita
      tp g semuanya lelaki bgt,…msh banyak koq lelaki yg baik,…

    ahmad surya said:
    13 Juli 2009 pukul 12:49

    ya namanya juga manusia tidak luput dari salah dan lupa, gk da manusia yg sempurna gitu loh………..

    ahmad surya said:
    13 Juli 2009 pukul 12:51

    lihat sekilas memang boleh halal, tpi yg lama ni yg gk boleh…………

    ayin said:
    5 Agustus 2009 pukul 01:25

    assalamu’alaikum……
    mas..tamboh donk koleksi foto wanita islam yang soleha..n klo bisa lengkap dengan no hpnya…thx
    wasalam

    kgoirul azmy sya'bana said:
    26 Agustus 2009 pukul 13:14

    Masya Allah …… saya sangat seang melihat wanita berjilbab, andai wanita muslim semua berjilbab, alangkah indahnya….

    rosse said:
    8 September 2009 pukul 18:05

    jilbab;;;;;;;;;;;;aduh cantiknyeeeee kaum hawaaaaaa sexsyy dan manis

    than must tw said:
    22 November 2009 pukul 13:57

    subhanaullah,…muslimah yg sempurna brawal dr cr berpakaian yg baik,…menutup aurat,…bertingkah laku baik pula,…in yg sbnarnya dambaan semua lelaki/ikhwan.

    ciot said:
    12 Desember 2009 pukul 22:39

    bagaimana menghindari zina d era skrg ini

    Tsabit said:
    23 Desember 2009 pukul 22:35

    Keinginan pada wanita Cantik itu adalah fitrah.
    Bukankah yang menjadikan canti itu adalah cinta ??
    Bukan Cantik yang menjdikan jatuh cinta.
    Karena kapan cantik adalah penyebab Cinta,
    maka Cinta itu akan hilang ketika kecantikan itu telah tiada.
    Tapi bila Cinta yang menghadirkan Cantik, maka ia akan abadi
    Walaupun pisik berubah mengubah rupa.

    Akhi hendra said:
    1 Januari 2010 pukul 21:22

    TERKADANG NAFSU TAK BSA TRBNDUNG,,APALAGUI PDA SAAT KULIAH,,,BNYAK WNTA MMKAI BJU YANG MBRI MNTUK TBUH,,,,
    APA MATA YANG SALAH….
    AKU JADI BINGUNG,,,???????????

    Ziyad said:
    31 Oktober 2010 pukul 22:41

    klo setau saya dosa itu ada 2 sumber. pertama karena memang dia yang berbuat dosa secara langsung yang kedua karena seseorang yang menyebabkan orang lain berbuat dosa. untuk menghindari dosa, lebih aman kalau kedua pihak sama2 menjaga dirinya.

    allahu a’lam

    muhasim said:
    16 Maret 2011 pukul 12:53

    wanita racun dunia kalo tdak bisa di jaga auratnya

    janjan johari said:
    29 Maret 2011 pukul 01:10

    Segala sesuatu yang dianggap cantik atau indah itu tiada bersalah,dan janganlah memandang dengan syahwat atau terlalu lama sehingga menjadi haram

    Ison Nax Kren said:
    9 September 2011 pukul 14:14

    wanita yg baik yaitu wanita yg senan tiasa menutup aurat nya….dan patuh terhadap suaminya .

    . said:
    7 Mei 2012 pukul 00:52

    .

    Muhammad Gandi said:
    27 Maret 2015 pukul 08:32

    asalamualaikum
    se moga sorga disisimu

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s