Curhat Dikhianati Lelaki (tolong tanggapi, please)

Posted on Updated on

Beberapa hari belakangan ini, aku merasa kewalahan menerima curhat atau konsultasi tertulis dari para pembaca. Berhubung sumberdayaku amat terbatas, aku mengharap bantuanmu untuk menanggapinya. Beberapa diantaranya mengenai perselingkuhan atau pengkhianatan cowok/lelaki. Tolong tanggapi dua curhat berikut ini, please.

Pertama: “Apakah mungkin dia kembali lagi pada saya??? Mengapa aq Terlalu mencintai dia???

Apakah aq sanggup untuk melewati ini semua?? Mengapa aq selalu gagal jika menjalin cinta?? Dan mengapa aq terlalu mencintai H?? Sedangkan orang yang aq cintai mengkhianati cinta tulus ini dan hanya menginginkan harta aq saja???

Aq menjalin cinta dengan seseorang H, kami sudah pacaran 1tahun, memang dalam waktu itu qta tidak selalu langgeng selalu ada saja yang ribut tetapi dapat didamaikan kembali. Awal perkenalan aq dengan H, sahabat aq (M) main kerumah dan minta dijemput oleh pacarnya T, dan dari situ aq kenalan dengan H tetapi pertama kali aq kenal cuek banget karena aq lagi dekat NS, selang 4bulan kemudian NS meninggalkan aq dan H selalu menghibur rasa sakit hati aq dan dia mencoba untuk nembak aq tetapi selalu aq tolak dengan alasan aq masih sangat sayang sekali dengan NS dan berharap NS akan kembali kepada aq, tetapi kenyataannya NS menikah dengan mantannya dulu, H selalu mendekati aq akhirnya untuk mencoba menepis bayangan NS aq terima juga cinta H.

Dulu sebelum qta pacaran H kerja si EO tetapi dia tidak bekerja lagi alasannya sudah tidak ada cocok. Waktu H ulang tahun dia minta kado dibelikan HP, aq mencoba menolak dan berjanji akan membelikan kado yang lain. Tetapi H menolak dia bilang aq pelit, akhirnya aq membobol tabungan aq untuk memenuhi keinginan dia, setelah aq penuhi keinginannya H bilang kalau dia hanya mengtes aq aja. Bulan Februari dia juga meminta uang 200rb untuk perpanjang SIM, ge tidak pernah permasalahkan itu, tetapi setiap bulan aq gajian ada saja alasan dia untuk ini itu dan jika aq menolaknnya dia marah2 jujur aq tidak pernah berkutik kalau dia marah2.

Awal bulan Nov’2008 ada yang mised call dan SMS (yang tidak aq kenal) tetapi karena rasa ingin tahu siapa orang tersebut yang selalu mengganggu ketenangan aq, aq coba menelpon ternyata seorang wanita (Y). Y tanya apakah aq mengenal H dan Y juga apakah aq siapanya H apa Ce’y atau mantannya. Aq kaget dengan pertanyaan Y, lalu aq jelaskan kalau aq sebenarnya kawannya lalu Y cerita kalau H mendapatkan No. aq dari HP milik H dan dalam hp tersebut ada SMS yang aq kirim tetapi tidak ada namanya (H penasaran karena dalam HP tersebut ada kata2 sayang). 10 menit setelah aq telp, H SMS yang kata2nya “Ngapain kamu telp2 teman aq?? Sedangkan aq tidak pernah menelpon teman2 kamu” lalu aq balas “Y duluan yang telp+sms aq, karena penasaran apa salah kalau aq mau tahu siapa Y” dan H kembali membalas “aq muak dengan kelakuan kamu, kalau kamu begini terus qta bubaran saja” lalu aq balas “Ya udah qta bubar aja!!!”.

2 hari setelah qta ribut H menghubungi aq dan H minta maaf kalau H sudah menuduh aq yang bukan2. dan H meminta aq untuk memikirkan apakah hubungan ini perlu diteruskan apakah cukup di akhiri saja. Tetapi karena aq masih sayang dengan H akhirnya aq bilang teruskan aja. Dan H mengajukan permintaan untuk tidak menghubungi Y lagi dan jika Y menghubungi atau SMS jangan pernah percaya dan no. Hp Y di hapus oleh H (memang aq tidak pernah ada rasa curiga). Qta mesra seperti biasa awal Nov’08 H sewaktu menjemput aq H bilang kalau nyokapnya sakit dan dia butuh uang untuk berobat, dia pinjam pada aq 200rb. Sebenarnya aq tidak mau memberinya (karena setahu aq dia orangnya berkecukupan dan suaminya masih ada) tetapi dia bilang tega banget masa orang tua pacar sendiri tidak mau membantu, akhirnya aq mengabulkan permintaan dia.

Awal Des H selalu antar jemput aq, dan seminggu aq mau gajian H meminta sejumlah uang untuk memperbaiki motornya tetapi karena bulan depan banyak pengeluaran yang harus aq bayar dengan halus aq menolak keinginan H tetapi H malah marah, H bilang mengapa jika H yang minta aq sulit sekali tetapi jika untuk kawan dan keluarga aq mudah sekali untuk mengeluarkan. Dan aq memberi solusi kepada H yaitu aq akan memberikan tetapi H seperti yang H minta hanya separuh saja, awalnya H menolak tetapi dengan penjelasan aq H dapat menerima tetapi H tetap saja marah2 dan bilang kalau aq lebih memperioritaskan saudara2 dan teman2 aq, Akhirnya aq menuruti keinginan H.

Pertengahan Desember aq telp dan H bilang kalau lagi ngaji dan malam harinya SMS baiknya ku pergi, tinggalkan dirimu, sejauh mungkin untuk melupakn, dirimu yang selalu tak perdulikan ku, yang mencintaimu dan menyayangimu sekitar 5 menit setelah aq SMS H menghubungi aq mengapa aq mengirimkan SMS seperti itu dan aq memberikan penjelasan padanya kalau H selama ini H tidak pernah mempedulikan aq, mengapa H lebih memperhatikan teman2 lalu H berjanji tidak akan mengulangi lagi. Tgl 27 Des’08 kaka laki2 aq menikah dan 1 bulan sebelumnya aq sudah meminta H untuk datang dan H berjanji akan datang, tetapi 1 hari sebelum hari H (aq meminta H untuk datang bareng dengan aq tetapi H menolak dengan alasan kalau H datangnya malam saja, karena H kan pergi dengan kawannya. Jujur aq kesal banget karena selama ini jika H meminta apa2 selalu aq penuhi tapi mengapa permintaan aq di tolak?? Padahal H pergi dengan kawannya dapat dilakukan kapan saja dan kaka aq menikah harus hari itu juga, dan malamnya H tidak datang juga. Keesokan harinya H menghubungi aq meminta untuk datang ke rumahnya, dan aq sudah menolaknya tetapi yang ada H marah2 bilang akhirnya aq menuruti keinginannya untuk datang kerumahnya. Akhir Januari H minta uang dia bilang untuk ongkos berobat orang tuanya tetapi tidak aq kasih, aq lakukan karena aq tidak mau dia selalu tergantung pada aq. Dan H marah2 bilang kalau aq terlalu perhitungan, bagaimana dapat dijadikan istri kalau selalu perhitungan, tidak pernah percaya dengan dia selalu mempercayai omongan orang lain.

Awal Februari Y kembali berhubungi aq lagi, aq bertanya padanya apakah Y selalu mengirimkan puisi dan pernah nembak H tetapi di tolak oleh H (karena H cerita pada aq kalau Y selalu kirim puisi dan menembak dia), tetapi Y bilang itu semua bohong, sebenarnya H yang selalu mengirimkan dia puisi dan H juga benci banget dengannya karena selama ini cintanya di tolak oleh Y, dan aq bertanya dari mana Y mendapatkan no. HP aq ini (selama aq pacaran H selalu dilarang aq untuk megang Hpnya tetapi jika dia selalu memeriksa HP aq), Y cerita kalau dia pernah membuka inbox SMS hp H dan ada SMS yang isinya pake sayang2 lalu Y bertanya kepada H “bilangnya tidak punya pacar tetapi kok SMS-nya pake sayang2 segala??” dengan entengnya H bilang “itu dari mantan aq yang sudah putus 3 thn yang lalu dia ngajak balik lagi, dia selalu mengejar2 aq” jujur aq kaget banget dengar itu semua padahal selama ini dia yang selalu mengejar2 aq walaupun aq sudah bilang kalau aq sudah punya pacar. Y juga cerita bahwa dia nginap di rumah sepupunya (sepupu Y kawannya H) selama 1 minggu dan H selalu datang tiap hari malah sampai nginep segala. Y bilang itu terjadi pada awal Nov. Jujur aq kesal dengan pengakuan Y lalu aq cerita pada Y. Bahwa tgl 25 Okt anak kawan aq ulang tahun, aq diantar H dan H bilang kalau dia harus ke Serang karena hari Senin dia dapat panggilan kerja, minta ongkos 100ribu dan meminjam motor aq. Pada tgl 5 Nov H jemput aq, tetapi qta tidak langsung pulang, dan H menerima telp (yang aq dengar kalau tu suara ce) tapi jika aq mau lihat dari siapa H marah2 bilang kalau aq selalu mencurigai dia dan akhirnya qta ribut lagi. Tetapi Y menyakinkan aq bahwa semua itu terjadi pada awal Nov jadi selama ini aq dibohongi oleh H kalau dia sebenarnya tidak ke Serang dan mengantar ibunya berobat, jujur sakit hati banget aq mendengar itu semua, mengapa H tega sekali mempermainkan perasaan aq, dulu kalau aq minta putus H selalu bilang akan berubah tetapi kenyataannya??

Apa yang salah pada diri aq?? Segala keinginannya selalu aq turuti, memang selama ini aq kurang memberikan dia perhatian karena selama ini aq sibuk dengan pekerjaan aq, dan aq juga selalu mendukung dia untuk mencari pekerjaan dia. Tapi nasi sudah menjadi bubur, aq tidak menyesali aq putus dengan dia tetapi mengapa dia jahat banget hanya mempermainkan aq?? Dulu dia janji tidak akan pernah menyakiti aq tetapi ini lebih menyakitkan dari apa yang pernah mantan aq sebelumnya… Memang aq sudah tidak ada hubungan apa2 lagi dengan dia tetapi mengapa hingga saat ini aq masih saja mengharapkan dia?? Jelas2 dia sudah mengkhianati cinta tulus aq… Apakah ada cinta yang tulus kepadaku… adakah cinta yang tak pernah berakhir SELALU UNTUK SELAMANYA….

Kedua: “Mohon doa karena suami mencintai cinta pertamanya

Pak Ustadz, saya sudah menikah lebih dari sepuluh tahun. Memang awal pernikahan kami kurang baik, waktu itu kami terpaksa menikah muda karena perbuatan zina kami, walaupun saya tidak sampai hamil tetapi karena saya merasa berdosa waktu itu saya mengakui perbuatan tersebut kepada orang tua dan mereka meminta kami menikah. Saat ini saya sudah punya anak. Selama tahun-tahun pernikahan kami saya merasa bahagia karena suami saya orangnya tidak macam-macam dan kelihatannya sayang kepada saya dan anak.

Masalah muncul ketika beberapa bulan yang lalu saya yang memiliki akun facebook membuatkan akun facebook untuk suami dengan maksud agar suami bisa berkontak dengan teman-temannya yang memang hampir semua tinggal di luar kota . Sekitar 4 bulan yang lalu suami ditegur oleh mantan pacar pertamanya di facebook dan mereka kemudian sering chatting. Awalnya saya tidak merasa apa-apa, tetapi lama-lama saya curiga karena mereka chatting hampir tiap hari. Mantan pacarnya ini tinggal di luar negeri, sudah menikah dan punya dua anak. Hati saya mulai tak enak ketika suami bercerita bahwa wanita itu menikah karena dijodohkan, suaminya galak dan saat ini sedang bermasalah dengan suaminya sampai dia ingin menabung agar bisa pulang dengan anak-anaknya ke Indonesia .

Sampai suatu hari, saya mempertanyakan mengapa suami sering chatting dengan wanita itu dan keluarlah pengakuan yang sangat mengejutkan. Ia mengatakan bahwa ia tidak mencintai saya dan bahwa dia selalu mencintai wanita itu dan tak bisa melupakannya. Hati saya hancur pak Ustadz. Ketika saya tanya bagaimana dengan 10 tahun pernikahan kami yang tak pernah bermasalah (bahkan orang-orang, termasuk saya sendiri, menganggap kami pasangan yang harmonis), ia menjawab bahwa itu semua hanya kepura-puraan dan bahwa ia menjalankan itu hanya karena kewajiban. Ia kemudian mengatakan bahwa kami menikah karena terpaksa, padahal sebelum perbuatan zina itu terjadi dia sudah meminta saya menjadi istrinya dan justru itulah yang waktu itu membuat saya khilaf dan anehnya dia lupa bahwa ia pernah mengatakan itu.

Saya sedih, tapi saya berusaha tegar. Saya mendekatkan diri dengan Allah dengan berdoa, sholat tahajud dan berzikir. Tetapi suami saya semakin dingin. Sampai pagi ini dia mengatakan bahwa mungkin kami akan berpisah. Ketika saya tanya apakah dia akan kembali ke mantan pacarnya, dia bilang bahwa itu tidak mungkin dan bahwa dia hanya tidak ingin membohongi dirinya sendiri.

Pak Ustadz, saya sangat sedih. Saya sedih karena saya tak tahu harus mengatakan apa pada anak-anak saya jika itu terjadi. Saat ini suami sedang tugas ke luar kota dan akan pulang sore ini. Saya memohon doa dari pak Ustadz, dan semua yang peduli, agar Allah memberikan hidayah pada suami saya dan menyelamatkan pernikahan saya karena saya tak ingin anak-anak saya kehilangan ayahnya dengan cara ini.

Pak Ustadz, mohon sarankan dzikir yang bisa menenangkan hati saya dan menyadarkan suami saya.

27 thoughts on “Curhat Dikhianati Lelaki (tolong tanggapi, please)

    Al Uzzhy said:
    27 Februari 2009 pukul 15:17

    Cinta yang tak akan pernah berakhir dan selalu tuk selamanya ????
    ada kok… Cinta Illahi ,,
    CintaNya tiada kan pernah berakhir, meski kita seringkali mengingatNya hanya kala susah namun cintaNya tiada pernah berkurang bagi kita.
    Kalau boleh kecewa Allah jauh lebih kecewa..betapa banyak hamba yang mendustakanNya..betapa banyak yang menduakan cintaNya….
    Namun Allah tiada pernah memberi yang salah, semua yang Ia gariskan adalah benar adanya.. mungkin kita ditakdirkan untuk bertemu orang-orang yang salah sebelum bertemu orang yang tepat. yang pasti,semua itu bukan tanpa maksud. mungkin Ia menginginkan kita belajar ikhlas..sabar..
    Blind love..cintamu sudah dikuasai oleh nafsu,,hingga logika kalah,sanggup merelakan everything buatnya dan sudah jelas-jelas tau n sadar bahwa dia itu kurang baik tapi masih memilih mempertahankan. hey..di dunia ini gak cuma dia.. Yupz I know cinta memang gak kenal logika, anything jadi indah ditangan cinta, tapi cinta yang benar-enar indah adalah yang seimbang..antara indahnya dan nyatanya..
    tiap orang punya cintanya. percayalah waktu yang akan menyembuhkan, seiring waktu semua akan terhapus dengan sendirinya. sepahit apapun hidup ini akan terus berjalan…
    Orang yang beriman itu bukan sekedar percaya atau yakin dengan keberadaan Allah, tapi juga harus menerima apa-apa yang telah diturunkan olehNya, dan tentunya itu bukan cuma diterima dalam hati, tapi sebisa mungkin itu kita realisasikan dalam kehidupan ni..itulah yang susah,, tapi aq yakin setiap muslim bisa itu..selama keistiqomahan si muslim tersebut terjaga..

      M Shodiq Mustika responded:
      28 Februari 2009 pukul 14:45

      @ Al Uzzhy
      Ya, aku sependapat. Kita perlu tegas (istiqomah) dalam urusan yang memerlukan ketegasan seperti itu.

    Irawan Danuningrat said:
    28 Februari 2009 pukul 14:37

    Assalamu’alaykum wr.wb.

    Buat si “aku” yg konon dikhianati H.

    Saya turut prihatin atas kepedihan yg anda rasakan saat ini. Memang itulah HAKEKAT CINTA yg sesungguhnya, yakni tumbuhnya kepedulian yg diikuti dengan bergeloranya hasrat untuk selalu bersama, ingin membahagiakan orang yg kita cintai; Dan menjadi kecewa dan berduka manakala si dia mengabaikan – apalagi jika kemudian bahkan mengkhianati kita.

    Semua yang anda rasakan saat ini adalah indikator kuat bahwa anda adalah salah seorang yg telah dipilih dan dipercayai Allah swt untuk “dititipi/menyimpan” rasa Cinta –Nya, cinta milik ar-Rahman.

    Dengan menyadari bahwa cinta yg bersemayam di hati anda adalah dari-Nya untuk anda “share” dengan seseorang agar keduanya merasakan nikmat dan indahnya cinta tsb, maka sungguh sayang jika cinta murni titipan Allah pd sanubari anda tsb diberikan kepada seseorang yg kurang/tidak layak menerima such a precious love!

    Orang yg layak untuk menerima cinta-Nya, pasti diberi-Nya kemampuan untuk menghargai dan merasakan betapa bernilainya cinta yg ada di hati anda, dan mustahil ia akan mengotorinya dgn hal memalukan a.l. upaya “pemorotan” dan perselingkuhan sebagaimana dilakukan H!

    Sdri “aku”, yakinlah bahwa Allah swt menumbuhkan rasa cinta di hati orang-orang yg dipilih-Nya tiada lain adalah agar orang yg dipilih-Nya itu merasakan nikmat, indah dan bahagianya dari keberadaan cinta tersebut.

    Kepedihan yg dirasakan akibat cinta sebagaimana dialami oleh anda (saya juga pernah lho!), menurut keyakinan saya tak lain adalah indikator dari kemurnian “real-love” dalam hati kita (bukan sekedar cinta palsu, hawa nafsu, cinta monyet atau cinta gorilla lho!), sekaligus pula indikator bahwa orang yg anda/kita incar sebagai sasaran cinta anda saat ini, adalah bukan orang yg sepadan memperoleh kehormatan merasakan bersama anda kebahagian, indah dan nikmatnya cinta anugrah sang Khalik.

    Anda tak perlu risau dengan kepedihan yg anda rasakan saat ini yg kehadirannya sangat wajar; Saran saya, jangan “ngotot” berupaya menghilangkan kepedihan tsb, biarkan kepedihan tsb terwujud sebagai air mata yg membasahi mata dan pipi anda, biarkan ia mengalir dan berlalu, dan yakinlah bahwa setelah itu mata dan hidup anda justru akan lebih jernih berbinar hingga pada saatnya nanti insyaAllah anda akan berjumpa dengan seseorang yg telah dipilih-Nya untuk mengecap kebahagiaan hidup bersama anda. Amin

    Wassalamu’alaykum wr.wb

      M Shodiq Mustika responded:
      28 Februari 2009 pukul 14:42

      @ Irawan Danuningrat
      Tanggapan dari dirimu bagus sekali. Aku akan merekomendasikan kepada yang bersangkutan untuk membacanya.

    Irawan Danuningrat said:
    28 Februari 2009 pukul 15:02

    Assalamu’alaykum wr.wb.

    Kepada isteri solehah yg sedang mendapat ujian Allah swt.
    Allah telah berfirman bahwa ketika Allah berkehandak untuk memuliakan seseorang, maka Dia akan menurunkan ujian kepada orang yg dikehendaki-Nya.

    Saran dan doa saya, tetaplah menjadi isteri yg solehah, bersikap dan bertuturlah dalam kelembutan dan sekuat tenaga menciptakan kedamaian di rumah, serta tak putus berdoa memohon pertolongan dan anugrah-Nya. Meski tentu tak mudah, pertebal khusnudzon pd Allah dan suami anda, upayakan utk tidak terlalu terpengaruhi oleh eksistensi apalagi membahas mantan pacar suami.

    Mungkin saran saya ini seolah-olah hanya akan nyeneng2in suami saja. Percayalah, saya optimistis suami anda sebetulnya adalah seorang suami yg baik namun saat ini dia sedang “diuji” Allah swt. Sikap tawa’du dari anda insyaAllah akan sangat membantu ybs untuk segera keluar dan lulus dari ujian tsb, sehingga ia mampu melihat betapa beruntungnya dia mempunyai istri seperti anda, dan semuanya akan kembali tentram dan bahagia melebihi masa-masa sebelumnya.
    InsyaAllah, saya turut berdoa bersama anda utk hal tersebut. Amin

    Wassalamu’alaykum wr.wb

    bocahbancar said:
    28 Februari 2009 pukul 21:30

    Wah panjang sekali Pak Postingannya..

    Saya jadi pembaca yang baik saja dech,,

    masih banyak orang2 bijak lainnya yang akan mengomentarinya..

    Salam hangat Bocahbancar….

    hidayanti said:
    1 Maret 2009 pukul 01:19

    cinta yang tidak di landasi oleh agama susah menapaki jalan yang benar.. semoga allah senantiasa meridhoi hidup kita semua amin..
    untuk postingan ke 2..
    mba aku usulin baca bukunya asma nadia yang judulnya CATATAN HATI SEORANG ISTRI soalnya disana banyak yang bernasib sama ddengan mba.mudah2an mba bisa lebih ikhlas dengan jalan hidup yang sudah allah gariskan..amin🙂 saya turut berdoa mba..

    newbiedika said:
    2 Maret 2009 pukul 13:22

    MenuruT aq ,kamu tu dah di manfaAtin ma si H . , ,
    CArax mudah aJA buat ngelupain dia, tanamkan di diri kamu kalo cowok t gak satU d dunia neh ,masiH byk cowok yang lbh bAek dr pada dy. . .

    Kamu tUH dah ngkutin nafsu kamu. .kamu rela ngasiH apa aja buat dia. .

    Lupakan dy, dgn menjalani kehDUpan kamu yg sbuk, lama2 jg akan terbiasa

    Dewi said:
    3 Maret 2009 pukul 14:08

    Cinta yang tulus hanya ada pada orang tua makanya ada pepatah mengatakan lebih baik dikejar daripada mengejar. Saran aku mendingan kamu lupakan saja dia karna mungkin dia bukan yang terbaik buat kamu. Wanita baik2 pasti akan mendapatkan pasangan yang baik juga janji Allah buat umatnya. Jangan berusaha melupakan karna semakin berusaha melupakan maka kita akan semakin ingat padanya. Jadikanlah ini pelajaran karna semua itu pasti ada hikmahnya. Tawakal berserah diri pada Tuhan dan selalu berdo’a semoga Allah cepat memberi pengganti H dan mempunyai sifat dan kelakuan tidak seperti H.

    nukad said:
    8 Maret 2009 pukul 13:39

    buat yg katanya terlalu cinta pada H.
    Berikan cinta pd se2orang secukupnya.tanyakan pd diri sndr,apa cinta mu pd ILAHI lebih besar dr H ?.klo lebih besar mengapa terlalu cinta padanya?.

    iyem said:
    10 Maret 2009 pukul 12:54

    gini ya?soal dia kembali ma kamu!itu terserah dia!kamu tnggal usahakan agr dia te2p didekatmu!

    warna2cinta said:
    14 Maret 2009 pukul 06:38

    Assalamu_alaikum .

    Untùk postingan yg ke 2, maaf disini sy tdk ingin memberikan tanggapan sy kira banyak saudara2 yg lbh bijak.Cuma sekedar saran untuk sang “istri” apabila anda melakukan zina jgnlah di ceritakan kpd khalayak ramai cukuplah menjadi rahasia Anda dgn Alloh sebab Zina merupakan perbuatan dosa yg besar walaupun tdk sebesar kesyirikan ttp Apabila maksiat tlah dilakukan dgn terang2an maka Alloh akan menurunkan azabNYA tdk peduli kpd orang dzolim ataupún yg sholeh akan terkena semua.Apabila zina itu anda rahasiakan kmungkinan masih bs mendapat ampunan dgn taubatan nasuha ttp apabila dicritakan kpd khalayak umum dan diketahui bnyk orang maka seharusnya untuk menebusnya anda harus dihukum sesuai dgn hukum yg tlah disyariatkan dan krn di negara kt tdk ada hukum ttg zina maka Allohlah yg akan menghukum dgn menurunkan azabnya bs brupa kefaqiran,penyakit atau terserah Alloh menurut kadar dosanya.Kita smua punya dosa jd hati2lah apbla kt berbuat dosa cukup mjd rahasia kt dgn Alloh jgn diceritkn shng Lebih mudah di ampuni oleh Al-Ghofur. Maaf bukan maksud mengguru…Maaf utk smua

      M Shodiq Mustika responded:
      14 Maret 2009 pukul 23:23

      @warna2cinta
      wa’alykumussalaam… Identitas semua orang yang diceritakan itu dirahasiakan, termasuk yang berzina (kalau memang ada).

    ferdi said:
    14 Maret 2009 pukul 12:26

    menurut aku seseorang yang hendak menikah atau menempuh hidup baru dia harus benar2 siap, siap mental,siap menerima pernikahan itu sebagai anugrah dan sebagai penutup/sebagai penopang untuk kita berzinah, maaf disini zinah dalam arti luas yaitu bisa zinah tangan dll .
    menurutku si suami harus menerima si istri karena istri pertama itu pemberian Alloh tapi (kalau itu Baik) danbegitu sebaliknya

    yUaN said:
    15 Maret 2009 pukul 13:43

    Lelaki mmg bgtu slalu menghianati Cwe yg da tulus cinta ma dia
    spt yg da gw alami

    warna2cinta said:
    15 Maret 2009 pukul 18:17

    @pak sodiq

    benar saya tdk tahu tp pak sodiq tahu identitasnya. Dan kt umat islam diwajibkan untk saling menutupi aib saudara kita dan curhat diatas ditujukan ke pak sodiq selayaknya ditanggapi oleh yg ahlinya jgn dijadikan konsumsi publik apalagi ada aib yg seharusnya tdk blh disebarkan.Maaf pk sodiq..

      M Shodiq Mustika responded:
      15 Maret 2009 pukul 20:27

      @ warna2cinta
      Aku sudah menutupi aib mereka dengan cara menyembunyikan identitas yang bersangkutan.

    leo said:
    20 Maret 2009 pukul 23:54

    kalo menurut saya anda bisa mulai dengan:
    meratap kepada Tuhan seperti yang di contohkan aa gym, berlama-lamalah dalam berdoa. kalo sy merasakan sendiri, beban-beban yang ada dapat hilang. pantes saja orang2 beriman itu dalam alquran dikatakan “mereka itu tdk ada merasakan kekhawatiran dalam keadaan apapun di dunia ini” sulit menjelaskan apa yang muncul dalam perasaan org2 yang benar keimannanya…ketika satu ayat perintah ato larangan dapat kita jalankan, maka Tuhan berjanji ” akan Aku buka jalan-jalanKU kepadamu” dan setelah itu sy ucapkan selamat tenggelamlah anda dalam lautan hikmah, semua akan menjadi nampak jelas bagi anda..hati menjadi ringan, pikiran posotif, gelora ambisi yang baik bermunculan..langkah mantap maju kedepan…dunia dan permasalahananya menjadi kecil dimatamu…

    wyd said:
    21 Maret 2009 pukul 21:46

    cinta kan masalah perasaan. perasaan adaya di hati. kalau saya, saya lebih suka mengembalikan semuanya ke pencipta saya. dia yang menciptakan saya termasuk hati dan perasaan, meski bagian itu mudah banget dibolak-balik setan. paling ga, berusaha menyerahkan semuanya pada sang pencipta, menghabiskan waktu lebih banyak bersama sang pencipta, akan membuat pikiran saya menjadi lebih tenang soal ini.
    mudah2an hal yang sama juga bisa terjadi pada orang2 yang bertanya dalam tulisan di atas.

    fitri apriana bella said:
    11 April 2009 pukul 09:38

    Ass mbak ak juga pernah ngalamin kyak gitu,dulu sich ak beranggapan itu cuma pengetesan cinta ak ma dia,tapi lama2 keenakan malah sampe bwt makan dia dr ak,tapi skarang ak sadar kalau dia cuma manfaatin ak aja.LEBIH BAIK PUTUS COWOK SEPERTI ITU GAK COCOK BWT DIJADIIN SUAMI

    tyas said:
    24 April 2009 pukul 22:09

    aslm..
    Kalo menurt tyas,.cinta itu hanya rasa yg mampu dberikan Allah pda umatnya,.dri ibu kpada anaknya,.pda nabi Muhammad SAW kpada pengikutnya.
    Kalau rasa yg ada pda manusia,.itu lbh cenderung pda Sayang,.bkn cinta. Cinta bth ketulusan dan pengorbnan tanpa pamrih. Dan itu tidak dmiliki oleh smua manusia.
    Kalo menrt tyas,.H hanya memanfaatkan kamu aja,.cinta itu tidak akan membuat sesuatu seperti yg qta ingnkan,.ga akan membuatmu trluka atw menangis,.cinta itu mw mlakukan yg trbaik..
    Cinta datang ga di undang,.tpi lbh baik jika jagalah rasa yg kmu ktakan cinta tsb sampai wktnya tepat..krna jika wktnya tlah tpt,.rasa itu akan indah..saat sudah di jenjang pernikahan.
    Niatkan pernikahan untk ibdah..bkn krna paksaan atw nafsu belaka.
    1 tips dari tyas..kalau bru patah hati,.jgan gampang trlena dgan apa yg kmu hadapi..jgan buru2 mencri pengganti,coz itu ga akn mengobti sakit hatimu.
    Keadaanmu yg lg skit hati,.bkalan mudah tersentuh oleh perhatian dri cwo2 yg mendkatimu..tpi bsa saja itu semu belaka.
    Obati sakit hatimu,.pikir positif atas apa yg kamu hadapi,.bersiap dan bersbarlah..jagalah rasa itu sampai wkt yg tepat.
    Cinta memang indah,.tpi logika tetap harus di utamakan.
    Wslm

    reni said:
    14 Oktober 2009 pukul 11:18

    asskum.
    penghianatan memang menyakitkan smw lki2 it sama but jgn sdh krn lki2…. so ttp tegar aja ya

    astri said:
    22 Oktober 2009 pukul 19:17

    ” keNapa sih d’dunia nie tak ada yang abadi……………………???????????

    hati nie sll d’hianati ma laki’ hati q saNgat kecewa trus d’sakiti……….
    pada hal q sayang banget ………………..

    Toko Buku Online said:
    26 November 2009 pukul 01:23

    bagus kali yahhhhhhh

    sutriana lasmo said:
    2 Desember 2009 pukul 06:59

    aku juga mengalaminya di khianati lelaki….it hurt a lot..karena si dia ada yang lain kita merasa kita seorang looser…tapi coba kita letak kan posisi kita di tempat yang mengkianati kita?adakah kita happy sudah mengkianati seseorang yang sayang kita?adakah dia bahagia sedang dia di bebani dosa mengkianati kita?aku rasa dia juga sama menderitanya kalau dia ada hati!kalau ndak ya ndak tau…aku cuma ingat hukum tabur tuai…kalau kita tanam elok maka elok yang kita dapatkan dan juga sebaliknya..justru kita harus bahagia karena jadi insan pilihanya yang di ujiNya di dunia ini.hari ini kita yang menderita manalah tau lusa giliran dia kan?whats goes around comes around be stronggg……

    Sevia said:
    17 Februari 2010 pukul 15:14

    Yg sBar Ea mBakK…
    q0Z gAq HeRan q0 qLu mBak cUrHAT KeX G2..
    Laki2 eMq rTa2 kEx q2 q0′ siFaT’ea…..

    endiyanti said:
    21 Maret 2010 pukul 19:10

    saya sudah menika 10 tahun dan memiliki putra 2 hubungan kami di5 tahun pertama baik2 saja namun sekarang kami seperti orang asik semua ucapan dan tindakan ku menjadi puncak permasalahan padahal aku sangat mengharga pasanganku. Pasanganku tak pernah bisa tersenyum apalagi bercanda dan kami tapi aku melihat iya berbeda diluar dia bisa bercanda bersahabat tertwa tetapi kami keluarganya sudah lama tidak mendapatnya tolong sarannya ada apa dengan pasangannku

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s