Konsultasi: Saat Orangtuanya Hendak Segera Menikahkannya

Posted on Updated on

Saya pria umur 24 tahun, Saya mempunyai pacar, saya pacaran sudah hampir 4 tahun. Saya dan pacar saya sangat saling mencintai,dan bahkan kadang saya suka nginep dirumah pacar saya dan kadang ortunya juga nyuruh saya nginep saja kalo kemaleman…dan hubungan saya dengan ortu cewek saya baik-baik saja ,maklum jarak kami pacaran cukup jauh,cewek saya di banten saya di bekasi.

Tapi akhir-akhir ini kami ada masalah,tapi masalahnya bukan dari kami berdua,tapi dari ortu cewek saya. Akhir-akhir ini ortu pacar saya memaksa pacar saya (putrinya) untuk menikah tahun ini juga….sedangkan ortu cewek saya gak pernah nanyain ke saya tentang masalah hubungan kami berdua.

Yang menjadi persoalan saya, ortu cewek saya meminta cewek saya untuk menikah dengan orang lain yang umurnya beda 5 tahun lebih tua dari pacar saya yang umurnya 22, yang menurut ortunya mampu membahagiakan dia,tapi dipihak cewek saya,dia gak mau dengan orang yang jadi pilihan ortunya. Tapi disisi lain pacar saya kepingin membahagiakan ortunya, jadi sekarang dia lagi bingung juga tentang masalah ini.

Yang jadi masalah saya,saya gak bisa untuk kehilangan dia,saya begitu sayang dan sangat mencintai dia. Memang hubungan kami sudah cukup lama dan saya pun ingin melanjutkan hubungan kami sampai ke pernikahan dan lagi-lagi masalah ada di saya lagi,saya belum siap untuk menikah, yang jadi hambatan saya yaitu materi saya belum siap,karna saya gak mungkin minta sama orangtua saya.

Saya sangat sedih sekali apa yang harus saya lakukan……saya bingung,kadang saya juga berpikir, apa saya bisa bahagiakan pacar saya kelak kalo sudah menikah nanti?.

Saya minta tolong gimana solusinya tentang masalah ini,apa yang mesti saya lakuin? Saat ini saya dan pacar saya lagi bingung dengan masalah ini. Kalo saya ngomong sama ortu pacar saya,saya takut untuk didesak segera menikah sedangkan kondisi saya belum siap materi.

Mohon untuk dibalas, saya berharap masalah ini bisa terselesaikan.

Tanggapan M Shodiq Mustika:

Ditinjau dari segi biologis, usianya yang 22 sudah tergolong siap nikah. (Lihat halaman “Kriteria Siap Nikah“.) Ditinjau dari segi ini, wajar kiranya bila orangtuanya mendesak dia untuk segera menikah.

Mengapa orangtuanya mendesak dia untuk menikah dengan orang lain, bukan dirimu? Bolehjadi, mereka melihat dirimu belum siap untuk menikah dalam waktu dekat. Mereka melihat orang lain itulah yang telah siap.

Solusi yang aku sarankan:

1) Bermusyawarahlah dengan pacarmu. Tetapkanlah target kapan kalian hendak menikah. Sebaiknya, tetapkanlah jalan tengah: tidak terlalu lama bagi orangtuanya, tetapi juga tidak terlalu singkat bagi dirimu.

2) Sampaikanlah kepada orangtuanya target kalian itu. Mula-mula, beritahulah mereka bahwa kalian memahami kemauan orangtua yang menghendaki putrinya segera menikah. Tegaskanlah kepada mereka bahwa kalian berusaha memenuhi kemauan mereka sesuai dengan kemampuan kalian. Setelah itu, barulah kalian dapat menyampaikan target kalian itu.

3) Teruslah berikhtiar seoptimal mungkin untuk memenuhi target itu. Bekerjalah dengan lebih ekstra seraya lebih berhemat, sehingga mampu menambah tabungan.

Demikian saranku. Semoga Allah Sang Maha Pemberi rezeki membantu meringankan ikhtiarmu itu. Aamiin.

Iklan

One thought on “Konsultasi: Saat Orangtuanya Hendak Segera Menikahkannya

    Billy Koesoemadinata said:
    27 Februari 2009 pukul 14:25

    kalo saya ada dalam posisi itu, saya akan berbicara terhadap orangtuanya. dan, memberitahu mengenai rencana saya. karena, itulah yang selalu saya coba katakan jika sudah berkaitan dengan pernikahan dan masa depan.

    tapi yah, jika memang tidak bisa lagi dikompromikan, maka.. ada baiknya kita melepaskan. karena, jodoh kan di tangan tuhan.. 😉

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s