Gila! Rp 1 Milyar = 15 Menit

Posted on Updated on

Ketua Dewan Penasehat Partai Golkar, Surya Paloh, menghabiskan dana lebih dari Rp 1 milyar hanya untuk berpidato selama 15 menit di panggung kampanye di sebuah lapangan sepakbola, di Mandailing Natal, Sumatera Utara. Semahal itukah ongkos sebuah kampanye? Untuk apa? Berikut ini kutipan penjelasan (laporan) dari Antara News:

Pada hari pertama kampanye terbuka, Selasa (17/3), Surya langsung tancap gas. Pukul 07.00 pagi dia bertolak dari Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, dengan pesawat jet pribadinya, jenis BAe, yang katanya pesawat bekas milik Ratu Inggris Elizabeth. …

“Ini pesawat paling aman. Jet lain mesinnya cuma dua, yang ini empat. Kalau dua mesin mati, masih ada dua mesin yang bekerja. Tapi karena empat mesin, jadi boros,” katanya sesaat setelah “boarding”. …

Setelah mendarat di Bandara Perintis Tapanulis Selatan, Surya harus naik helikopter lagi selama 30 menit untuk bisa ke panggung kampanye. Ia menyewa helikopter jenis Bell yang hanya bisa dimuati empat penumpang.

… Pilot helikopter sudah mewanti-wanti agar kampanye tidak lama-lama karena pergerakan awan yang menggumpal hitam menandakan hujan akan segera turun. “Makin sore makin berbahaya. Cuaca di kawasan pegunungan begitu cepat berubah,” kata pilot mengingatkan.

Akibatnya, Surya tidak bisa berlama-lama di atas panggung kampanye. Setelah pidato dan teriakan hidup Golkar yang menggelegar selama 15 menit, lelaki berperawakan tinggi besar mirip penyanyi opera Luciano Pavarotti itu segera pamit. Ia harus buru-buru kembali di Tapanuli Selatan sebelum hujan turun sore itu. …

Saat melanjutkan perjalanan ke Bandara Polinia Medan, Surya menceritakan mengapa dirinya rela menghabiskan uang miliaran dan menghadapi resiko keselamatan terbang dengan helikopter dalam cuaca buruk hanya untuk berpidato selama 15 menit di panggung kampanye.

Menurut Surya, perjalanan kampanye hari pertamanya menghabiskan lebih dari Rp1 miliar, antara lain untuk avtur dan kru jetnya, menyewa helikopter, akodasi hotel, dan biaya logistik lainnya.

“Gila. Ini gila. Tidak masuk logika orang mengeluarkan Rp1 miliar hanya untuk pidato 15 menit,” katanya.

Jika tidak untuk kecintaan kepada bangsa ini, jika tidak untuk sesuatu yang berarti bagi rakyat negeri ini, lanjut Surya, ia tidak akan segila ini.

Dia pun mengaku menyadari ada orang yang yang menuduhnya memiliki motif-motif dan ambisi kekuasaan tertentu di balik segala yang dilakukannya.

Sejumlah kritik yang dialamtakan ke dia antara lain, Surya berambisi menjadi Ketua Umum Golkar dan kemudian menjadi calon Presiden pada Pemilu 2014.

“Silakan menuding seperti itu. Saya terima dan jalani saja. Tetapi yang saya protes, kalau orang menilai apa yang saya lakukan itu tidak ikhlas. Itu yang tidak benar,” katanya.

Surya mengatakan, boleh dibilang ia sudah memiliki segalanya, harta dan kehormatan sudah ada dalam genggamannya.

Kalau dia mau, katanya, dia bisa seperti konglomerat lain yang tinggal menikmati hidup dan bersenang-senang dengan kekayaannya.

“Kalau semua orang berfikir begitu, lalu siapa yang memikirkan bangsa dan rakyat ini? Hancurlah bangsa ini jika semua orang begitu,” katanya sambil mengusap rambut-rambut yang lebat di pipi dan dagunya.

Iklan

67 thoughts on “Gila! Rp 1 Milyar = 15 Menit

    AR1 said:
    22 Maret 2009 pukul 21:34

    bayangkan saja klau duit satu milyar itu tidak di pakai untuk kampanye,tapi di belikan krupuk saja kemudian di bagikan ke seluruh rakyat indonesia,dan bayangkan pula berapa pengrajin kerupuk yang kebanjiran order karena banyaknya pesanan sehingga juga bisa membantu kelangsungan para pembuat kerupuk,terus tenaga kerjanya juga bertambah karena banyaknya pesanan kerupuk yang mesti di penuhi,+rakyat juga bisa merasakan apa yang telah di perbuat oleh seorang surya paloh,itu baru kerupuk coba klau di pakai untuk membangun infrastruktur di indonesia wah bisa tujuh turunan tuh di pakainya,

    abh3s said:
    22 Maret 2009 pukul 22:17

    gile bener…..

    Sukses said:
    23 Maret 2009 pukul 09:37

    Nah… gimana pandangan temen2 semua??

    Om Surya Paloh :
    (pilih 1)
    1. orang gila
    2. orang kaya benerrrr
    3. orang serakah
    4. orang yang ga punya rasa empati ama yang lagi kesusahan
    5. orang yang super ambisius

    kalo menurut aku seh, orang kaya benerr… Aku juga pengen bisa seperti dia, tapi kalo bisa lebih hebat lagi, pidato 15menit dibayar 1M hehehe…. dapetin tips sukses disini.

    maulana said:
    23 Maret 2009 pukul 09:44

    sungguh di sayangkan uang sebanyak itu di hamburkan dalam 15 menit.padahal masih banyak yang membutuhkan.

    zoel80 said:
    23 Maret 2009 pukul 12:17

    wah klo menurut gue itu sifat yg borossss buuuuaaanget, coba duitnya di sedekahkan pada rakyat kurang mampu mungkin bisa menambah simpatik rakyat terhadap partai yg di usungnya.

    Renaldi said:
    23 Maret 2009 pukul 13:57

    Kalo kaya kok gak termasuk daftar Forbes orang terkaya di dunia ???

    saepudinaep said:
    23 Maret 2009 pukul 18:47

    wah mendingan buat para anak muda biar buka lapangan kerja kan oK tuh….

    feezaa said:
    25 Maret 2009 pukul 10:35

    1 milyar kan bisa disumbangin untuk orang yang membutuhkan bisa lebih bermanfaatn tuch… untuk panti asuhan ato untuk para pasien yang kebingungan dana untuk operasi, dan sebagainya

    mantovani said:
    25 Maret 2009 pukul 14:22

    asslmlkm,saudaraku semuanya aku punya utang Rp.300 jt.ke rentener dan ke BANK buat biaya operasi ibu saya, walau akhirnya ibu saya meninggal, rencana rumah akan di sita, satu-satunya peninggalan ibu saya, tolong yaa ALLAH gerakan hati para dermawan utk membantuku ke BNI no.rek.0146383316 .terima kasih semoga amal kebaikannya di balas berlipat ganda oleh ALLAH SWT.amiin.

    forlan said:
    26 Maret 2009 pukul 11:33

    wah oom surya lebih baik uang segitu buat saya saja supaya buat usaha dan saya bisa buka lapangan kerja baru untuk pengangguran

    agusfitrianto said:
    26 Maret 2009 pukul 15:20

    Brrrrrrrrrr……..
    Buat beli kambing dapet berapa yah?

    yadikiswoyo said:
    27 Maret 2009 pukul 06:07

    buat adain lomba blog bisa seumur hidup kk lomba terus… ;p

    iqbal hakeem said:
    29 Maret 2009 pukul 20:47

    gila!! aku aja ngemsi, 3 -5 jam cuman dibayar 500-1juta , malah kadang cuman di bayar “terimakasih,mas”… 😦
    Saya jadi bingung, kenapa ya mau-maunya keluar ongkos segitu. Mending buat beliin nasi padang, satu bungkusnya kurang lebih 10ribu, bisa buat 100 ribu orang.. semua kenyang :))

    wawan said:
    2 April 2009 pukul 12:41

    Assalamu’alaikum wr wb

    Begitu besar uang yang dikeluarkan hanya buat kampanye. apalah arti kampanye (pemilu) jika rakyat indonesia yang di bawah garis kemiskinan tidak begitu diperhatikan padahal mereka lebih membutuhkan untuk dibantu ( memperoleh pekerjaan ). Semoga syariat Islam bisa tegak biar orang-orang yang membutuhkan selalu terayomi dan diperhatikan kesejahteraan mereka. Amin… . Semoga Alloh membukakan hati para pemimpin Islam untuk menegakkan hukum Alloh.

    Wassalamu’alaikum wr wb

    opieq said:
    31 Juli 2009 pukul 17:04

    hanya untuk kampanye 1 milyar melayang…..coba disedekahkan aja lebih bermanfaat

    leksono said:
    20 Juni 2011 pukul 19:38

    Donasi untuk anak anak yatim piatu agar mereka bisa bersekolah mengejar cita-citanyaa bisa anada transfer ke BCA No. rek 6090069266 an. Nanang Kabul Leksono terima kasih semoga uluran dana anda membawa berkah dan Allah SWT membalas kebaikan anda dengan limpahan rejeki yang halal amin..amain..

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s