Parpol Yang Gagal/Sukses Kampanye 2009 menurut Survei

Posted on Updated on

Lembaga Survei Indonesia baru saja meluncurkan laporan survei “Efek Kampanye Terbuka Menjelang Pemilu Legislatif 2009“. Dari survei ini kita bisa menyimpulkan efektivitas kampanye para parpol. (margin of error +/- 2,3% pada tingkat kepercayaan 95 persen) Manakah yang akan gagal dan mana pulakah yang akan sukses dalam pemilu legislatif 2009 menurut survei tersebut bila dibandingkan dengan tahun 2004? Mari kita saksikan:

Pengalaman 2004 menunjukkan bahwa hasil survei LSI tiga minggu sebelum pemilu dan hasil pemilu oleh KPU tidak banyak berbeda (perbedaan rata-rata 1,5%). Bila dalam survei sebelum pemilu ada trend kenaikan atau penurunan pilihan pada partai, maka trend naik atau turun tersebut cenderung berlanjut pada hari-H pemilu. Atas dasar itu, kita dapat memprediksi:

Partai Demokrat (PD): akan sangat sukses
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP): akan gagal
Partai Golongan Karya (Golkar): akan gagal atau akan sangat gagal
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB): akan sangat gagal
Partai Persatuan Pembangunan (PPP): akan bertahan atau akan gagal
Partai Keadilan Sejahtera (PKS): akan bertahan atau akan gagal
Partai Amanat Nasional (PAN): akan bertahan atau akan gagal
Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra): akan sukses (sebagai partai baru)
Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura): akan sukses (sebagai partai baru)

Jadi, kalau kau tidak rela terhadap kecenderungan seperti itu, lebih baik kau manfaatkan suaramu (tidak golput) supaya prediksi tersebut meleset! Begitulah kesimpulan dan saranku. Adapun kesimpulan dari LSI sendiri adalah sebagai berikut:

• Temuan survei menunjukkan bahwa kampanye terbuka tidaklah membantu partai-partai politik untuk memperbaiki posisi dan peluang elektoral mereka.
• Dengan demikian, keriuhan rapat-rapat umum yang diselenggarakan oleh berbagai partai tersebut sesungguhnya lebih banyak dihadiri oleh pendukung partai yang sebelumnya memang telah memilih partai yang bersangkutan, bukan pendukung baru yang berasal dari partai pesaing.
• Partai yang sebelumnya telah unggul, tetap unggul, dan yang berada di posisi tengah, tetap pada posisi semula.
• Kampanye dua minggu nampaknya tidak banyak berarti. Kampanye yang berarti adalah yang lebih terencana dan dilakukan dalam kurun waktu yang panjang.
• Ini terlihat pada Partai Demokrat yang telah kampanye secara sistematik sejak Agustus 2008 yang lalu. Demokrat naik dari 9% pada Juni 2008 menjadi 24% pada bulan Maret 2009, mengungguli atas Golkar dan PDI Perjuangan.
• PDI Perjuangan dan Golkar tidak mengimbangi kampanye panjang ini, dan karena itu semakin tertinggal oleh Demokrat.
• Gejala yang kurang lebih sama juga dialami oleh Gerindra sebagai partai baru. Partai ini telah melakukan kampanye yang panjang, dan hasilnya terlihat, ia meninggalkan partaipartai baru lainnya.
• Kampanye terbuka dua minggu juga gagal meyakinkan pemilih bahwa masing-masing partai punya program dan agenda berbeda.
• Semua partai menawarkan janji yang sama, dan miskin strategi dalam meyakinkan publik, misalnya dengan menunjukkan bagaimana janji-janji itu dapat dicapai dengan cara yang masuk akal.
• Dalam situasi seperti itu, Demokrat sebagai partai utama pemerintah yang sedang berkuasa diuntungkan karena dapat menunjukkan kepada publik secara lebih sederhana apa yang telah dikerjakan oleh pemerintah selama ini.
• Program-program populer pemerintah sulit dibantah oleh para pemilih umumnya: Penurunan 3 kali BBM, BLT, PNPM Mandiri, KUR, BOS, dan jaminan kesehatan.
• Keamanan dan penegakan hukum juga dinilai positif oleh pemilih umumnya. Semua ini adalah senjata Demokrat, dan dikampanyekan secara sistematik.
• Golkar dan anggota koalisi lainnya tidak mampu mengambil untung dari hal-hal positif tersebut karena pemerintah umumnya diidentikkan dengan Presiden SBY, bukan dengan Jusuf Kalla atau dengan menteri-menteri dari partai-partai anggota koalisi tersebut.

Iklan

21 thoughts on “Parpol Yang Gagal/Sukses Kampanye 2009 menurut Survei

    fatan sholih said:
    6 April 2009 pukul 06:35

    Syapa aja yg menang, smg ga jauh ma rahmat Alloh Swt, biar beres smwanya. Amien.

    Billy Koesoemadinata said:
    6 April 2009 pukul 09:25

    ck..ck..ck..

    tapi saya masih bingung mau pilih sapa calegnya

    kalo presiden sih,, udah agak mending.. 😉

    arie said:
    6 April 2009 pukul 11:59

    mudah2an bangsa ini akan menjadi bangsa yang bermatabat apabila kita sendiri yang punya martabat, menggunakan martabat kita sebaik baiknya.
    harapan kedepan adalah partai jangan terlalu banyak.
    cukup 3 atau maksimal 5 partai.

    amat said:
    6 April 2009 pukul 17:19

    Kalau memang tetap dengan pemerintahan yang ada, ya pilihlah partainya atau dewannya, sehingga ia dapat dimuati.

    pakdejack said:
    6 April 2009 pukul 18:11

    apapun partai yang menang gak masalah, asalkan kesejahteraan rakyat meningkat.

    superconan said:
    6 April 2009 pukul 19:48

    menrt gw ad yg masih krg dg hasil survei LSI di atas,yakni blm ditampilkanya metode teknik sampling dr surveinya,mulai dr sampling framenya, jumlh samplenya.jgn2 cmn pke nonprobability sample…kan g pas jg u ngambil kesimpulan u populasi jdinya….bs missleading tar…

    ———-
    Tanggapan Admin:
    Mengenai segi-segi teknis seperti itu, silakan telusuri link yang telah kami sertakan pada kalimat pertama di dalam artikel (yaitu yang tercetak dengan warna pink) di atas. Penjelasannya ada pada link yang tercantum di situ.

    Abu ibrahim said:
    6 April 2009 pukul 20:18

    Ikutan prediksi jg boleh toh…B-) Demokrat mlaju cpat..PDI-P brkut GOLKAR tersendat2 mngikuti iringan dblkangnya PKB, PPP n jg PAN..PKS truz ngegas..GERINDRA smakin brtnaga pnuh tak terkira? Yg laen wah lewat aje x ye…;-)

    www.infobisnis-09.com said:
    7 April 2009 pukul 10:16

    apa ya?

    Kaya nya gw milih …?

    BAE said:
    7 April 2009 pukul 11:31

    Survey boleh memprediksikan, keputusan akhir berada di tangan rakyat :-).

    Gilang Aji P. said:
    7 April 2009 pukul 12:38

    Wah smoga saja janji2 parpol yang kepilih besok bener2 di langsanakan, kalo enggak dosa loh….. dah bikin janji kok gag di tepati,.. brati Menipu rakyat…

    hariz said:
    7 April 2009 pukul 12:41

    PERLU DIPERTANYAKAN NETRALITAS LSI. KAYAKNYA TUH LSI SEDANG BERUSAHA MENCUCI OTAK RAKYAT INDONESIA.LAGIAN SIAPA YANG MAU MILIH DEMOKRAT YANG JELAS-JELAS SUDAHN MEMBIKIN SUSAH RAKYAT KECIL.SEPERTINYA LSI SEDANG BRAIN WASH.SEPERTI KITA KETAHUI DEMOKRAT SEDANG KEBINGUNGAN MENCARI PASANGAN KOALISI SEHINGGA DEMOKRAT PUNYA INISIATIF MENDONGKAK PEROLEHAN SUARA MELALUI LSI.PERLU DIKETAHUI :1.KENAIKAN BBM, 2. KENAIKAN SEMBAKO 3. MENURUNNYA DAYA BELI RAKYAT, 4. ANCAMAN DISINTEGRASI BANGSA, 5. PENJU8ALAN ASSETS STARTEGIS NEGARA KEPADA KONGLOMERASI ASING (EXXON, FREEPORT)DAN MASIH BANYAK LAGI. SAYA KIRA RAKYAT SUDAH TAHU BOROKNYA PEMERINTAHAN SBY. JADI KALAU MILIH DEMOKRAT DAN DEMOKRAT MENANG RAKYAT KITA MEMANG BENAR-BENAR SUDAH KEHILANGAN MARTABAT SEBAGAI BANGSA, SUDAH GUOBLOK SEKALI. SATU HAL YANG PERLU DIKETAHUI, PILKADA GUBERNUR JATIM YANG DIWARNAI KECURANGAN SEPERTI DPT FIKTIF BAGAIKAN FENOMENA GUNUNG ES, YANG TAMPAK DIPERMUKAAN, YANG TIDAK TAMPAK DIPERMUKAAN LUAR BIASA BESARNYA. SO… PEMILU JURDIL ADALAH SUATU SLOGAN TANPA ARTI YANG BERISI KEBOHONGAN BESAR……..BESAR SEKALI. WAHAI PEMIMPIN, SADARLAH BAHWA ENGKAU AKAN DIMINTAI PERTANGGUNGAN JAWAB DIHADAPAN ALLAH SWT DAN BILA ENGKAU TIDAK BISA MEMPERTANGGUNG JAWABKAN PERBUATANMU MAKA NERAKA JAHANAM AKAN MENUNGGUMU…..KEKAL….ABADI….SELAMANYA….TANPA BATAS AKHIER.

    hmcahyo said:
    7 April 2009 pukul 13:54

    yang jelas blog ini masuk BOTD dan sukses :mrgreen:

    jephman said:
    7 April 2009 pukul 14:42

    kasihan PKS, sudah habis-habisan iklan dimana-mana, TV, radio, inet, koran, baligo, spanduk dll, dlsb, pasti habis milyaran rupiah, kenaikannya gak signifikan. Mending buat nyantuni anak jalanan daripada capek2 bangun image partai doang.

    Gerindra juga habis-habisan tapi hasilnya lumayan melonjak di pemilu pertama. Mungkin gak menang tahun ini, tapi pelimu 2012 SBY sudah gak bisa calonkan diri jd presiden, Prabowo bakal calon pres terkuat.

      anak bangsa said:
      10 April 2009 pukul 07:23

      SURVEI SEPERTI INI PADA DASARNYA MASIH DALAM BENTUK PERKIRAAN, BLM ADA KEPASTIAN, SAYA BUKAN ORANG PKS TAPI SAYA HANYA PUNYA 1 PARTAI YAITU PKS YANG SANGAT JELAS BAHWA SETIAP KADER DAN TOKOHNYA ADALAH ORANG MUDA TERPELAJAR YANG MERUPAKAN BUAH DARI BANGSA INI DAN BUKAN ANTEK SIAPA2 MELAINKAN ANTEK ALLAH, BAMDINGKAN DENGAN YG LAIN DAN SAMPAI TULISAN INI SAYA SAMPAIKAN ALHAMDULLILLAH PKS NO 4,

    aldi said:
    10 April 2009 pukul 08:00

    yach begitulah…..
    perjuangan penuh pengorbanan….
    truz ganti buat iklan yg udah pd keluar miliyaran rupiah dapetnya dari mana ya……
    mendingan buat bikin perusahaan ya… jelas.. infestasi ama penguranagn pengangguran ya….
    kt mah lait az nanti….???!!!???

    urip said:
    10 April 2009 pukul 10:31

    Hidup pemilu

      jabon said:
      8 Agustus 2010 pukul 13:07

      by: agus jabonok saya juga dukung pemilu semoga berjalan dengan lancar

    natero spo said:
    11 April 2009 pukul 11:21

    Ya anak Adam,janganlah kalian saling menghujat,menyalahkan suatu kaum ( golongan)apalagi mengatakan yg keji,Allah saja yg mempunyai bumi dan langit dan… yang punya hari akhir saja selalu santun pada hambanya… coba tengok diri kita masing2 apakah diri kita sudah jadi hamba Allah yang baik,tengoklah negara2 lain juga punya masalah hebih seriusdp negeri kita, sby,kala,mega dst ,hanyalah hamba ALLAH tak ada yg sempurna. maka mari kita taubat,agar negeri ini aman,sejahtera,bangun negri ini dgn iman.iman….pilihlah diantara kalian yg beriman….

    manja said:
    14 April 2009 pukul 13:02

    Q juga mendukung bgt seandainya yg jdi pres pak Prabowo,,,

    Roza said:
    21 Agustus 2009 pukul 17:07

    Semakin banyak partai semakin banyak yang harus dipilih, mana yang baik, akhirnya semakin pusing, timbulnya stress….rakyat bingung lari pontang panting tanpa arah.

    jabon said:
    8 Agustus 2010 pukul 13:06

    saya juga malah ingung mau pilih yang mana soalnya sangat banyak bangat partainya h eh ehe heh e he

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s