Cara Ngobrol Pria-Wanita Yang Mengasyikkan

Posted on Updated on

Clipart of iPod ManiaBeda Cara Dengerin. Tahukah kau film serial TV berjudul The Six Millions Dollar Man dan Bionic Woman? Klo belum tau, tanya deh ama bokap-nyokap. Kedua film ini amat populer di tahun 1980-an. Film pertama mengenai pria super yang bermata tajam (mampu melihat gamblang dari jarak jauh). Film kedua tentang wanita super yang bertelinga tajam (mampu mendengar jelas dari jarak jauh).

Kedua film itu ternyata ngelambangin perbedaan antara lelaki dan perempuan. Walau bermata tajam, cowok tuh telinganya kurang peka. Sebaliknya, meski bermata kurang tajam, cewek tuh telinganya amat peka.

Jadi, ketika kita berbicara dengan cowok, suara kita jangan terlalu lirih. Bisa-bisa nggak terdengar olehnya. Sebaliknya, bila kita ngobrol ama cewek, suara kita jangan terlalu keras. Bisa-bisa kita dikira sedang marah.

“Warna Suara” di Telinga Cowok-Cewek

Di telinga pria, suara orang-orang biasanya hanya terdiri dari tiga macam: rendah, sedang, dan tinggi. Namun, wanita ngedengerin suara dengan lebih rinci: air keran menetes, tangis bayi, anak kucing mengeong, de el el.

Jadi, kalo kamu cewek pengen lebih dikenal di telinga cowok, terutama pada obrolan pertama, nggak usah bingung. Tenang aja! Yang penting, bicaralah dengan suara sejelas-jelasnya. Jangan terlalu cepat. Beri dia kesempatan untuk mencerna makna setiap kalimatmu. Yang lebih penting bagi cowok pada umumnya bukanlah bagaimana kamu berbicara, melainkan apa makna kata-katamu.

Sebaliknya, kalo kamu cowok pengen lebih dikenal di telinga cewek, terutama pada obrolan pertama, jangan asal jelas bicara. Kurang berkesan tuh! Alih-alih, ucapkanlah kata-kata dengan intonasi, mimik wajah, dan bahasa tubuh yang sesuai. Yang lebih penting bagi cewek pada umumnya bukanlah apa makna kata-katamu, melainkan bagaimana kamu mengatakannya.

Gimana Cewek-Cowok Pasang Telinga

Cara cewek-cowok pasang telinga berbeda, seperti pada cara ngeliat. Telinga cewek “melebar” juga; pendengaran cowok terfokus pula.

Dengan pendengaran melebar, cewek akan mudah banget mendengarkan pembicaraan lebih dari satu dalam satu waktu. Emm… contohnya gini. Klo seorang cewek sedang telepon, trus di depannya ada televisi, otaknya mampu menampung informasi dari dua sumber suara itu. So… gak heran dech klo ada cewek sedang telepon sambil dengerin TV. Dah gitu, besoknya ditanya tentang acara TV itu, eehh… kok ya inget ya??

Hmm…. boleh… boleh… Trus??? What about man??

Dengan pendengaran terfokus, cowok mampu mengenali dari mana arah suara itu berasal walau tidak mengetahui jenis apakah suara itu. But, klo mesti dengerin lebih dari satu sumber suara, cowok akan kesusahan. So… akan sangat mungkin si cowok mengecilkan volume televisi atau radio bila sedang menerima telepon.

Jadi, kalau kamu mau suaramu bener-bener didengerin si cowok, ciptakanlah suasana hening lebih dulu atau pilihlah waktu ketika suaramu tak tersaingi oleh suara lain.

Sebaliknya, jika ketika kita ngobrol ama si cewek, lalu dia ngedengerin sambil ngelakuin aktivitas lain, maka kita gak usah sakit hati. Belum tentu telinganya tak menangkap lagi kata-kata kita. Kalo kamu ragu apakah dia masih menaruh perhatian pada pembicaraanmu, periksa aja seketika. Caranya, misalnya, langsung tanyai dia: “Menurut kamu, gimana baiknya?”

Karena mendengar secara melebar, para cewek biasanya suka mengait-ngaitkan pembicaraan dengan berbagai hal lain. Cewek berpikir, “Klo ada hubungan dengan berbagai hal lain, kenapa mesti to the point?” Karena itu, cara jitu untuk membuat kaum cewek mau mendengarkan kita-kita adalah mengemukakan pembicaraan yang panjang-lebar, namun secara bervariasi supaya tidak membosankan.

Sementara itu, hendaknya kita beri kesempatan si cewek untuk menyela pembicaraan kita meskipun temanya meloncat-loncat dan menyimpang jauh dari apa yang sedang kita bicarakan. Sesudah si cewek benar-benar terlibat di dalam pembicaraan kita, barulah kita kemukakan inti pembicaraan kita. Cewek mah perlu yang namanya keterlibatan, atuh, men!!

Sebaliknya, karena mendengar secara terfokus, para cowok biasanya ingin segera tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Cowok berpikir, “Klo bisa langsung, kenapa mesti melewati jalan yang berkelok-kelok?” Karena itu, cara jitu untuk membuat kaum cowok mau mendengarkan kita-kita adalah mengemukakan pembicaraan yang to the point, langsung pada intinya, gak bertele-tele.

Ada baiknya pula jika cewek segera memberitahukan sejak awal apa yang dia inginkan dari pembicaraanya dengan si cowok. Jadi, si cowok bisa ngerti apa yang harus dia lakukan. Menjadi penyimak ataukah menjadi pemberi solusi. Cowok mah perlu yang namanya kejelasan, atuh, Neng!!

Contohnya, katakan seperti ini: “Mas, aku ingin bicara denganmu tentang pengalaman tadi pagi. Aku nggak minta solusi darimu; aku hanya ingin kau menyimak kata-kataku. Seusai salat tarawih, ya?”

————
Artikel di atas merupakan kutipan dari buku M Shodiq Mustika & Krisnina Rihardini, Taaruf Forever, Cetakan Ketiga (Juni 2008), hlm. 10-14.

Iklan

19 thoughts on “Cara Ngobrol Pria-Wanita Yang Mengasyikkan

    Yudha said:
    12 April 2009 pukul 16:42

    ini mirip tulisan di buku “why men don’t listen and women can’t read maps”

      M Shodiq Mustika responded:
      12 April 2009 pukul 16:49

      @ Yudha
      Salah satu referensinya memang buku tersebut.

    kun fa yakun said:
    14 April 2009 pukul 14:10

    subhanallah saya ingin menjadi perhatian wanita, bagaimana meyakinkan wanita yang kita sukai, kalau kita benar2 mencintainya. coz wanita yang saya cintai biasa2 saja ketika saya menyatakan rasa suka saya.dan sampai saa ini pun saya belum mendapat jawabannya.

    Takwil Mimpi Digigit Ular « M Shodiq Mustika said:
    16 April 2009 pukul 09:42

    […] Kamu tak perlu menyampaikan kata-kata “pancingan” yang negatif, seperti “kalau emang hubungan kita gk bisa diterusin sudahi saja”. Daripada berandai-andai begitu, lebih baik kau gunakan kata-kata yang lebih tegas, misalnya pertanyaan: “Menurut dirimu, apakah hubungan kita bisa diteruskan sampai jenjang pernikahan? Kalau iya, aku disarankan oleh Pak Shodiq untuk mempersiapkan pernikahan kita sedini mungkin.” (Mengenai bahasa cowok-cewek, lihat “Supaya Si Dia Tidak Marah-Marah Lagi” dan “Cara Ngobrol Pria-Wanita Yang Mengasyikkan“.) […]

    […] ————- Artikel Terkait: 1) Udah beda sejak pandang pertama 2) Tatapan Mata Cewek-Cowok 3) Cara Ngobrol Pria-Wanita Yang Mengasyikkan […]

    […] Kata istriku, bila seorang cewek berkata kepada cowok yang ‘dekat’ (atau pernah ‘dekat’) dengannya untuk “mencari yang lain”, maka maksud dia yang sebenarnya adalah bertanya sang cowok, “Apakah kau masih cinta kepadaku?” Begitu bahasa cewek, tidak to the point. (Lihat “Cara Ngobrol Pria-Wanita Yang Mengasyikkan“) […]

      why said:
      22 Maret 2010 pukul 21:29

      iya bener bgt ini, baru bbrp bln yg lalu terjadi pada diriku. aq dengerin aja dia dkt ama si ini si itu, intinya y dia ngajak balikan, tp g aq kasih jawaban. n minggu ini dia mu dilamar ama co nya yg baru. salahku atau emang ga jodoh y?

    natalyadewi said:
    20 April 2009 pukul 08:45

    mungkin ada benarnya juga tuh. Kadang cowok kayak orang tuli aja

      kid said:
      23 Juli 2009 pukul 11:44

      wah…
      ga sampe segitu nya ….

      masi bisa denger kok…

      kan lebih fokus…

    […] mungkin sebaiknya kau lebih berfokus pada “menjadi pendengar yang baik”. (Lihat “Cara Ngobrol Pria-Wanita Yang Mengasyikkan“.) Dengan demikian, dia akan merasa tenang. Dalam keadaan tenang, dia akan lebih mudah […]

    Konsultasi: Teman Tapi Mau Mesra « Gaul Islami said:
    30 April 2009 pukul 23:29

    […] mungkin sebaiknya kau lebih berfokus pada “menjadi pendengar yang baik”. (Lihat “Cara Ngobrol Pria-Wanita Yang Mengasyikkan“.) Dengan demikian, dia akan merasa tenang. Dalam keadaan tenang, dia akan lebih mudah […]

    […] Adapun mengenai maksud kata-katanya itu, tentunya yang mengerti adalah dia sendiri. Kalau belum ngerti, ya tanya dong! Untuk ini, silakan ambil pelajaran dari “Cara Ngobrol Pria-Wanita Yang Mengasyikkan“. […]

    […] Supaya cara-cara praktis tersebut lebih efektif, aku anjurkan ukhti & suami mengamalkan “10 Kiat Menjadi Pendengar Yang Baik” dan “Cara Ngobrol Pria-Wanita Yang Mengasyikkan“. […]

    kid said:
    23 Juli 2009 pukul 11:46

    ustadz…

    mw nanya jg….

    gmn sih cara bikin variasi ngobrol…
    aku orang nya termasuk sulit untuk berbicara…
    apa lagi sama lawan jenis yg kusuka….

    aku takutnya…
    klo ngobrol sama dia..
    takut dia nya ngerasa bosen sama topik yang aku bicarain….

    usahajujur said:
    20 Desember 2009 pukul 15:34

    wow,, menarik juga. saya baru tahu klo film the six million dllar man bisa dibahas seperti ini. mantap.

    kunjungan balik ya

    henny said:
    4 April 2010 pukul 10:42

    huhuy…..

    Najamuddin said:
    1 Januari 2011 pukul 16:50

    Wow kereeen

    rizky ong said:
    29 Januari 2012 pukul 00:24

    Jom knln…

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s