Diakah jodoh yang terbaik bagi saya?

Posted on Updated on

Saya 23th, saat ini sudah berkomitmen dengan pria 23th untuk menikah, kami sudah menjalin hubg selama 3,5th. Tapi waktu untuk menikah itu masih 2th lagi.
Yang ingin saya tanyakan,bagaimana saya mengetahui apakah dia benar jodoh yang terbaik untuk saya dan masa depan saya?
Sholat dan doa tertentu apakah yang harus saya lakukan? Kami benar ingin menikah, kami menjadi kuat dengan bersama, tapi kami hanya bisa berusaha dan berdoa..

Jawaban M Shodiq Mustika:

Daripada bertanya “Benarkah dialah jodoh terbaik bagiku?”, lebih baik bertanya “Bagaimanakah supaya si dia menjadi jodoh yang terbaik bagiku?” Sebab, Tuhan sudah menyediakan banyak jodoh yang baik bagi kita, tinggal bagaimana kita memelihara “pohon cinta” yang diamanahkan Tuhan kepada kita.

Supaya si dia menjadi jodoh terbaik bagi kita, dapatlah kita panjatkan doa istikharah. Ingat, istikharah bukanlah sekadar untuk memohon dipilihkan, melainkan juga ditaqdirkan dan dimudahkan jalan untuk itu.

Untuk menyertai doa kita itu, ada banyak macam ikhtiar yang dapat kita tempuh. Diantaranya: “7 Cara Pacaran Islami ala Khadijah-Muhammad

Pembahasan Lebih Lanjut:

Setelah saya ikuti saran mas, dari buku yang berjudul Istikharah Cinta, saya mendapatkan mimpi, maka sy memutuskan memilih Bulan (nama samaran) dan meninggalkan Nda (nama samaran). namun setelah banyak masalah yang menghampiri, termasuk kekurangan Bulan mulai terlihat. bagaimana itu mas, padahal menurut Allah itu yang terbaik bagi saya?

Memang, “menurut Allah” merupakan yang terbaik. Hanya saja, apakah memang pilihanmu itu benar-benar “menurut Allah”? Bisa saja kau salah paham. Silakan simak kembali buku Istikharah Cinta, terutama pada pasal “Inikah pilihan Allah?”, hlm. 95-98. Selain itu, silakan simak pula artikel “Petunjuk aneh bin ajaib itu dari Tuhankah?“.

Sy pernah baca salah satu artikel curhatan tentang orang yang sebelum menikah rajin sholat, puasa dsb (ibadah mahdoh). tapi setelah menikah sebaliknya (tidak rajin ibadah). saya tidak sengaja dinasehati oleh ahli hikmah/ahli ilmu fisika kuantum/ahli ilmu falak. katanya Bulan itu setelah menikah dengan sy akan berubah 180 derajat, dia sekarang yang rajin ibadah akan malas beribadah. apa tanggapan mas?

Benarkah informasi dari ahli tersebut bahwa setelah nikah, seseorang akan berubah 180 derajat? Belum tentu. Setidak-tidaknya, ada dua alternatif sebab mengapa informasimu itu kurang tepat. Pertama, mungkin dia bukan ahli hikmah/falak/kuantum. Kedua, mungkin kau salah paham terhadap kata-katanya.

“Dari sudut pandang fisika kuantum, segala sesuatu yang dipandang tidak mungkin terjadi bisa saja menjadi mungkin terjadi.” (Istikharah Cinta, hlm. 57) Dengan demikian, mungkin saja seseorang itu akan berubah 180 derajat (baik setelah nikah maupun sebelum nikah), tetapi mungkin pula dia tidak berubah sedikit pun. Intinya, kita perlu “selalu terbuka terhadap berbagai kemungkinan” (Istikharah Cinta, hlm. 58). Atas dasar itu, janganlah kita terlalu optimis atau pun terlalu pesimis bahwa seseorang akan berubah, baik setelah nikah maupun sebelumnya.

slama ini saya lebih kangen ke Nda dari pada Bulan. namun selama ini saya beranggapan bahwa kangen itu karena sering ketemu. karena kenyataannya lebih sering ketemu dengan Nda dari pada dg Bulan. benar atau salah anggapan saya itu?

Menurut psikologi, seringnya interaksi menyebabkan menguatnya perasaan. Apabila perasaan yang dominan adalah rasa suka, maka itu cenderung berkembang menjadi rasa cinta. Bila sudah cita, maka cintanya akan semakin mendalam. Namun kalau yang dominan adalah rasa tak suka, maka itu cenderung mengarah ke rasa benci. Kalau sudah benci, maka itu dapat menjurus ke rasa antipati (kebencian yang mendalam).

atau apakah Nda sebenarnya yang terbaik buat saya??

Bila kita belum mampu mengambil putusan tegas padahal sudah beristikharah, maka kita disarankan melakukan istikharah lagi sampai terlihat jelas oleh kita mana yang lebih baik. Yang dimaksud dengan kebaikan ini adalah yang selama-lamanya, yakni dunia-akhirat.

Bagaimanakah supaya petunjuk dari Tuhan itu terlihat lebih jelas? Di satu sisi, kita perlu mensucikan hati, terutama dengan bertawakkal kepada-Nya. (Lihat “Indera Keenam menurut Al-Qur’an“) Di sisi lain, kita perlu menajamkan akal untuk memanfaatkan ilmu-ilmu terkait, seperti ilmu akhlaq, ilmu komunikasi, psikologi, dan sebagainya. Apabila kita kurang menguasai ilmu-ilmu tersebut, kita dapat berkonsultasi dengan ahlinya. (Lihat (Istikharah Cinta, hlm. 95-98.)

Iklan

13 thoughts on “Diakah jodoh yang terbaik bagi saya?

    Imas sumarni said:
    15 April 2009 pukul 21:42

    Assalamualaikum wr.wb.
    Akhr2 ini dlm hati sy selalu terlintas wajah seseorang..meskipun sy sdr dia tak mungkin buat saya..karna alasan yg kuat.sgt berbd..stiap kali sy bertemu..hati sy tak karuan..sudah lama skali sy seperti itu.apa kah yg sy rasakan ini ?

    Imas sumarni said:
    15 April 2009 pukul 21:48

    Melhat dari tatapan nya seakan ada perasaan yg sama..apakah jika hati kita teringat ssorang..mungkhnkah orang yg kita ingat itu ingat juga kpd kt?apkah ini hy bisikn sytn atau apa? Yg jls org tsb slalu ada dlm ingtan sy..apkh dlm dr sy tmbh bnh cinta?

    wie said:
    23 April 2009 pukul 11:25

    kalo menurut saya, teh imas emang ud terjangkit virus….virus cinta maksudnya hehe….
    kalo boleh saya ingin memberikan sedikit masukan bwt tth – sebisa mungkin kurangi intensitas pertemuan dgn si dia –
    – perbanyak ibadah, apun jenisnya supaya g kepikiran dia terus –
    – jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolong –
    yang sabar t teh, namanya juga hidup, g smuanya bisa kita raih…

    Imas sumarni said:
    28 April 2009 pukul 06:33

    Ya memang ada benarnya juga..virus nya udah merasuk ke tlg sumsum he..he..kdg perasaan itu datangnya tanpa permisg dulu..mungkin ini cobaan yg harus diambl hkmahnya.makash wie ya..buat masukan nya.tp skrg udah ga kok..jalanin yang ada didpan aj.sambl brdoa

    Imas sumarni said:
    13 Mei 2009 pukul 02:58

    Oh may God this is not real! Wake up girl. Its funies. I can’t believe love..love can make your life borring.
    Nb..dont trust about love because will change your life became trouble..trouble..and trouble..

    mirda A.K said:
    13 Mei 2009 pukul 12:24

    saya mempunyai dikatakan pacar ya pacar, calon suami dia belum melamar. tapi jelas kedua ortu qt menyetujui hub qt untuk dibawa lebih lanjut. hanya saja nunggu qt sama2 lulus kul. sebenarnya dy sdh bekerja, n saya jg walaupun hny sbg guru sukuan.
    gmn nie, q bingung pingin menyegerakan pernikahan, tp takutnya justru aku yg tergesa2 untuk pgn nikah. q takut kebanyakan dosa. q dah shalat istikharah tp q bingung maksud mimipi q. bener2 g jelas. help me

    Cese said:
    16 Mei 2009 pukul 17:36

    Sy sdh melakukn istikharah tp saya masih tdk yakin dg mimpi saya,sbb stelah istikharah kenyataannya dia mkin jauh dr sy sikapnya pun ga ramah sedangkn di mimpi sy dia yg ada…jd apa jwban istikharah saya,dia/bukan apa itu hanya ilusi?tp sy sdh istharah beberapa kali hslny sama

      Tio_cute said:
      1 Juli 2009 pukul 21:20

      gmn gak menjauh…….??niat sholat istikharahnya ja msh setengah2…..pasti ALLOH pun setengah2 pula u/ memenuhi permintaan kita. Tp jgn patah arang….n menjadikan iman kita menjadi lemah…karna knp?????

      karena…………….mungkin orang yg kita anggap jodoh bagi kita, belum tentu ntu yg terbaik bagi kita menurut ALLOH SWT

      SO, Keep Ibadah, shodaqoh sesering2nya walau jmlah tdk terlalu bsar, niatkan dng sungguh dgn penuh keikhlasan dan untuk mengharapkan ridho ALLOH. OK???

      SMANGAT……

      mari kita sling berlomba2 n bersama2 bermunajat dng cara yg terbaik dan berlandaskan ajaran ALLOH+RASULULLOH MUHAMMAD SAW di dunia yang sangat FANA ini…….

      SMANGAT !!!!!!!

    Tio_cute said:
    1 Juli 2009 pukul 21:13

    Ckckckkckck……..

    cukup perbanyak ibadah, bermunajat dng sungguh2, ikhlas, mendoakan yang yg terbaik bagi calon pasangan kita kepada ALLOH SWT, dan perbanyak shodaqoh dgn hanya niat untuk mengharap keridhoan ALLOH SWT…..

    O iya,,,,,,jgn lupa sering2 sholat tahajud, sholat dhuha, n sholat istikharah u/ mendapatkan pasangan hidup yang terbaik bagi kita di dunia dan akhirat….

    AMIN !!!!!!

    clp boy said:
    12 Desember 2009 pukul 14:47

    kalo dah sama sama suka y tunggu apa lagi…ky lagunya radja aja……………..

    sariya said:
    21 September 2014 pukul 15:55

    saya sering kali bermimpi dengan mantan saya .sebelum kita jadi mantan aku dan dia pernah berjanji untuk saling mencintai selamanya ,tp kita sama -sama mengingkari janji itu entah mengapa setelah mengingkari janji itu perasaan saya jadi ragu – ragu untuk mencintai laki -laki lain . tolong kasih saya komentar .

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s