PAN & PPP terancam pecah gara-gara koalisi pilpres

Posted on Updated on

Menjelang pemilihan presiden (pilpres) 2009, para tokoh partai politik (parpol) sibuk menggalang kekuatan dalam rangka berkoalisi. Beberapa parpol memperlihatkan perbedaan aspirasi di kalangan tokoh-tokohnya, seperti Partai Golkar, PKS, PAN, PPP. Perbedaan aspirasi yang tampak terbuka (setidak-tidaknya dalam pandanganku) adalah pada PAN dan PPP. Selaku warga negara yang menganggap bahwa parpol-parpol itu merupakan “aset bangsa”, aku khawatir kalau-kalau parpol-parpol tersebut pecah hanya karena perbedaan aspirasi seperti itu. Semoga persoalan seperti ini dapat segera tertangani dengan sebaik-baiknya.

Ini dia berita-berita yang secara terbuka menunjukkan munculnya benih-benih perpecahan pada PAN dan PPP.

Minggu, 19/04/2009 12:01 WIB
Qodari: Pak Amien, Serahkanlah PAN Kepada SB
Muhammad Nur Hayid

Jakarta – Manuver mantan Ketua Umum DPP PAN Amien Rais dinilai sebagai langkah kontra produktif dalam mencitrakan PAN sebagai partai yang solid. Langkah ini dinilai akan menghancurkan citra PAN dan Amien sendiri sebagai seorang demokrat sejati.

“Mestinya Pak Amien sudah tidak usah lagi ikut cawe-cawe soal PAN. Serahkanlah kepada Soetrisno Bachir (SB). Kalau memang ada masukan, ya sampaikan dalam rapat resmi DPP, jangan menggalang kekuatan sendiri seperti ini,” kata pengamat politik Indo Barometer M Qodari kepada detikcom, Minggu (19/4/2009).

Menurut Qodari, Amien selama ini sudah dikenal luas sebagai pelopor regenerasi politik karena rela menyerahkan kepemimpinan PAN kepada anak muda di saat para pendiri parpol lainnya masih tidak rela melakukan langkah itu. Namun dengan langkahnya sekarang, publik akan berfikir Amien masih bernafsu dengan kekuasaan dan ingin mengambil alih kembali PAN.

“Beliau itu kan sudah dikenal sebagai figur yang mampu melakukan transformasi kepemimpinan di PAN. Ini luar bisa di saat para pimpinan parpol lain tidak mau. Tetapi langkahnya yang demikian ini akan membalik semua pandangan masyarakat itu, orang akan bilang Pak Amien masih ingin berkuasa,” paparnya.

Qodari melihat langkah Amien bersama kelompoknya ini sebagai terobosan akibat perbedaan sikap politik dalam menentukan koalisi pilpres mendatang. Akibatnya, baik Amien maupun SB merasa perlu menunjukkan kekuatannya masing-masing sebagai bahan pertimbangan koalisi.

“Kalau melihat kejadian sebelumnya, Pak Amien punya pandangan politik yang berbeda dengan SB dan DPP soal koalisi pilpres. Karena itu wajar saja jika ada kontestasi antara mereka,” paparnya.

Sebanyak 28 Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) berkumpul di rumah Ketua Majelis Pertimbangan Partai Dewan Pimpinan Pusat PAN Amien Rais. Dalam pertemuan itu Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir (SB) dan jajaran pengurus DPP pro SB tidak tampak hadir.

Selain DPW hadir juga fungsionaris PAN, Hatta Rajasa, AM Fatwa, Abdillah Toha, Dradjat Wibowo dan Yahya Muhaimin. Pertemuan DPW tersebut digelar di Rumah Joglo Amien Rais, Pandean Sari, Condong Catur,Sleman, mulai pukul 10.00 WIB, Minggu (19/4/2009).

Amien sebenarnya mengundang 33 DPW untuk hadir dalam pertemuan yang rencananya untuk mencermati perhitungan suara Pemilu Legislatif. Namun sebanyak 5 DPW tidak hadir dengan alasan karena kesibukan perhitungan suara.
( yid / iy )

Jumat, 17/04/2009 18:09 WIB
Kubu Bachtiar dan Kubu Suryadharma Rapat Terpisah di PPP
Mega Putra Ratya – detikPemilu

Jakarta – Perseteruan antara kubu Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Bachtiar Chamsyah dan Ketua Umum PPP Suryadharma Ali semakin kentara. Buktinya keduanya menggelar rapat terpisah di dalam satu gedung yang sama.

Bachtiar menggelar rapat di lantai 2, Gedung DPP PPP, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Jumat (17/4/2009), sedang Suryadharma Ali menggelar rapat di lantai 3.

Rapat masing-masing dimulai sejak pukul 15.30 WIB, dan selesai 2,5 jam kemudian dengan waktu hampir bersamaan.

Entah apa yng dibicarakan, hanya saja pernyataan dari kubu Bachtiar menyebutkan bila isu Munaslub diputuskan sesuai mekanisme yang ada.

“Saya tetap memikirkan semua sesuai konstitusi partai,” tambah Bachtiar.

Sebelumnya puluhan orang yang mengaku dari sayap gerakan PPP, seperti Angkatan Muda Kabah, dan Gerakan Pemuda Kabah menuntut digelarnya Munaslub. ( ndr / mok )

Jumat, 17/04/2009 18:29 WIB
PPP Didemo
Sekjen PPP: Koalisi Belum Diputuskan

Hery Winarno – detikPemilu

Jakarta – PPP belum mengambil sikap terkait arah koalisi. Semuanya baru akan diputuskan dalam muktamar yang digelar dalam waktu dekat.

“Sampai saat ini, koalisi belum diputuskan dengan siapapun, baik Mega, SBY, ataupun Prabowo, dan Sutiyoso,” kata Sekjen PPP Irgan Chairul Mahfidz di kantor DPP PPP, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Jumat (17/4/2009).

Mengenai adanya unjuk rasa yang dilakukan sekelompok orang yang mengatasnamakan massa PPP, menurutnya sebagai dinamika.

“Kita perlu introspeksi ke dalam. Ini semua dinamika, ada program yang kurang menyeluruh. Semua ini kesalahan sistem,” jelasnya.

Dia menambahkan bila dalam waktu dekat akan digelar muktamar, rapat yang lebih besar, tapi waktunya belum diputuskan.

“Ya kita lihat saja nanti,” jelas Irgan yang ikut rapat di lantai 3 dengan Ketua Umum PPP Suryadharma Ali.

( ndr / mok )

5 respons untuk ‘PAN & PPP terancam pecah gara-gara koalisi pilpres

    NASIONALISME said:
    19 April 2009 pukul 22:13

    AWAS INILAH CARA YG DIPAKAI ORDE BARU UNTUK MEMECAHKAN PERSATUAN DITUBUH PARTAI,IKUTI DONG ATURAN AD/ART PARTAI.
    SAYANG BANGET AKU DLU PENGGAGUM AMIEN RAIS SKRG BERPIKIR SERIBU KALI

    Hot DVD Movie said:
    21 April 2009 pukul 16:10

    Hmm kalau bener ini perpecahan, sangat disayangkan sekali. Tapi, sepertinya masih dini koq, para pemimpin masih bisa islah

    helley said:
    22 April 2009 pukul 03:12

    Numpang iklan yaa pak sodiq tulisan anda memang hot:
    Dalam Surat Al-Quran , Injil dan Taurat :

    Buah Tin, kenapa Allah bersumpah demi buah tin dan Zaitun (Qur’an Surat At Tin ( سورة التين ) Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
    1. وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,
    2. وَطُورِ سِينِينَ dan demi bukit Sinai,

    Tentunya buah tin memiliki makna yang sangat tinggi. , Tin adalah buah-buahan yang mengandung zat sejenis alkalin yang mampu menghilangkan keasaman pada tubuh & cancer . Zat-zat aktif yang terdapat dalam buah tin adalah sejenis zat-zat pembersih yang bisa dipakai untuk mengobati luka luar dengan cara melumurinya.
    Unsur yang terkandung dalam buah Tin adalah karbohidrat, protein, dan minyak. Buah Tin juga mengandung yodium, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, belerang (fosfat), chlorin, serta asam malic dan nicotinic.

    Jika ada saudara-saudaraku yang berminat untuk mengkoleksi pohon AT-TIN , kami menyediakan bibit pohon Attin .
    – Varietas :Conadria Fig , Tinggi Pohon : 50-100 cm ,
    – Harga Rp. 250,000 per pohon , atau Rp. 350,000 per pohon ( berbuah )
    – Hubungi Helley – HP# 0816 999 638 atau 0816 188 2594.

    […] koalisi pengajuan capres dan cawapres 2009, terdapat bibit perpecahan di PAN dan PPP. (Lihat “PAN & PPP terancam pecah gara-gara koalisi pilpres“) Bibit perpecahan di PPP sudah teratasi, tetapi bibit perpecahan di PAN justru sedang […]

    iwan said:
    16 Mei 2009 pukul 21:23

    Kata orang bodoh….semua orang berhak menetukan sikapnya masing-masing,Pak Amien secara individu berhak menentukan sikapnya begitu juga SB dan HATTA dan seluruh rakyat indonesia

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s