Resep Ampuh Penyembuh Stres

Posted on Updated on

Saat merasa tertekan (be stressed) banyak orang mencoba mengatasinya dengan mencari hiburan: mendengarkan musik, menonton sepakbola, membaca tabloid gosip, mencari tayangan porno di internet, dan sebagainya. Namun, biasanya keampuhan hiburan semacam itu berlangsung hanya sesaat. Hanya beberapa menit (atau bahkan beberapa detik) seusai kita terhibur itu, kita sudah merasa tertekan lagi. Kalau inilah yang terjadi, maka alangkah eloknya bila kita amalkan sebuah resep ampuh penyembuh stres sebagaimana yang diceritakan oleh Dan Baker & Cameron Stauth dalam buku mereka, Pergulatan Cinta dan Rasa Takut (Bandung: Kaifa, 2006), hlm. 36-37, 41-42:

“Selain pekerjaan,” tanya saya kepada Chris, “bagaimanakah sisa kehidupanmu?”

Dia menatap saya dengan sorot mata yang hampa. “Baik-baik saja.” Kemudian dia menggambarkan kehidupan rumah tangga yang akan terasa mengerikan bagi kebanyakan orang: anak-anak yang terasing, istri yang dengan getir membenci obsesi Chris terhadap pekerjaan, serta tidak pernah sekali pun sempat menikmati hidup dan merasa senang. Pekerjaan Chris adalah segalanya, dan selebihnya bukanlah apa-apa. Saya menyebut kehidupan seperti ini sebagai kehidupan berdimensi tunggal yang sangat menyulitkan.

Saya bertanya apakah dia pernah berpikir untuk mendelegasikan lebih banyak pekerjaan kepada kolega-koleganya.

“Aku tak bisa,” dia menjawab sambil merenung. “Aku harus mengambil banyak keputusan yang sangat serius, menentukan hidup dan mati. Keputusan seperti itu tak bisa aku delegasikan.”

Ketika dia mengatakan “menentukan hidup dan mati”, segalanya menjadi jelas bagi saya.

“Aku punya resep untukmu,” kata saya. “Besok aku ingin kamu menjadi sukarelawan di bangsal perawatan kanker untuk anak-anak. Aku akan mengaturnya.”

… Dia duduk sambil terdiam, …. Saya seperti mendengar dia berpikir, “Sial! Kukira kiat penyembuhan stres yang akan diberikan orang ini adalah lebih sering bermain golf!”

–oOo–

“Bagaimana pengalamanmu di bangsal perawatan kanker untuk anak-anak?”

“Ya, Tuhan!” seru Chris, sebagai jawaban.

Matanya tampak lebih lebar, lebih terbuka, seolah dia masih menatap sesuatu yang sulit dipercaya. Dia pun tampak lebih manusiawi. Saat bibirnya tersenyum, matanya ikut berbinar–sebuah indikator akurat, menurut para peneliti kebahagiaan, untuk kegembiraan sejati. Anggota tubuhnya lebih kendur dan ekspresi wajahnya lebih lembut. Sangat menakjubkan, betapa cepatnya orang mulai berubah, begitu mereka bersentuhan dengan seluruh kehidupan dan tidak hanya dengan perasaan-perasaan mereka.

“Dokter tahu,” katanya, “kita bisa saja duduk di sini selama berjam-jam, berbicara soal hidup dan mati, tetapi aku tetap tak akan mengerti. Namun, begitu aku melihat anak-anak di sana dengan selang-selang di sekujur tubuh mereka, dan para dokter membungkuk di depan komputer untuk mengetahui seberapa parah penyakit mereka, serta tangan-tangan para orangtua saling menggenggam untuk saling menguatkan hati, aku langsung mengerti.”

“Bagus! Mengerti apa?”

“Bisnisku bukanlah soal hidup dan mati. Bisnisku sebenarnya cukup menyenangkan jika dibandingkan dengan apa yang dihadapi anak-anak dan para orangtua itu.”

Dia seperti lelaki yang baru saja dibebaskan dari penjara. Tidak ada yang berubah dalam hidupnya, kecuali dirinya. Tapi, itulah yang paling penting.

Iklan

6 thoughts on “Resep Ampuh Penyembuh Stres

    cenya95 said:
    20 April 2009 pukul 08:09

    Datang dengan penuh semangat,
    semangat menjadi yang pertamax.
    salam hangat selalu.

    budi said:
    21 April 2009 pukul 11:12

    Syukur nikmat?????
    Sering orang mengabaikannya..
    Qt bernafas, melihat mendengar..shngga bisa bekerja..
    Itulah salah satu nikmat n harus qt syukuri..
    Bukan untuk senjata kesombombongan…
    Gunakan nikmat syukur untuk kebaikan…untuk keluarga
    N yang terutama untuk ridhoNya…

    JS said:
    26 April 2009 pukul 10:14

    Sebenarnya untuk mengetahui penyembuh stress kita harus tau terlebih dahulu apakah defenisi dari kata Stress dan apakah penyebab stress. Setiap orang yang mengalami stress tidak sama penyebabnya. Tetapi walaupun demikian ada resep yang sangat ampuh yang pernah saya lakukan untuk menghindari ataupun mengobati Strees yaitu DEKAT DENGAN ALLAH, dengan dekatnya kita ada tempat pengaduan yang bisa kita ajak komunikasi sehingga tidak terjadi kebuntuan. Yang jadi problem bagaimana agar bisa dekat dengan Allah……

    […] Artikel Terkait: “Resep Ampuh Penyembuh Stres“ Referensi: Media Wanita Aura, awal Mei […]

    Romiani said:
    25 Mei 2009 pukul 11:11

    Selain resep agar tidak stress yang telah dijelaskan diatas, kita juga harus dekat dengan sang Pencipta dan beribadah kepadaNYa

    wenny said:
    17 Desember 2009 pukul 22:29

    saya sudah terserang steress dari umur 16 tahun sekarang saya umur 31 tahun, selama itu minum obat dari psikiater dan berobat rutin ke psikolog—beberapa kali terserang paranoid—adakah cara yang lain untuk pengobatannya?

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s