Bisakah berjodoh dengan ikhwan yang baik bila telah berzina?

Posted on Updated on

Abi…..boleh kan saya panggil abi….?saya seorang akhwat,22th,bidan.saya merasa sangat menyesal dengan hub cinta saya dengan seorang ikhwan yang saya sangat cintai dan sayangi, saya sudah berusaha setia terhadap dia, hub kami sudah 3 tahun 5bln 5hari, hub jarak jauh krena kita kuliah di tempat yang berjauhan.tetapi sebulan yang lalu si dia memutuskan saya hanya demi wanita lain yang baru dikenalnya, dia ngerasa dia sudah tidak cocok lagi dengan saya setelah dia mengenal wanita itu yang lebih baik dari saya dan bisa membuatnya tenang, dia minta ma’af karena sudah janji macam-macam ke sya dan sudah berzina.saya sangat menyesali perbuatan saya sama dia karena kita sudah berbuat zina tetapi demi Allah saya masih virgin,dia pernah bilang dia akan bertanggung jwab dan menikahi saya karena dia sudah yakin dengan saya, bahkan sya bertanya ke dia, apa kamu yakin??,p kamu sadar pa yang kamu ucapkan??dia mnjawab”sya sadar, saya ngelakuin ini karena sayang bukan karena nafsu”dan bodohnya saya percaya begitu saja dengan janjinya. sampai sekarang saya belum bisa terima perbuatannya yang telah memutuskan saya begitu saja, saya belum bisa ikhlas dengan ini semua, bahkan sya belum bisa memaafkannya. saya merasa menyesali cinta saya. entah pa yang saya rasakan sekarang, sya merasa masih sayang, masih cinta, masih berharap dia kembali. walaupun keluarga saya sudah mentah2 melarang sya mengubungi dia lagi. abi…saya bingung pa yang mesti saya lakukan???apa sya masih bisa mndapat Ikwan yang lebih baik???walaupun saya telah berbuat zina???

Jawaban M Shodiq Mustika:

Ya, kau masih bisa berjodoh dengan ikhwan yang lebih baik, asalkan kau menjadi akhwat yang lebih baik pula. Supaya menjadi lebih baik pula, amal utama yang perlu kau lakukan adalah bertaubat dari zina tersebut.

Kau sudah bertaubat, belum? Mudah-mudahan sudah. Dalam curhatmu itu, aku belum melihat tanda-tanda dirimu bertaubat. Yang sudah terlihat olehku adalah kekecewaanmu lantaran terputusnya hubungan cintamu dengannya. Kau tampak menyesali mengapa kau mencintai dia dan mengapa dia meninggalkan dirimu, tetapi aku belum melihat penyesalanmu terhadap dosa zinamu. Padahal, akhwat yang baik ialah yang menyesali dosa-dosanya, memohon ampun kepada Allah SWT, dan bertekad bulat untuk tidak mengulanginya.

Demikian jawaban singkatku. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pula: “Konsultasi: Takut Dosa Zina

Iklan

32 thoughts on “Bisakah berjodoh dengan ikhwan yang baik bila telah berzina?

    islamarket.net said:
    29 April 2009 pukul 09:46

    astaghfirullah, astaghfirullah, astaghfirullah. kenapa semudah itu orang zina? yang namanya jodoh itu sudah diatur. n bisa jadi juga ikhwan itulah jodohnya mbak, walopun dia pergi ke mana, yang namanya jodoh pasti akan kembali ke mbak lagi. Tapi sayang, kalo memang dia jodoh mbak, kenapa dimulai dengan zina? astaghfirullah.

      donat aja said:
      4 Mei 2009 pukul 00:14

      ga usah di sesali mbak yang sudah pergi dengan wanita lain ……

      cari saja …tunggu saja …suatu saat pasti ada laki-laki lai datang tentunya

      yang lebih baik dari yang telah pergi…..segera mohon ampunan_NYA agr dosa2 mba

      berzina dengan nya dahulu di ampuni Alloh swt….

      laki2 demikian tentu saja bukan tipe calon suami yang baik

      jangan menyesal di tinggal dia…justru merasa bersyukurlah karena ia pergi

      banyak2 istgfar banyak beribadah..semoga kebaikan datang menemani mba

      saya yakin pasti ada laki2 yang mau menerima mba wallo tau kondisi mba

      yang sebenarnya asalkan kedepannya mba bisa sadar dan tidak mudah lagi jadi

      wnita yang gampang menyerah dengan rayuan iblis laki2…..

      semoga hidayah cepat daatang di hati mba….

    teungku agus said:
    29 April 2009 pukul 21:45

    astaghfirullah,….Istigfarlah

    v2love said:
    30 April 2009 pukul 06:27

    Segala puji bagi allah.Aku mohon kpada emba jangan sampai putus asa untuk berbuat baik dan bertaubat,pintu rahmat masih terbuka,menurut penelitian ku kbnya kan cewe seperti emba udah prustasi menganggap tidak ada kbaikan lagi dalam diri padahal salah selama emba punya niat buat bertaubat bertaubat lah,insya allah emba akan dapat suami yg sholeh amen.Salam dr aku anak borneo.

    v2love said:
    30 April 2009 pukul 06:30

    Ya buat cewe cewe yg lain smoga dapat mengambil hikmah dari cerita diatas.Buat emba yg kuliah tadi tinggalkanlah dunia penuh kegelapan dan sambutlah sang mentari pagi.

    De Rossi said:
    30 April 2009 pukul 22:15

    Zina disini maksudnya sudah memasukkan alat kelamin? Lalu kenapa kok dikatakan msh virgin? Kan selaput dara letaknya di depan. Tp yg saya heran cowok anda kok tega ninggalin Anda? Apa dia melakukan hal yg sama pd gadis yg lain. Mudah2an tidak.
    Zina masih bs diampuni Alloh, tp dosanya setara dg membunuh nabi, naudzubillah. Itulah mengapa rasul sangat marah pd orang yg berzina.

    De Rossi said:
    30 April 2009 pukul 22:30

    Maaf saya tidak brmaksud suudzon pd cow Anda. Tp saya hanya ingin Anda tdk mengharapkan dia lg. Karena msh bny cow laen yg lbh baex. Mudah2an Anda bs membuka lembaran baru. Amien

    Dian said:
    2 Mei 2009 pukul 20:18

    Kenapa se…… cewek mudah banget terayu hny krn di ksh kt sayang, cinta, gampang banget ngasihkan kehormatannya??? sy gak menyalahkan Anda, sy sempat menitikkan airmata membaca curhat Anda. sy jg bs merasakan kekecewaan Anda. Tp, semua dah terjadi. Penyesalan sll dtg terlambat.

    nanda said:
    4 Mei 2009 pukul 10:53

    afwan sblmnya klo sy ikut berkomentar,, sy pernah berada dlm lingkaran keadaan spti itu,, bedanya sy berada di posisi yg kata orang adalh ‘org ketiga’,, barangkali sdikit hampir sama ceritanya dg ukhti,, sy pernah dekat dg cowo yg pernah berbuat hal yg sama spti ikhwan yg ukhti ceritakan,, sy berada dlm posisi itu krn sy benar2 tdk tau smua yg sebenarnya,, sy beruntung bisa melepaskan diri dari cowo itu krn dia tdk seharusnya jd milik sy,, sekarang dia kembali pd cwe yg posisinya sm spti ukhti dan alhamdulillah telah menikah. Bila memang jodohnya, pasti Allah persatukan kembali,, insya Allah tiap orang akn memiliki jodohnya masing2.. optimis y ukhti… afwan bila ada slh2 ketik kata..

    isma said:
    5 Mei 2009 pukul 14:21

    Taubatan nasuha jalan terbaik. Untuk mencapainya ada 3 syarat :
    1. Menyesali perbuatan yang telah dilakukan
    2. bejanji tidak akan mengulangi
    3. menjauhkan diri dari segala sesuatu yang mendekatkan diri kepada zina.
    Kalau ini benar-benar dilakukan dengan ikhlas, insya Allah anti akan mendapat yang terbaik.

    848 said:
    5 Mei 2009 pukul 19:01

    Sex before married ? biasa aja kali , setau saia kalo jodoh tuh kudu di cari tapi mesti tetep realistis sesuai dengan pergaulan dan strata sosial – pendidikan dan ekonomi. dijamin langgeng dah!

    tobat said:
    6 Mei 2009 pukul 03:09

    yang paling penting tobat….dek ya. banyak baca buku agama dan jauhi pergaulan bebas…..

    tapi aku heran katanya zina tapi masih perawan!

    v2love said:
    6 Mei 2009 pukul 17:55

    Yg penting sekarang bisa ngerawat diri luar dalam aja oke.

    Ario Tuadijalan said:
    11 Mei 2009 pukul 19:16

    ass wr wb
    mungkin yang dimaksud zina walau masih “perawan” adalah
    seperti ciuman sampai petting/meraba.
    Segitu saja sudah dapat dikatakan zina, apabila dilakukan sebelum nikah, ya kan?
    Hati-hati yang namanya pacaran ya guyz!
    nikmat tidak selalu baik untuk kita, sengsara belum tentu jelek buat kita (sengsara masudnya Susah NGedapatin paSAngan dan pacaRAn hehehe)

    moga-moga taubatnya sudah dilakukan ya..
    Allah selalu memberikan jalan yang terbaik bagi hamba-Nya yang selalu memohon dan berusaha. Amin!

    […] 5. Kau dapat berjodoh dengan pria yang shalih, asalkan kau menjadi wanita yang shalihah. Untuk menjadi wanita shalihah dalam keadaanmu ini, yang terpenting adalah bertaubat dari segala dosa besarmu, termasuk zina tersebut. (Lihat “Bisakah berjodoh dengan ikhwan yang baik bila telah berzina?“) […]

    viersy said:
    19 Mei 2009 pukul 15:11

    masih mungkinkah ini terjadi:
    1. sahabatku A kedatangan tamu di rumahnya,abahnya yg menemui 2 hari kemudian sang tamu telp tentang lamarannya.sahabatku bingung kmd dia nanya ke abahnya,dan benar si tamu ini ingin melamar (kenal jg belum) 2 hari kmd sahabatku memutuskan menerima pinangan itu,2 bulan setelahnya mereka menikah
    2. sahabatku B krn cacat dia merasa tidak seberuntung teman2nya yang sdh menikah duluan,tak sengaja mereka dikenalkan tetangganya. 3 kali ketemu dalam waktu 2 minggu si spria datang ke rumahnya dan mengajukan lamaran. 2 bulan kmd mereka menikah
    3. sahabatku C disuruh pulang ke rumah waktu lebaran haji ternyata di rumah telah disiapkan sebuah pernikahan. akhirnya liburannya jadi diperpanjang deh.
    4. Kakak sepupuku ketemu calon suaminya di tempat kerja, si cowok pingin ikut pulang yang ternyata itu adalah lamarannya.parahnya di jalan kena macet akhirnya tiba di rumah tengah malam.malam itu juga (krn kebiasaan keluarga takit Zina) mereka di nikahkan yah malam malam ketok pintu tetangga buat jadi saksi
    5. kakak sepupuku yang lain di deketi cowok langsung ngajak nikah,karena takut bapaknya ga setuju pas habis jum,atan mereka telp ke bapaknya dan bilang keluarga cowok mau datang. lebaran lamaran 1 bln kmd mereka nikah.alhamdulillah mereka dikaruniai 2 putri yang cantik
    kalau Allah berkenan ternyata semua jadi mudah dan indah

    umbarsolikah said:
    19 Mei 2009 pukul 15:12

    Sabar aja mbak , pasti ada hal yang lebih indah yang akan mbak temui esok dengan cowok yang benar-benar sayang & terima mbak apa adanya tanpa melihat masalalu. Yang penting sekarang yakin aja klo besok akan ada yang lebih baik , sekarang benahi hati dan diri, mungkin klo mbak ga alami hal ini ga kan kenal apa artinya cinta yang sebenarnya…. jadi jangan cuma ngutuk diri & jalan ditermpat ,waktu terus muter…. cay yooooo

    nandri said:
    22 Mei 2009 pukul 12:31

    asslmkm wr.wb….

    sabar mbak,,,ndri jg prnah ngalamin kondisi kayak gitu…..

    tp yakin az jodh g kmana,,,Allah selalu ngasih yang terbaik….

    jangan pernah ngerasa putus asa mbak,,,,
    malahan ndri bersyukur,,,,,meskipun ndri pernah ngelakuin salah tapi ndri lebih bersyukur karna Allah memberikan jalan untuk berpisah dengan co itu mbak….

    mumpung belum terlalu jauh masuk jurang nista mbak!!!!!!

    bareng” az memperbaiki diri….ndri selalu yakin semua yang pernah ndri jalanin d masa lalu adlh ekspresi sayang Allah buat ndri…

    tia said:
    2 Juni 2009 pukul 08:49

    afwan mba

    klu saran saya pa yg dikatakan aby benar.,
    bila qta berusaha tok bwerubah N tdk melakukannya lg pasti allah khan beri jalan bagi mba.

    allah maha penerima taubat hambanya mba.
    tetap optimis N dekatkan diri mba dgn allah
    goOd Luck ya mba
    semOga mendapatkan ikhwan yg soleh

    amien………..

    angga said:
    18 Juni 2009 pukul 12:32

    Tidak ada kesempurnaan di dunia ini selain ALLAH
    Dan tiada sesuatu yang indah bagi Allah selain pertobatan umatnya…

    Jika setiap ihkwan selalu mencari keperawanan, maka hak para akhwat yang ingin menjadi baik menjadi tertutup.

    Insyaalah, jika aku kelak memiliki istri, aku tidak memandang bagai mana masa lalunya, tapi aku ingin menyertai dan meng-Imami pada masa depannya..inysaallah Shiratal Mustaqim..Subhanallah..indahnya Keihlasan…

      yanie said:
      25 Juni 2009 pukul 16:00

      … alhamdulillah dr semua koment yg masuk, semuanya intinya optimis bahwa mbak Insya Allah masih akan daptkan Cowok yg lebih baik dr yang sebelumnya.. Asalkan mbak benar2 menyesali perbuatan yg kemarin, dan berusaha untuk memperbaiki diri.
      Jadikanlah dukungan teman2 ini sebagai modal usaha mbak untuk memperbaiki diri.

      Dan untuk Saudra Angga, … saya salut dengan cara pemikiran anda. Karena tidak semua laki2 bisa menerima ketidakperawanan seorang perempuan.

      Semoga Allah memberikan Anda psanangan yang terbaik.

      evi said:
      28 Februari 2016 pukul 09:57

      subhanallah

    Gerry Reynaldi said:
    22 Juni 2009 pukul 22:17

    Ya Allah Lindungilah Para Wanita Muslimah dari perbuatan Zina..

    Wahai Wanita Muslimah!!!!!!!

    Jadikan Dirimu Wanita Yg ‘Afifah’…!!!! Maka Insya Allah anda Semua akan mendapat Rahmat dari Allah SWT..

    Amien..

    nene said:
    11 Juli 2009 pukul 12:30

    Tetap smangat tetep sabar..Inget QS Al Baqarah : 216…

    feri irawan said:
    3 Agustus 2009 pukul 08:59

    gimana caranya bisa bergabung???

    adin prastyo said:
    20 Agustus 2009 pukul 13:10

    sabar ya mbak!adin cma bsa berdoa mdah2 an pa yg mbak ingin kan bkl da jln kluar na.AMIN YA ROBAL ALAMIN

    resti said:
    3 Oktober 2009 pukul 12:28

    mba allah maha tahu apa yang di rskan oleh hamba2nya…jangan pernah berkecil hati…allah lg naikin derajatmu….justru orang2 yang dpt cobaan beratlah yang biasanya bs menghargai hidup…yakinlah setiap orang di ciptakan untk perpsang2n….allah maha bjksana mbak…mbak bnyk berdoa yah…dan tetap jalani hidup ini degn semangat….perbanyak ibadah,,,,

    yosda Hamid said:
    1 April 2013 pukul 15:15

    astaghfirloh…ya Alloh…:(
    tidak ada yg bisa membebaskanmu dari dosa yang di perbuat selain bertaubat kepada-Nya…
    banyak2 istighfar dan saum,bersyukurlah orng yang pernah membawamu dalam kehancuran telah pergi,Insya’Alloh akan dtng ikhwan sholeh yg kamu dambakan…
    berdoalah…Alloh maha pengampun lagi maha penyayang…

    Syaima'asy SSG said:
    25 Februari 2014 pukul 23:59

    Cara Bertaubatnya bagaimana itu?
    mohon pencerahannya, mungkin maksudnya pernah melakukan namun tidak memasukkan alat klamin artinya masih perawan namun pernah bercumbu.
    apa ini juga dicambuk 100x
    hanya bercumbu dan tdk pernah memasukkan alat klamin?

    sandi said:
    6 Desember 2014 pukul 14:51

    abi saya mau bertanya tentang ini, coba bisa dijelaskan tentang an nur ayat 3.
    abi bilang barusan “Ya, kau masih bisa berjodoh dengan ikhwan yang lebih baik, asalkan kau menjadi akhwat yang lebih baik pula”
    sedangkan di ayat itu dijelaskan seorang pezina harus menikah dengan seorang pezina.
    maksih abi, assalamualaikum

    Miqdad said:
    28 Maret 2016 pukul 14:44

    saya mau tanya, katanya saya pernah denger setelah akad nikah itu boleh blm bersatu, mksdnya setelah akad masih dengan urusannya masing2 dalm beberapa bulan gtu… katanya biar tidak terjadi khalwat dan sejenisnya… apakah itu di perbolehkan ya Abi…?

    Kyandra said:
    19 Januari 2017 pukul 19:05

    Saya ingin bercerita tentang masalah saya Abi ? Bagaimana caranya Abi ?

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s