Kekuatanku dan Kelemahanku

Posted on Updated on

Dalam pengamatan subyektifku, ada empat macam kekuatanku dan empat macam pula kelemahanku. Empat macam karakterku yang paling menguatkan diriku adalah:

1. Gemar Belajar

Aku senang mempelajari hal-hal baru, di mana pun aku berada. Aku suka membaca, terutama bacaan yang inspiratif, sistematis, dan perspektival (memperhatikan berbagai sudut pandang). Bidang kajian yang aku geluti sekarang adalah Cinta Sejati dan Pengembangan Diri Islami.

2. Kritis dan Berpikiran Terbuka

Memikirkan sesuatu secara saksama dan mengamatinya dari segala sisi merupakan aspek penting pada diriku. Aku biasanya tidak tergesa-gesa menarik kesimpulan. Untuk mengambil keputusan, aku suka bersandar pada bukti yang kuat. Kalau menemukan bukti baru yang bertentangan dengan pengetahuan atau keyakinanku terdahulu, aku mempertimbangkannya semasak-masaknya. Hasilnya, bisa saja aku mengubah pikiran dan tindakanku.

Fokus perhatianku bukanlah pada apa pandangan orang-orang, melainkan pada BAGAIMANA mereka memandang. Dalam bidang agama, apa pun hasil ijtihad seseorang, aku lebih menaruh perhatian pada METODE ijtihad yang dia gunakan. Karenanya, aku cenderung sangat toleran dan tidak fanatik pada madzhab atau aliran pemahaman tertentu.

3. Filosofis-Religius
Aku menganut suatu falsafah kehidupan religius (Islami) yang menjelaskan keberadaanku yang kecil di alam semesta yang besar. Aku pun merasa terpanggil untuk mencurahkan hidupku di jalan dakwah. Keyakinanku melandasi tindakanku dan merupakan sumber ketenangan jiwaku.

4. Pencinta (dan Penerima Cinta)
Aku sangat menghargai keakraban dengan orang-orang tertentu. Mereka yang aku cintai itu sangat aku pedulikan. Begitu pula sebaliknya. (Aku pun menyambut hangat mereka yang menaruh kepedulian besar pada diriku.)

Adapun kelemahanku, yang sudah lama aku rasakan dan terkadang membuat diriku merasa sedih, meliputi empat macam berikut ini.

1. Kurang Tanggap
Aku belum mampu menyesuaikan diri dalam berbagai situasi sosial. Aku tidak begitu pandai menangkap perasaan atau suasana hati orang lain, sehingga aku tidak dapat menanggapinya dengan baik.

2. Kurang Gaul
Aku jarang menyediakan waktu bagi orang lain, apalagi bagi orang yang belum kukenal. Aku cenderung kurang menyadari betapa berharganya orang-orang lain bagi diriku. Acapkali, aku baru menyadarinya ketika merasa kehilangan mereka.

3. Kurang Menyenangkan
Sewaktu sendirian atau pun di tengah-tengah orang, aku sering terlalu serius dan kurang santai. Memang, ketika aku tertawa dan tersenyum lepas, aku merasa senang. Namun, aku kurang mampu menciptakan situasi yang menyenangkan ini. Aku jarang melontarkan humor atau pun kata-kata “ringan” lain yang menyegarkan suasana (kecuali dengan orang tertentu yang sudah sangat dekat denganku).

4. Kurang Perencanaan
Aku berharap bahwa masa depan akan baik dan lebih baik. Aku pun merasakan bahwa hal ini akan terwujud apabila aku berupaya sebaik-baiknya. Namun, selama ini aku jarang menetapkan rencana yang matang untuk mencapai sesuatu yang aku inginkan.

Begitu jugakah kekuatanku dan kelemahanku di matamu?
Apa sajakah kekuatanmu dan kelemahanmu yang kau rasakan?

Iklan

9 thoughts on “Kekuatanku dan Kelemahanku

    v2love said:
    8 Mei 2009 pukul 01:48

    Kekurangan dan kelebihan sudah pasti ada dalam diri kita,tergantung kita bisa engga nya aja nerima apa yg telah di anugerahkan tuhan pada kita.

    watie said:
    14 Mei 2009 pukul 12:55

    Kelebihan dan kekurangan itu secara alami di miliki setiap manusia, bagaimana kita bisa menutupi kekurangan kita dan memperbaikinya, tapi kita ga boleh sombong dengan apa yang kita punya / kelebihan yang kita punya

    dani said:
    15 Mei 2009 pukul 21:30

    Janganlah jadikan kelemahan yang kita miliki menjadi suatu halangan untuk tetap bekerja bekerja keras. Kita belum tahu pasti tanpa mencoba lebih dahulu karena kepastian hanyalah milik Allah SWT.

    bundadontworry said:
    28 Mei 2009 pukul 11:31

    Alangkah bijaknya orang yg mau mengakui kekurangannya, walaupun tidak sampai menghambat, tetapi paling tdk kita dapat mengukur kemampuan kita dlm menghadapi berbagai macam masalah, Maha Besar Allah yang telah menciptakan segala sesuatu yg serba kontradiktif didunia ini, baik – buruk, besar – kecil dsbnya, salam.

    roy a.r. said:
    8 Juli 2009 pukul 13:11

    selamat,
    semoga harapan-harapan anda dikabulkan ALLAH dan tertunaikan,
    Apa-apa yang ALLAH ciptakan selalu berpasangan, salah satunya adalah “kekuatan” dan “kelemahan”,
    luar biasa anda telah memberi contoh kepada halayak ramai dalam meng-imani-NYA, dan dengan kekuatan keseimbangan emosional anda telah mengamalkannya.
    semoga ALLAH selalu menambah pengetahuan yang berlimpah kepada anda, sebagaimana mukjizat sumur air zam-zam yang selalu tersedia. Amiin.

    nay said:
    17 Juli 2009 pukul 15:31

    aku akan menjadikan kelemahanku menjadi kekuatan ku untuk bangkit dan maju menjadi yang lebih baik, dan ku jadikan kekuatankku sebagai kelemahanku agar ku slalu tunduk bahwa hanya DIA YANG MAHA KUAT, agar ku slalu ingat bahwa ada langit diatas langit…..

    cahaya said:
    21 Juli 2009 pukul 14:29

    aku gak ngerti knpa harus da lowongan jodoh???
    memang susah jaman sekarang cari jodoh ..cuma satu berdoa..kalau belum dapat berarti takdir ..prinsip hidupku…
    hanya Allah. SWT yg MAHA TAHU DAN ADIL….
    apa yang kita lakukan,.,,,, sekuper-kupernya manusia pasti Allah telah menentukan yang terbaik bagi hambanya.
    dan seperti orang bilang aku super kuper dan wanita yang pendiam tapi menghanyutkan.no prob aku tetep positif well… banyak orang yang membenciku dan ku jarang berkawan dengan lelaki tapi tetap aku yakin Allah sudah bertindak seadil-adilnya tak perlu dicari nanti datang jua,,,,dengan sendirinya,,,,
    kunfayakun

    Euis said:
    24 Oktober 2009 pukul 23:52

    Smua pndpat anda memang bnar..aq ingin skali mndpat psngan yg mampu m’bnahi kelmahanku+brbagi dng kekuatan yg aq punya..

    ajengamelia said:
    15 Juli 2014 pukul 02:03

    saat pertama berkunjung dan berbeda dengan blog yang pernah saya kunjungi blog di sini memberikan banyak info yang terbaru toko jaket kulit jakarta

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s