Flu Babi Ternyata TIDAK Terlalu Berbahaya

Posted on Updated on

(AP Photo / Brennan Linsley)
(AP Photo / Brennan Linsley)
Flu Babi Tak Sebahaya yang Diduga
Sabtu, 2 Mei 2009 | 11:05 WIB
————————–

WASHINGTON, KOMPAS.com — Flu babi yang telah mengundang antisipasi siaga dari seluruh dunia dalam sepekan terakhir semakin tampak surut ancaman bahaya yang ditimbulkannya. Beberapa ilmuwan mengisyaratkan virus ini kurang memiliki kekuatan genetik seperti yang dimiliki virus flu pada masa lalu. [Lihat pula “Virus Flu Babi Menyerang Indonesia Juga! (Begini cara mengatasinya)“.)

Kesimpulan itu diambil setelah virus ini diketahui tidak dapat bertahan lama di beberapa kota yang terkena dampak terparah. Presiden AS Barack Obama bahkan telah menyuarakan harapannya, Jumat (1/5), bahwa virus ini tidak akan lebih berbahaya ketimbang flu musiman.

Di New York City, wilayah dengan kasus tertinggi di AS atau mencapai 49 kasus, flu babi diketahui tidak menyebar secara luas. Di Meksiko, yang menjadi pusat penyebaran wabah tersebut, sangat sedikit keluarga penderita yang terjangkit oleh flu babi.

Seorang pakar menjelaskan tidak melihat potensi virus ini menjadi sangat berbahaya. Seorang ilmuwan federal di AS menerangkan komposisi genetik kuman ini kurang memiliki karakteristik seperti pada pandemi flu 1918 dan tidak lebih berbahaya dari flu burung.

Namun, terlalu dini untuk secara yakin menyimpulkan flu babi tidak akan berdampak negatif. Beberapa pakar berpendapat, satu-satunya langkah bijak adalah dengan mengantisipasi kemungkinan terburuk dari kasus ini.

“Mungkin virus H1N1 tidak beda jauh dibandingkan flu biasa,” kata Obama. Presiden AS ini tetap menekankan bahwa pemerintahnya masih merespons kehadiran virus tersebut dengan penuh keseriusan. Obama menerangkan tetap mengantisipasi potensi bahaya dari flu babi meskipun sengatan bahaya yang ditimbulkannya diketahui belakangan telah menurun.

JIM
Sumber : AP

Iklan

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s