Konsultasi: Sudah Terlanjur Menyerahkan Segalanya

Posted on Updated on

Saya sangat mengharapkan solusi terbaik untuk hidup saya. Saya seorang wanita muslim yang sudah 4 tahun memilih untuk berjilbab, meskipun saya bukan seorang yang sangat mendalami ilmu agama islam karena saya terlahir dari keluarga yang bermacam2 agama. Tapi saya sgt yakin bahwa berjilbab adalah pilihan yang terbaik. Saat ini saya sedang menjalin hubungan dengan sahabat saya, kami bersahabat hampir 5 tahun dan dia sangat baik pada saya selama bersahabat. Sampai akhirnya kami pacaran.

Tapi saat pacaran perilakunya mulai berubah,dia mulai menunjukkan sifat yg keras pd saya. Tapi saya selalu berusaha untuk bersabar sampai pada suatu hari saya diajak kerumahnya untk dikenalkan ortunya, saya diajak ke kamarnya. Kemudian dia memaksa saya untuk melakukan hubungan selayaknya suami istri, saya sudah berusaha untuk menolak tapi dia sangat marah dan dia berjanji akan menikahi saya setelah itu atau dia akan memutuskan saya kalau saya menolaknya. Waktu itu saya sudah benar2 mencintainya dan ingin sekali menikah dengannya. Sehingga saya merelakan kesucian saya diambil olehnya. Tapi setelah itu terjadi keesokan harinya dengan teganya dia meragukan kesucian saya, padahal seluruh tanda kesucian itu sudah dia lihat sendiri. Saya selalu berusaha untuk meyakinkan dia, tapi pada akhirnya saya menyerah dan berpikir semua terserah padanya saya sudah sangat lelah dgn semuanya.

Saya pernah sangat takut kalau saya akan hamil waktu itu pastilah saya akan sangat malu, karena selama ini saya yang selalu berusaha menegakkan Islam dalam lingkungan keluarga sampai akhirnya saya bisa membuat ortu saya luluh dan megerjakan sholat. Alangkah malunya jika mereka samapai tau kalau saya telah berbuat di luar koridor agama Islam. Saat saya mengatakan pada pacar saya kalau saya takut hamil, dia bilang dia akan bertanggung jawab menikahi saya. Tapi ternyata saya tidak hamil waktu itu, dan sampai sekarang dia terus berusaha mengulur waktu untuk menikahiku dengan alasan dia kan melanjutkan kuliah S2 lg dan aku harus mau menunggunya.

Pernah suatu hari dia mengajakku untuk berbuat lagi, tapi saya mengatakan kalau saya takut hamil, dia bilang pakai pengaman. Tapi saya tetap bilang kalau saya takut, apalagi dia punya rencana untuk naik haji di tahun itu. Saya selalau berdo’a sama Allah agar diberikan ketakutan juga dihatinya agar dia tidak lagi ingin berbuat hal itu lagi dan memohon untuk diberikan jalan terbaik bagi saya jika memang dia jodoh saya. Alhamdulillah akhirnya dia juga mengaku kalau dia juga takut melakukan hal itu lagi.

Setelah itu kami tidak pernah bertemu lagi, kami hanya telephone atau smsan saja apalagi ortunya juga sedang sakit jadi dia sibuk mengurus ortunya. Saya pikir ini jalan terbaik bagi kami. Tapi akhir2 ini, dia mulai menunjukkan perilaku yang keras yang kadang tidak bisa mengerti karena terkadang dia manis tapi beberapa jam kemudian bisa sebaliknya. Pernah saya berpikir saya sudah tidak kuat untuk bertahan dan mengerti tentang dia lagi, apalagi jika kami benar2 menikah nanti, tapi saya sudah terlanjur menyerahkan semua padanya. Kadang saya juga berpikir mungkin sebenarnya dia tidak pernah ingin menikahi saya, karena dia juga melarang saya untuk bertemu dengannya dengan alasan dia sibuk.

Saya sangat meminta jawaban atas pertanyaan ini…

1. Apakah dia tidak benar2 mencintai saya ?

2. Apakah dia memang hanya menginginkan kesucian saya saja ?

3. Apakah dia tidak benar2 ingin menikahi saya ?

4. Apakah saya harus bertahan karena saya sudah terlanjur menyerahkan segalanya padanya, tapi hati saya selalu tersiksa ?

5. Apakah saya harus menunggunya sampai dia menikahi saya, bagaimana jika pada akhirnya dia tidak menikahi saya apakah saya masih mungkin mendapatkan jodoh laki2 yg baik untuk saya ?

6. Saya sgt takut dia akan meninggalkan saya dan tidak akan menikahi saya, tapi disisi lain saya terkadang tidak kuasa bertahan dengan sikapnya yang sangat keras dan kadang sangat melukai perasaan saya. Saya harus bagaimana ?

7. Jika dia memang benar2 berniat menikahi saya sejak lama tapi kenapa sampai sekarang dia tidak menunjukkan usaha itu pada keluarga saya ?

8. Saya tidak boleh menjenguk ortunya yang sedang sakit karena alasan terlalu jauh, kadang saya berpikir mungkinkah dia udah ada orang lain di sana yang dia tidak ingin saya tau.

Sya mohon tolong saya, beri saya solusi terbaik…

Sejujurnya lebih dari semua itu saya sudah berserah sepenuhnya sama Allah dengan segala kemungkinan yang paling buruk dalam hidup saya termasuk menerima jika memang di bukan jodoh saya, sekalipun jika nantinya tak akan ada laki2 yang akan mau memperistri saya. Karena lebih dari semua itu, ada perasaan berdosa yang sangat besar sama Allah yang saya takut tidak akan terampuni lagi. Selain itu rasa bersalah pada ortu saya yang sudah sangat percaya pada saya selama ini, karena melihat perjuangan saya untuk diijinkan berjilbab oleh ortu saya sampai alhamdulillah membuka hati ortu saya utk mulai menjalankan perintah agama islam. Lalu apa yang harus saya lakukan ?

Jawaban M Shodiq Mustika:

Kasus semacam ini tak jarang terjadi. Supaya keadaan tidak lebih memburuk, dan supaya orang lain bisa belajar dari kasus ini, aku sampaikanlah jawabanku di sini secara lugas, apa adanya, walau terasa pahit. Kau menghendaki jawabanku yang sejujur-jujurnya, ‘kan?

1. Sikap dan perilakunya kepada dirimu bukan menunjukkan cinta, melainkan nafsu birahi dan nafsu untuk berkuasa. Dia tidak berusaha mengembangkan kalian ke arah yang lebih baik. Padahal, cinta yang sebenarnya itu menghendaki perkembangan diri dan perkembangan orang yang dicintai. (Lihat “Cinta Sejati ala Anis Matta dan Scott Peck“.)

2. Yang dia inginkan darimu adalah bersenang-senang dengan tubuhmu, bahkan walaupun kau sudah tidak perawan.

3. Dia sebenarnya tidak menginginkan dirimu untuk menjadi istrinya. Mungkin saja dia bersedia menjadi suamimu apabila kau bersedia berada dalam posisi “pelacur” atau “budak”nya, yaitu bila kau bersedia dia perlakukan sesuka hatinya, sedangkan dia dengan seenaknya sendiri bersenang-senang dengan wanita-wanita lain juga. (Untuk perbandingan, lihat “Harapan, Jodoh dalam Mimpi, dan Hukum Karma“.)

4. Jika kau bertahan dengan dirinya, maka kau akan tersiksa selama-lamanya. Adapun bila kau putuskan untuk meninggalkan dia, maka hatimu akan merasa sakit untuk sementara, tetapi kemudian kamu dapat membangun kebahagiaan.

5. Kau dapat berjodoh dengan pria yang shalih, asalkan kau menjadi wanita yang shalihah. Untuk menjadi wanita shalihah dalam keadaanmu ini, yang terpenting adalah bertaubat dari segala dosa besarmu, termasuk zina tersebut. (Lihat “Bisakah berjodoh dengan ikhwan yang baik bila telah berzina?“)

6. Kalau aku menjadi dirimu, maka sikapku adalah meninggalkan dia. (Lihat “Kekerasan dalam pacaran, jangan biarkan!“) Untuk mengatasi rasa takut akan kehilangan dia, silakan perhatikan saran-saran yang kusampaikan di postingan “Takut Kehilangan Si Dia? Begini Solusinya!

7. Pertanyaanmu yang nomor 7 sudah terjawab di jawaban nomor 3.

8. Dia kurang jujur terhadap dirimu. Sebelum melihat bukti yang meyakinkan, kamu tidak usah mempercayai kata-katanya.

Demikian jawaban dan saran-saranku, wallaahu a’lam. Semoga Allah Sang Maha Penyayang membantumu mengatasi permasalahan ini. Aamiin.

88 thoughts on “Konsultasi: Sudah Terlanjur Menyerahkan Segalanya

    Yani said:
    26 Desember 2015 pukul 12:38

    Mba sama persis yg saya alami. Keprawanan sudah hilang, krn terlalu cinta dan percaya. 5tahun pacaran menjelang 3bulan menikah ada perbedaan pendapat antara keluarga yg akhirnya berselisih. Saya ajak perbaiki smuanya lakilaki tsb tidak mau Dg alasan ingin memperbaiki diri .tapi kenyataanya lain dia Sudah punya perempuan lain . namun ttp dia msh ingin menghubungi sy🍾idak ada sedikitpun rasa bersalah padanya, hidup sy hancur.. Sy hanya bisa taubatt… Smoga Allah berikan yg terbaik .. Kalau menurut Allah yg terbaik dia dberikan hidayah semoga secepatnya kalau yg terbaik diberikan teguran maka scepatnya pula ia dberikan teguran. Masa depan sy pasrahkan pd Allah entah sperti apa nanti lakilaki yg kelak menjadi suami sy , kalau gagal menjadi bidadari dunia semoga tidak gagal untuk menjadi bidadari surga …

    Kartika said:
    31 Januari 2016 pukul 15:41

    Mbak apa yg mba rasakan sama seperti saya, tapi bedanya lelaki itu lebih jahat lebih keras. Ketika saya ingin memintanya pergi lantaran saya tidak kuat lagi dengan hubungan ini lelaki itu malah ingin menjelek2kan saya membuka aib saya, padahal dia juga tau jika dia melakukan itu dia juga yang akan terlihat jelek. Tapi dia tidak memikirkan hal itu dia terlalu percaya diri untuk menjelek2kan saya. Saya tau dia melakuka itu karna tidak mau saya jauh dengannya, tapi saya tidak kuat dengan sifatnya. Gimana ya mbak solusinya? Apa yg harus saya lakukan??? Terimakasih

    Nur kholifah said:
    3 Maret 2016 pukul 11:20

    Mba,sya sudah menyerah kn kesucian sy pda laki-laki yg sudah memiliki istri,awal ny kami sling menyayangi dn sya tau klau dia sudah beristri stelah kesucian sya hilang.setelah sya tau hal itu,sya berusaha mnjauh krna terfikir kn dosa besar dn msa dpan sya,sya juga sudah berusaha meyakin kn dia klau yg kita lakukan ini sudah amat salah,tetapi dia tetap bilang kalau dia menyayangi sya melebihi istri ny dn terus ingin bersama saya,3bln setelah itu kami terpisah jarak karna pkerja’n saya,tidak lma kemudian stelah jarak memisah kn kita,dia menelvon sya bhwa dia berada di pnjara,setelah itu kami hilang contack.dn 4thn stelah kisah itu sya kira sudah berakhir,krna slama dia di pnjara dia tdk memberi kbr lg,tpi ternyata stelah dia plng dri pnjara dia menghubungi sya lg dn meminta sya melakukan hubungn bdan lg, sdang kn sya sudah memiliki pacar yg baik yg akan menikahi sya,dn merima sya, dn sya menolak ajakn dia,tp dia mengancam akan memeber kn apa yg sudah kami lakukn pada keluarga dn calon suami sya,
    di situ sya slalu berdo’a sm allah agar dia di beri kesadaran bahwa yg sudah kita lakukn itu merupakn dosa, dn sy mhon ampun sm allah.atas segala msa lalu sya,sya sngat takut kehilangan calon suami sya dn takut kluarga sya tau tentang ini,
    dn di sisi lain sya tidak mau melkukan hubungan bdan lg dnagn dy..krna tkut akan dosa,tp dia terus memaksa sya,,apa yg harus sya lakukn…

    Mhon jwaban ny y mba..
    Yg ingin sya tanya kn..

    1.apa yg harus saya lakukan pakah sya hrus menuruti ajakan dia agar tunangan sya dn kluarga sya tidak mengetahui hal ini?sedang kn hati sya sngat menolak dn takut dosa.
    Terimakasih….

      Nur Amanah said:
      11 Mei 2016 pukul 11:11

      Mbak menurut saya mbak harus jujur memang dengan calon suami mbak.. Kalo dia tahu kelak, dia akan sakit hati dengan mbak… Jangan sampe ada yang ditutupi dari suatu hubungan baik mbak… Karena saya sudah mengalami yang mbak alami mbak…

    Nur Amanah said:
    11 Mei 2016 pukul 11:09

    Saya juga mengalami yang sama dengan mbak.. Malah saya dituduh selingkuh karena suatu percakapan saya dengan teman saya. Saya dituduh habis habisan dan disuruh mengakui tuduhannya yaitu perbuatan yang tidak pernah saya lakukan. Saya bertahan mbak, karena saya cinta sayang dan merasa sudah memberikan segalanya sama dia… Dy kekeuh ingin meninggalkan saya. Saya tidak mau diputus mbak, saya mau bertahan di hubungan ini… Terkadang saat dy sedang bagus moodnya dia sangat baik, tapi fikiran jelek tentang saya itu akan dibahasnya lagi saat saya mengira semuanya baik saja. Gimana cara saya untuk jadi lebih baik n bisa melepaskan dia… Saya tidak yakin ada yg menerima saya dan saya tidak mau merahasiakan ketidak perawanan saya pada jodoh saya yang mungkin datang kelak….

    anikdwi said:
    29 Mei 2016 pukul 07:26

    Saya juga seperti itu mbak, sya pcaran sudah 2th dlu saya pcar saya setia sekali sma sya, dya slalu mengalah . tpi kenapa akhir2 ini dya bener2 berubah dya deket sama wantia yg dibilang temennya smp . dan setiap saya tnya tentang wanita itu dya slalu marah dan keras kepada saya bhkan saya sering dibentak sama dia . Disaat minta kejelasan hubungan dengan dia tanggapannya dia milih saya tpi saya harus berubah . tapi sampai sekarang saya sudh mulai brubah tpi dya blm sama skali brubah dan ninggalin wanita yg dket sma di a bahkan yang parahnya lagi dya sring tidak pulang rumah karena wanita itu . itu yang membuat hati saya merasa sakit dan sedihh . karena keluarga sya dan kelurganya dia sudah terlalu dekat . kadang sya berpikiran dya tidak serius sama saya, tapi kenapa saya harus diberi harapan harapan saja . lalu apa yang haru saya lakukan ? Solusinya dong

    koko putra said:
    15 Juli 2016 pukul 19:44

    Assalamualaikum Wr Wb.. saya seorang pria. Saya pernah mengambil kehormatan seorang wanita. Saya akui apa yang saya buat adalah salah. Namun saya tidak pernah berniat untuk meninggalkan sang wanita tersebut.. sampai pada suatu waktu dimana kala itu sebulan sebelum wanita tersebut ulang tahun dan pada saat itu juga bulan suci ramadhan saya berniat memberikan kejutan aun ternyata apa yang saya buat ternyata salah dimatanya. Pada saat itu saya sengaja tidak mw komunikasi dengannya dengan alasan agar dia khawatir, juga untuk memberikan surprise yang lebih menurut saya. Namun kejadian itu berbanding terbalik dengan apa yang saya rencanakan. Dia tidak respect lagi dengan saya karena kejadian itu. Setelah kejadian itu hubungan kami renggang dan kamipun berpisah. Kini dia telah menjalani dengan laki” lain. Sementara saya masih memikirkan kesalahan saya. Saya takut dia mendapati suami yang menuntut akan kehormatannya. Sampai sekarang setahun berlalu saya kembali lagi menegaskan pada wanita tersebut bahwa saya ingin menikahinya. Namun dia sekarang sudah memiliki pacar. Dan dia baru saja daftar untuk kuliah. Mohon saran dan masukan dari semua agar saya tidak salah langkah dan terutama tidak merugikan dan menyakiti atas tindakan saya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

      Lusi Yulianty said:
      15 Agustus 2016 pukul 13:56

      Waalaikum salam wr.wb
      seandainya semua lelaki di dunia ini sama seperti anda mungkin gak ada wanita yang menangis karna di tinggalkan, saya suka sama cara kamu mengakui kesalahan, kamu punya jiwa tanggung jawab.

      Saya tidak tahu penyebab wanita itu tidak mau kembali lagi dengan anda,mungkin slama ini dia sudah terlanjur sakit hati dengan anda, atau ada sesuatu yang buat dia gak mau lagi kembali pada anda, rasanya kalau hanya dengan alasan anda melakukan sesuatu untuk memberikan dia surprice tiba” dia tidak respect lagi agak kurang masuk akal ya, soalny yang nama nya ultah dikasih kejutan itu malah akan membuat wanita tersebut bahagia meskipun sblm nya dia telah di kerjai dan salah faham.
      menurut pendapat saya coba cari tahu dulu kesalahan apa yang pernah anda perbuat sama dia atau mkgn kamu pernah menyakiti dia.
      bisa jadi juga dia punya pacar itu cuma untuk alasan agar kamu menjauh dari nya mgkn pura” aja bair kamu mundur, tapi kalo menurut saran saya lbh baik kamu temui dia skali lagi karena kehormatan wanita itu adalah hal yang tidakn bisa ditebus dengan apapun ya, kalo seorang wanita sudah berani memberikan hal yg paling berharga buat pasangan nya berarti dia memang sangat mencintai anda.
      cb untuk saling menurun kan ego masing” ya.

    Arin said:
    22 Juli 2016 pukul 20:09

    Mau nanya. Saya perempuan berusia hampir 21 tahun. Saya sudah mendaftar kuliah dan akan masuk pada bln september besok. Tapi blm sampe waktunya saya masuk kuliah, saya kenal dg lelaki berusia 26 tahun. Saya sangat suka pada lelaki itu. Rajin ibadah, bertanggung jawab, sabar, dewasa, pokoknya ga neko2. Tetapi lelaki itu meminta untuk segera menikah karna alasan umur dia sudah 26 tahun dan dia sudah didahului oleh adik laki2nya. sedangkan saya bingung akan memilih antara kuliah atau nikah. Saya sempat bilang kalo saya pengen kuliah dan nikah. Tapi dia menentang karna saya akan kuliah di smg dan dia kerja di jogja. Nanti kalo nikah kan harus jadi satu tempat. Apalagi nanti kalo punya anak dia takutnya kalo anaknya kurang kasih sayang dr seorang ibu. Mohon dijawab baiknya gimana?

    Tesya Calista said:
    26 Juli 2016 pukul 06:38

    Saya ingin bertahan . dan mohon solusinya , saya memiliki seorng kekasih dan hubungan kami menjalani 4 thun . akhir2 ini dia sering berubah . tidak seperti yang biasanya, dia seperti tidak nyaman lagi denganku , sering tdak ada kabar sama sekali, sering nuduh yg engga2 , pernah sekali dia bilang udh ada perempuan yg bikin dia nyaman , jujur saat aku denger itu . aku gk kuat , dia sempet mutusin aku cuma gara2 hal itu. tapi aku menolak karna aku masih sayang . pertanyaan nya mengapa dia semudah itu merasa nyaman dengan wanita lain ? apakah hubungan yang terjalin lama membuatnya merasa bosan ?

    shafina said:
    12 Agustus 2016 pukul 21:16

    Apa yang dialami mbak diatas sama seperti saya, saya sudah pacaran 5thn lebih dengan pacar saya dan sampai saat ini kami masih pacaran.
    Tetapi saya lebih parah lagi,saya sudah berkali2 melakukan hbungan berdosa itu dengan pacar saya, krna saya sangat cinta dan sayang dengannya diapun juga akan bilang kalau nnti dia pasti akan menikahi saya, saya sudah dekat dengan keluarganya, tetapi sifat2nya dia kepada saya yg membuat saya tdk bisa bertahan, dia sgt keras kpda saya,dia gak pernah menghargai saya sbagai wanita, dia slalu ingin menang sendiri, dia gak pernah melihat kebaikan saya,dia slalu saja melihat keburukan saya, dia jlan sm sahabatnya cewe dan saya melarang itu dia gapernah mau dengar,dia slalu mengutamakan temannya,dia sering jalan2 sm teman wanitanya, saya selama ini mencoba bertahan dan selalu sabar, tpi sampai skg saya sdh tidak tahan lgi, tapi saya bingung harus berbuat apa. Saya takut kehilangan dia,saya juga takut nntinya saya tdk bisa bertemu org sperti dia krna dialah cinta pertama saya dan tidak ada laki2 yg mau dngan saya krna saya sdh tidak perawan.
    Yg ingin saya tanyakan :
    1. Apakah saya harus bertahan dalam keadaan ini, menunggunya smpai menikahi saya, sdangkan umur kami baru 20thn? Dan apakah saya harus lebih bersabar lagi jika semua kelakuannya tidak berubah smpai kami menikah nanti ?
    2. Apakah saya harus meninggalkan dia?
    3. Sebenarnya dia juga baik, tetapi saya tdk tau apakah dia benar2 mencintai saya sedangkan semua sifatnya seperti itu ke saya ?
    Tolong bantuannya, untuk jawaban yg harus saya lakukan bagaimana,

      Fai said:
      16 Agustus 2016 pukul 14:10

      mbak shafina angap aja sekarang anda sudah berumah tangga ama dia…
      trus rasakan apa rasanya…?
      dan sekarang anda belum terjadi ikatan…
      ingat hidup pilihan, jangan kecewa setelah terjadi…
      coba renungkan…

    Ferlando Pratama said:
    14 September 2016 pukul 23:07

    saya seorang laki laki 27 tahun yang sudah sangat ingin menikah dan memperbaiki semua perilaku saya ke jalan yang benar benar di ridhai oleh Allah, saya sudah pacaran LDR selama 10 tahun dengan pacar saya sekarang, sebenarnya pacar saya sekarang ini bukan kriteria saya, namun karena saya dulu waktu ditahun awal pacaran sudah melakukan hubungan badan dengan pacar saya dan saya merasa terikat dengan dia, sebenarnya banyak sekali wanita yang sesuai dengan kriteria saya mulai dari wajah,keluarga dan agamanya yang baik, tetapi saya selalu terpikir dan tidak ingin menghancurkan masa depan pacar saya, wlwpun hati saya sebenarnya menolak dengan dia, yang saya takutkan klu saya paksakan saya akan merasa tidak tenang dan saya sangat ingin mempunyai istri yang shaleha, baik serta paras yang cantik, saya bisa mendekati wanita dgn kriteria saya, tapi itu tadi saya takut klu sampai mengecewakan orang lain, apa yang harus saya lakukan? terima kasih.

    mahkluk allah said:
    19 September 2016 pukul 10:55

    Ass.. saya ingin bertanya
    saya adalahn seorang perempuan yang berusia 22 tahun menuju 23 tahun.
    saya menjalani hubungan dengan lelaki yang sudah cukup lama selama 4 tahun lebih. nah saat ini pacar saya itu ngajakin saya untuk menikah di 2017 akhir. tadi nya saya mau nya 2018 tpi pacar saya engga mau karena terlalu lama. akhir saya ia kan dengan ajakan nya menikah di 2017 akhir…
    tapi entah mengapa hati saya ragu dengan pacar saya, dulu saya sangat yakin dengan dia kami sudah menabung bareng2 untuk menikah. tapi saat ini hati saya sangat ragu dan rasa sayang saya rasa ingin menikah dengan dia sudah tidak ada kepengen lagi tidak ada sebabnya. saya sudah melakukan shalat istiharah dan tahajud untuk meminta petunjuk hati saya kenapa ragu karena menikah itu baik dan hampir seluruh wanita menginginkan pernikahan. di satu sisi saya sedang dekat dengan laki-laki lain selama 5 bulan smpai sekarang. lelaki yang dekat dengan saya sekrng dia bekerja di jakarta sama dengan saya yang juga bekerja di jakarta. lelaki yang dekat dengan saya juga mencari istri tapi blm ada kejelasan laki-laki yang dekat dengan saya sekarang cuma bilang kalo kita jodoh insya allah akan di mudahkan oleh allah. tapi kami sering pergi bareng komunikasi hampir setiap hari tapi tidak akan pembicaraan khusus tentang kapan akan menikah,cuma hanya bilang kalo jodoh dimudahkan.
    pertanyaan saya.

    1. mengapa saya tidak yakin dengan pacar saya yang sudah 4 tahun sama-sama dan saya selalu mengingat kesalahan pacar saya kira-kira 2 tahun yang lalu pernah selingkuh?
    2.mengapa saya yakin dengan laki-laki yang baru saya kenal selama 5 bulan dan laki-laki yang saya yakinin tidak ada pembicaraan yang khusus?
    3.kenapa saya takut jika saya menikah saya akan hidup susah karena saya harus berhenti kerja untuk pindah ke kota palembang karena pacar saya kerja di palembang?
    4.apa yang harus saya lakukan untuk masa depan sama apalagi ini urusan menikah sekali seumur hidup, saya benar2 ragu dengan pacar saya, syaa takut pacar saya tidak baik dengan keluarga saya,tidak bertanggung jawab kepada saya,saya takut dia selingkuh jika sudah menikah nanti.?
    5.kenapa saya tidak berani untuk mengambil keputusan apakah saya menikah dengan pacar saya atau mengakhiri hubungan karena hati saya tidak yakin dengan kekasih saya?

    mohon bantu untuk penjelasannya karena saya sudah shalat istiharah dan tahajud tapi blm ada keyakina apapun dari hati. blm ada petunjuk apapun itu. apa yang harus saya lakukan.
    wassalam

    Obit said:
    27 September 2016 pukul 14:03

    Ass mba.. sy bth nsht ataupn pndpt
    Sy sngle parent 34 th.. sdg study s2 dan sdh smstr 3.. dsnilh ptma x sy mngnalnya..awalnya kmi hnya bshbt slma 1 th.. akhrnya mlai mrsa slg suka sjk 4 bln ini.. sy tlnjur mncntainya dg sgla hal yg ada pdnya.. sygnya dia sdh mnikh dn mmlki 2 org ank.. awalnya sy hny bfkir utk mjdi pmicu smngat kul.. tp klmaan ingn memilikinya. Dan 2 bln jadian kmi komitmn hub kmi akn dbwa k pnikhan tp stlh lulus s2.. namun bbrp mnngu blkngan sy btl2 sgt inginmnikh krn sgt takut bdosa trs.. tp dia sllu mnta wkt sampai slsai kul.. akhrnya sy ktkn sgla unek2 k dia dan memutusknnya.. pdhl dia adlh sosok lk2 impian sy.. smua yg sy cari ada dlm dirinya… sy sgt trsiksa dan pedih dg kptusan sy sdri… tlg sy mbak.. agar tau apkh ini trbaik??

    Reth (@Mbak_Reth) said:
    13 Oktober 2016 pukul 20:49

    Assalamu’alainum wr.wb
    Saya remaja wanita yg baru berusia 18thn. saya pacaran sudah hampir 4thn. saya menjalin hubungan dengan dia dari SMP. dia adalah laki2 seumuran dgn saya dan dia rajin ibadah. dulu kami pacaran selayaknya anak sekolah. tapi setelah menginjak masa SMK semua berubah. kami bersokolah di tempat yg beda. dia jadi anak yang brutal bahkan selalu minta hal yg aneh2. tp saya berusaha menolak, sampai akhirnya 3 tahun hubungan kami tetap bertahan.
    waktu itu setelah ujian nasional saya pergi berlibur dengan teman2 yg memang berpasang2an. dan saya mengajak sang pacar biar ada yg jagain. kami menyewa sebuah vila untuk tempat menginap rame2. tapi setelah di sana ternyata teman2 masuk kamar masing2 dgn pcarnya juga. wktu itu tersisa 1 kamar dan kita (saya&pacar) bingung harus ngapain. tidak ada tempat tidur lg untuk beristirahat. dia berusaha meyakinkan saya untuk segera tidur karna waktu itu memang sudah larut malam dgn cuaca yg sangat dingin. di kamar itu. saya takut, saya gelisah , saya meminta untuk di antar pulang. sampai akhirnya saya benar2 mengantuk dan tidur dgn dia di satu ranjang. entah ada syetan apa sehingga hal buruk itu terjadi. di tengah malam kita(saya&dia) melakukannya. sampai keesokan harinya saya merasa sangat letih, sakit dan rasanya tidak kuat untuk melanjutkan perjalanan ke puncak, dan akhirnya saya memaksa pacar saya untuk mengantarkan saya pulang. dia sempat meminta maaf berulang kali atas kejadian semalam. rasa takut di hati semakin besar. setelah itu kami(saya&pcr) menjalani hari2 sperti biasa. dan akhirnya setelah lulus sekolah dia bekerja di luar kota yg kebetulan jauh yg membuat kami tidak pernah bertemu . smpai akhirnya hubungan kami semakin di tentang oleh pihak keluarganya tnpa alasan yg jelas. kami tetap melanjutkan hbungan scra diam2 yg dari awal memang didasari dgn hati yg tulus. kami LDR.an . tiap haru cuma bisa telfonan. 2 bulan LDR.an baik2 saja. tapi stlah 2 bulan berikutnya dia mengindar perlahan. tiap di telfon alasannya sbuk, dr pagi sampai malam nggak ada kabar bilangnya kerja. saya takut kalau dia berniat meninggalkan saya. saya benar2 mencintai dia. di sisi lain kehormatan saya juga sudah hilang karna dia. saya harus bagaimana??

    nur said:
    30 Oktober 2016 pukul 14:34

    Asallam mualaikum saya wanita berumur 21 tahun
    Saya pun pernah mengalami kebodohan .
    Saya dijodohkan oleh orang tua saya dgn laki laki yg keluarganya pun sudah diketahui oleh keluarga besar saya.
    Dan saya menjalani hub jarak jauh dengan nya . dam pada waktu itu saya pulang ke jakarta untuk bertemu dgn keluarga saya dan dgn laki lali yg dijodohkam sebelum saya pulang memang dia sudah bilang bahwa dia ingin melakukan hub badan untuk mengikat saya .. Belum satu hari dia bertemu dgn saya dia mengajak saya kesebuah tempat seperti hotel dia ingin melalukan seprti itu saya sudah menollak dan dia pun marah saya takut dan pada akhirnya saya menyerahkan kesucian saya

    Setellah itu dia billang jgn sampe keluarga tau dan dia pun akan bertanggung jwb.setellah melakukan semua itu dia berubah sifatnya kesaya .. Dan pada akhirnya saya menceritakan ya kepada kelluarga saya .. Dan menuntut tanggung jwb .. Tapi dari kelluaga dia karna takut atas gunjingan orang meminta agar tahun depan dikarenakan saya tidak hamil

    Tapi saya sudah tidak kuat dgn sifat dia ke saya
    Terkadang saya ingin bunuh diri karna tertekan batin dgn omongan orang tua saya dan dia

    Saya bingung saya harua berbuat apa llagi dgn ini semua .. Apakah masih ada yg mau dgn perempuan kotor seperti saya
    Tollonh beri saya saran dan solusi
    Dgn membalas atau hub saya
    081364491529

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s