Capres-Cawapres Pilihan Muhammadiyah

Posted on Updated on

Alhamdulillah, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah mengeluarkan pedoman bagi para warganya untuk pemilihan presiden (pilpres) pada 2009 ini. Memang, pedomannya tidak menunjuk ke pasangan tertentu. Namun pedoman ini lebih memudahkan diriku selaku warga Muhammadiyah dalam menentukan pilihan. Terus-terang, selama ini aku masih bingung mau pilih yang mana. Namun dengan pedoman ini, aku tidak lagi terlalu bingung. Berikut ini berita yang memuat pedoman yang kumaksud:

Sembilan Syarat Capres Muhammadiyah
By Republika Newsroom
Rabu, 27 Mei 2009 pukul 15:55:00

YOGYAKARTA — Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengeluarkan sembilan syarat bagi calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres) yang akan dipilih kader Muhammadiyah dalam Pilpres 2009 mendatang. Kesembilan syarat itu merupakan hasil musyawarah PP Muhammadiyah selama dua hari hari di kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta.

”Kita mengajak warga MUhammadiyah dan warga bangsa pada umumnya untuk menggunakan hak politik secara cerdas dalam memilih pimpinan nasional yang memiliki sifat dan kualitas dalam sembilan syarat ini,” kata Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin kepada wartawan di kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Rabu.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Malik Fadjar, dan Sekretaris PP Muhammadiyah Rosyad Saleh.

Sembilan syarat itu antara lain, berjiwa negarawan dengan mengutamakan kepentingan negara dan bangsa diatas kepentingan lainnya; berkarakter kuat yang ditunjukkan dengan keteguhan memegang prinsip serta kesesuaian antara kata dan tindakan; memiliki visi kebangsaan yang jelas khususnya dalam melakukan penyelamatan atas sumberdaya alam dan kekayaan negara; mampu bekerja keras dan bekerja nyata untuk kemajuan bangsa dan mengedepankan kemandirian ekonomi nasional dan mewujudkan kebijakan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Syarat keenam yaitu menjaga martabat bangsa dan kedaulatan negara dari berbagai intervensi dan kepentingan asing; mengagendakan perubahan yang konkret untuk keluar dari transisi dan membawa kemajuan sejalan dengan cita-cita nasional; melakukan revitalisasi reformasi dan demokrasi yang bersifat mendasar disertai kebijakan-kebijakan nasional yang mengutamakan hajat hidup rakyat serta syarat terakhir adalah secara proporsional akomodatif terhadap aspirasi umat Islam dengan tetap menunjukan komitmen kuat dalam membangun bangsa secara keseluruhan.

”Maklumat ini kita sepakati secara jernih dalam arti tidak dalam maksud mengarahkan pada seorang atau sepasang calon. Tapi kalau masyarakat manafsirkan itu sebagai isyarat ya terserah karena masyarakat sudah cukup cerdas,” kata Din menjawab pertanyaan wartawan tentang pengarahan para salah satu pasangan capres.

Diakuinya, untuk memenuhi secara substansial sembilan syarat tersebut memang sulit. Bahkan mungkin dari tiga pasangan capres yang ada tidak bisa secara 100 persen memenuhi syarat tersebut. ”Tetapi yang mendekati ke arah itu pasti ada dari ketiga pasangan tersebut,” tandasnya.

Dikatakan Din, maklumat PP Muhammadiyah tersebut merupakan hal yang rutin dilakukan organisasi tersebut menghadapi pemilihan umum baik pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden. Sebagai organisasi masyarakat, Muhammadiyah memandang ajang pemilihan umum bukan hanya penting dari sisi demokrasi saja tetapi juga penting bagi masyarakat dan agama. Karenanya Muhammadiyah berkewajiban memberikan arahan atau bimbingan para masyarakat khususnya warga Muhammadiyah menyikapi pemilihan umum tersebut. (yli/ism)

Iklan

10 thoughts on “Capres-Cawapres Pilihan Muhammadiyah

    sendit said:
    28 Mei 2009 pukul 12:41

    lha yang mendekati itu terus siapa om????

    http://sendit.wordpress.com

    Berjilbab = shalihah? « M Shodiq Mustika said:
    29 Mei 2009 pukul 11:34

    […] Aku sendiri akan memilih pasangan capres-cawapres berdasarkan kriteri yang ditentukan oleh Muhammadiyah. (Lihat “Capres-Cawapres Pilihan Muhammadiyah“) […]

    starlight21 said:
    29 Mei 2009 pukul 11:51

    Saya sudah mantap sih dengan salah satu pasangan, tapi apa mendekati 9 syarat yang dimaksud, saya kok nggak tahu ya.

    kai said:
    29 Mei 2009 pukul 14:10

    hm..kalo tiga2 nya dijadikan presiden pasti lebih baik karena masing2 dari mereka ada kelebihan nya he he he….

    di istikharah saja ato seperti kata Ustad Yusuf Mansyur,, kalo ga sreg dengan mereka semua tetap memilih dan terus mendoakan yang dipilih agar bekerja sebaik mungkin dan membawa kebaikan untuk bangsa dan negara terutama untuk rakyat nya yang tidak mampu..

    kopral cepot said:
    30 Mei 2009 pukul 20:19

    .. mengagendakan perubahan yang konkret untuk keluar dari transisi dan membawa kemajuan sejalan dengan cita-cita nasional….

    Salam Perubahan

    mdin said:
    31 Mei 2009 pukul 16:17

    Saya ingat pas rame-rame PEMILU kemarin, pak DIN, mau dicapreskan. Saya sedih waktu itu, kenapa tokoh yang saya hormati harus rame-rame masuk jalur politik…?
    Sebaiknya Muhammadiyah mengukuhkan diri sebagai ormas Islam yang mengawal negara RI dari luar ring Politik praktis.

    Jika dari 9 syarat tidak ada yang cocok, artinya tidak ada pilihan alias Golput…:)

    trie said:
    1 Juni 2009 pukul 05:36

    Kepada Bapak/Ibu/Sdr.i. pendukung Megawati-Prabowo,
    Jangan terjerumus dalam konflik/menjelekkan A atau B. silahkan bapak dan ibu datang/menghubungi Pusat informasi GEBRAKAN (Gerakan Bangkit Rakyat Nusantara)di Ruko Salemba Mas Jalan Salemba Raya No. 34-36. Jakarta Pusat. Di Sekretariat GEBRAKAN Bapak/Ibu/Sdr.i bisa mendapatkan informasi yang bapak/ibu/sdr.i inginkan. atau bisa menghubungi humas Gebrakan telp. 021 3212 9226. Gebrakan adalah pusat informasi dan dukungan relawan yang pro pada Mega-Prabowo. Mari bersama kita berjuang bersama untuk menghantarkan beliau menuju kursi RI satu dan RI dua. demi terwujudnya program ekonomi pro rakyat yang kita dambakan . Amin. Humas

    neilhoja said:
    3 Juni 2009 pukul 13:14

    sejauh ini belum ada yang memenuhi sembilan syarat itu pak din…

    hasilnya.. golput ajah… 😀 biar gak dianggap bertanggungjawab sama pilihan kita kan?

    selanjutnya, kita doain supaya bisa ngjelanin amanah berat ini dengan sebaik2nya.

    […] mengeluarkan petunjuk bagi para warganya untuk pemilihan presiden (Pilpres 2009) ini. (Lihat “Capres-Cawapres Pilihan Muhammadiyah“) Namun ternyata, tiga tokoh terpenting Muhammadiyah saat ini mendukung tiga capres yang […]

    KETIKA JILBAB BERPOLITIK « Muslim12's Blog said:
    11 Juni 2009 pukul 16:18

    […] Capres-Cawapres Pilihan Muhammadiyah“) […]

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s