Sumatera terancam LETUSAN GUNUNG API RAKSASA bawah laut!

Posted on Updated on

Masyaa’allaah… Ternyata terdapat sebuah GUNUNG API RAKSASA di perairan barat Sumatera. Diameternya 50 km, tingginya 4.600 meter. “Bagaimanapun gunung api bawah laut sangat berbahaya jika meletus,” kata Direktur Pusat Teknologi Inventarisasi Sumber Daya Alam, BPPT, Yusuf Surachman kepada wartawan di Jakarta, Kamis (28/5). Ini dia berita selengkapnya:

Ditemukan Gunung Api Raksasa Bawah Laut Sumatera
Kamis, 28 Mei 2009 | 18:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Tim yang terdiri dari gabungan para pakar geologi Indonesia, AS, dan Prancis berhasil menemukan gunung api raksasa di bawah perairan barat Sumatera. Gunung api tersebut berdiameter 50 km dan tinggi 4.600 meter dan berada 330 km arah barat Kota Bengkulu.

Para ahli geologi ini berasal dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI), Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, CGGVeritas dan IPG (Institut de Physique du Globe) Paris.

“Gunung api ini sangat besar dan tinggi. Di daratan Indonesia tak ada gunung setinggi ini kecuali Gunung Jayawijaya di Papua,” kata Direktur Pusat Teknologi Inventarisasi Sumber Daya Alam, BPPT, Yusuf Surachman kepada wartawan di Jakarta, Kamis (28/5).

Gunung api bawah laut berada di Palung Sunda di barat daya Sumatera, 330km dari Bengkulu, di kedalaman 5,9 km dengan puncak berada di kedalaman 1.280 meter dari permukaan laut. Meskipun gunung ini diketahui memiliki kaldera yang menandainya sebagai gunung api, para pakar mengaku belum mengetahui tingkat keaktifan gunung api bawah laut ini.

“Bagaimanapun gunung api bawah laut sangat berbahaya jika meletus,” katanya. Survei yang menggunakan kapal seismik Geowave Champion canggih milik CGGVeritas itu adalah yang pertama di dunia karena menggunakan streamer terpanjang, 15 km, dari yang pernah dilakukan oleh kapal survei seismik.

Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui struktur geologi dalam (penetrasi sampai 50km) yang meliputi Palung Sunda, Prisma Akresi, Tinggian Busur Luar (Outer Arc High) dan Cekungan Busur Muka (Fore Arc Basin) perairan Sumatera.

Sejak gempa dan tsunami akhir 2004 dan gempa-gempa besar susulan lainnya, terjadi banyak perubahan struktur di kawasan perairan Sumatera yang menarik minat banyak peneliti asing.

Tim ahli dari Indonesia, AS dan Perancis kemudian bekerjasama memetakan struktur geologi dalam untuk memahami secara lebih baik sumber dan mekanisme gempa pemicu tsunami menggunakan citra seismik dalam (deep seismic image).

WAH
Sumber : Antara

Iklan

63 thoughts on “Sumatera terancam LETUSAN GUNUNG API RAKSASA bawah laut!

    Tio Bagaskara said:
    3 Juni 2009 pukul 14:27

    “Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah” (surat Al-Hadid ayat 22).

    Jadi kesimpulannya ditanggapin wajar2 aja dan nggak usah panik… serta dibesar2kan, wong kalo dah waktunya “dead” … ya tetap akan “dead” kok… walau diminta maju seperseribu detik maupun minta mundur seperseribu detik juga nggak akan bisa……

    Perbanyak bekal dan amal ibadah saja … itu lebih baik….

    salam……

    andra said:
    7 Juni 2009 pukul 19:43

    kalau mau selamat dari bahaya yang seperti itu,bilangin sama pemerintah,harus ada di tiap2 rumah 1 buah BALON TERBANG.jadi kalo ada gempa yang teramat dahsyat langsung aja terbang pake balon udara,kan lumayan dari pada harus nyewa helikopter..ya nggak.

    agil luhung said:
    7 Juni 2009 pukul 21:15

    sebetulnya itu kan hanya penafsiran,.. masih diterlusuri tindakan pemda setempat ke LIPI, apakah benar,… nyimak di RRI pro 3 setiap hari ,terutama malam s/d subuh,.. makasih

    agil luhung said:
    7 Juni 2009 pukul 21:17

    jangan cemas, soal itu baru diteliti,… siapa tahu benar.

    samingan said:
    27 November 2009 pukul 10:13

    Astafirullah…sya tidak percaya bah wasanya di daerah sya da gunung berapi.slama ni sya tdk tau klau di laut benglulu da gunung api yg sangat mem bahayakan.

    Hana said:
    2 Desember 2009 pukul 16:33

    Ngeri jg kalau gunung itu ngamuk

    LUCU said:
    30 Desember 2009 pukul 21:37

    GAK ,MUNGKIN

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s