Dampak Buruk SMS bagi Perkembangan Jiwa Remaja

Posted on Updated on

Apakah dirimu suka pakai SMS tiap hari, siang-malam dan pagi-sore? Berhati-hatilah! Jangan sampai penggunaan SMS itu menghambat perkembangan psikis dirimu, seperti dikabarkan:

SMS Hambat Perkembangan Psikis Remaja
Jumat, 29/05/2009 12:52 WIB
Fino Yurio Kristo – detikinet

Washington – Kaum muda dikenal sebagai rajanya mengirim SMS. Namun jika dilakukan dengan terlalu berlebihan alias ekstrim, kebiasaan SMS dapat membuat mereka ketiban berbagai masalah yang cukup serius.

Itulah kesimpulan yang tertera dalam penelitian oleh psikolog dari Massachussets Institue of Technology, Sherry Turkle. Studi ini menyebutkan kalau remaja yang terlalu banyak berkirim SMS dapat mengalami gangguan tidur, kecemasan dan juga terhambat perkembangan psikisnya.

Dikutip detikINET dari ABC, Jumat (29/5/2009), Turkle memaparkan kalau SMS membuat proses perpisahan antara orang tua dan remaja untuk menjadi orang dewasa yang sehat jadi terganggu. Sebab dengan SMS, anak dan orang tua dapat terus terhubung secara berlebihan.

“Di antara tugas yang harus dilakukan remaja adalah untuk berpisah dengan orang tua dan menemukan ketenangan serta kedamaian untuk menjadi orang yang mereka inginkan. Namun SMS mengganggu tugas tersebut,” klaim Turkle.

Sementara gangguan tidur atau stres dapat terjadi karena remaja sering memaksa diri untuk membalas SMS walau hari sudah larut malam.

( fyk / faw )

Iklan

29 thoughts on “Dampak Buruk SMS bagi Perkembangan Jiwa Remaja

    starlight21 said:
    29 Mei 2009 pukul 13:52

    Mestinya sms-an ya tau waktu donk. Tapi kalau lagi kena sindrom merah jambu memang sering lupa waktu, sms-an sampai malam, bahkan sampai pagi lagi. Sekarang kan biaya sms murah banget…

    SufiMuda said:
    29 Mei 2009 pukul 15:25

    mmm… koq sampai segitunya ya?

    Mutiara said:
    29 Mei 2009 pukul 23:46

    Kalau mau tidur/ istirahat
    mending HPnya dimatiin aja biar tidak menggangu 🙂

      m.nurrahman hakim said:
      8 Juli 2009 pukul 22:47

      bener juga ni kata anak kecil !!!
      upzzz…….!!!?
      jgn salah lho, kecil2 kan calon pemimpin bangsa !!

    Firdaus said:
    30 Mei 2009 pukul 10:11

    sms akan membuat anak jadi suka berbohong karna ngaksemua yang dikirim mengisahkan cerita yang sebenarnya.

    www.infobisnis-09.com said:
    31 Mei 2009 pukul 15:49

    woww…? Bener tuh

    ria ari said:
    16 Juni 2009 pukul 05:10

    ya sepakat… masalahnya kadang remaja lebih memilih sms-an daripada buka buku pelajaran, mengerjakan PR apalagi membantu orang tua menyelesaikan pekerjaan di rumah… kapan bisa bertindak menjadi dewasa..

      m.nurrahman hakim said:
      8 Juli 2009 pukul 22:42

      ya,saya setuju dengan anda. dgn keseringan mengirimkan SMS mereka ( kaum remaja ) lupa akan waktu untuk belajar, bahkan mereka lebih memilih SMS-an dari pada pelajarannya. untuk itu kita harus mencegah anak-anak kita untuk tidak keseringan SMS-an kepada orang lain apalagi pacarnya.

    rizkicssi said:
    23 Juni 2009 pukul 14:15

    terus gmn donk?

      m.nurrahman hakim said:
      8 Juli 2009 pukul 22:53

      banting aja bro hp lo3h!

        maslakha said:
        5 Agustus 2009 pukul 11:20

        dari pada dibanting mendingan dijual dapat uang gituuuuuuuuuuuuuu????
        and uangnya buat jajan giiiiiitttuuuuuuuuuuuuuu ya nggak broeeeeeeeeee???

      nieka said:
      7 Agustus 2009 pukul 14:04

      mungkin kita bisa buat jadwal smsn ma tmend2. contohnya jam 2 ampe stengah3. slain jam itu cm sms penting aja yg blh.

    Abdul Cholik said:
    26 Juni 2009 pukul 13:38

    handphone sebaiknya digunakan sesuai funginya dengan baik dan benar yaitu untuk berkomunikasi dengan sesama dan bukan untyuk hal-hal yang tidak bernmanfaat.Sama juga dengan FS,FB,Blog dan lain-lainnya.

    Salam mas

      ida said:
      5 Agustus 2009 pukul 11:25

      yaaaaaaaaaapzzzz bener buanget kata bang kumis,semua orang wajib baca pesen bang kumis oke coyyyyyyy

    Nda gieszzzzzz said:
    30 Juni 2009 pukul 13:22

    yuuuuuupzzzzz bner bnget tuh klo yg krim sms tngah mlm ptut d berikan kcaman,ganggu org tdur tau .pa lgi terkadang bnyak nope nyasar pula………….

    fitr1 said:
    2 Juli 2009 pukul 13:08

    intinya pendidikan alias bekal dari orang tua untuk si anak yang beranjak remaja, karena dorongan n dukungan sangat penting shg bs menilai sesuatu itu baik or buruk………;-)

    enggun syiabudin said:
    2 Juli 2009 pukul 21:30

    lagian boroz jg sehhhh….

    abhipraya said:
    9 Juli 2009 pukul 16:34

    bETUL, SEMAKIN BANYAK SMS SAMA AJA DENGAN SEMAKIN BANYAK BICARA. ARTINYA SEMAKIN BANYAK MEMBUAT KESALAHAN. SMS KADANG BISA MEMBUAT SENANG KADANG PULA BISA MEMBUAT MENDERITA, BAIK FISIK MATERIAL MAUPUN MENTAL SPIRITUAL. PESAN SAIYA, HATI2 SMS PLUS HATI-HATI BICARA.

    miawruu said:
    13 Juli 2009 pukul 00:37

    ga bisa nyalahin sms gt aja. Yang disalahkan adalah jika segala sesuatu dilakukan dg berlebihan maka akan berakibat buruk. Misalnya aja seperti makan. Manusia sbg makhluk hidup tentu butuh makan agar tetap hidup. Tetapi akan berakibat buruk jika makannya terlalu banyak atau berlebihan, maka akan mengakibatkan sakit pencernaan.

    Makanya tempatkanlah sesuatu itu sesuai dengan porsinya dan jangan berlebihan. Ingat Rasul telah memperingati kita bahwa, Allah tidak menyukai segala suatu hal yang berlebihan

    yussy said:
    15 Juli 2009 pukul 10:24

    sebaiknya pengguna sms
    dilakukan dgn sebaik mungkin
    jgn terlalu berlebihan…
    tpi,,,jgn terlalu jrg di pakr jg…
    scra sms kn…
    murah gitu tarif nya…
    so…sesuain aja y penggunaan nya…

    sun said:
    18 Juli 2009 pukul 09:02

    bgs…bgt klo sms murah but murah kalo terus mnerus so mahal jg to…
    sms d gnain saat2 penting ja.

    sun said:
    18 Juli 2009 pukul 09:07

    p lg klo dpt bonus sms wui………………….smpe tangan pegel ngetik jg d cuekin,,,,,,kacian bgt yaw tangan kok d aniaya gitzu…kan hukum x berdosa.

      kid said:
      23 Juli 2009 pukul 10:33

      wah…
      keseringan ngetik sms kan ada untungnya jg….

      jari-jari kita jadi berotot semua….
      cuma jari nya aja ya.. bukannya tangannya…

      hehe

    kid said:
    23 Juli 2009 pukul 10:31

    tapi sms blum tentu mengganggu perkembangan kita karena ortu doank…

    kadang karena sms… kita jadi putus hubungan dengan dunia nyata….

    kita jadi hanya bergantung sama dunia sms… ya mirip kayak dunia maya gtu deh…

    hesty said:
    23 Juli 2009 pukul 10:50

    jangan keseringanlah bersms ria..
    harus kenal waktu…

    DHIO said:
    1 Maret 2010 pukul 16:39

    BENER BWGD STATEMENT TERSEBUT

    ichlimatun chasanah said:
    14 Juli 2010 pukul 09:57

    kasindir poll ne gw..
    pi lo da taw gne tak ubah dech
    daily activities gue wd yang penting2 azzah
    iar lebih manfa’aaaaaaatttttt
    betul betul betul

    dwe tya said:
    11 Februari 2011 pukul 10:44

    ada saran gak ????
    biar gak smsan trus????

    indy said:
    17 Mei 2012 pukul 12:59

    memang ganggu tidur ya,, kalo g’ dibalas jga g enak,,

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s