Curhat: Letih Menanti Jodoh (Tolooong…!)

Posted on Updated on

Membaca curhat ini, aku turut merasa sedih. Betapa biat baik itu tak jarang belum jua terpenuhi. Sementara itu, aku pun merasa letih. Hari ini, disamping menjadi “ayah rumah tangga” (karena istri sedang ke luar kota), para netter yang berkonsultasi denganku “banyak sekali” (untuk ukuranku). Masih banyak yang terpaksa antri menunggu jawaban dariku. Jadi, aku minta tolong kepada para pembaca semuanya untuk turut menyampaikan masukan-masukan atas curhat berikut ini:

ustad,saya jg ingin curhat,saya bingung mau curhat kman….
saya wanita,tahun ini akan genap 29 th,tp knp sy mrsa jdoh saya jauh dari saya…
saya orgnya sulit untuk klik dg seseorang,tp tiap saya klik sm seseorang knp selalu dipertemukan dengan org dalam keadaan yang salah….entah org itu bl siap mnkh atau msh py tanggungan membiayaai keluaga…
ustad,setiap kali saya dkt dg seseorang saya selalu minta petunjuk diakah yang terbaik tp hasilnya selalu pisah dikarenakan faktor tidak siap itu td,entah itu alasan mereka atau memang mreka bnar2 tdk siap….
mungkin ini cara Allah menguji kesabaran saya……
terakhir,aya py tmn dkt,km sudah 7 bl menjalani hub,nmnya J, dari awal say sdh blg niat seius sm dia tp dia blg ms bl bs janji krn dia bl py pkerjaan tetap dan kakakny bl mnkh,dan org tuanya jg mlrang dia nkh dlu sbl kakaknya….
saya mncb bertahan dan bersabar dan selau sholat mlm mhon ptunjuk Allah…..
saya sudah merasa sayang sm dia ,saya berharap dia adalah org terakhir dl hdup saya,krn saya sudah mersa sngat lelah……dalam setiap doa,saya memohon diberi petunjuk yang terbaik,saya jg tau baik mnurut saya bl tentu baik menurut Allah….
selama jln sm sya J ini baik sekali,dia terbuka tentang semuanya,jg tentang wanita2 yg mengejarnya,….
km sdh saling terbuka,bahkan e-mail dia saya jg selalu bc,ada e-mail dr 1 org cwe yang selalu dtg,sebut saja Z,Z ini selalu kirim e-mail dg tulisan2 mesra,tp ketika saya tykan dJ jwb tdk ada apa2 diantara mereka,sampai seminggu yg lau Z ini kirim e-mail lg yang isinya bhw merka telah jadian,saya minta J jwb jujur,krn tdk mugkin Z mengirim e-mail spt itu jk mrk tdk ada apa2,akhirnya J mengakuinya,mrk memang b’hubngan…
ksbaran sy habis ustad,dia minta maaf sm saya tap saya memutuskan untuk mengakhiri semuanya,sebelumnya sy jg minta ktgasan lg J blg br siap 2 th lg…..
mkin itu hny alsan J saya……..
lalu,sy py tm cwe nmya D,D pernah sy kanalkan dg J tp lwt telp,krn wk itu D lg ada mslh sm pcrnya dan mnita bantuan sm J,wktu itu sy pernah ngajak J ktm D biar curhat2annya enak,tp J nolak,dan kt tdk pernah bhs mslah D lg…
lalu kmrin D ty kbr soal hub sy dan J,sy blg kita sdh ptus,stlh itu D crt klo sbenarnya dia dan J sering ktmu,J sering main kekosan dia dan mreka sering keluar….
wk dgr itu sy sangat kcwa ustad,tp sy mencb mangambil hikmah dari semua ini,mkin ini petunjuk dari Allah bhwa dia memang bkan yg terbaik bwt saya,sy mncb ikhlas,tp sy manusia biasa,sy psrah skr…..
disisi lain sy py adik yg usianya jg sdh siap nkh,dia sdh py calon…..
org ua sbnarnya mnginnginkan saya lbh dlu,tp mlhat sya msh bl jelas akhrnya mereka mnanyakan pd saya bgmna jk adik nkh dlu,didepan mrka sy mngatakan iklhas jk adik dluan dan sy jg tdk mau jg penghalang,tp sy manusia biasa ustad,diluar sya bs blg ikhlas tp dihati saya menagis……
sy memohon pd Allah klo memang ini jln hidup sy,mhon diberi kekuatan untuk melewati semua ini…….
sy ttp pasrah dan usaha,sy jg sholat mlm mhon ptnjuk,…
kdg sy bertanya dl hati,apakah dosa sy sdh sbesar itu hingga Allah memberi cobaan bgini,sy mncb iklhas menerima smuanya,sy tau Allah tidak akan memberikan cbaan diluar kemampuan hambanya kan…..dan sy jg tau Allah sedang menyiapkan rencana yang elbih baik bwt saya,tp mngapa rsnya berat sekali…ustad…
sy selau berty mngapa Allah selalu menganugrahkan persaan cinta saya kpd org yang salah….
sy tdk mau munafik,sy kangen skali sama J ustad,apakah yg hrs sy lakukan ustad……
saat ini ada org yg mendekati sy,sy berpikir dia baik,agamanya jg baik,mkin sy menerima dia sj ustad,bgmna cr sy bs mendapatkan kemantapan,sy tdk mau org itu jd plmpiasan ksian prasaan dia…..atau sy mhon ditaarufkan oleh ustad saja,mkin ustad py calon….

terimakasih byak ustad

Iklan

36 thoughts on “Curhat: Letih Menanti Jodoh (Tolooong…!)

    aldi said:
    6 Juni 2009 pukul 17:20

    duch ko gitu amat

    lebih bersabar aja..

    n keep trying,,,,

    keep waiting

    amel said:
    6 Juni 2009 pukul 17:37

    Sabar yach mba….

    grayrose said:
    6 Juni 2009 pukul 19:59

    jalan-NYA udah ada kita tinggal pilih mau jalan lewat kiri kanan depan belakang atau apapun toh semua satu tujuan yang sama asal niatnya memang baik. ALLAH itu maha adil dan sudah menggariskan takdir2 umat-NYA jadi jalani dan terus ikhtiar yahhh

    Wolo Wolo Kuwato said:
    6 Juni 2009 pukul 21:29

    kunci dari permasalahan anda tsb adalah
    1. meningkatkan iman, semakin rajin ibadah, muhasabah/instrukpeksi diri kenapa ini semua bisa tejadi?
    2. solat malam 9 kali tanpa terputus.
    3. Ziarah Kubur ke kakek/nenek anda yang udah meninggal tiap kamis sore selama 7 kali berturut-turut tanpa putus.
    Manfaat ziarah kubur
    1. Mengingatkan kita pada kematian
    berziyarah kubur menyebabkan zuhud akan dunia dan mengingatkan akan akhirat.Hal ini menyebabkan kita lebih menghargai hidup dan menjadikan hidup kita lebih baik dan selalu berbuat baik.
    2. Mengingat Jasa orang tua (leluhur Kita)
    Berziarah kubur bisa mengingatkan kita akan jasa-jasa baik leluhur kita yang telah meninggal. Hal ini juga menjadi cermin bagi kita apakah kita sudah berbuat baik secara maksimal dalam kehidupan ini? Sak kere-kerene leluhur kita (simbah,Orangtua) tetep sugih. Karena mereka telah mewarisi kita mungkin dengan rumah, tanah, ilmu dll. Yang dimasa sekarang sangat tak ternilai harganya bila dihitung dengan uang. Tapi apa yang kita lakukan tidak berterimakasih dan menjaga peninggalan mereka tetapi kita malah menjualnya. Sekarang kita liat fenomena banyak orang yang yang menjual tanah, sawah hanya untuk kehidupan sehari-hari, motor, mobil dll. Tanpa ada kemampuan untuk menambahnya tetapi malah menghaburkannya.
    3. Merupakan wujud bakti Kita kepada Orang Tua (leluhur Kita)
    Sebagaimana Rasulullah bersabda:
    Apabilah telah mati anak Adam, terputuslah seluruh amalnya kecuali tiga perkara shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakannya. (HR. Muslim). Mendoakan orangtua/leluhur yang telah meninggal merupakan amal yang mulia.
    KARENA DO’A BUKAN HANYA DIMULUT SAJA TETAPI PERLU TINDAKAN YANG KONKRIT!

    Wolo Wolo Kuwato said:
    6 Juni 2009 pukul 21:47

    KALAU BERDOA JANGAN MENGGURUI ALLAH HARUS YG INI ITU BEGINI BEGITU.
    PASRAHKAN SAJA SEMUANYA KPD ALLAH. MINTALAH JODOH YANG TERBAIK UNTUK KITA, MINTALAH JODOH YG SESUAI DENGAN PILIHAN ALLAH. KARENA BELUM TENTU SESUATU YANG BAIK MENURUT KITA AKAN BAIK MENURUT ALLAH.

      Human Winged One said:
      18 Oktober 2009 pukul 23:48

      kunci nya ikhtiar mas tanpa ikhtiar doa saja percuma
      ibarat makan sambil buang air

    Nisa said:
    6 Juni 2009 pukul 23:52

    Mba tidak sendirian. Saya mengalami hal yang hampir sama dengan Mba.Kita harus optimis dan yakin, Allah akan memberikan yang terbaik untuk kita.

    Yan's said:
    7 Juni 2009 pukul 13:11

    Sabar aja y mb,4JJ lbh th yg trbk tk kt,tetaplah brikhtiar dan brdoa yakinlah 4JJ akn membrk jdoh yg trbk tk hamby,perbaiki dri shlt mlm,dan mt doa ibu

    JUFRI AL KATIRI said:
    7 Juni 2009 pukul 18:32

    Allah selalu bersama bagi yang berikhtiar dan berdo’a coba tanyakan para kyai atau orang alim siapa bisa jadi wasilah. tidak ada di dunia tiada pasangan. ok.

    aya said:
    8 Juni 2009 pukul 00:44

    Mba saat kita begitu menginginkan sesuatu dan skuat tnga berusaha mendapatkannya tetapi tak kunjung datang. lebih baik bersabar dan pasrahkan pd Allah SWT.
    Allah Maha Tahu sbrpa kuat mba berusaha, dan Allah melihatnya.
    Lebih baik pikirkan sj hal lain, sp tau pd saat mb tdk memikirkan jodoh, dia akan dtg dg sendirinya.
    klo emg sdh bagian dan jodohnya mba psti jg akan datang.
    lbh baik sbar drpd terburu-buru nantinya dpt yg “busuk”. Ttp berdoa mintalah kpd Allah yang terbaik menurut-Nya untuk mba.

    Widhya said:
    8 Juni 2009 pukul 09:16

    ehm…sabar ya mba n pstinya mba harus ikhlas n terus berikhtiar… tenang aja ko setiap orang memiliki pasangan… toh di alquran ada…klo memang belum ditemukan di dunia mungkin di akhirat… saya juga ngalamin hal seperti mba… mungkin lebih sakit….yang saya lakukan saat ini terus berusaha ikhlas, bersabar, n pastinya berusaha menjadi akhwat yang lebih baik lagi… saya selalu ingiat bahwa wanita baik pasti untuk lelaki baik pula, ya menurut saya… yuks kita berusaha menjadi akhwat yang lebih baik lagi… n belajar untuk mempersiapkan diri bagaimana menjadi pendamping hidup yang solehah… dan ambil hikmah dari setiap cobaan yang kita dapatkan didunia ini… Ingat Allah Maha Mengetahui dan Maha Pengasih… Allah tidak mungin membuat manusianya sia-sia,mungkin Allah sedang menguji kita betapa besarnya rasa sayang kita kepada Allah dengan semua cobaan yang telah kita alami selama ini… ga da perjuangan yang sia-sia…bila waktunya tiba insyaAllah… kita bisa mendapatkan senyuwan yang bahagia itu…amin

    indrawati said:
    8 Juni 2009 pukul 11:25

    Sabar aja mbak krn jodoh itu akan datang sendiri jangan dipaksakan married dlm usia tertentu krn allah memberikan umatnya cobaan agar dia mampu bertawaqal setelah mampu insyaallah mbak akan di berikan yang terbaik dari pacar-pacar mbak yang terdahulu krn saya pernah mengalami hal yang sama seperti di posisinya mbak dan alhamdulillah sekarang allah sudah menjawab istiqhoro yg selama ini telah aku jalani. Aku harap mbak juga demikian mampu untuk bersabar jangan.

    ikha niezt said:
    8 Juni 2009 pukul 14:54

    sabar. . . ALLAH maha penyayang. .segala sesuatu serahkan kepadanya.. .tapi. . .baik di mata kita belum tentu yg terbaik tuk kita. . buruk di mata kita kemungkinan itulah yg terbaik tuk kita. . .carilah jodoh yg sama-sama besar cintanya kepada sang pencipta. .

    tea said:
    10 Juni 2009 pukul 10:32

    yakinlah doa kita sebagai orang muslim pasti didengar dan dikabulkan oleh Allah Yang Maha Mengabulkan karena jika kita tidak diberi jodoh didunia, pasti Allah SWT punya rencana lain, bisa saja 5, 10 15, tahun kedepan cowok itu menyakiti kita, lalu cerai……hik….hik…hik….tau gini mendingan sendiri dulu didunia dan Allah SWT sudah menyiapkan kita suami yang baik dan tampan seperti Nabi Yusuf as disurga nanti….

    nasich said:
    12 Juni 2009 pukul 00:38

    cobalah Menoleh kebelakang…………

    jika lebih buruk dr sekarang……….Bersyukurlah….

    jika lebih baik dr sekarang………..kejarlah cintamu….

    dan jangan pungkiri jika kamu berpacaran dgn cara yg jauh Dr petunjuk Allah……maka Wajarlh jika itu terjadi…………?

    Saranku jangan pernah berpacaran tp nikah aja langsung………itu lebih baik..

    MUKIM said:
    12 Juni 2009 pukul 15:41

    bukan lah anda sendri yang mengalami hal seperti ini.jujur saya jga pernah mengalami..insya allah klo anda terus ikhtyar pasti akn dpt

    andra said:
    28 Juni 2009 pukul 14:44

    Allah swt takkan memberikan cobaan yg hambanya tak mampu memikulnya, yakinlah bahwa Allah swt akan memberikan yg terbaik buat kita karna wanita yg baik akan mendapatkan pendamping laki2) yg baik jg begitu pun sebaliknya.,., trus lah berdoa dan membuka hati utk smuanya…

    ahmad surya said:
    6 Juli 2009 pukul 11:39

    lebih baik mbak laporan dulu kpd allah dgn sholat istikharah supaya diberikan solusinya, insya allah dlm 3 mlam saja diberikan petunjuk oleh allah swt. hub s1_07@yahoo.com. n sholat tahajudnya diperkuat, juga sholat hajatnya. ok, waktu sholat hajat yg dibca ayat pendeknya cma al ikhlas 11x, kan 2 raka’at jdi 22x, n waktu berdo’a sesudah sholat jgn bersila tetap duduk antara 2 sujud, supaya do’anya terkabul, karena du2k bersila duduknya orang hindu, bleh bersila klo slametan aja

    abdullah said:
    15 Juli 2009 pukul 23:40

    bismillah.
    dg tdk mengurangi rasa hormat pada mbak…
    kalau anti menunggu suami. sy jg lg menanti kehadiran anak. sdh 14 thn menikah, belum dikaruniai anak.
    bagaimana klu dua penentian ini kita gabungkan. atau siapa saja akhowat yg siap poligami. biidznillah.

    suzein said:
    22 Juli 2009 pukul 13:37

    aku pun sedang menanti nya,
    dulu aku pernah di khitbah, tapi entah apa yg ada dlm hatiku untuk menolak lamaran itu dgn alasan belum siap, kini dia tak datang lagi… yah mungkin bukan dia orgnya.
    aku rasa Allah mmg akan memberikan’y pada saat nya.
    bersabar wahai saudara ku, Insyaalah dia datang dlam waktu dekat ini.
    Amiiin…

    Kiki said:
    28 Juli 2009 pukul 07:21

    Sabar y

    hary s said:
    30 Juli 2009 pukul 09:49

    kalau wanita lebih banyak daripada laki2 ya pasti banyak wanita yg gak kebagian….poligami solusinya, tapi carilah laki2 yg baik secara agama dan ekonomi….

    Kiki said:
    31 Juli 2009 pukul 17:33

    Kita blh z berdoa,tp hrs jg berusaha donk,krn kita manusia hanya bs merangkai,tp allahlah yg menentukan

    Viva 4 ever said:
    7 Agustus 2009 pukul 10:08

    banyak temen yang usianya 36 tahun bahkan lebih juga blm dpt jodoh. padahal mereka cantik, pintar, karir bagus, supel, pokoknya ga ada cacatnya. toh mrk blm jg dpt jodoh. SARANKU: lebih baik fokus pada kekuatan dan kelemahan diri. Itu jauh lebih membantu kita dalam menghadapi eksistensi sosial kita.

    metha said:
    21 Agustus 2009 pukul 14:57

    sabar ya mba banyak-banyak berdoa pasti allah akan menolong kita
    allah itu adil allah akan mendengarkan semua keluhan umatnya allah akan menolong kita asal kita juga berusaha, mba juga ga boleh putus asa saya yakin mba akan dapet jodoh yang terbaik mungkin allah kasih cobaan kaya gini buat mba pasti allah punya rencana lain nantinya mba harus yakin klo allah akan kasih yang terbaik buat mba, jodoh ga akan kemana mba tenang aja allah menciptakan semua umatnya berpasang-pasangan jadi mba ga usah kecewa.oce slam kenal ya METHA

    nur ramad said:
    22 Agustus 2009 pukul 05:35

    duh sy sangt terharu sekali aplg ada 2 orang memiliki yang sama hal disini namun ta serupa kejadiannya.seoeti didalm komentar itu…

    Wiwi said:
    6 September 2009 pukul 08:47

    Mb,mb tdk sndiri,ad y9 sprt mb tp mgkn lbh brt,tp mb hrs brsyukur krn mslh mb tdk dmikian bsr,kk sy bhkn smpe skrg tdk prnh pcrn dy skrg cm pasrah kpd ALLAH..dan sy sbg adik truz mnd0akn,sy pun dr dlu lum prnh pcrn,nmun byk yg mnc0ba dkt2 k sy n

    Wiwi said:
    6 September 2009 pukul 08:56

    Lnjutan:ktika ad cow yg pdkt k sy,sy pun mnc0ba mnrima tp dy hny mmpermainkn sy d saat sy mulai jth cnt,qt g smpt pcrn trnyta sy hny uji c0b sj dan skrg sy hny bs pasrah sm ALlah tp ttp tawakal..sm2 mnd0akn sm0ga ALLAH mmbri jln trbae u/qt..amin.

      marwan said:
      15 September 2009 pukul 00:41

      Assalamu’alaikum Wr. Wb.
      Menikah itu perlu persiapan kesabaran dan mental siap menerima perbedaan serta siap menerima kebaikan dan keburukan pasangan, dan sebaiknya sebelum akhad perlu adanya keterbukaan walaupun berat untuk disampaikan jangan sampai ada penyesalan di dalam menjalaninya kelak. kadang ada pernikahan yang berlangsung lama dan ada yang hanya sebentar meskipun telah dijalani sesuai perintah Allah, siapkah kita apabila orang yang kita cintai dipanggil Allah? apalagi mendapatkannya setengan mati sebab suami/istri itu hanyalah titipan Allah.
      pernikahan ada yang didasari karna saling cinta awalnya (pacaran) dan ada yang cinta kemudian (cinta setelah menikah) di awali dengan ta’aruf kemudian menikah. model cinta yang kedua inilah yang mungkin agak berat kadang sulit dibayangkan oleh muda mudi pada umumnya. sebab dalam menjalani rumah tangga sakinah mawaddah warahmah perlu adanya kebesaran hati dan kelapangan jiwa untuk menerima suatu yang sama skali asing bagi kita untuk menyerahkan seluruh jiwa dan raga kita padanya.
      kuncinya adalah keterbukaan dan komunikasi. bagi yang belum mendapatkan pasangan hidup cobalah merenung dan bersabar, siapkah kita menerima cobaan dalam berumah tangga kelak?…
      sebuah kisah teman saya, ketika sebelum menikah dia seorang personalia dalam sebuah perusahaan dan dia merasa yakin mampu menikah dan dapat membahagiakan istrinya, namun tidak lama setelah menikah perusahaannya bangkrut dan dia menganggur. ada lagi seorang teman yang sebelum menikah dia mengganggur namun setelah menikah dia mendapatkan pekerjaan dan dapat menghidupi keluarganya.
      dari kedua kisah diatas perlu di ambil hikmah bagi akhwat bahwa melihat calon pasangan jangan karna materi, meskipun keduanya sam2 taat menjalankan ibadah. akhwat pun perlu juga persiapan dalam masalah penghasilan (materi) walaupun tidak banyak.
      terimakasih ini hanya sebagai masukan saja
      wassalam Marwan

    Indah said:
    24 September 2009 pukul 06:27

    Ass. . .
    Knpa y smqn ak menyayangi sseorg,dy mlh smqn mnjauh. . .
    Ap ak slh?

    nanang said:
    7 Desember 2009 pukul 22:19

    saya akkhi, kalo boleh kenal aku di email Gembes90@yahoo.co.id.siapa tau kita jodh karna ALLAH SWT.yg penting niat karna ALLOH.dan demi kebaikan iman islam

    Green said:
    7 Desember 2009 pukul 23:06

    Sbar y mb…. Sy jg mgalami hal yg mnyakitkan… Sy dlu prnh dkt dgn cow.. Tp sy d hasut org d skitar sy,, klu cow yg mndekati sy itu suka maen prmpuan… Akhirnya sy menjauh, dan cow itu mndekati shbt sy… Dan skrg cow itu sdh jadian dgn shbt sy… Trnyata dy cow yg baek, sholeh dan mapan.. Sy hnya bs menyesali knp dlu sy termakan hasutan org yg g ad buktinya… Skrg cow itu mau nikah dgn shbt sy.. Ju2r sy sakit… Tp sy mncoba ikhlas, dan mnjadikan ini pljrn… Smua yg sdh brlalu tak perlu d sesali mb…. Smua ud ad jalanya.. Jln agar qt mnjauh dr sseorg,maupun jln yg mndekatkan qt dgn org yg lain… Dan smua jln itu… Sdh tertulis… Qt tgal brdoa sj aj jln yg qt lalui adlh yg trbaik…. 🙂

    gundah gulana said:
    13 Februari 2010 pukul 08:31

    aku cow, sekarang hmpir genap 30th. sedih karena smpai saat ini belum ada cinta yg mau mendekat..kadang aku trmenung..

    rizal said:
    10 Oktober 2010 pukul 08:47

    sabar…100x mgkn Allah akan memberikan yg terbaik dr pd sebelumx. Pkokx jgn berhenti meminta padaNya.Jangan menyerah ya mbk….

    nirma said:
    16 Oktober 2010 pukul 19:19

    Hanya satu kata: SABAR

    Dukun Cinta said:
    18 September 2012 pukul 23:22

    Kalau pergi ke dukun cinta boleh nggak ya ?

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s