Rencana nikah masih lama banget, perlukah menunggu?

Posted on Updated on

saya Pria 24 tahun. mau tanya ustadz, saya mencintai seorang cewek (23 tahun), cewek itu juga mencintai saya. karena masalah rumah tangga kini cewek saya keluar negeri menjadi TKI agar bisa melunasi masalah2 keuangan keluarganya. padahal saya berharap jika beberapa tahun kedepan jika saya siap saya mau melamarnya.

sekarang memang saya sudah punya bisnis kecil2an & cukup untuk kehidupan sehari2 saya saja. saya juga bercita2 melanjutkan pendidikan saya yang baru lulus D3 agar meraih gelar yang saya cita2kan. artinya 1-3 tahun mungkin saya bisa menunggu. tapi mungkin cewek saya baru pulang 4-5 tahun lagi.

pantaskah saya memberi pengharapan (tidak berjanji) kepada cewek saya kalau saya akan menunggunya. ataukah saya katakan saja terus terang kalau saya mungkin akan menikah dengan wanita lain jika siap nanti ?. saya tidak ingin menyakiti hatinya apalagi dia sedang memikirkan keluarganya. ataukah saya tidak boleh terlalu lama membujang apalagi jika sudah siap menikah ?.

atau bagaimana pandangan Ustadz tentang kebimbangan saya ?.

Jika aku menjadi dirimu, maka aku akan menunggu kepulangannya. Jangankan cuma-4-5 tahun. Sampai 10 tahun pun aku bersedia menunggunya. Pertimbanganku: dia mampu berkorban begitu besar demi keluarganya. Sudah selayaknya aku juga “berkorban” (menunggu sampai lama) supaya kelak aku juga menjadi keluarganya. Apalagi kedua pihak sudah saling cinta.

Terima kasih Ustadz, sekarang aq semakin mantap, akan aq sampaikan ke dia. mohon doanya atas niat baik kami.

Alhamdulillaah. Allah SWT pasti menghargai niat baik hamba-hamba-Nya. Semoga Dia senantiasa melindungi dan menyayangi kalian beserta keluarga. Aamiin.
Semoga

2 thoughts on “Rencana nikah masih lama banget, perlukah menunggu?

    Faiza said:
    27 Juni 2009 pukul 09:47

    ass..
    saya faiza umur 24 tahun, sekarang baru lulus kuliah dan sedang mencari pekerjaan. Saya sudah menjalin hubungan dengan seorang pria hampir 3 tahun, dan saya seumuran dengan dia. Kemudian orang tua saya menginginkan kepastian untuk melaksanakan pernikahan kepada dia. Namun dia masih kuliah, karena itu dia meminta saya untuk menunggu selama 3 tahun. Yang saya mau tanyakan, apakah saya harus menunggu selama 3 tahun atau tidak usah dipertahankan lagi? karena dalam islam tidak boleh berpacaran. dan itu menjadi bahan pertimbangan saya. Mohon jawabannya ustadz, terima kasih.
    wasalamualaikum.

    Abie said:
    5 Juli 2009 pukul 17:12

    Aslm,sya pria umr 25th.sya pcrn dg cewek dg umr 21th,slang brp bln trnyt ortu cewk tdk stuju dg alsan bda suku(jika d ungkpkn bsa memicu konflk antr suku).jd sya ambl insiatf sya bubarn,yg buat sya bngung bgmn sya hrus jlsin kpd kluarg sya.Trimksh Wasllm

Silakan sampaikan pemikiran Anda

