Konsultasi: Berjilbab Tapi Pergaulan Mesum

Posted on Updated on

Pak Shodiq..sy membaca artikel di blog anda…subhanallah sangat bagus sekali.. perkenalkan sy mahasiswi tingkat akhir …
selama ini sy masih bingung harus bagaimana cara sy bergaul dengan teman-teman sy.. alhamdulillah… sy menggunakan jilbab dan belajar ingin memperbaiki diri.. meskipun banyak sekali omongan-omongan tmn2 yg seakan tidak percaya dengan kesungguhan sy memakai jilbab..

kebetulan sy sering berkumpul dgn teman2 lelaki (dan hanya saya sendiri perempuannya)
sebenarnya terjadi perang batin di hati sy krn mereka sering sekali membicarakan hal2 jorok ttg perempuan (jd sy merasa ditelanjangi) wlwpun sy sudah menegur mereka tapi kejadian itu sering sekali terulang..

apa yg hrs sy lakukan pak? sy benar2 bingung..krn sy juga terikat pekerjaan… di komunitas ini..

padahal konsentrasi sy skrg sy ingin sekali mendapatkan jodoh yg shaleh..tapi sy takut krn pergaulan sy bersama mereka para lelaki lain jadi mengganggap sy sbg perempuan yg ‘layaknya perempuan yg kebanyakan bergaul dengan para lelaki’

umur sy skrg hampir 23 tahun..orang tua memang tdk mendesak sy utk menikah tetepi mereka slalu mempertanyakan ‘kapan mau memperkenalkan calonmu’
sy sering kepikiran sekali ttg masalah itu apalagi tmn2 wanita sy kebanyakan sudah mempunyai pacar..
jujur,semenjak mengenal islam lebih dalam sy memang tidak ingin pacaran sperti mereka..sudah 3 tahun sy ‘jomblo’ dan memilih untuk mencari calon suami saja yg bisa membimbing sy menuju jalanNYA yg benar..sy sering dibilang ‘tidak laku’ krn tidak punya pacar..
tapi disisi lain saya takut jika sy punya pacar sy takut mendekati zina..

menurut pak ustad gmn ya?
apakah sy harus menjauh dr pergaulan sy ini?

sy tunggu sekali nasehat bapak..
terima kasih sebelumnya..

Jawaban M Shodiq Mustika:

Aku percaya pada kesungguhanmu dalam berjilbab. Malah aku salut karena kamu tetap berjilbab walau teman2mu meragukan kesungguhanmu.

Saranku yang pertama, kamu perlu lebih memahami dulu pengertian “mendekati zina”. Jangan sampai sesuatu yang tergolong “mendekati zina” itu kamu biarkan karena kamu belum tahu bahwa itu sudah tergolong mendekati zina. Jangan sampai pula kamu menghindari sesuatu yang kamu sangka “mendekati zina” padahal belum tentu. Untuk itu, silakan simak “Pengertian zina-hati dan mendekati-zina lainnya“.

Menurutku, membicarakan hal2 jorok ttg perempuan (hingga kau merasa ditelanjangi) itu sudah tergolong mendekati zina. Jadi, kamu perlu menghindarinya. Bila teguranmu tidak efektif, mintalah bantuan orang lain yang berwibawa (misalnya: atasan mereka) untuk menegur mereka. Jika ini masih kurang efektif, mungkin lebih baik kau cari pekerjaan di tempat lain yang tidak mendekati zina.

Sementara itu, kamu perlu memperluas pergaulanmu dengan lawan-jenis. Jangan terpaku di komunitasmu ini saja. Ikutilah kegiatan lain yang memungkinkan dirimu untuk juga dapat bersahabat dengan orang lain, baik sesama jenis maupun lawan jenis.

Dalam pada itu, aku sarankan dirimu lebih terbuka kepada orangtuamu mengenai teman-temanmu, khususnya yang lain jenis. Libatkanlah orangtua untuk ikut menyampaikan pandangan (dan bahkan ikut menyeleksi) siapa diantara teman-temanmu yang cocok untuk menjadi bakal calon suamimu. (Lihat postingan “Lebih baik berjodoh dengan orang asing ataukah sahabat dekat?” dan “Akrabilah keluarga si dia sedini mungkin!“)

Kemudian supaya segera siap nikah, silakan perhatikan “Kriteria Siap Menikah“. Adapun supaya tidak mendekati zina, jalanilah pacaran secara islami. (Lihat “Pacaran Islami“.)

Demikianlah jawabanku. Wallaahu a’lam.

Iklan

24 thoughts on “Konsultasi: Berjilbab Tapi Pergaulan Mesum

    penanya said:
    28 Juni 2009 pukul 04:20

    assalammualaikum..wr.wb..
    pak shodiq terima kasih sekali atas sarannya..sangat termotivasi..
    smoga Allah SWT membalas semua kebaikan bapak..
    wassalam.

    dee said:
    29 Juni 2009 pukul 22:35

    kayak nama temenkuuuuuuuu…. anaknya kurang lebih kayak bapak!. kerennnnn….

    muslimah said:
    2 Juli 2009 pukul 13:49

    pak shodiq.. sy langsung aja ya.. sy cewek.. sy punya pcr tp kami jarang ktmu.. kami cuma sering telponan.. tiap abis telponan ma dia sy selalu mrs basah dibagian kewanitaan saya..dan sy mrs risih, kdg2 sy ragu apa sy harus mandi atau nggak.. yg ingin sy tanyakan.. apa sy harus mandi besar? dan yg keluar dr kewanitaan sy itu apa?

    tolor said:
    9 Juli 2009 pukul 10:20

    ooo…itu berarti anda..mau pipis, tetapi anda tahan-tahan…kemudian karena sudah terlalu kebelet akhirnya keluar sedikit-sedikit…jadi sebenarnya tidak ada masalah…oleh karena itu kalau terasa mau pipis…segeralah pipis…….

    ahmad surya said:
    11 Juli 2009 pukul 15:43

    ha………………………ngompol ya?…………….he……………………….
    dah da tu jwbnya

    surya putra said:
    11 Juli 2009 pukul 22:34

    weleh. itu mah edi tansil >>ejakulasi dini tampa hasil.. weeeeeee ada-ada saja teleponan kok bisa bsh.. waktu itu hujan ada yg bocor kali gentengnya.. (*_^)

    Tio_cute said:
    12 Juli 2009 pukul 19:45

    SEBAIKNYA KITA LAKUKAN SEPERTI APA YANG NABI LAKUKAN :

    1. INGATKANLAH DENGAN TINDAKAN !!!!
    2. INGATKANLAH DENGAN TEGURAN !!!
    3. JIKALAU TETAP TIDAK BISA, INGATKANLAH DENGAN/DI DALAM HATI SAJA (YAKINLAH ALLOH PASTI MENDENGAR PERINGATAN KITA KPD ORANG TSB…)

    fathur.di.sini. said:
    15 Juli 2009 pukul 22:02

    Ass.
    basah…???
    Emg ngbrol apaan ya?
    Ngmg jorok ya…!
    Klo cow km udah ngmg yg mengarah kyk gt., udh gak ush diresap’in…!
    N jgn d cerna trz dibayangin….ya..jd deh…basaH….
    Itu tandany normal mbak…!
    Mending sgera alihkan pmbicaraan kalian.
    Ya klo km’ny jg sneng n trma.,y wjr2 ajalah…kyk gt.,bsah…,tp ht2 loh…. Dr obrolan it bs jd mndkati zinah…!
    Wass.

    KangBoed said:
    16 Juli 2009 pukul 13:04

    HEHEHE.. BANYAK NYANG BERJILBAB PADA MESRA MESRAAN DI PINGGIR JALAN.. CILOKO YAAAAAA

      fahmi said:
      17 Juli 2009 pukul 13:05

      suruh pindah gtu kang kehutan aja pacarannya…biar gak ngerusak pemandangan…..hehe

    budi said:
    17 Juli 2009 pukul 06:35

    jilbab itu pakaian amanah,apapun namanya… menutup aurat itu wajib..

    Zeit abdullah said:
    23 Juli 2009 pukul 21:48

    Iya banyak jilbab buat kedok doang. Kasian kan yg sunguhan ingin menutupi aurat n jalan di jln allah

    zepie said:
    2 Agustus 2009 pukul 05:26

    INI ADALAH DAMPAK BAGI NEGARA YANG TIDAK MENEGAKKAN HUKUM SYARI’AT, PADAHAL MAYORITAS PENDUDUKNYA MUSLIM…DAN JUSTRU BERPENDUDUK MUSLIM TERBESAR DI DUNIA

    TAPI ANEHNYA JUSTRU PENEGAKKAN HUKUM SYAR’I DI INDONESIA SERING DITENTANG OLEH ORANG MUSLIM SENDIRI….ANEH…ANEH…!

      calon wajib militer RI said:
      10 Agustus 2009 pukul 23:09

      Waaah ini , si Zepy provokator pemecah bangsa,,Dasar Antek Malingsial, Malingsial…eeh salah malaysia..

      Niih gue jelasan Zepy (Si penghianat bangsa)…
      Yang salah Cewek jilbab itu ,dasar pikirannya yang ngeress pake dihayati sampai terasa ketubuhnya… kalo emang dia kuat iman, sebodo teinglah omongan orang lain di kiri kanannya yang penting NIAT bekerja untuk mencari nafkah itu yang utama..Fisabilillah… AMAN Beresss… maka dia tidak akan tergoda…

    ahmad said:
    4 Agustus 2009 pukul 00:11

    assalamualaikum, sy mau nax,, sy pux seorang kekash, kmi bru pcran 1 blan, akhir2 ni sy mulai ragu sama dia, apkh dia bnar2 mencntaiku apkh tidak. pertama kali kmi berkenalan dia sngt mengagumiku, dia blg aq baik, aq soleh, n dia bngga bsa memiliki cwok sprtiku, tp stlh 1 blan pcran, dia mulai brubh, dia ga sprti dlu yg slalu mengagumiku, padahal aq slalu mncintaix n g sdktpun q brbh, q slalu prhtian . sy pngn tau gmana solusi mengatasi mslh ini?

      Bams Winarso said:
      4 Agustus 2009 pukul 07:46

      Ahmad
      Terima kasih untuk pertanyaan kamu.
      Sepertinya kamu harus temukan titik permasalahannya dahulu, kamu bisa mengajaknya bicara empat mata, ciptakan suasana yang nyaman buat dia, jangan berikan kesan interogasi sehingga diapun akan terbukan menyampaikan masalahnya. Jangan dulu berpikiran bahwa perubahan sikapnya karena dirimu, bisa saja dia punya masalah dengan sekolah atau kuliahnya, keluarga atau dengan temannya.
      semoga membantu
      Shodiq.com’s public relation

        ahmad said:
        4 Agustus 2009 pukul 12:43

        terima kash atas jawabx, dia tdk pux mslh apa2 d kampusx, hax saja dia bxak yg suka. yah sudhlh klw mmg q harus khlangan dia, yg pnting aq udh bljar tuk amanah yaitu slalu mencintaix, n q udh usha smbi5 brdoa, q serahkn smua ini pada allah yg mencipkan cinta.

    sandy said:
    5 Agustus 2009 pukul 10:50

    Bismillahir Rohman Nirrohim,
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Bang Shodiq dan teman teman nater yang Insya Allah dimulyakan Alloh SWT
    Mau numpang dikit nih ikutan ngobrol terutama tentang JILBAB.
    Dasar Hukum Jilbab:
    33. Al Ahzab

    KEHARUSAN WANITA PAKAI JILBAB BILA BERADA DILUAR RUMAH

    59.Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[1232] ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

    [1232]. Jilbab ialah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, muka dan dada.

    Jadi bagi Muslimah sejak umur semilan tahun ( begitu dinyatakan aqil bhalig ) dibiasakan menutup seluruh auratnya, kecuali telapak tangan dan wajahnya( komposisi: jidat,alis,mata,hidung dan bibir ).
    Dalam penjelasan Surat Al Ahzab 59 tersebut dinyatakan bahwa yang dimaksud jilbab adalah sejenis baju kurung yang lapang dan menutup kepala muka dan dada.
    Mengapa demikian?
    Karena aurat bagi wanita yang sangat membahayakan dan dapat mengundang sure atau birahi lawan jenis mulai dari kepala ( rambut ), leher, dada ( buah dada ), pinggul, paha, betis, juga jari jari kaki.
    Oleh karenanya Allah SWT menyuruh untuk menutupinya!

    Kemudaian ada kata kata supaya lebih mudah dikenal dan mereka tidak diganggu.
    Dua kalimat MUDAH DIKENAL dan TIDAK DIGANGGU

    MUDAH DIKENAL.
    Busana Muslimah yang sebenarnya adalah jilbab, sehingga dipastikan bahwa wanita yang menggunakan jilbab itu adalah MUSLIMAH. Manakala ada wanita bukan Muslimah tapi berjilbab, itu adalah hak mereka ( declaration of human right ).

    Tapi ada juga muslimah yag berjilbab sampai menutupi seluruh mukanya, hanya ujung matanya saja yang terlihat samar samar.Saya belum tahu jika ada pemahaman
    “seluruh tubuh” itu diasumsikan ditutup seluruhnya.
    Jika demikian kira kira terwakili tidak kata kata MUDAH DIKENAL?
    Misal dia silaturahmi ke rumah kawan atau saudaranya.Begitu diintip dilubang kunci pake jilbab tertutup semua, langsung pada lari kedalam dan kalaupun keluar menyongsong tamu tersebut pasti ada tegur sapa: Anda Siapa?
    Coba kalu mukanya terlihat dialognya akan berbeda: eh….kemana aja langsung cipika cipiki!

    SINOPSYS.
    Mengingat syetan/iblis diciptakan Allah tidak sempurna, kemudian mereka protes keras terhadap Allh SWT ketika diperintahkan untuk sujud ( hormat ) kepada Adam AS:
    2. Al Baqarah

    34. Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah[36] kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.

    [36]. Sujud di sini berarti menghormati dan memuliakan Adam, bukanlah berarti sujud memperhambakan diri, karena sujud memperhambakan diri itu hanyalah semata-mata kepada Allah.

    Nah, teman teman sejak peristiwa tersebut yang namanya Iblis/Syetan dinyatakan dan diabadikan Alloh SWT sebagai penghuni neraka dan dikeluarkan keputusan Illay Robby bahwa Iblis/Syetan DIPERBOLEHKAN mengganggu manusia dari mulai Adam AS smpai keanak cucunya. ( lihat QS 15: 28 s/d 39 dan QS 38: 71 s/d 82 )
    Segala macam kehidupan yang bernuansa kebaikan pasti akan mendapat godaan dari Iblis/Syetan seperti halnya juga BERJILBAB
    Sehingga melahirkan noktah kehidupan kaum hawa di Indonesia mengasumsikan Jilbab adalah MODE!
    Dipakai saat arisan, kondangan, lebaran, kenduri dll. dengan desain sebatas leher dan mencekik, sedangkan lekuk tubuh, puser, pinggul tetap apresiatif menimbulkan gejolak birahi alis NGETAT!

    Kalau saja kita bisa menembus dimensi kehidupan Iblis dan Syetan maka saat ini mereka sedang mengibarkan bendera kemenangan, karena telah berhasil menggoda hampir sebahagian penduduk dunia untuk menjdi sahabat sejati mereka yang akan menemani mereka di Neraka Jahannam!

    Ikhwanul Muslimin Wal Muslimah,
    Marilah kita tiada henti hentinya memohon keharibaan Illahy Robby agar kita mendapatkan lindungan dari godaan syetan yang terkutuk serta senantiasa mendapatkan magfiroh dan Ikhlas dari Alloh SWT.
    Waltaqumm minkum ummatuy yad’uunailal khoiri waya’muruna bil ma’rufi wayanhauna anil munkar wala dzikrullohi Akbar.

    Bang Shodiq dan Kawan2 Nater silahkan dilanjut ruang tanya jawabnya, mohon maaf agak terganggu.

    Wassalam.

    lala said:
    10 Agustus 2009 pukul 20:35

    Iy, tkadang saya jg risih, byk cwe bjilbab tp kok lebih nonjolin lekuk tubuhnya ya …????

    saya pna dengar slentingan gak mengenakkan, gara2 di angkot ada cwe bjilbab tp cara busananya spt orang yg gak bjilbab, rasanya……….aduhh…..terlalu…!

    galih said:
    19 Agustus 2009 pukul 09:14

    jgn su’udzon dulu,, jgn lihat orang lain dari sisi luarnya saja….

    dedi rachmat said:
    24 Agustus 2009 pukul 09:13

    salam sejahtera untuk semua.

    emang saya salut apa yang dilakukan dan yang dilakukan mbaknya, tapi kalau boleh saya komentar jangan takut terhadap lingkungan yang mba ada sekarang, yang harus mba lakukan adalah pertebal benteng diri dari hal yang namanya zina. apapun alasannya itu perlakuan binatang dihutan sana. adapun cara mempertebal benteng diri yaitu dengan :
    1. jangan pernah tertinggal sholat 5 waktu
    2. belajar berpuasa minimal puasa hari kelahiran. adapun puasa ini bertujuan untuk melemahkan jaringan syaraf emosi yang ada di otak sebelah kiri, untuk menmblok rasa kebinatangan pada diri manusia.
    3. yang paling utama adalah coba memulai hidupkan hati dengan zikir dan sholat sunat, juga hidupkan hati dengan mempersempit tidur malam dan jangan ada kebiasaan tidur siang.

    nah itu yang saya usulkan sama mbanya jangan pusing dengan yang namanya jodoh nanti juga akan ketemu. semuanya berawal dari kita, kalu kita memulai hidup dengan baik dan iman maka kita akan dapat dan dipertemukan dengan yang seiaman lagi serta baik lagi.kalu ada sesuatu pertanyaan silahkan hubungi saya via mail.

    sukses selalu buat mbaknya

    REER said:
    14 September 2009 pukul 17:00

    AMPUN

    sowisuryadi said:
    14 September 2009 pukul 23:30

    Jadilah seorang muslimin/muslimah yang tangguh dan berjiwa besar yang berlandaskan kepada Keimanan dan Ketaqwaan serta senantiasa hanya mengharapkan ridho dan magfiroh Allah SWT

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s