Takwil Mimpi: Bertemu “Rasulullah” yang sedang menenggelamkan umat yang maksiat

Posted on Updated on

Ass,,Ustad saya mau tanya ttg tafsir mimpi saya dulu sya waktu smp pernah mimpi bertemu rosululoh saw disuatu pemerintahan kerajaan di pemerintahan itu ada rakyat yang banyak melakukan maksiat pada saat saya melihat rosullulloh ketika itu rosulluloh memercikan sedikit air pada masyarakat tersebut kemudian terjadilah banjir yg amat besar dan saya memanggil dan berkata pada rosul sebelum memercikkan air tersebut ”jangan ya rosullulloh” tetapi rosullulloh tetap memercikkan air tersebut kemudian terjadilah banjir yang banyak menenggelamkan rakyat tersebut, kemudian rosull berlahan lahan menjauh dan hilang sambil saya terus memanggil rosulluloh rosululoh.. ustad mohon ditafsirkan mimpi sya karena sya pensran ktnya yng mimpi bertemu rosull itu emang benar……..

Tanggapan M Shodiq Mustika:

Ada banyak orang yang salah sangka bahwa bila mimpi bertemu Nabi Muhammad saw maka pastilah “itu emang benar”. Mereka menggunakan dalil:

”Barangsiapa yang melihatku di saat tidur maka seakan-akan dia melihatku pada saat terjaga; dan setan tidaklah dapat menyerupaiku.” (HR. Bukhari)

Masalahnya: Benarkah dalam mimpimu itu dirimu bertemu dengan Rasulullah saw? Bagaimana bisa yakin bahwa itulah Rasulullah sedangkan kita tidak mengenal wajah Rasulullah?

Kita bisa mengeveluasinya dengan sifat-sifat Rasulullah saw sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits. Apabila sifat “rasulullah” di dalam mimpi itu sesuai dengan sifat Rasulullah saw sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits, maka mungkin saja dirimu memang bertemu Rasulullah saw dalam mimpi tersebut. Namun kalau sifat “rasulullah” di dalam mimpi itu tidak sesuai dengan sifat Rasulullah saw sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits, maka mungkin itu adalah setan yang mengaku-aku sebagai beliau.

Karena itu, marilah sekarang kita kaji apakah Rasulullah saw. suka membasmi umat yang maksiat. Mari kita perhatikan hadits-hadits shahih berikut ini.

Dari Ummu Habibah r.a. berkata bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda, “Telah ditunjukkan kepadaku apa-apa yang akan terjadi pada umatku. Mereka saling membunuh, sehingga aku bersedih karenanya; dan begitu jugalah umat-umat sebelum mereka. Maka aku memohon kepada Allah agar memberikan hak syafa’at kepada umatku pada hari kiamat, dan Allah mengabulkannya.” (HR Baihaqi, Hakim, Ibnu Abi ‘Ashim dan yang lainnya. Lihat ash-Shahihah 1440.)

Dari ‘Abdurrahman bin ‘Uqail r.a. berkata, “… Seorang diantara kami berkata, ‘Wahai Rasulullah! Mengapa engkau tidak meminta kerajaan seperti kerajaan Nabi Sulaiman?’ Beliau tertawa seraya bersabda, ‘Mungkin sahabatmu ini [yaitu Nabi Muhammad] mempunyai sesuatu yang lebih baik daripada kerajaan Nabi Sulaiman a.s.. Sesungguhnya Allah tidak mengutus seorang Nabi, kecuali pasti Allah memberinya satu doa mustajab. Diantara mereka ada yang meminta kenikmatan dunia, mereka pun mendapatkannya. Ada yang meminta pembasmian umatnya [yang membangkang], maka umat itu pun binasa karenanya. Begitu pula, sesungguhnya Allah telah memberiku [kesempatan untuk] satu doa [yang pasti mustajab], tetapi aku menyimpannya di sisi Allah sebagai syafaat untuk umatku pada hari kiamat nanti.'” (HR Thabrani, Bazzar, dengan sanad bagus. Syaikh al-albani menshahihkannya. Lihat Takhrij as-Sunnah 724)

Dari Abdullah bin Amr bin Ash r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Ada sebagian dari umat ini yang akan masuk neraka dan tidak ada yang tahu berapa jumlahnya selain Allah, hal itu dikarenakan oleh kemaksiatan mereka kepada Allah, keberanian mereka untuk berbuat maksiat kepada Allah dan keluarnya mereka dari ketaatan kepada-Nya, tetapi kemudian aku diberi izin untuk memberi syafaat, maka aku segera memuji-Nya sambil berdiri, kemudian dikatakan kepadaku, ‘Angkatlah kepalamu. Mintalah, engkau akan diberi. Dan berilah syafaat, engkau akan diberi [hak] syafa’at.'” (HR Ahmad. Syaikh al-Albani menshahihkannya dalam Shahih at-Targhib wa at-Tarhib 3639.)

Hadits-hadits shahih tersebut menunjukkan bahwa membinasakan umat yang maksiat bukanlah sifat Nabi Muhammad saw. Jadi, di mimpi tersebut kamu tidak benar-benar berjumpa dengan beliau. Aku menduga, itu adalah setan yang mengaku-aku sebagai beliau dan hendak menjerumuskan dirimu. Mungkin saja setan menampilkan diri dalam sosok yang begitu agung, sehingga kau menyangka dia Rasulullah. Karena itu, berlindunglah kepada Allah dari segala godaan setan.

37 thoughts on “Takwil Mimpi: Bertemu “Rasulullah” yang sedang menenggelamkan umat yang maksiat

    Imas sumarni said:
    11 Juli 2009 pukul 11:24

    Assalamuala’ikum w.w.
    Pa ustadz 3 hari yg lalu sy beristikharah meminta ditunjukan jodoh sy.kemudian brmimpi orang yg ada dlm hati sy slama ini muncul dimimpi sy dgn muka berseri2,dan dia berkata saya akan datang kerumah dan akan berbicara lgsung dg ibu sy

    Bangdul said:
    11 Juli 2009 pukul 11:33

    Ass. wr.wb
    Sebelum tidur baca doa dulu ya kan pak ustad
    Maaf ya bukan istikharah namanya kalo kita sudah menentukan pilihan hati dengan kecenderungan apa yang kita sukai.

    Just share aja

    Imas sumarni said:
    11 Juli 2009 pukul 11:51

    Iya..tp disini saya meminta petnjk diantara ke 2 orang yg sdg dkt dgn sy..mana yg terbaik untk sy. Dipertemukanlah sy dgn salah st dari ke 2 org trsbut..dan yg satu dari ke 2org itu..berbicr sy akan ktmu sama ibu sy. Pa ustad .apa arti dan makna mimpi tsb?

      M Shodiq Mustika responded:
      11 Juli 2009 pukul 11:58

      @ Imas sumarni
      Apakah dalam 24 jam sebelum kamu bermimpi itu kamu berinteraksi dengannya, sedangkan yang lainnya tidak? Kalau begitu, maka mungkin itu hanya “bunga tidur” yang menunjukkan bahwa kamu menaruh perhatian besar kepadanya pada hari itu. Namun kalau kalau kau sudah lama tak berinteraksi dengannya, tapi tiba-tiba muncul mimpi tersebut, maka menurutku, artinya: kamu lebih mencintai pria yang muncul dalam mimpi tersebut dan lebih percaya kepadanya daripada pria lainnya.

        Yuzar Chania Gadang Dirantau said:
        20 Oktober 2012 pukul 11:49

        saya jg mau berbagi pengalam jg nie pak ustzad,(bukan ria,)mungkin saya menyangka,kalau saya gak pantas pernah bermimpi dgn nabi muhammad,karna saya bukan orang2 baek, seperti pak ustadz,saya pernah bermimpi dgn beliau sudah 3 kali,setiap saya bermimpi,saya gak pernah melihat wajah nya,selalu beliau menyamping atau membelakangi,dan mimpi saya terakhir,saya merasa hidup di zaman jahiliah,saya bersama beliau dan jg anas bin malik(kita tau anas bin malik adalah pembantu yg setia rasulullah saw selama 10 th) ketika kami melewati satau kampung, di dilempari dgn batu dll,tapi saya tidak di lempari dgn batu,karna saya duduk di belakang beliau dan anas bin malik.sehinnga badan rasulullah berlumuran darah…
        dan saya menagis…

        dan saya mintak pendapat pak ustzd,dan saran nya…
        sebenar saya yakin itu rasulullah saw.karna sy melihat ciri2 beliau.
        1,rambut nya panjang sebahu
        2,bahu dia lebar.
        3,sabar..

    ahmad surya said:
    11 Juli 2009 pukul 16:11

    yg dilakukan rosulullah sbelum tidur 1. berwudhu 2. sholat witir terserah 1/ 3 raka’at., 3. do’a sbelum tdur. syukur2 mengingat apa2 yg telah dilakukan pada hari tu, n sambil berdzikir nanti tau2 dah tidur ndiri. suppaya mimpinya gk neko2

    ahmad surya said:
    11 Juli 2009 pukul 16:17

    da lagi ni yg dilakukan untuk kita aja, krna gk mungkin kita bisa sperti rosul, cma kta lkukan sdikit amalan rosul 1. sholat witir sblum tdur 2. sholat duha 2 rakaa’at atau lbih 3. puasa 3 hari tiap blan 13,14,15 tanggalan yg malam lo / qomariah. doa’nya biar kabul sehabis sholat jgn bersila tetap du2k antara 2 sujud, jgn lupa sholawatnya………….okeh…………….

    Tio_cute said:
    12 Juli 2009 pukul 19:02

    JGN KAU JADIKAN SEBAGAI SUATU KEBAHAGIAN APABILA KAU BERTEMU NABI MUHAMMAD MELALUI MIMPI KARNA SESUNGGUHNYA HANYA MANUSIA2 YG TERPILIH OLEH ALLOHLAH YANG AKAN BISA BERTEMU DNG WAJAH NABI MUHAMMAD SAW (ITU PUN PADA SAAT HARI AKHIR/JIKA ALLOH BERKENAN MELALUI MATI SURI) DAN JIKA KITA BERTEMU NABI MUHAMMAD SAW LWT MIMPI NTU HANYA SEMATA2 IBLIS YANG MENJELMA JD ROSUL KITA…

    SO, HATI2 YAH…DALAM MENAFSIRKAN MIMPI…..

    KUATKAN IMAN DAN TAKWA HINGGA AKHIR HAYAT KITA GUYS….

    INGAT !!!!! KITA MASIH SANGAT AMAT LEMAH DI MATA ALLOH SWT….

    ^_^

    maulana subhan zaen said:
    13 Juli 2009 pukul 08:39

    INSYA ALLAH JIKA KITA SELALU MEMOHON LINDUNGAN KEAMANAN DAN PENGAWASAN KEPADA ALLAH, PAGI SORE SIANG MALAM DAN SELALU INGAT PADA ALLAH SERING-SERING BACA SOLAWAT DAN TASBIQ, TAHLIL DAN TAHMID AKAN DIKABULKAN AMIIN

    KangBoed said:
    14 Juli 2009 pukul 15:35

    HMM.. ELING DALAM KESADARAN DAN WASPADALAH DALAM SETIAP LANGKAH.. KARENA ZAMAN SEMAKIN EDAN.. SEDIKIT SEKALI MANUSIA YANG HIDUP DI PIMPIN HATI NURANINYA.. MAKA TIADA YANG TIDAK MUNGKIN UNTUK SEBUAH HUKUMAN
    SALAM SAYANG

    KangBoed said:
    15 Juli 2009 pukul 12:06

    SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG TUK MAS SHODIQ YANG BAIK

    urutan pertama di google said:
    22 Juli 2009 pukul 14:20

    kutunggu artikel berikutnya…..

    arya said:
    25 Juli 2009 pukul 16:19

    saya pernah bermimpi saya membaca ayat kursi dan juga do’a
    nur buat. apa artinya ya mas shodiq
    wsslmkm.w.w

    Imas sumarni said:
    1 Agustus 2009 pukul 14:54

    Terimakasih buat teman2 yg udah respect trhd mimpi2 yg udah sy alami. Atas dkgn dan perhatian sy ucapkan hatur nuhun. Pa shodiq diantos berita mr jacho yg terkini. Salam hangat. Dari imas bandung tea.

    zepie said:
    2 Agustus 2009 pukul 04:42

    merurut saya mimpinya itu benar…. sudah dikatakan oleh beliau di dalam hadist, ”Barangsiapa yang melihatku di saat tidur maka seakan-akan dia melihatku pada saat terjaga; dan setan tidaklah dapat menyerupaiku.” (HR. Bukhari)
    kita harus meyakini hal tersebut adalah benar…jika anda mengatakan, bisa saja setan menyerupai beliau, itu sama saja anda ingkar kepada perkataan rosul, yang sudah jelas-jelas belaiu mengatakan bahwa setan tidak dapat menyerupainya….

    jika di dalam mimpi tsb bahwa jika rosul memberi azab kepada orang-orang yang nyata zalim, itu sudah menjadi sepatutnya…

      Suyono Adi Putro said:
      25 Agustus 2009 pukul 09:42

      Dengan menyebut Asma Allah yang Maha Bijaksana, saya meyakini bahwa mimpi bertemu Rosululloh SAW adalah benar adanya sebagaimana sabda Beliau, namun perlu dipahami juga apakah selama ini kita sudah berusaha menjalankan ibadah kepada Allah dengan baik sebagaimana yang Rosululloh contohkan dan apakah kita sudah sesering mungkin untuk BERSHOLAWAT atas Nabi Muhammad SAW, kalau kita jauh dari yang demikian maka perlu dipertanyakan mimpi tersebut.
      Alhamdulillah saya sendiri telah mengalami hal yang demikian itu (Bermimpi melihat Rosululloh) hal itu terjadi dibulan Suci Romadhon pada malam 17 romadhon beberapa tahun yang lalu. Dan itupun diawali dengan bermimpi melihat lafal ALLAH DAN MUHAMMAD dilangit dimana matahari hampir tenggelam pada malam 15 romadhon tahun yang sama.
      Semoga Allah tetap membimbing kita dalam kebaikan dan sholawat atas Baginda Nabi SAW.

    Imas sumarni said:
    3 Agustus 2009 pukul 01:29

    Leures pisan kang zepi ini br pernyataan no wahid..good lah..

    ok tauik said:
    23 September 2009 pukul 08:04

    nasihat ustad ini meragukan saya, masak sih orang maksiat tak akan di binasakan..zaman sebelum nabi saja banyak contohnya kaum yg bermaksiat di binasakan oleh Allah SWt, Rasulullah kan sebagai pmbawa risalah Allah swt kepada manusia. Maksiat akan mendapat ganjaran baik di bumi (saat ini) ataupun saat akan datang (di akhirat), terlepas mimpi kawan itu benar atau tidak.

    Adji said:
    3 November 2009 pukul 11:09

    Saya sangat meyakini bahwa mimpi bertemu rasullallah SAW itu benar adanya!, dan itu tidak boleh dibantah! kalo anda menggunakan logika anda untuk hal ini, marilah kita tarik kebelakang dulu! siapa anda? apa yang anda baca? siapa teman anda? logika itu tercipta atas dasar pemikiran dari apa yang anda lihat dan yang anda baca! saya yakin rasul itu tidak pandang bulu kepada umatnya, terserah dia orang alim, atau orang bejat! rasul punya alasan sendiri untuk bertemu dengan umatnya lewat mimpi! menurut saya kalo anda membantah hadist tersebut diatas dengan logika anda padahal hadist tersebut shahih adanya! maka sebagai seorang muslim, saya wajib menegur anda untuk beristighfar!
    agama tidak lah boleh dilogika, agama adalah keyakinan, tanpa logika agama harus terus berjalan!
    ma’af atas komen ini! salam ukhuwah islamiyah

    wati said:
    13 November 2009 pukul 21:35

    Assalam alaykum,

    Pak ustaz yang terhormat, saya mau tanya tentang mimpi dulu waktu saya masih kecil. Di waktu itu saya ngga solat maupun puasa. Di dalam mimpi saya ada dua orang arab, yang satu pake jubah putih dan yang satunya pake jubah hitam. Yang pake jubah putih nampar saya di pipi kanan dan kiri nyuruh saya solat dan puasa, yang pake jubah hitam ngasih tau saya bahwa itu nabi muhammad swa terus mereka menghilang entah kemana. beberapa tahun yang lalu saya bermimpi lagi entah itu orang yang sama atou bukan tapi yang jelas dia suruh saya untuk solat dan puasa terus saya tanya sama dia. Siapa kamu nabi apa bukan. Dia cuma sujut dan nyebut allah hu akbar tiga kali terus menghilan deck. Nah saya tanya sama nenek yang udah meninggal, sebenernya rupanya nabi muhammad tuk kaya apa. Nenek saya jawab, nabi itu panjang kakinya dan dia selalu berpesan sama umatnya solat lah sebelum mendapat ujian. Nenek saya yang udah meninggal ngasih tau saya begitu didalam mimpi. Ada satu lagi yang akan saya tanyakan sama pak ustaz, beberapa minggu yang lalu saya mimpi ketemu orang yang udah meninggal. Di dalam mimpi saya ketakutan lantas saya baca laillahaillallah terus ketakutan saya hilang. Orang yang mati kasih tau saya bahwa allah swt ternyata sangat penyayang dan dia semasa hidupnya takut sama allah swt. Saya tanya sama orang yang mati itu, apa kamu udah liat allah swt terus dia jawab udah. Pertama yang saya akan tanyakan apa itu bener nabi muhammad apa bukan. Yang kedua apa tuh bener dialam kubur udah ketemu sama allah swt sedangkan saya baca di buku maupun di internet, allah swt akan menemui hambanya di hari kiamat. Saya jadi bingung, apa karna saya kalo solat nangis minta di sayang sama allah swt di alam kubur dan di akhirat dan allah swt menunjukan lewat mimpi. Tolong pak ustaz jelaskan mimpi saya. Sebelumnya saya minta maaf karna bahasa saya kurang bagus, saya tinggal di luar negeri terlalu lama, sekali lagi minta maaf. Terima kasih sebelumnya.

    rahmi said:
    30 November 2009 pukul 10:43

    aslm.wr.wr..pak ustad yang disayangi Allah,,ana mo nanya ana pernah bermimpi melihat ibu saya yang telah meninggal dunia,,sepertinya beliau berada dalam taman bunga..,dia sangat cantik..sepertinya beliau kembali seperti wakyu muda dulu.. apa tafsir dari mimpi ini pak ustad???? sykran pak ustad

      wati said:
      1 Desember 2009 pukul 23:08

      Assalam alaykum,

      Mungkin ibu and di sorga kali.

    silviana said:
    18 Februari 2010 pukul 02:32

    asalamualaikum…
    maaf ustad saya berbeda pendapat. sy sangat yakin yg ditemui pemuda dlm mimpi itu rasulullah…
    krn iblis bisa menyerupai apa saja tapi tidak bisa menyerupai rasulullah.
    kalau menurut logika, kita saja umat nabi Muhammad, mengapa kita tidak bisa bertemu dg pemimpin kita(atau sekedar melihat beliau saja)…
    mungkin ia ingin memberi petunjuk kpd si pemimpi agar lebih mendekatkn diri kpd Allah….

    wiwi said:
    6 Maret 2010 pukul 13:24

    bukankah rasul tidak pernah bisa di tiru oleh setan?????

    guff said:
    19 Maret 2010 pukul 06:02

    Assalamu alaikum. Pak ustadz.. saya mau nanya. saya dlu prnh mimpi melihat Rosululloh sedang perang dan mimpi lihat makam Rosululloh. kmdian beberapa thn kmdian saya mimpi ada yg bilang saya titisan rosululloh. Maksud dari mimpi itu apa? saya tdk paham. terima kasih.

    Abdullah said:
    20 Maret 2010 pukul 18:01

    Subhanallooh. perlu bersyukur kpd Alloh dg mimpi anda.

    hamba Alloh said:
    21 Mei 2010 pukul 23:41

    Assalamu alaikum wr. wb.
    Sebelumnya saya bukan menggurui atau menceramahi saya bukanlah seorang yang ahli agama! saya menggunakan nama “hamba Alloh karena aku adalah miliknya dan kembali padanya” .
    saya hanya memberikan pendapat, kalau menurut pendapat saya, saya setuju dengan kata Pak M shodiq yang begini “berlindunglah kepada Allah dari segala godaan setan”
    namun saya kurang setuju dengan kata yang ini “Aku menduga, itu adalah setan yang mengaku-aku sebagai beliau dan hendak menjerumuskan dirimu.”
    jadi intinya adalah keyakinan anda yang dipertanyakan? ada yang pelu diketahui, ada keyakinan yang datang dari bisikan syaitan dan ada keyakinan yang datangnya dari Allah SWT. itu adalah rahmat, sebagaimana kita yakini bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya.
    tapi apakah jawaban mimpi itu benar atau tidak, jawabannya ada pada kamu sendiri. Apakah kamu seorang yang taat beragama dan apakah kamu sering bersholawat atas Rasul? atau mungkin itu adalah hidayah untukmu? agar kamu lebih taat beragama? semua umat Rasul bisa bertemu dengan baginda Rasululloh, jika Allah kehendaki. cobalah anda koreksi diri anda terlebih dahulu. kalau anda ingin sekali mengetahui benar atau tidak mimpi anda, sebaiknya anda bicarakanlah kepada ulama atau pada habaib. bahkan kalau perlu, bicarakanlah pada seorang guru besar, ulama, atau habaib yang sudah pernah jumpa kepada Rasululloh SAW. saya juga pernah bermimpi (Rasululloh) namun tidak terlihat wajahnya, tetapi hati saya mengatakan bahwa yang di samping saya itu adalah Rasululloh. (WALLAHU A’LAM).
    JADI dia yang bermimpi melihat Rasululloh saja, sudah dikomentari seperti di atas, apa lagi saya!!!!.
    Mimpi itu adalah nikmat yang diberikan oleh Alloh kepada hambanya.
    Rasulullah saw. bersabda, “Mimpi itu ada tiga. Mimpi yang baik merupakan kabar gembira dari Allah. Mimpi yang menyedihkan berasal dari setan, dan mimpi yang datang dari obsesi seseorang. Jika salah seorang di antara kalian mimpi yang menyedihkan maka hendaklah dia bangun lalu shalat dan tidak menceritakannya pada orang lain.” (H.R. Bukhari dan Muslim) berbeda pendapat itu boleh-boleh saja, tapi jangan saling mencaci maki atau bahkan bercerai- berai karena itulah tujuan dari syaitan.
    Wassalammu alaikum wr. wb.

    WATI said:
    23 Mei 2010 pukul 07:32

    assalam alaykum,

    kepada hamba allah swt, saya baca komentar anda dan saya sangat tertarik….sebelumnya saya minta maaf kalo ini menggagu anda. insha allah tahun depan saya pulang ke indonesia dan semoga allah meridhoi..saya mencari kiyai atao ulama yang tau arti mimpi. saya baca kalimat lailahaillallah didalam mimpi dan banyak sekali kegunaannya…tolong hamba allah swt yang terhomat kalo anda nggak keberatan kasih tau nama dan alamat mereka. ini email address saya (wati@live.com) terima kasih banyak dan semoga allah swt melindungi anda di dunia dan akhirat……wasalam.

    amando cesar nico said:
    15 Juni 2010 pukul 20:00

    salam kenal…aku mau naya …arty dal mimpi dan keyataan bila ketemu jubah hitam itu apa ya…

    acil said:
    16 Juli 2010 pukul 14:55

    saya pernah bermimpi melihat lafal Allah dan Nabi Muhammad dan matahari
    berterbangan diangkasa dan saya sempat menyentuh salah satu dari ketiga itu
    mohn apa arti mimpi itu

    Irham Hmpc Gorontalo said:
    15 Juli 2011 pukul 01:59

    Subhanallah…. Asyhadu alaa ilaahaa Ilallah…. wa Asyhadu Anna muhammadarrasullullah…

    dedy said:
    24 Juli 2011 pukul 21:59

    Ass pak mohon petujuk nya juga saya juga perna mimpi3 hari yg lalu tepat pada malam jumat jam 1 aku mimpi bertemu dengan rasululoh mereka dua orang satu memanyembut ya rosul, pada saat itu aku berada diatas tengah laut tanpa tengagelam badan saya dan saya di raih tangan saya kemudian di suruh ambil air wudhu, mohon balasan untuk arti mimpi kita sebelumnya mohon di balas pak

    cholik lubis said:
    13 Oktober 2011 pukul 11:18

    As’salam

    Pada dasarnya saya setuju atas komentar p.ustad akan tetapi saya juga gk setuju klo mimpi diatas adalah setan atau jin yg menyerupai rosululloh,bukankah jin dan sifat setan tidak dpt hadir menyerupai rosululloh…kecuali mimpi itu wujudnya cuma suara aja…trim sblumnya atas komen p. Ustad yg saya amini…wasallam

    m.armansyah said:
    6 Maret 2012 pukul 08:53

    ASS.WR.WB pak sy bermimpi melihat banyak harta yg brupa emas intan permata dll.dlam mimpi aq sngat bahagia menyentuh smua itu.tiba2 aq tidak sngaja menyentuh lafal ALLAh di slah satu perhiasan tersebut.stlah itu aq mengambilnya dan meninggalkan semuanya dan akhr aq trbangun tolong pak apa arti mimpi ku apakah mimpi itu membawa kebaikan buatku.

    m.armansyah said:
    6 Maret 2012 pukul 08:55

    APA arti mimpi melihat lafal ALLAH tolong diblaz

    Risma sekararum said:
    3 April 2014 pukul 15:23

    Asalamualaikum ustadz, saya mau bertanya apa arti mimpi melihat lafaz Allah SWT, Dan Muhammad SAW ? Waktu dalam mimpi saya sedang berada di atas helikopter bersama suami saya(suami yg mjd pilotnya) dan kami berdua melihat kebawah ada lafaz Allah dan Muhammad yg dibentuk oleh air yg begitu derasnya .. Dalam mimpi saya hanya bisa mengucap SUBHANALLAH tak henti2 sampai terjaga (waktu subuh) . Mohon bantuannya ustadz .. Tp yg jelas setelah bangun,saya merasa senang sekali … Krn terkagum2 bermimpi melihat lafaz tersebut ..

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s