Kehebatan Pemuda Indonesia Yang Diakui Dunia: Mengubah Kotoran Sapi Jadi Batu Bata

Posted on

Dilirik Dunia Karena Mengubah Kotoran Sapi Jadi Batu Bata
Rabu, 15/07/2009 03:04 WIB
Andi Saputra – detikNews

Jakarta – Bau, kotor dan menjijikan, itulah kesan pertama terhadap kotoran sapi. Tapi di tangan pemuda kreatif, kotoran sapi itu diubah menjadi batu bata. Kini, produk tersebut telah dilirik 22 negara di berbagai belahan benua.

“Batu Bata ini mendapat Juara 1 tingkat International dalam Global Social Competition Venture yang diadakan oleh Universitas Berkley, California, AS 2009. Saya bersama mahasiswa dari Universitas Prasetya Mulya Yogyakarta,” kata penemu batu bata kotoran sapi Syammahfuz Chazali, dalam Anugrah 10 Pandu Andalan Nusantara (PANDU) di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa, (14/7/2009).

Batu bata yang ditemukan mahasiswa Fakultas Peternakan, UGM ini 90 persen dari kotoran sapi. Sisanya dari tanah. Waktu merubah kotoran sapi menjadi bahan batu bata selama tiga minggu. Selebihnya diolah seperti batu bata pada umumnya.

“Biaya 30 persen lebih hemat,” tambahnya.

Alhasil, kini 22 negara siap mengadopsi teknologi ramah lingkungan tersebut. Guna menghindari permasalahan ke depan, hak paten sedang diproses dan rampung tahun ini.

“Mereka adalah 10 generasi pemuda yang perlu terus didukung,” kata Menpora Adhyaksa Dault dalam sambutan pada anugrah acara tersebut.

(asp/mok)

Iklan

16 thoughts on “Kehebatan Pemuda Indonesia Yang Diakui Dunia: Mengubah Kotoran Sapi Jadi Batu Bata

    JS said:
    15 Juli 2009 pukul 09:19

    Usaha yang sangat baik dan kreatif, yang seperti ini kiranya perlu di mendapat dukungan dari Pemerintah, baik secara moril maupun materil.

    zoels50 said:
    15 Juli 2009 pukul 09:43

    Semoga berita ini mendorong pemuda Indonesia lainnya mengikuti jejaknya.

    Saryono said:
    15 Juli 2009 pukul 09:49

    Bagus bgt tuh…..Untuk para remaja Indonesia yang lainnya Ayolah jangan mau ketinggalan and bersainglah yang sehat untuk menjadi mpenemu-penemu yang bermanfaat bagi orang banyak.
    SEMANGATTTT……………..

    dona said:
    15 Juli 2009 pukul 16:18

    bagus dunk yang namanya usaha kalo di tekuni pasti akan berhasil tp… ada ga yang bisa kasi ide usaha apa yang bisa bikin cepat kaya????

      hamka said:
      1 Oktober 2009 pukul 21:29

      oh saya tau klo pingin cepat kaya adalah …………… pelihara toyul he he he kan toyul suka sm duit bener kan?di jamin kaya deh dah banyak yang berhasil pingin tau tempat jual toyul hub … ?

    Jupri said:
    15 Juli 2009 pukul 23:24

    apa nggak najis tu batanya pak? ntar kalo buat mbangun mushola , sholatnya nggak sah dong… kotoran kan najis.
    Ada agenda terselubung dari penghargaan ini. Konspirasi menjatuhkan Islam !

    anne_chantique said:
    16 Juli 2009 pukul 09:40

    Alhamdullilah! ^^
    Jangan skeptis dulu akh dengan penemuan ini, kita kan belum liat prosesnya buatnya gimana, ga bodoh juga negara2 didunia iyang tertarik itu…sikap yang begitu buat kita gak maju2…hal yang aneh memang lumrah di sikapi tapi dengan daya pikir yang masuk diakal, dan nalar dong…

    ahmad surya said:
    16 Juli 2009 pukul 15:28

    klo kotoran sapi jadi batubata tu bukan hal baru, dah lama didesa q, orang kota aja yang baru tau…? telat……………..

    ahmad surya said:
    16 Juli 2009 pukul 15:31

    tanahnya tu dicampur kotoran sapi tu, klo kotoran doang yg gk bisa jdi, gk lengket, salam kenal ani………! iya ya klo buat bangun masjid gmana tu batanya ya, mungkin ada dalilnya pak shodiq, atau hadistnya mgkin

    dhieeewhe said:
    17 Juli 2009 pukul 13:08

    weh ^_^ keren 🙂
    masih banyak anak bangsa yang hebat2 😆

    cahayasura said:
    17 Juli 2009 pukul 23:21

    biaya 30% lebih hemat maksudnya gmn?
    lha wong tanah tinggal ambil, justru kotoran sapi lebih bagus dijadikan pupuk

    mbah jambrong said:
    18 Juli 2009 pukul 11:52

    Teknologi jangan dicampur baurkan dengan masalah habluminallah, so Allah maha adil kepada umatnya. teruskan bikin inovasi dari kotoran sapi……i

    dahri said:
    18 Juli 2009 pukul 14:15

    Salut buat mas Syammahfud atas kreatifitasnya. Semoga juga menemukan hal-hal baru lainnya. Untuk kotoran sapi ini, sebaiknya jangan dijadikan batu bata, barangkali lebih baik dijadikan pupuk saja, karena pupuk kandang masih kurang dan sangat bagus untuk menyuburkan tanah, ya.

    happy dohita said:
    19 Juli 2009 pukul 15:28

    Selamat atas karyanya semoga anak bangsa yang lain juga menyusul, jadi tak adalagi kotoran sapi yang bertumpuk di kandang sallut buat mas okey

    acim said:
    8 Maret 2010 pukul 17:06

    wow keren amat,,,, bisa nggak ya kotoran sapi tu di buat makanan lezat….?? hahahhaa

      SIWO said:
      8 Juni 2010 pukul 11:04

      untumu

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s