Kunci Sukses Valentino Rossi Menurut Jorge Lorenzo

Posted on Updated on

Menurut banyak orang, mungkin kunci sukses seorang pembalap motor adalah yang paling lihai dalam mengebut atau mengendarai motor sekencang-kencangnya. Namun, menurut Jorge Lorenzo, kunci sukses Valentino Rossi (sang juara dunia MotoGP berkali-kali) adalah kehebatannya dalam melakukan pengereman. Hal ini mengingatkanku pada sabda Rasulullah saw., “Orang yang [sungguh-sungguh] kuat bukanlah yang kuat dalam bergulat, tetapi yang [kuat] mengendalikan diri ketika marah” (H.R. Malik dari Abu Hurairah r.a.)

Pernyataan Jorge Lorenzo itu terkandung dalam kutipan berikut:

Kalah Lagi dari Rossi, Lorenzo Sangat Kecewa
Senin, 20 Juli 2009 | 17:00 WIB

SACHSENRING, KOMPAS.com – Jorge Lorenzo kembali gagal menaklukkan Valentino Rossi saat mereka bertarung di GP Jerman, Minggu (19/7). Sempat menyalip dan memimpin beberapa putaran, Lorenzo akhirnya kalah dengan selisih waktu 0,099 detik dari rekan setimnya di Fiat Yamaha tersebut.

Ini nyaris serupa dengan apa yang tersaji di GP Catalunya 14 Juni lalu. Waktu itu, Lorenzo dan Rossi yang mendominasi pertarungan dan mereka menghadirkan drama menengangkan. Di tikungan terakhir menjelang finis, Rossi melakukan manuver dengan menikung sebelah dalam sehingga Lorenzo akhirnya harus puas finis di posisi dua.

Tak pelak, mantan juara dunia kelas 250cc tersebut kecewa. Dia mengaku tidak bahagia karena gagal naik podium nomor satu lagi meskipun sudah memimpin selama tiga lap, sebelum “The Doctor” mengambil alih pimpinan pada satu lap terakhir dan mampu mempertahankannya sampai garis finis.

“Saya sangan kecewa,” ungkap Rossi kepada televisi Italia1. “Tetapi kami telah finis dan naik podium lagi di mana ini merupakan hal yang penting, karena peluang untuk menjadi juara dunia masih sangat terbuka lebar,” tambah pebalap Spanyol tersebut.

Ya, balapan MotoGP musim 2009 ini masih tersisa delapan seri lagi. Artinya, kesempatan Lorenzo untuk mengejar Rossi yang kini memimpin klasemen sementara dengan total poin 176 masih sangat banyak. Apalagi, duo Yamaha tersebut hanya berselisih 14 angka.

Belajar dari dua persaingan tersebut (di Catalunya dan Sachsenring), Lorenzo tahu bahwa dia salah strategi. Menurutnya, melawan Rossi dia harus tampil agresif sejak awal sehingga bisa menciptakan jarak yang jauh. Dengan demikian, sulit bagi Rossi untuk mengejar lagi.

“Persoalannya, mungkin strategi yang diterapkan salah: Saya perlu menyalip Valentino secepat mungkin, karena jika tidak maka dia akan tampil maksimal dan melakukan manuver hebat di akhir lintasan lurus. Nah, setelah itu pasti sangat sulit untuk melewatinya lagi karena saya tidak melakukan rem dengan kuat.

“Jika agresif sejak awal, mungkin saya bisa menciptakan jarak yang jauh dengannya. Valentino sangat hebat dalam melakukan pengereman, dan saya merasa belum siap mengalahkannya. Kami sedang berusaha menuju ke sana dan mungkin suatu hari nanti kami bisa melakukannya.”

LOU
Sumber : autosport

Iklan

55 thoughts on “Kunci Sukses Valentino Rossi Menurut Jorge Lorenzo

    tutik said:
    23 Juli 2009 pukul 15:51

    Terus berjuang Rossi dan Lorenzo berusaha y…..

    Alid Indriani said:
    23 Juli 2009 pukul 22:14

    Butuh kerja keras untuk mengalah kn r0ssi

      beni said:
      24 Juli 2009 pukul 13:03

      meskipun keduanya dari tim yang sama ( fiat yamaha ) setingan motor mereka berbeda satu sama lain, lorenzo memempunyai setingan yang bagus lihat saja di setiap rice dia selalu yang menduduki puncak top speed, tetapi rossi walaupun mempunyai top speed sedikit dibawah lorenzo dia pandai mengatur kecepatan di tikungan yang lorenzo belum kuasai benar, apalagi kalo duel one on one kasi saja sama yang ahlinya, THE DOCTOR

        erwin valentino said:
        7 Oktober 2009 pukul 13:23

        setuju bro..

        titin said:
        24 November 2009 pukul 09:31

        titin

        ak pnggmar brat akag oci ne……………

    RISDIAN ILHAM A,M.D said:
    24 Juli 2009 pukul 18:12

    YANG PASTI ALEX BARROS BUKAN ROSSI ATAU LORENZO KARENA DIA ALEX BARROS DI JULUKI DEMON LATES BRAKING

    tatiek said:
    27 Juli 2009 pukul 01:38

    rosi untuk saat ini merupakan pembalap yang terbaik

    Nunung said:
    8 Agustus 2009 pukul 16:28

    Salut tuk lorenzo, karna dia mempunyai skill dan mental tuk melawan rossi… bagaimana pun.. Rossi msh mnjd rival berat tuk rider2 yg lain y, tp,jagoan ku yg sesungguh y hanya Valentino Rossi….The Doctor…I LOVE U Fulllllllll mmuahh… ^_^

    Agista putri said:
    8 Agustus 2009 pukul 20:59

    Ak suka lorenzo. .
    Ak ngefans dy. .
    Tp, d atas segalany V. Rossi ku yg ttp kucinta. .
    Usaha lorenzo mmng keren tp, bgmnpun jg Rossi mmg sang ahli balap mtor. .
    Hrus, blajar bwt lorenzo kalo mmg ingin mnjd the next Rossi. . Tp, ak yakin btuh puluhan taon untuk ad lg the next Rossi. .

    rini said:
    10 Agustus 2009 pukul 11:01

    rossi & lorenzo adlh stu tim yg kuat.menrt q rossi sudah mendptkn pasgn yg tpt yitu lorenzo,,,,,,tp denger kbr klu lorenzo akn pndh k honda????q hrp tu sih brita yg salah.krna mreka sudah sgt kompak,,,sgt di sygkn klu tu bnr2 trjdi,,,
    q sih brhrp lorenzo bsa meneruskan karier rossi,,,jka rosi sudh pensiun nanti!!!!

    masjaliteng said:
    20 Agustus 2009 pukul 14:27

    pengendalian diri kuncinya tentu berbanding lurus dengan kedewasaan atau kematangan berpikir yang tidak grusa-grusu…

    rina ayu w said:
    26 Agustus 2009 pukul 09:33

    , , , , ,rossi tiap penampilan na thu uke bgd . . .

    , , , , tapi lorenzo gak kalah coz bocah thu puna skill yg beda , , ,

    , , , , , ,SUKSES ea buat team yamaha fiat

    Defri kurniawan said:
    5 September 2009 pukul 15:27

    Defri adlh pmblap yg akan menggantikan khebatan valentino rossi,
    dia akan menghebohkan dunia pda masa tuch.

    inyoenk said:
    7 September 2009 pukul 16:19

    maju terus rpssi pantang menyerah..jangan takut dengan lorenzo..

      alfet said:
      27 Juli 2010 pukul 00:48

      I was once the same nefans v.rossy, according to the best …… I Rossy Rossy successfully make sure you can catch points and beat the world champion Lorenzo and become more successful for Rossy

    gilang said:
    12 September 2009 pukul 23:03

    the doctor the one and the only one, mungkin lorenzo the next? ayo pembalap indonesia maju terus buktikan kehebatan kalian!!!!!!!!!!!!!!!

    duwi w said:
    3 Oktober 2009 pukul 11:02

    bagiku rossi tetap rosi gak ada yang lain ok…..hidup rosi

    erwin valentino said:
    7 Oktober 2009 pukul 13:25

    nga sah blapn moto GP klw jagoanQ klah.. Rossi..!!

    Jasmine said:
    8 Oktober 2009 pukul 01:27

    Rossi emang wuokeeeee…..

    Agus said:
    8 Oktober 2009 pukul 17:19

    Menurut saya rossi sang raja sirkuit deh he..

    neneng huliyah as said:
    10 Oktober 2009 pukul 22:53

    Rossi itu punya mental juara abizzzzzzz…………
    n lorenzo bisa jadi calon pengganti dengan syarat kalo Rossi pensiun hehehh………..

    quinsi said:
    12 Oktober 2009 pukul 20:35

    rossy juga manusia biasa,lorenzo adalah pembalap mental juara,hanya saja pengalaman lorenzo masi di bawah rossy,dan rossy adalah raja nya moto gp,dan rossy tertawa saat mengatakan itu,heheheheheh…..

    radik said:
    13 Oktober 2009 pukul 10:07

    rossi tenang
    lorenzo berambisi
    pkokx rossi bro

    Nita Yuliani said:
    20 Oktober 2009 pukul 14:14

    Rossi is the best rider foReveR…..
    Sehebat apapun Lorenzo,,teTep Rossi yang aDa di HaTi…
    go..Kang Ochi…go…46!!!!!

    gina said:
    20 Oktober 2009 pukul 19:25

    hhaaaa… bjuang tuz dde bwt rossi, jgn klah ma junior hhe

    Zulfa ferina said:
    20 Oktober 2009 pukul 23:21

    Rossi pazti jawaranya…
    Pnentuan ad disEpang…
    Kalopun LorenZo mw jd jawara nanti kal0 Rossi udh pensiun. . .w0keehhh

    valentino rahmawati said:
    23 Oktober 2009 pukul 13:43

    hahahahaahaaaaaaaaaaaaaaaaa……………….
    bener bgt!!!!!!!!!
    the doctor still number 1……….
    i love u valeeeeee
    semangat sayang….!!!!!!!!!!!!!

      dayat,,flamb said:
      25 Oktober 2009 pukul 14:21

      setuju………….rossi menang!!!,,,,tp tidk setuju….kl km panggil sayang,,,dia dr itali mn mawu ngerti bhsmu…panggil sayang ama ak aja,,,,setuju….toch..

    sumiyatun said:
    23 Oktober 2009 pukul 16:11

    Rossi is the best

    dayat,,flamb said:
    25 Oktober 2009 pukul 14:06

    ayo rossi walaupun hujan di sirkuit malysia (sepang),, kamu tetap harus yg pertama,,,,,,,,,,,,,,,comeback the,,doctor,,

    Tony R.H.S said:
    6 November 2009 pukul 17:19

    rossI……. W pNya usUL…. PinDAh aja ke Dukati…. biar makin tak terkalahkan…..! pembuktian kl rossi ga pengaruh dgn jenis mtr apapun…. ok!

    aBi said:
    6 November 2009 pukul 17:23

    Rossi……! w tantang Loe balap karung di sentul….!

    rinaaaaaaaaaaaaa said:
    6 November 2009 pukul 21:57

    yoai coooy bagaimana pun rossi tetap di hati.

    Hady said:
    7 November 2009 pukul 02:07

    Selamat bwt VR dah mmpertahankan mahkota juara dunia 2009…
    Wajar aj bIsA JuArA LAgi dy kaN LEbiH TAU gmM performa yzf m1 nYA…

    Machi said:
    7 November 2009 pukul 18:41

    Wehehe..Vale you are my best motivator..World champion=cum laude..

    TONY Risbiyantoro said:
    7 November 2009 pukul 20:31

    Rossi…..aq tantang km…..! datang ke indonesia….datanglah Rossi…. aq tantang di sentul….balap karung…. he…he..

    TONY R said:
    7 November 2009 pukul 20:34

    Wahai….fans Rossi…..x ini Rossi ga naik podium….percayalah….sehebat apapun Rossi psti ada apes nya….

    maria veronica said:
    7 November 2009 pukul 20:39

    gw jg stju…..! bosan denger Rossi….,Rossi…, udh ganteng ga…. pembalap kurang Gizi…………..! bgs Rosso tau…!

    cintya said:
    7 November 2009 pukul 20:42

    Rossi….mulu Basi…..ky ga ada pmbalap lain aja….! gw Jagoin Lorenzo aja aachhhh……..

    Indi Cntik said:
    7 November 2009 pukul 20:45

    Rossi…….hmmmm ga banget tuch….!

    Tony R.H.S said:
    7 November 2009 pukul 20:47

    bgs na Rossi pakai Motor Odong2…. biar di belakang sndiri…..

    Ica..imoet said:
    7 November 2009 pukul 20:50

    iyaa…w jg berdoa….biar Rossi kalah…. w pingin knlan ma cp td….Tony R.H.S……aneh ja nm na….. leh knl ga mas….. mau ya….

    Tony R.H.S said:
    7 November 2009 pukul 20:53

    blh ja…..tp ga blh nkl ya…… w jg bs balap….

    Ica..imoet said:
    7 November 2009 pukul 20:55

    aciiiikk….tx ya…dah mau knln….hmmm…. blp pa,n dmn….?

    Tony R.H.S said:
    7 November 2009 pukul 20:58

    blp karung,….balap mkn…. blp….apa lg y?……….. balapan bikin lagu….itu hoby qu…

    valentina yoichi said:
    15 November 2009 pukul 12:33

    i love u vale 4ever

    abi saputra said:
    16 November 2009 pukul 13:19

    rossi….basi!

    Satrio said:
    24 November 2009 pukul 09:54

    titin Rossi udh basi…..!

    anangm muzran said:
    2 Desember 2009 pukul 08:13

    rossi behaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaatttttttttttttttt …..
    menangterussssssssssssss nyaaaaaaaaaa

    anangm muzran said:
    2 Desember 2009 pukul 08:20

    rossi hebattttttttttt menagn terus nya…………

    shinta said:
    12 Desember 2009 pukul 12:37

    the DOCTOR ttap lah the DOCTOR.!
    meski sw2 sa’at rossi sdah gx bsa lg trun k jlan bwt blapan tpi performa ny akn ttap slalu d hati.

    Reza Rossi said:
    9 Januari 2010 pukul 13:21

    Sukses slalu bwt Rossi, Rossi Is The Best & tak terkalahkan.

    zhelis rossi said:
    21 Januari 2010 pukul 23:04

    ayo kita liat aja reaksi rossi di musim 2010 ini,,,,,

    healthy tips said:
    11 Februari 2010 pukul 13:17

    rossi is the best!!!

    Angga said:
    11 Maret 2010 pukul 02:42

    Ayo… Lorenzo kmu psti bs, kjar truzz musuh2mu. Biarpun kmu msh muda aq akn ttp mndukungmu… Cmangadz clalu bwt Lorenzo.

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s