Memilih Jodoh yang Baik Menentukan Syurga dan Neraka-mu

Posted on Updated on

“…Sesungguhnya wanita budak mukmin lebih baik daripada wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu…”
(al-Baqarah[2]:221)

Di situs ini banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan mengenai jodoh dan percintaan. Dilemanya juga sangat menarik dan beragam, aku sendiri sempat beberapa kali mengomentari pertanyaan-pertanyaan itu dan merupakan kebahagiaan tersendiri saat mereka mengatakan bahwa itu sangat membantu. Tapi ada juga sebagian dari mereka yang masih belum menemukan jawabannya. Nah, di dalam tulisan berjudul, “Memilih Jodoh yang Baik Menentukan Syurga dan Neraka-mu” ini aku pengen mengutarakan ide-ide dan pemikiran sederhanaku berdasarkan pemahaman sederhana dari Hadist dan Ayat suci Al-Qur’an.

Ayat di atas menegaskan kepada para Laki-laki untuk memilih istri karena kualitas agamanya, bukan karena kecantikannya ataupun karena kekayaannya. Ayat ini sekaligus memberikan jawaban atas pertanyaan yang menanyakan perihal memilih istri yang bukan muslim. Lalu apakah hal ini berlaku untuk wanita? Jawabannya, sudah barang tentu ya!

Seorang wanita muslim hendaknya memilih suami yang memiliki agama dan kepercayaan yang sama. Kejadian yang kerap terjadi di masyarakat ketika seorang wanita akan dipersunting oleh pria non-muslim, sang wanita selalu berada di pihak yang tertekan dan akhirnya beralih kepercayaan, sayangnya pula tidak sedikit wanita muslim dibutakan oleh al-‘isyq atau cinta buta sehingga dengan mudah berpindah agama.

Ada sebuah cerita berkenaan dengan pentingnya memilih suami seorang muslim. Suatu hari seseorang bertanya kepada Hasan al-Bashri, “Aku mempunya anak perempuan dan dia banyak yang melamarnya, lalu kepada siapakah aku harus menikahkannya?” Hasal al-Bashri menjawab, “Nikahkanlah kepada laki-laki yang takut kepada Allah SWT, karena jika dia mecintainya dia akan memuliakannya dan jika dia membencinya dia tidak akan menzaliminya.” [Khabar Hasan, HR Ibnu Abi Dunya, dikutip dari Majdi Fathi, al mu’asyarah az-Zaujiyah]

Kemudian Hadist Riwayat Ahmad bercerita, Rasulullah saw bersabda, “Lihatlah di mana engkau berada bersamanya, sesungguhnya dia adalah surga dan nerakamu.”

Hadist di atas bercerita bagaimana pentingnya memilih suami yang beragama agar ketika sesuatu terjadi, insya Allah jalan keluarnya adalah berupa kebaikan. Istri yang baik dan shalihah adalah kunci kesuksesan seorang suami memimpin rumah tangganya, dan suami yang bertanggung jawab lagi muslim adalah cahaya pelindung bagi kerajaan rumah sang istri.

28 thoughts on “Memilih Jodoh yang Baik Menentukan Syurga dan Neraka-mu

    zepie said:
    2 Agustus 2009 pukul 04:58

    hukum REZEKI, JODOH dan MAUT adalah sesuatu hukum yang pasti…tidak perlu diminta pun pasti akan datang….ibarat seperti suatu benda jika dilempar ke atas PASTI akan jatuh ke tanah…

    begitu pula dengan jodoh…baik buruk jodoh yang diberikan Allah kepada kita sesuai dengan diri kita sendiri…jika kita orang yang beriman, pasti mendapatkan jodoh yang beriman pula, jika seorang yang musyrik, pasti mendapat jodoh seorang musyrik pula…

    Allah berfirman: laki2 penzina tidak akan menikahi melainkan wanita penzina atau wanita musyrik. wanita penzina tidak akan dinikahi melainkan oleh laki2 penzina atau laki2 musyrik. dan hal yang demikian itu telah diharamkan atas orang2 mu;min. [Qs An-nur ayat 3]

    JS said:
    3 Agustus 2009 pukul 10:08

    Kalau membaca judul ini “Memilih Jodoh yang Baik Menentukan Syurga dan Neraka-mu” seperti kurang berkenan, seakan akan jodoh merupakan penentu orang masuk surga dan neraka. Setahu saya yang menentukan kita masuk dan neraka adalah Allah.

      susilo said:
      3 Agustus 2009 pukul 18:37

      Ya iyalahhh…bayangkan kalo kamu dapat seorang jodoh wanita pezina apa ngak runyam rumah tanggamu,…terus kamu pukul dia terus kamu bunuh dia alhasil kalian berdua jadi dapet tiket keneraka. logic kan?

    aspal07 said:
    3 Agustus 2009 pukul 15:54

    Wah bisa menjadi kontroversi juga yah, tapi tulisan di atas ada benarnya. Bagaimanapun istri kita nanti memberikan perngaruh besar terhadap hidup kita.

    Inilah 5 Browser Ponsel Alternatif Selain Opera Mini

    laila said:
    8 Agustus 2009 pukul 12:17

    mungkin pertanyaan saya gak ada hubunganny sama tulisan di atas tapi saya mau nanya sekalian mengungkapkan isi hati saya.

    saya udah 19 tahun dan gak pernah pacaran sama sekalitapi sama seperti anak muda lainnya saya juga kadang2 pengen punya pacar dan banyak yg bilang saya manis dan cantik tapi gak pernah ada satu orang pun yg ‘nembak’ saya. saya bingung apa sifat saya jelek atau apa saya emang belum pantas atau mungkinkah Allah punya rencana sendiri buat saya?

    bagi yg bisa bantu saya atau punya nasihat tolong beri tahu saya ya.

    makasih ^^

      yusuf said:
      12 Agustus 2009 pukul 08:02

      jangan berkecil hati,,,mungkin karena ke-anggunan sikapmu yang membuat para cowo berpikir dua kali untuk menjadikanmu cewenya.. justru kamu harus bersyukur, dan kamu harus yakin bahwa yang kamu dapat dan kamu miliki saat ini adalah YANG TERBAIK YANG ALLAH KASIH BUAT KAMU……..

        engkaudanaku said:
        13 Agustus 2009 pukul 16:57

        Iya, dengan yakin akan seseorang yang terbaik yang telah di siapkan Allah, akan menentramkan hati. Subhanallah….. Salam Indah, ^_^

      luvaholic9itz said:
      14 Agustus 2009 pukul 20:32

      huduhhhhhh laila,, semeriwing dueh diriku baca komen muh,, beneran mauk ditembak.??? sakit lhooo
      mau pake senapan apa en seri berapa nih,,???😀😀

      ahmed said:
      25 September 2009 pukul 19:23

      Assalamualaikum
      menurut saya segala sesuatu di dunia ini tercipta berpasang-pasangan jadi ngga’ mungkin mba’ tdk mendapatkan pacar mungkin,pada saat ini mba’ blm ditakdirkan oleh Allah
      Tapi mba’ hrs yakin bhwa tuhan pasti punya “rencana” lain
      yg lebih baik dari harapan kita
      Hanya ini yg bisa saya sampaikan semoga sermanfaat
      Wassalamualaikum

      Rina Suardi said:
      25 September 2009 pukul 20:08

      Assalaamu’alaikum laila..

      Salam Kenal ukhtii shogiir…

      Bersyukurlah.. ya ukhtii…
      Renungkan dengan baik…
      Apakah memang engkau membutuhkan pacar atau itu hanya luapan emosi belaka dikarenakan lingkungan?
      Tidak sama dengan anak muda yang lain bukan berarti ada yang kurang dengan diri kita. Segala sesuatu butuh pertanggung jawaban.

      Itha aby said:
      29 Maret 2012 pukul 20:53

      Mungkin engkau adlh org” pelihn yg di jauhkn dr maksiat krn pacarn itu membuat bxk org trperangkt dlm zina. Ketika laki” yg dtg menghmpiri anda brarti dia org” pelihn yg sudh disiapkn utk anda.

    ahmad surya said:
    8 Agustus 2009 pukul 15:13

    slam buat laila, kurang persis yg kamu rasakan sama dengan saya,
    itu dulu, tapi kalo sekarang saya dah waktunya untuk menikah, karena gk da pengalaman pacaran, mlaah saya, gk kesulitan mencari jodoh, kalo menurut saya, itu bagus kamu gk pacaran, sebagai wanita muslimah,apalagi cantik, kalo sifatnya baik, nanti pasti diberikan jodoh yg baik, biasanya seperti itu, krna nanti klo dah pcaran 1 kali putus, u malah akan kecewa, o maaf saya pernah 1x pacaran n sakit bila diputusin , lebih baik gk usah pacaran, lgsung nikah aza, perkenlan gk usah lama2, klo dipandang baik orgnya n kluarganya lgsung aza. ok non.trisnos13@yahoo.co.id

    lala said:
    10 Agustus 2009 pukul 19:54

    saya setuju dgn wacana diatas,kan di AlQur’an udah ada tinggal kitanya aj mencari jodoh sesuai aturan feqih.
    Pada dasarnya nikah itukan ibadah yang mencari barokah Alloh,alangkah indahnya jika pasangan hidup kita bisa saling mengingatkan untuk sgala didunia ini utk ibadah.

    Yg dcari itu kan pasangan yg bs mbimbing dan saling mengingatkan tujuannya kan bs slamat dunia aherat, ya kan………?!

    saya senang dgn adanya blog ini, semoga sesama muslim bs saling tukar pendapat

    f4ni said:
    10 Agustus 2009 pukul 20:40

    saya setuju dgn wacana diatas,kan di AlQur’an udah ada tinggal kitanya aj mencari jodoh sesuai aturan feqih.
    Pada dasarnya nikah itukan ibadah yang mencari barokah Alloh,alangkah indahnya jika pasangan hidup kita bisa saling mengingatkan untuk sgala didunia ini utk ibadah.

    Yg dcari itu kan pasangan yg bs mbimbing dan saling mengingatkan tujuannya kan bs slamat dunia aherat, ya kan………?!

    saya senang dgn adanya blog ini, semoga sesama muslim bs saling tukar pendapat

    luvaholic9itz said:
    14 Agustus 2009 pukul 20:40

    “Lihatlah di mana engkau berada bersamanya, sesungguhnya dia adalah surga dan nerakamu.”

    t.e.r.h.a.r.u diriku :((

    lelaki : maaf aku hanya bisa menundukkan kepala dan menekuk kaki sebatas ini karena sujudku hanya untuk Tuhanku
    *pose melamar lagi kasih cincin

    wanita : diriku bersedia dangdutan bersamamu karena kamu SURGA ku

    hepi ending..!!!!!!!

    laila said:
    16 Agustus 2009 pukul 09:09

    waaahhh…..makasih banyak ya buat nasihat2nya. jadi terharu….

    makasih banyak yaa…. ^^

    Syahren Nabilah Harun said:
    9 September 2009 pukul 09:13

    ass.
    laila…g’ uzah b’kcil ati yach.
    g’ ada yg nmbak blom tentu brarti g’ ada yang mau loch.
    s’orang cwe’ cntik dan b’akhlakul karimah itu punya pngaruh GD buat seklilingnya t’msuk lwan jnisnya. ia akn dihormti dan dihargai oleh krena itu g’ smbrang cwo yg brani. plagi yg ulahnya urakan, khmm g’ banget karena s’org cwo’ itu brani sm cwe’ klo cwe’ brani sm cwo’, tentunya dalam versi ngatif dan psitif.
    jdi…sranku nich, tetep hormati lawan jnismu, insya Allah dia pun akn mnjga khormtanmu.
    mnurutku…single lbih enak. krn bisa lbih deket ma kluarga dan tentunya sama Allah jg. tunggu mpe ada yg nglamar.

    eyo said:
    30 November 2009 pukul 14:51

    hai,laila jangan berkeci hati……aku juga ngalamin hal yang sama ma kamu……mencegah lebih bae daripada mengobati hati yang terluka percayalah Allah akan siapkan jodohmu yang terbaik selama kau baik………:D

    widarti said:
    30 November 2009 pukul 15:51

    assalamualaikum……..semua remaja islam yang sedag menanti jodohnya. aku ada problem neh…… bantu ya…. aku mash 19thun, pernah pacaran se kali waktu uda tamat SMA, gtu jd mahasiswi di putusin………. duh…. ehem… ehem…. jd ingat masa lalu. kini aku males pacarn, banyak cowok nembak aku…. tapi aku tolak dengan baik2.kata islam carilah pasangan yang baik agamanya…. aku uda dapatin itu dari sosok cwok sederhana, tapi suer… alim banget… n itu yang aku cari(mudah2an dia baca pesan aku ini ya), trus terang aku gak ada rasa cinta sama dia.. tp agamanyalah yang buat aku jd kagum sama dia…terkadang aku berfikir… inilah hidup.. di saat aku hanya menginginkan satu cowok di dunia ini tapi.. dia acuh sama aku, namun di sisi lain banyak cwok yang bukan tipe aku (dalam hal agama) yang nembak. suer… aku bingung… haruskah aku jd cewek yang agresif tuk dekatin dia..(oh no………….Idon’t like it)tapi aku tau allah pasti kasih yang terbaik untuk aku…
    mampir ke FB aku yuk…………… gadis.sahid@yahoo.com

    Agung F said:
    30 November 2009 pukul 19:07

    Sekedar curhat, waktu saya SMA, saya pernah suka pada seorang perempuan non muslim. Entah mengapa saya menyukainya, tiba-tiba perasaan itu muncul begitu saja. Saat itu, saya masih ber-titel preman di sekolah saya. Lama kelamaan, perasaan saya semakin menggebu-gebu, dan akhirnya saya pun mencoba untuk mendekatinya. Beberapa waktu kemudian, dia memberi saya sebuah injil. Awalnya saya cuma menyimpannya sebagai pajangan, tapi ketika sedang iseng saya pun membacanya. Beberapa keanehan banyak saya temukan dalam injil itu, kemudian saya pun membuka al-Qur’an (yang sebelumnya tidak pernah saya sentuh sama sekali), dan Subhanallah, saat itu hidayah Allah turun, Saya pun bertaubat. Dan setelah itu saya tidak mempunyai perasaan apa-apa lagi terhadap dia. Aneh kan?
    Allah menunjukkan pintu surga dengan jalan yang tidak bisa terpikir.. Wallahu a’lam..

    Amin said:
    18 Januari 2010 pukul 09:22

    Kunci masuk syurga salah satunya berasal dari keluarga kita.

    Gladiez ayu said:
    4 Maret 2010 pukul 19:19

    Thanks bgt saran2 ny bgus…tp bntu q y skrang ini q udah pacaran 2thn sma laki2 yg sangat q cintai tapi masalahny waktu ajak die menikah dia menolak dengan alasan belum siap..padahal q gak mau coz lma2 pacaran kan gak baik,,kira2 apa yang hrus q lakukan?putusin dia atau tetap jalani hubungan ini?mkci

    yeni kurniasih said:
    12 November 2010 pukul 10:38

    tak cukup hanya yang seiman….tapi harus Beriman….!!!

    serpihanhati said:
    10 Desember 2010 pukul 17:57

    kalau yang namanya jodoh sih sudah di tangan tuhan,
    manusia hanya bisa berusaha dan tuhan lah yang menentukan semuanya
    apalagi bagi orang yang keasikan bekerja kadang tak terpikir mau nyari pacar dengan pertimbangan masih harus membiayai kebutuhan untuk orang tua atau untuk saudara-saudara yang lain, dulu orang bilang kalau kita sukses jodoh akan datang dengan sendirinya tapi setelah ku jalani kata-kata tersebut tidak berlaku di jaman sekarang ini

    ria said:
    11 Desember 2010 pukul 23:38

    assalamualaikum,, saya belum lama ini putus sama cwo saya.. pdahal sehabis lebaran idul fitri mau menikah,, cuma gak tau napa dia mutusin saya gitu aj.. dengan alasn dia udah 7 x sholat istikharah tp jwab na .. ada saya,, tp saya mbelakangi dy..
    n dia jd berubah smenjak dia mngenal teman na yg mngajak ia berguru di jalan ALLAH.. n smenjak itu ia sangat berubah,, dulu ibu saya slalu dia dengar,, tp skarang udah gak pernah.. pdahal dulu dia sampai brani bersumpah d AL-QUR’AN dia akn mncintai saya.. jka ia langgar maka ia akan terkena musibah.. sempat ia pernah ikut berguru dgn guru ayah saya,, n guru nya berkata,, jika saya mnikah dengan ia,, maka 10th kmudian saya akan di tnggal mati n smenjk itu dia takut.. n saya myakinkan dia kalo hidup mati seeseoarng tdk ad yg tahuu.. wallahu wa”llam.. skrang saya mrasa ia jdi orang yang sombong n munafik.. n apalagi dia dapat pngganti saya yg berjilbabb…
    ap slah saya…??? pdahal maf sblum saya mngenal dia,, dia cwo yg ga baikk,, krna saya syg n ingin dy mnjdi yg terbaik di mata ALLAH n kluarga saya.. skrang ibu sya sudah mnyayangi na tp dia malah menjauh,, seolah kami gak pernah ad di khidupan dia sbelumny.. memang sy termasuk wnita yg keras,, tp saya lakukan itu ingin dia mnjadi baik.. n dia pun mnerima krna saya ingin yg terbaik untuk dia..
    saya bingung apa yg hrus saya lakukan.. saya prnah istikharah ada dia disana,,tp knp saat ia istikhara jwban dia meragukan.. ad saya tp saya mbelakangi.. jd
    mana yg benar..???
    trims..

    abdullah said:
    18 April 2011 pukul 15:51

    subhanalloh indah nian tulisan diatas…(nyimak aj)..bagus2 komennya..^_^ salam ukhuwwah tu smua….

    hamba Allah said:
    18 April 2011 pukul 22:00

    assalamualikum pemilik blog ini dan sahabat semua

    saya ingin berbagi perasaan malam ini mengenai cerita cinta saya dan butuh saran dari semua, akhir2 ini perasaan cemas dan takut selalu menghampiri hati saya, apalagi acara pernikahan saya telah ditentukan jadwalnya, tetapi belum ada persiapan sama sekali dikarenakan biaya yg masih menunggu, saya selalu berusaha sabar mengenai masalah saya, akhir2 ini saya selalu beristiharah dan bertahajud mengenai hubungan ini, tetapi belum ada tanda2 keleluasaan hati, saya merasa was2 dan sedih akhir2 ini, saya sudah memberikan solusi baut pasangan saya saat ini, tetapi belum ada khabar darinya mengenai biaya pernikahan kami dan sikap kami akhir2 merasa takut berkomunikasi antara satu dengan yg lainnya,

    saya menjaga benar perasaan calon suami saya, dan saya ingin sekali berkomunikasi mengenai hati kami antara satu dengan yg lainnya, jujur sobat saya saat ini tak ada daya untuk beraktivitas, makan terasa hambar seperti hambarnya buhungan kami akhir2 ini, apa yg musti saya lakukan sobat saat ini, segala cara telah saya lakukan untuk memberikan keleluasaan fikiran kami, namun belum juga ada berita baik, saya sudah memberikan solusi dan kemudahan hajatan tersebut kepadanya, namun masih juga saya belum bisa berkomunikasi dengan leluasa dengan calon saya ini,

    sebenarnya pertungan ini sudah dihadiri oleh keluarga besar saya dan keluarganya juga, saya dan calon saling mengenal lewat dunia maya, berkenalan dengannya bukan disengaja, tetapi saya yakin akan niat saya, kemudian dia melamar saya, dari jauh dia hadir bersama ortunya, dan kesepakatan waktu telah ditentukan, dalam mendekati waktu yg kurang lebih 2 bulan lagi saya dan pasangan terkendala masalah ekonomi, karna biaya perjalan datang ketempaat saya lumayan besar, ditambah biaya suat hajatan nanti saya berusaha membantu 1/2 dari biaya itu, namun jawabannya belum ada juga darinya, kemudian saya mempertanyakan lagi dan jawabnya waktu bisa jadi diundur karna masalah ini, ohhhhh sahabat,, saya cemas, saya mohon doa kalian dan saran buat saya!!!!

    sahabat…………. bantu hati saya saat ini, karna komunikasi kita hanya lewat via telp dan net

    nb: berikan solusi dan saran buat saya

    makasih
    wassalam

Silakan sampaikan pemikiran Anda

