Menghasilkan $$$ Dari Blog Bagian-2

Posted on Updated on

Setelah membahas bagaimana mendapatkan tambahan penghasilan $$$ melalui blog atau situs gratisan, sekarang aku akan membahas bagaimana menghasilkan $$$ dari blog atau situs yang berbayar. Lho, kok bayar? Ya, jika kamu menggunakan blogger.com tentu kamu tidak perlu membayar serupiah-pun untuk memiliki domain blog atau situs pribadi kamu, tapi domain kamu pastilah punya embel-embel “blogspot,” “wordpress” atau “multiply” di belakangnya. contoh: “joni.blogspot.com” Nah, kalau kamu ingin embel-embel itu dihapus sehingga situs kamu terlihat profesional, kamu harus membeli domain di penyedia layanan hosting baik dalam maupun luar negeri. Jadi bisnis ini jelas membutuhkan modal. Eits, jangan kecil hati dulu, untuk bisa memiliki domain berekstensi .com kamu cuma perlu merogoh kocek sebesar maksimal Rp. 120.000 atau bahkan kalau kamu membeli di penjual luar negeri, kamu cuma perlu membayar sebesar $7-9 per domainnya. Murahkan??

Lalu bagaimana dengan hostingnya? Gampang, untuk hosting kita tetap bisa memanfaatkan fasilitas hosting gratis tanpa batas yang disediakan oleh Blogger ataupun WordPress. Dibandingkan menyewa layanan hosting yang lebih sering down dan bermasalah, apalagi dengan harga sewa yang lumayan mahal, hosting gratis dari blogger dan wordpress jelas jadi pilihan utama.

Membeli Domain Murah
Untuk membeli domain murah aku merekomendasikan membeli di http://www.godaddy.com, kamu bisa mendapatkan potongan sampai 20% jika membeli dengan menggunakan kupon diskon, kupon diskon bisa kamu dapatkan melalui forum atau terkadang ditawarkan langsung oleh godaddy ke alamat email kamu. Untuk mendaftar di godaddy tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Syarat utama domain agar bisa menjadi $$ dalam waktu 1 minggu
Syarat utama agar bisa menguangkan situs anda menjadi $$ dalam waktu satu minggu adalah membeli domain yang sudah mempunyai pagerank yang tinggi, minimal PR (baca;pagerank)3. Nah, kebanyakan domain bekas yang sudah punya PR ini teregistrasi di godaddy, jadi seadainya kamu tidak membeli domain baru dari godaddy, kamu tetap membutuhkan account itu untuk menerima transfer domain dari si penjual. Untuk mendapatkan domain bekas ber-PR kamu bisa membeli di forum-forum internet atau googling saja, pasti ketemu.

Setting DNS-Domain Name Server
Sesudah membeli domain, kamu perlu melakukan setting DNS domain di account godaddy kamu. Minta si penjual domain bekas untuk membantu kamu menyetting DNS domain di godaddy.com. Setting ini berguna untuk memforward dan menredirect domain kamu agar menuju ke hosting blogger. Aku tidak akan membahas setting DNS terlalu panjang, kamu bisa googling dan mencari info setting DNS yang banyak tersedia di Goggle. Kenapa? Karena aku akan memfokuskan pambahasan pada bagaimana mendapatkan $$$ dari situs berbayar.

Mulai Menguangkan Situs Kamu
Langkah Pertama
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat account PAYPAL. sekali lagi di posting ke dua ini aku menyinggung Paypal, karena memang tanpa account paypal otomatis kamu tidak bisa bertransaksi $$ dari situs kamu. So, daftar sekarang dan segara verifikasi dengan menggunakan VCC (jika tidak mempunyai kartu kredit) untuk mendapatkan VCC kamu bisa googling, banyak kok.

Langkah kedua
Posting content dan update situs kamu secara rutin hingga mempunya pagerank yang tinggi, kira-kira dua hingga tiga bulan. Tapi kalau kamu membeli domain bekas yang sudah ber-PR, dalam satu minggu kamu bisa menguangkan situs kamu dalam bentuk $$ dengan syarat kamu bisa berbahasa inggris dan kerja rodi dalam satu minggu itu. Kerja rodu ngapain? ya, menyiapkan posting bahasa inggris sebanyak-banyaknya, tapi jika kamu mengerti trik posting, kamu bisa membuat domain kamu yang baru dibuat kemaren mempunyai postingan dengan tanggal mundur satu tahun lalu, dan tentu saja dengan jumlah postingan yang berjubel seolah-olah situs itu sudah dibuat setahun yang lalu. Ini penting karena akan mempengaruhi usia domain kamu di mata pembeli nanti.

Langkah Ketiga
Daftar di http://forums.digitalpoint.com
Forum ini adalah forum luar negeri terbesar di dunia saat ini setelah sitepoint dan netbuilder.com. pelajari isi forum, baca ketentuan dan peraturannya dengan baik, sering-sering berkunjung dan melihat isi dari subforum LinkSale, lihat postingan/thread yang berawalan WTB, itu berarti Want to Buy sedangkan WTS berarti Want to Sell. Nah biasanya di forum ini yang dijual adalah blogpost (posting artikel seperti paid review) di mana di dalamnya akan ada link yang diminta oleh pembeli. Lalu yang kedua adalah jualan link (blogroll, atau link list). Cari saja awalan posting WTB, baca apa yang mereka butuhkan, situs apa yang memenuhi syarat, jika situs kamu memenuhi syarat kirim PM (private message) ke pembeli dan ajukan penawaran. biasanya untuk situs dengan pagerank 3, satu posting (blogpost) dihargai s/d: $15/posting, dan untuk harga link sampai $50-90/tahun tergantung kualitas situs.

Langkah Keempat
Mulai agresive, kalau sebelumnya kamu hanya mengirim PM, sekarang coba untuk memulai posting/thread di sub forum LinkSale di forum digitalpoint. Ingat, jangan posting sembarangan karena peraturan di digitalpoint sangat ketat, bisa-bisa kamu dibanned dan tidak bisa lagi bermain di sini. Supaya aman, posting di subforum yang aman terlebih dahulu, misalnya subforum politik, hiburan atau agama. Setelah jumlah posting cukup memadai, baru ajukan penawaran kamu dan tunggu PM dari pembeli.

Langkah Terakhir
Bagikan ilmu ini jika bermanfaat supaya apa yang kita kerjakan juga bermanfaat bagi orang lain.

Selamat Mencoba

Iklan

10 thoughts on “Menghasilkan $$$ Dari Blog Bagian-2

    romailprincipe said:
    2 Agustus 2009 pukul 15:51

    hmmm..kapan ya bergairah menghasikan dollar seperti ini..kok sepertinya aku kurang semangat..hehe

    xna kool said:
    2 Agustus 2009 pukul 18:03

    wah…, agar rumit juga yah..!! nyari domain pr gede agak susah di godaddy.

    mampir yuk ” pasang iklan gratis di facebook”

    sory gue gak bisa nge-link, langsung klik ajah nama gue. hihii…

    nurussadad said:
    2 Agustus 2009 pukul 20:19

    jangan lupa.. klo jual beli link kehantam ama gugle

      ZonS said:
      3 Agustus 2009 pukul 06:37

      maksudnya gimana?
      bisa dijelaskan gak?
      maklum newbie

      .

        nurussadad said:
        22 Agustus 2009 pukul 09:55

        kan jual beli link mensyaratkan blognya punya PR…
        klo ketahuan ama gugle jual beli link.. pR nya diturunin

    aspal07 said:
    3 Agustus 2009 pukul 15:51

    Wah thanks atas infonya. Aku lagi persiapan buat jalanin internet marketing.

    Inilah 5 Browser Ponsel Alternatif Selain Opera Mini

    cak nur solo said:
    3 Agustus 2009 pukul 18:41

    sip….markusip

    masjcure said:
    22 September 2009 pukul 11:31

    Terimakasih…
    Saya akan mencoba beli domain di http://www.godaddy.com, agar bisa sukses dengan web sendiri…

    Iseng Ngeblog said:
    8 Februari 2010 pukul 15:48

    belum coba beli digodaddy dah keburu beli ditempat lain sih

    Pangeran cinta said:
    26 Januari 2012 pukul 01:06

    Gimana caranya membeli domain?

    N gimana caranya membuat alamat web-nya?

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s