Lebih Efisien, KPU Godok Sistem Elektronik untuk Pemilu 2014

Posted on Updated on

KPU

Jakarta – KPU menilai bahwa pemilu lalu terdapat banyak masalah yang hampir saja mencoreng wajah KPU apalagi dengan adanya gugatan sengketa pemilu oleh kedua pasangan calon presiden MegaPro dan Jk-Win, beruntung KPU Mahkamah Konstitusi menolak gugatan itu dan menyelamatkan wajah KPU. Dengan pertimbangan itu, KPU mulai berpikir untuk memanfaatkn teknologi sebagai terobosan alternatif guna mengatasi masalah terkait logistik dan juga mempelajari sistem pemberian suara dengan menggunakan sistem elektronik atau Electronic Voting pada pemilu 2014.

Ketua KPU Abdul HAfiz Anshary mengatakan bahwa ide ini sudah dibicarakan dengan ahli di BPPT, dan sepertinya dengan penggunaan sistem ini, hasilnya akan jauh lebih efektif dan efisien. Menurutnya lagi, dengan sistem elektronik ini, hasil pemilu juga bisa langsung diketahui hasilnya setelah pemungutan suara selesai, tentu saja ini bisa mempermudah kerja KPU secara keseluruhan.

Hanya saja, lanjut dia, seluruh perangkat teknis dan pengamanannya harus benar-benar dipersiapakan dengan baik. Hal ini untuk menghindari agar pemilu dengan sistem elektronik yang diwacanakan itu benar-benar berjalan jurdil tanpa kecurangan.

“Memang, kendalanya di teknis dan pengamanan. Tapi itu urusan ahli IT nanti kalau wacana ini diterapkan,” paparnya.

Dari beberapa sumber: detik.com dan kompas.com

Iklan

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s