Dahsyatnya Ikhlas & Dahsyatnya Syukur

Posted on Updated on

Pembahasan judul diatas sebenarnya hanya ingin mengungkap menganai Iklas dan Syukur secara sederhana  saja namun biar agak terkesan Dahsyat jadinya Dahsyatnya Iklas dan Dahsyatnya Syukur.  Arti mudahnya Iklas itu adalah menerima segala yang kita peroleh atau kita dapatkan dengan hati yang lapang tanpa ada penyesalan ataupun kekecewaan.   Sedangkan syukur adalah Mengucapkan terima kasih atas segala sesuatu yang kita terima atau kita peroleh tanpa harus menyesal karena kekurangan berhura-hura karena kelebihan.  Mengenai ikhlas dan syukur disini berarti kita memposisikan diri sebagai penerima dan pemberinya bisa dari sesama manusia ataupun dari Tuhan.  Jadi simplenya bahwa ikhlas dan syukur itu berbeda, ikhlas itu menerima dengan lapang dada alias “lelo legowo” sedangkan Syukur itu merupakan ucapan terimakasih.

Contoh sederhana dari  Dahsyatnya Ikhlas adalah kita akan jauh lebih tenang dan tak akan ada resah-gundah-gelisah-dkk.  Dengan ikhlas kita bisa terhindar dari sifat sombong , iri, dengki, dkk.  Demikian pula dengan Dahsyatnya syukur yang bisa membuat kita hidup tentram dan tenang ‘nyaman,damai tanpa ada rasa kekurangan.  Dengan Syukur kita bisa terihindar dari rasa iri’serik’rasa tidak puas’dkk.

Jika seseorang sudah bisa ikhlas dan bersyukur maka dia tak akan pernah merasa kekurangan bahkan merasa paling beruntung walaupun kadang di mata orang terpandang kurang, dengan ikhlas dan bersyukur atas apa yang kita terima maka hidup kita akan lebih tenang dan tidak akan merasakan kekurangan bahkan bisa saja terasa berlebihan.

Meski kita hanya ikhlas dan bersyukur dengan cara yang sederhana namun jika melakukanya dengan sungguh-sungguh dah pasti kita bisa merasakan apa itu Dahsyatnya Iklas dan Dahsyatnya Syukur.  Kita bisa mulai belajar ikhlas dan syukur dari hal-hal kecil, misalnya kita iklas dan mensyukuri kondisi wajah kita, entah itu rupawan ataupun tak rupawan, jangan sampai tak merasa rupawan dan jangan pernah perasa dirimu tak rupawan karena itu semua adalah pemberian dari Tuhan yang harusnya kita syukuri. Pada dasarnya seseorang akan menemukan Dahsyatnya Iklas dan Dahsyatnya Syukur jika dia mau berbuat ikhlas dan juga bersyukur.

7 thoughts on “Dahsyatnya Ikhlas & Dahsyatnya Syukur

    Ryoku said:
    23 Agustus 2009 pukul 15:42

    Ditunggu Gan launching bukunya…

    marbun said:
    25 Agustus 2009 pukul 20:20

    iya buat yang pernah merasakan syukur dan ikhlas , merupakan senjata terbaik dalam menjalani kehidupan ini, gw pernah ngejalanin dan pernah berhasil untuk ikhlas dan bersyukur selalu , balasan yang gw dapet luarrrr biasa , semua urusan gw di mudahkan, drajat gw di angkat, semua berjalan dengan di luar nalar gw! tapi setelah gw hidup dalam kemewahan yang gw dapet dari bersyukur gw malah lupa diri dan akhirnya semua yang allah kasih ke gw hilang begitu saja tanpa sebab dan tanpa gejala !! sob gw nyesel pernah berkhianat sama allah SWt dengan kembali ke diskotik dan berzina ! gw nyesel sob , tapi buat mendapatkan kekhusyukan shalat dan beribadah tanpa pamrih ternyata menjadi semakin sulit! gw akan terus berusaha untuk kembali seperti dulu melakukan ibadah karena kewajiban bukan karena pengen di kabulkan permintaan gw, gw pengen kembali kayak dulu dengan beramal tanpa berharap kembali dengan berlipat ganda walau itu janji allah SWT kepada umatnya ! gw nyesel sudah mencemari ibadah gw kasihan anak dan istri gw SOB ! thanks dah posting dengan judul di atas!

    M muslimin said:
    29 Agustus 2009 pukul 15:20

    Gue setuju dgn saudara marbun…di saat kita mendapatkan nikmat2NYA haruslah kita bersyukur dgn meningkatkan iman & taqwa kita kepadaNYA, bukannya malah menjauh yg membuat nikmat2 yg kita dapatkan di tarik kembali olehNYA .Subhanallah …

      taroh said:
      29 Agustus 2009 pukul 16:26

      @m muslimin: amiiin…kang.

    aziz said:
    1 Desember 2009 pukul 18:03

    ikhlas dan syukur adalah kunci kebahagiaan mudah kita mengucapkannya susah tuk menjalaninya

    Freeze said:
    15 Desember 2009 pukul 18:34

    Pada buku Quantum Ikhlas. Syukur adalah salah satu komponen ikhlas. Ikhlas merupakan ilmu tertinggi. Ikhlas bukan hanya legowo alias lapang dada, namun lebih luas dari itu. Manusia bisa dikatakan menguasai ikhlas jika dlm menghadapi hidup ini dengan 5 perasaan komponen ikhlas. Yaitu Syukur, Sabar, Fokus, Tenang dan bahagia. itulah ikhlas yg sebenarnya. Manusia yg selalu menggunakan 5 perasaan tersebut disaat menghadapi proses kehidupan ini, bisa dikatakan manusia yg ikhlas. Semoga kita semua termasuk orang-orang yg ikhlas…amin.

    Ayi said:
    26 Desember 2009 pukul 08:45

    Aq diantarax org yg susah bgt untuk hidup ihklas dan bersyukur. Blum bs merasakan kedasyatan ihklas dan syukur. Tapi aku percaya hasil dr smua itu pasti ada.
    Sesungguhx inti dr kehidupan ini adalah bgmn qt jalani hdup dgn penuh ke ihklasan dan apa yg qt dptkan tak lupa qt bersyukur.
    Aq mw berusaha. Doakan sob.

Silakan sampaikan pemikiran Anda

