Memikirkan kekasih ternyata ampuh untuk meredakan rasa nyeri/sakit

Posted on Updated on

Sering sakit gigi? Nyeri karena luka-luka? Nih, ada obat ampuh:

Mau Bebas Rasa Sakit, Pikirkan Orang Tercinta!
Senin, 16 November 2009 | 15:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekadar memikirkan orang-orang yang dicintai dapat membantu mengurangi rasa sakit, demikian hasil satu studi baru. Hasil studi tersebut menggarisbawahi pentingnya hubungan sosial dan agar orang selalu terhubung secara sosial, demikian hasil riset di University of California di Los Angeles (UCLA).

Dalam studi yang dipublikasikan jurnal Psychological Science edisi November 2009 tersebut, para ahli menanyai 25 wanita apakah dengan hanya memandangi gambar orang yang mereka cintai dapat mengurangi rasa sakit.

Para wanita tersebut memiliki pacar dan mereka telah memiliki hubungan baik dengan pacar mereka selama lebih dari enam bulan. Semua wanita itu mendapatkan rangsangan panas yang cukup menyakitkan di lengan mereka sewaktu mereka melewati sejumlah kondisi yang berbeda. Pada satu rangkaian keadaan, mereka memandangi gambar pacar mereka, orang asing, dan kursi.

“Ketika semua wanita tersebut hanya memandang gambar pasangan mereka, mereka sesungguhnya melaporkan lebih sedikit rasa sakit akibat rangsangan panas ketimbang ketika mereka sedang memandangi gambar satu obyek atau gambar orang asing,” kata penulis studi itu, Naomi Eisenberger, Asisten Profesor Psikologi serta Direktur Laboratorium Ilmu Syaraf Afektif dan Sosial di UCLA.

“Jadi, mengingat kepada pasangan, melalui gambar sederhana, seseorang mampu mengurangi rasa sakit,” katanya

Dalam serangkaian kondisi lain, masing-masing wanita memegang tangan pacar mereka, tangan seorang pria asing, dan menggenggam bola. Studi itu mendapati bahwa ketika perempuan memegang tangan pacar mereka, mereka melaporkan lebih sedikit rasa sakit dibandingkan dengan saat mereka memegang tangan orang asing atau bola sewaktu mereka menerima jumlah perangsang panas yang sama.

“Ini mengubah pendapat kita mengenai bagaimana dukungan sosial memengaruhi orang,” kata Eisenberger.

“Secara khusus, kita memikirkan dukungan sosial itu untuk membuat kita merasa nyaman, itu harus menjadi sejenis dukungan yang sangat responsif bagi kebutuhan emosi kita. Namun, di sini, kami menyaksikan bahwa hanya foto orang yang penting buat seseorang dapat memiliki dampak yang sama.”

Studi ini, kata Eisenberger, memperlihatkan seberapa banyak dampak hubungan sosial kita dapat muncul dalam pengalaman kita dan cocok dengan kegiatan lain yang menekankan pentingnya dukungan sosial bagi kesehatan fisik dan mental.

Para peneliti tersebut menyarankan bahwa jika nanti orang mesti melewati pengalaman yang menyakitkan atau berupa tekanan, tapi mereka tak dapat menghadirkan orang yang mereka cintai untuk mendampingi mereka, foto dapat menggantikannya.

Editor: acandra
Sumber : Ant

Iklan

7 thoughts on “Memikirkan kekasih ternyata ampuh untuk meredakan rasa nyeri/sakit

    Erna Rosida said:
    17 November 2009 pukul 12:18

    S7,apalagi kl pujaan ht n belahan jw itu dtg mtemani lgs sembuh deh! Skalian curhat, sy blm py kekasih, ustadz mo mbantu mcarikan ta? Suwun

    abi saputra said:
    17 November 2009 pukul 12:43

    Biografi Erna Donk…. aq mau knl lbh dlm..tx

    totto said:
    17 November 2009 pukul 15:20

    😥 ya Allah, bgt sulitnya mana yg benar dan mana yg salah. Hanya Engkaulah obat sakitNya hamba jika hamba sakit, bukan yang lain…saksikan ya Allah, bahwa hamba muslim..hanya berserah kepada Engkau. Saksikan ya Allah…aku seorang muslim!!

      Agung F said:
      21 November 2009 pukul 20:13

      Eh bukan gitu maksudnya bro, ikhtiar kan bentuknya bisa apa aja, asalkan halal.
      Kita kalau sakit pasti beli obat, tapi bukan karena obat itu kita jadi musyrik kan? Itu juga sama. Allah yang menyembuhkan, kita yang berusaha.
      Harusnya cobain riset, kalau si penderita mikirin Tuhannya gimana hasilnya ya?

    Prof.Dr.Wibisono. said:
    18 November 2009 pukul 11:45

    bagus…..!

    INFO « TEA MORNING INFO said:
    20 November 2009 pukul 09:03

    […] Memikirkan kekasih ternyata ampuh untuk meredakan rasa nyeri/sakit […]

    Haru said:
    3 Desember 2009 pukul 08:46

    Klo qt lg sakit hati krn disakitin ma org yg dicintai trus qt memikirkan kekuasaan Tuhan qt yaitu Allah.. Rasa sakit’a brkurang & memudar krn Allah..
    Kasih sayang Allah ga brkurang.. Kasih sayang manusia bs hilang bs muncul krn Allah jg yg memberikannya.. Yg Maha membolak-balikan hati..

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s