25 ABG Pingsan Bersamaan, Tanya Kenapa!

Posted on Updated on

pingsanAda orang pingsan, itu sudah biasa. Kalau pingsannya “berjamaah” (bersamaan), sampai 25 orang, itu mungkin biasa pula, tapi mungkin juga luar biasa. Jika yang pingsan itu adalah 25 diantara ribuan orang penonton pertunjukan musik artis terkenal, maka itu mungkin sudah biasa. Namun bila yang pingsan itu adalah 25 diantara 100-an (bukan ribuan) orang, itu luar biasa. Apalagi pingsannya saat upacara bendera di sekolah yang hanya beberapa menit, eh, berpuluh-puluh menit… itu baru benar-benar luar biasa. Nah, tanya kenapa!

Pertanyaanku: Mengapa upacara tersebut tidak dihentikan ketika jumlah yang pingsan sudah mencapai lebih dari 7 orang?

Pidato Panjang, 25 Siswa Pingsan, Sekolah Terpaksa Diliburkan
Selasa, 8 Desember 2009 | 8:20 WIB | Posts by: jps

Tuban – Surya – Siswa MTs Negeri Rengel terpaksa pulang lebih awal, Senin (6/12), lantaran banyak siswa yang pingsan ketika mengikuti upacara bendera yang berkepanjangan.

Upacara bendera itu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan para siswa setiap Senin pagi. Hanya saja, dalam upacara kemarin, kepala sekolah (kasek) sebagai inspektur upacara memberi sambutan lebih lama daripada biasanya.

Berbagai hal dibahasnya, mulai masalah kesiswaan sampai persiapan menghadapi musim hujan. Sementara itu, para siswa yang berdiri di bawah terik matahari mulai tidak kuat. Satu persatu dari mereka jatuh pingsan dan harus digotong ke luar dari lapangan. Terhitung, ada 25 siswa yang jatuh pingsan dalam upacara itu.

Satu persatu siswa yang tergolek lemas itu dibawa ke ruang kesehatan sekolahan, kemudian di panggilkan orangtuanya masing-masing untuk dibawa pulang. “Saat di dalam ruang kesehatan ada beberapa siswa yang mengalami kejang-kejang. Bahkan ada sebagian siswa yang harus dibawa ke Puskesmas Rengel untuk menjalani perawatan di sana,” kata salah satu guru siang kemarin.

Gara-gara peristiwa itu, pihak sekolah terpaksa meliburkan semua kegiatan belajar di sana. “Semua siswa terpaksa dipulangkan, dan sekolah diliburkan sementara,” sambungnya.

Kepala MTs Negeri Rengel, M Badar ketika dikonfirmasi mengatakan, bahwa dugaan kuat pingsanya para siswa itu lantaran kepanasan dan fisik siswa yang tidak kuat karena belum sarapan. “Sambutan hari ini memang lebih lama. Sebab, kami mewanti-wanti kepada semua siswa agar lebih hati-hati di musim hujan seperti ini. Termasuk saat berkendara dan mengkonsumsi makanan,” kata M Badar. Seolah merasa bukan sebagai penyebabnya, M Badar menambahkan, para siswa yang pingsan itu diakibatkan kelelahan dan kepanasan. st31

Iklan

18 thoughts on “25 ABG Pingsan Bersamaan, Tanya Kenapa!

    Red said:
    8 Desember 2009 pukul 11:26

    gue kira karena kesurupan sob wkwkwkwkwk

    Agung F said:
    8 Desember 2009 pukul 19:38

    Harusnya Kepseknya ngerti dong kondisi siswa-siswanya. .

    OME said:
    9 Desember 2009 pukul 10:56

    Baru Upacara aja sudah pingsan, bagaimana bela negara…. hehehe

      ebes said:
      9 Desember 2009 pukul 18:14

      setuju gan,ms’ gt aja da pngsan,gmn masa dpan bangsa ini kLo gnerasi mudax kyak gni,hahaha….
      *Lebay : mode on

    AING said:
    9 Desember 2009 pukul 11:05

    KEPALA SEKOLAHNYA SENGAJA BIAR PADA PINGSAN………. KALAU DAH PADA PINGSAN……….. SEKOLAH DILIBURKAN LEBIH PANJANG….. NUNGGU PARA MURID FISIKNYA PULIH KEMBALI……. AKAL-AKALAN KEPSEK TUHHH……. HA HA HA HA HA

    Yep said:
    9 Desember 2009 pukul 11:13

    Belum pada sarapan kali Pak 😉

    lou88xxi said:
    9 Desember 2009 pukul 11:47

    haaah .. gila” an yeh .. 😦

    wkwkwkw bukannya anak nya aja tuh yang pengen pingsan , wkwk biar diliburin :);)

    Pencerah said:
    9 Desember 2009 pukul 12:49

    kepala sekolahnya yang kurang bijaksana

    Panca said:
    9 Desember 2009 pukul 14:02

    Kalau terlalu lama pidato, malah murid ntu ndak pada ndengerin….! dasar kepsek goblog…

    riezkyoktorawaty said:
    9 Desember 2009 pukul 14:16

    harusnya cari waktu diluar upacara… dikumpulin di aula..
    ndengerin sambil duduk ga panas2an gitu…

    Hiro said:
    9 Desember 2009 pukul 14:51

    iyah tuh… klo belum sarapan trus disuruh berdiri lama ya jelas banyak yg ngak kuat… yg pingsan rata2 cewek pasti ya ?

    ali abdat said:
    11 Desember 2009 pukul 09:55

    kepsek nya suru MANDI !

    antonius said:
    13 Desember 2009 pukul 11:27

    mngkin dah tkdirx bgetooooo
    kwakwakwakwakwak

    Muz Hanafi said:
    22 Desember 2009 pukul 08:45

    Upacaranya terlalu lama, seharusnya kepsek membatasi pembicaraannya. Biasanya anak-anak sudah tidak mendengar kalau amanatnya terlalu panjang. Mereka pingsan karena suplai oksigen ke otak yang berkurang akibat aliran darah ke otak juga berkurang karena kelamaan berdiri dan tidak tahan lagi dengan panas. Tambah lagi mereka kehabisan energi karena mereka tidak sarapan. Di samping itu faktor psikologis juga berpengaruh. Kalau sudah ada beberapa yang pingsan yang lain secara psikologis akan terpengaruh juga. Semestinya kepseknya tanggap melihat hal itu.

    Muzakkar Hanafi said:
    22 Desember 2009 pukul 08:57

    Anak-anak ini pingsan karena tertlalu lama berdiri. Berdiri yang terlalu lama menyebabkan darah berkumpul di kaki dan sebaliknya aliran darah ke otak berkurang. Darah bertugas mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Akibat karena aliran darah kerkurang ke otak, suplai oksigen ke otak juga berkurang. Akibatnya menimbulkan kehilangan kesadaran yang tiba-tiba(pingsan). Hal ini diperkuat dengan panas terik dari sinar matahari. Lebih-lebih lagi kalau anak-anak tidak sarapan, membuat mereka kehabisan energi Di samping itu faktor psikologis juga berpengaruh. Kalau sudah ada beberapa yang pingsan yang lain secara psikologis akan terpengaruh juga. Semestinya kepseknya tanggap melihat hal itu, dan segera menghentikan upacaranya setelah ada beberapa anak yang pingsan.

    sule said:
    2 Januari 2010 pukul 13:56

    yaah…
    paling cma pura-pura doang, biar upacara nya cepet bubar,

    gmey said:
    13 Januari 2010 pukul 10:49

    wah. . . baru kali ini aQ denger kalo upacara sampe sebanyak itu yang pingsan. .
    dulu zamanQ kayakE gak segitu parahX y. . . !!!!

    SEMANGAT YA ADHIK-AADHIK. . . !!!!

    eqhy said:
    7 Mei 2010 pukul 19:52

    nice post gan..
    salam kenal …
    bisa tukeran link ??
    di tunggu kunjungan baliknya …

    ======================================
    buat yang suka download film gratis atau apa aja yang gratis.. maen2lah ke
    forumom[dot]com[/]free (slash free nya jangan lupa.. musti kebawa, kalo ngga ntar nyasar :D)

    kalo mau dl videonya .. ada di silenceforum dot blogspot dot com coba aja

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s