Inilah Bukti Kebohongan Film 2012: Bangsa Maya ternyata TIDAK meramalkan kiamat

Posted on Updated on

Setelah ditaklukkan oleh Spanyol dan dikonversi ke Katolik Roma, bangsa Maya mempraktekkan agama Katolik Roma yang digabungkan dengan kosmologi Maya, dewa-dewa, dan ritual domestik.

orang-orang bangsa Maya

Saat ini, bangsa Maya yang berjumlah sekurang-kurangnya 7 juta jiwa, sebagian besar tersebar di Meksiko selatan, dan sebagian kecil di Guatemala dan Belize.

Akhir dunia yang terkait dengan 2012 hanyalah sebuah rumor yang tersebar luas dan bukanlah ramalan bangsa Maya kuno.

tarian bangsa MayaKenyataannya, bangsa Maya yang hidup hari ini sangat ingin agar orang-orang menyadari bahwa sebagian besar (mis)informasi tentang 2012 tidak bersumber dari bangsa Maya atau pun kalender mereka, meskipun mungkin tampak berhubungan dengan mereka.

Bangsa Maya menghentikan penggunaan kalender besarnya jauh sebelum Spanyol tiba. Sampai saat ini pun mereka tidak menggunakannya. Mereka kini hanya memanfaatkan kalender Tzolk’in suci.

Penjelasan tentang siklus kalender besar Maya

Menurut Ann Martin, seorang kandidat doktor di Cornell University’s department of astronomy, “Dunia TIDAK akan berakhir pada 21 Desember 2012“. Kalender besar Maya ini dirancang untuk menjadi siklus, sehingga fakta bahwa masa berakhir pada bulan Desember 2012 adalah benar-benar tidak ada konsekuensinya, menurut Martin.

arsitektur bangsa MayaCukup, itu adalah akhir dari siklus kalender besar Maya di masyarakat, sebagaimana masyarakat modern kita merayakan Milenium baru. Ini tidak berarti bahwa “dunia akan berakhir.”

Pada kenyataannya, kalender Maya tidak berakhir kemudian dan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa bangsa Maya (atau seorang pun dalam hal ini) memiliki pengetahuan tentang akhir dunia.

Institute of Maya Studies (IMS) menjelaskan bahwa akhir periode (yang bertepatan dengan 21 desember 2012) menunjukkan “umur” Siklus Besar kalender Maya dan menuju siklus besar berikutnya. Ini bukan akhir dunia.

koin bangsa MayaBangsa Maya Modern di Guatemala dan Meksiko juga menyangkal ramalan tentang kiamat (2012). “Tidak ada konsep kiamat dalam budaya Maya,” demikian kata Yesus Gomez, kepala the Guatemalan confederation of Mayan priests and spiritual guides, kepada The Sunday Telegraph.

Sumber: Unik.Us

Iklan

21 thoughts on “Inilah Bukti Kebohongan Film 2012: Bangsa Maya ternyata TIDAK meramalkan kiamat

    Sopandi Ahmad said:
    21 Desember 2009 pukul 18:21

    Kok bisa ya ada orang menyimpulkan bahwa kalender bangsa Maya adalah sebuat ramalan. Dah gitu, disebar lagi ke penjuru dunia. Seakan-akan tuh rumor cuma buat promosi film 2012 ajah.

    Retno said:
    22 Desember 2009 pukul 05:05

    Stlh q bc tlzn ni, mgkn ad 2012 cm akhr prbhrn dr klendr bgsa maya.. Cz dr awal nda mungkn ad org yg mmpu mrmlkn kymt..
    Ini mnmbulkn bnyk opini pblik yg mmprdbtkn mslh tsb..,

    nurrahman18 said:
    22 Desember 2009 pukul 06:21

    emang dari awal ada indikasi utk kepentingan bisnis film doank pak

    edi said:
    22 Desember 2009 pukul 12:34

    film itu adalah upaya propaganda orang2 kafir merusak aqidah umat islam

    Aura Kinanti said:
    22 Desember 2009 pukul 12:43

    Sebagai org yg punya agama harusnya sih nggak percaya dengan ramalan sesat kayak gitu, karena nggak ada satupun manusia yang tahu kapan terjadinya kiamat.Itu adalah rahasia Tuhan. Kalaupun di tahun tersebut ada bencana besar itu adalah ulah manusia sendiri, jadi mulai sekarang ngga usah heboh mempertanyakan tentang kebenaran berita ramalan itu tapi mulai membenahi diri masing-masing & menjaga lingkungan sekitar.

    Produser said:
    24 Desember 2009 pukul 04:24

    Namanya juga film.. apalagi fiction.. jelas semua ngarang…
    sebelumnya ada film lain yg sejenis tapi tidak pernah ada masalah.
    Saya heran urusan begini saja seperti kebakaran jenggot.. biarlah itu menjadi cerita dan sebuah peringatan kepada semua umat .. kiamat yang digambarkan di film itu sungguh menakutkan walau tidak sedahsyat kiamat yang sebenarnya.
    Untuk apa takut tentang hari kiamat. Besok atau lusa kita semua tidak akan tahu yang terpenting adalah mempersiapkan hari itu utk kita sendiri, keluarga dan umat lain nya.

      renaldy said:
      27 Desember 2009 pukul 09:49

      hanya orang-orang yang tidak beriman yang percaya kiamat th 2012…

    Teguh said:
    24 Desember 2009 pukul 10:15

    Bagus dehhh . . . .
    kan aku belum nikah . . .
    hhee…pen nikah dulu akkhhh
    punya anak yg shaleh . . .aminn..

    ally said:
    25 Desember 2009 pukul 02:46

    klo film 2012 sukses, mungkin ad klanjutannya kale..2013 ato 2014 🙂

    muh arif said:
    25 Desember 2009 pukul 22:51

    jgn prcy coy!!!jgn tmbah lg org2 yg bodoh n g punya pikiran karna parcya dgn hal2 sprti itu!!!udah cukup kita di jejelin toeri2 musuh islam yang bertentngan dgn konsep islam.kita sama2 tau bahwa kiamat hanya allah yang tahu,ok coy!!!!ass.

    fauzikun said:
    28 Desember 2009 pukul 04:24

    biasanya sih itu cuman akal”an prosuder biar tambah booming filmnya 😐
    saya pernah nonton sih filmnya, dan cuman mengagumi karya grapik komputernya saja, tapi tidak dengan perihal kiamatnya 😛

    Pipiet said:
    29 Desember 2009 pukul 10:34

    Saya sih sudah menduga dari awal bahwa ini hanya strategi promosi film mereka saja..
    Tapi pas nonton filmnya justru saya cm amazing sama film picture-nya saja yg menurut saya ‘so great’ penggambaran pd saat kiamatnya mirip dgn apa yg saya baca dari Al-Qur’an,tapi saya yakin kalo kiamat aslinya pastinya akan lebih dahsyat dari gambaran yg di film itu. saat nonton saya cuma mikir hebat juga ya yg bikin film 2012 bisa hampir mirip. Apa sblumnya dia baca Qur’an dulu ya seb.referensinya? 🙂

    bisnismurahs said:
    29 Desember 2009 pukul 23:41

    Wah mf lg nih dari kemunculan rumor kiamat aja ku udh ga prcy.Emang kiamat itu ada sekarang kiama2 kecil udh sering kejadian menurut agamaku nih islam kiamat gda yg bs ngeramal dan perlu diinget ni biar ga pd percy gituan Kiamat itu terjadinya hari JUMAT ntah kpn kita ga tw cb lht deh 12-12-2012 hr apa?itu jwbnya.Siapin diri ibadah yg tekun bnyk beramal itu jalan menuju surga cm itu yg bs nyelamatin kita.Amin

    rezanye said:
    30 Desember 2009 pukul 06:38

    sebenernya sich kalo yang begituan jangan terlalu di anggap serius lah….
    lagian kan semua kejadian di dunia ini yang menentukan adalah Tuhan.Jadi,kenapa kita harus takut soal berita2 yang ga jelas,,,,

    Rifqi afrizal said:
    30 Desember 2009 pukul 10:45

    kiamat tidak akan terjadi pada tahun 2012 karna tidak akan ada manusiya yang tahu akan kiamat

    syukriy said:
    30 Desember 2009 pukul 10:53

    ada agenda tersembunyi yang berkaitan dengan politik dan ekonomi, serta (bisa jadi) religi…
    penyebarluasan isu dan propaganda yang cenderung kontroversial merupakan keahlian negara kapitalis-zionis…

    jenuri said:
    31 Desember 2009 pukul 23:31

    JANGAN TERKECOH OLEH TIPU DAYA KESESATAN. KIAMAT TIDAK ADA YANG DIBERI TAHU OLEH-NYA. HANYA ALLAH SWT YANG MENENTUKAN KAPAN KIAMAT ITU TERJADI. BERJUANG TERUS UNTUK SEBESAR-BESARNYA KEMAKMURAN DUNIA DAN KEDEWASAAN BERFIKIR MANUSIA PADA UMUMNYA.

    dida maw lee donk syith said:
    3 Januari 2010 pukul 13:15

    biarkan saja mereka tidak percaya toh suatu saat jika kiamat datang entah apa yang akan mereka katakan dan mereka pertanggung jawabkan atas ucapan dan keyakinannya..mungkin juga mereka tidak meyakininya karna mereka sangat takut akan datangnya hari kiamat,sehingga mereka mensugesti dirinya dengan meyakinkan bahwa kiamat takan pernah terjadi

    xivor said:
    4 Januari 2010 pukul 10:55

    kan udh jlas smwx
    yg tw akn kiamat haxlah Allah

    Muhammad Alkautsar Nur Aulia said:
    25 Juli 2010 pukul 01:47

    namanya juga orang kafir… dia gag kenal ALLOH SWT (Tuhan pencipta Alam).
    itu suatu tindakan yang terkeji dan konyol…. hidup dan mati semua ada di tangan ALLOH SWT….. ALLOH yang menciptakan alam dan seisinya… dan yang berhak mengatur segala yang ada di alam semesta hanyalah ALLOH SWT,
    kita di dunia ini hanya menumpang…. ditugaskan untuk beribadah… sesuai dengan apa yang diperintahkanNYA…. maka janganlah sekali-kali menentang apa yang ada/telah ALLOH perintahkan…..

    AMIR said:
    2 Desember 2011 pukul 06:55

    tidak akan kiamat kalau didunia ini masih ada manusia/orang yang mengucapkan syahadat atau adzan…

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s