Hebat! Orang Indonesia Jadi Dosen Terbaik di Inggris

Posted on Updated on

Dr Yanuar NugrohoHidup di Indonesia sepertinya terlalu santai. Banyak anak berbakat yang kemudian tak berkembang. Buktinya, anak-anak kita sering memenangkan olimpiade sains, tapi setelah mereka dewasa nyaris tak ada gaungnya. Mungkin anak-anak kita itu perlu “hijrah” ke luar negeri, Inggris misalnya. Di sana, mereka bisa lebih terpacu untuk berprestasi seoptimal mungkin. Menjadi yang terbaik diantara orang bule tidaklah mustahil. Ini dia contohnya:

Dosen Indonesia di Inggris Raih Staf Akademik Terbaik

Jumat, 25 Desember 2009 03:47 WIB

London (ANTARA News) – Seorang warga Indonesia Dr. Yanuar Nugroho, peneliti dan pengajar di Institut Kajian Inovasi (Manchester Institute of Innovation Research/MIOIR) dan Pusat Informatika Pembangunan (Centre for Development Informatics/CDI) meraih penghargaan sebagai staf akademik terbaik (Academic of the Year Award) 2009 di Universitas Manchester, Inggris.

Penghargan sebagai Staf Akademik Terbaik 2009 di Manchester Business School di Universitas Manchester, Inggris dianugerahkan pimpinan Manchester Business School (MBS) di the University of Manchester kepada Dr Yanuar Nugroho, dalam satu upacara.

Menurut Yanuar kepada koresponden Antara London, Kamis , kriteria utama penilaian penghargaan ini adalah kontribusi akademik lewat penelitian, tulisan, seminar, kuliah dan konferensi.

Selain itu, transfer pengetahuan melalui pelatihan internal dan supervisi mahasiswa Master dan Doktoral, ujar ayah satu orang putri Diandra Aruna Mahira, (5) dan seorang putra Linggar Nara Sindhunata (2,5)

Dalam dua tahun terakhir, istri Dominika Oktavira Arumdati, terlibat dalam lebih dari 15 penelitian yang didanai oleh Uni Eropa (EU/EC), Dewan Riset Inggris (RCUK), Dewan Riset Eropa (ERC), dan Departemen Industri dan Perdagangan Inggris (DTI).

Selain mempublikasikan tulisan di berbagai jurnal internasional, presentasi di konferensi-konferensi kelas dunia, dan menjadi dosen tamu di beberapa universitas termasyur seperti Oxford dan Cambridge.

Saat ini Dr. Nugroho membimbing dua mahasiswa sarjana, lima mahasiswa master dua diantaranya dari Indonesia dan satu diantaranya lulus dengan pujian atau `distinction? ? atau cum laude, menjadi supervisor satu mahasiswa doktoral dan advisor tiga mahasiswa doktoral lainnya.

Dr. Nugroho menyatakan sebenarnya ia samasekali tidak menyangka akan memenangkan penghargaan ini. “Saya baru diberitahu bahwa saya dinominasikan sebagai kandidat pada bulan Nopember yang lalu,” ujar pria kelahiran Januari 1972.

Dr. Nugroho, alumnus Teknik Industri ITB 1994, mendapatkan PhD-nya dari Universitas Manchester dalam waktu kurang dari 3 tahun pada 2007, menyelesaikan post-doktoralnya tahun 2008 dan sejak Agustus 2008 menjadi staf penuh di Universitas Manchester.(*)

Iklan

23 thoughts on “Hebat! Orang Indonesia Jadi Dosen Terbaik di Inggris

    iip albanjary said:
    26 Desember 2009 pukul 04:52

    kereeeeeeeeeeeeeeeeen
    orang indonesia emang pinter2

    Review Blackberry said:
    26 Desember 2009 pukul 10:53

    sayang kesempatan seperti itu hanya dimiliki beberapa orang saja, pemerintah harusnya peduli dgn orang2 pintar sehingga potensi mereka gak sia2

    Joey Setiawan said:
    26 Desember 2009 pukul 11:02

    ‘sayang kesempatan seperti itu hanya dimiliki beberapa orang saja, pemerintah harusnya peduli dgn orang2 pintar sehingga potensi mereka gak sia2’, gw gak usah ribet2 komentar, jiblak aja dari Review Blackberry, maksudnya apa? gw gak habis pikir, gak usahlah jadi nasionalis sejati, cuma saya, GAK ADA yang mau coba cari investasi masuk ke indonesia dengan niat tolong saudara2 kita yang nganggur, sejauh ini, cuma ‘ngemeng doang’, so, maaf ya, selama gak bisa membantu sesama orang kita yang jelas2 makin kelaparan, gak ada kata Hebat dari gw, maaf ya pak dosen yang terhormat !

      anonim said:
      30 Desember 2009 pukul 13:34

      Setuju Pak Joey

    intermezo said:
    26 Desember 2009 pukul 15:19

    hebat, keren, ini harus memacu anak bangsa yang lain untuk lebih giat dan tekun… 🙂

    javakios said:
    27 Desember 2009 pukul 16:00

    mantab ..gitu donk …indonesia bisa tunjukin sesuatu…

    bisnis pulsa elektrik modal 100 rb untung jutaan !

    jendelakatatiti said:
    27 Desember 2009 pukul 22:59

    Terbukti orang Indonesia hebat! Coba kalau di dalam negeri iklim kerjanya juga mendorong orang untuk produktif! sayangnya di Indonesia kinerja PNS memprihatinkan! jika tdk betul-betul tekun dan penuh dedikasi susah utk rajin, disiplin, dstnya.. Karena suasana kerja, teman kerja dan dinas yg menaungi tidak mendukung. Smg dg baca artikel ini dosen dan guru di Indonesia terpacu utk berprestasi dan meningkatkan kinerjanya ! Kunjungi blogku jendelakatatiti.wordpress.com..Thanks

    […] Hebat! Orang Indonesia Jadi Dosen Terbaik di Inggris […]

    Niar said:
    31 Desember 2009 pukul 06:59

    Alhamdulillah ada juga anak Bangsa yg bisa membwa nama baik indonesia menjadi lbh baik di mata dunia…Anak2 indonesia berjuanglah m’jadi org terbaik di bumi Allah ini.

    jenuri said:
    31 Desember 2009 pukul 22:23

    Al Hamdulillah, Subhanallah. selamat, semoga kita semua dapat lebih maju dari sekarang.kita memang bisa bersaing dan kita yakin lebih maju di masa depan, amiin.

    anton m said:
    2 Januari 2010 pukul 07:17

    wah wah wah..berita yang menyejukan ayo bapak pemerintah export lagi putra putri terbaik nya tuk berkarya di indonesia ,bukan hanya Tki aja yang di export…

    nsu said:
    2 Januari 2010 pukul 18:14

    lanjutkan……….

    Aan Nurhamzah said:
    3 Januari 2010 pukul 02:10

    CONGRATULATION Dr. Yanuar Nugroho..

    isatriyadi said:
    10 Januari 2010 pukul 09:05

    hebat ya????

    Rental Komputer Termurah said:
    13 Januari 2010 pukul 14:27

    yang begini nih yang patut di contoh ya ngk sob.

    Pupang said:
    14 Januari 2010 pukul 10:29

    Hebat pak Yanuar. Salam selalu dan SUKSES

    Rental projector Murah said:
    14 Januari 2010 pukul 15:20

    Mudah2an pemerintah terketuk hatinya untuk mendengar & melihat banyak anak bangsa ini yang pinter,banyak yang kurang mampu segi ekonominya yang harus disekolahin secara gratis.semoga kedepannya anak2 bangsa indonesia ini seperti bpk dr.yanuar nugroho yang membuat bangga bangsa indonesia.

    nurul anhar said:
    18 Februari 2010 pukul 13:17

    emg ia. harus hijrah,, tapi knp ? pemerintah kurang cekatan, jadinya produk dlm negri yg berkualitas malah “dipake” luar negri. kpn Indonesia maju???

    jasmine said:
    2 Maret 2010 pukul 11:50

    Banyak putra putri Indonesia yg akhirnya “lari” ke negara lain karena pemerintah buta dan tuli dalam mengapresiasi bakat2 besar anak2 negri sendiri.
    Negara2 Barat memiliki sistem pendanaan yg kuat untuk menarik orang2 berbakat dari luar negara mereka untuk dijadikan warga negara dengan segala fasilitas plus plus yang tidak bisa diperoleh di Indonesia.
    Ironisnya, dengan banyak bakat yg dimiliki oleh anak2 Indonesia, pemerintah justru lebih apresiatif terhadap para pendatang. Parameternya ? Lihat saja betapa gemerlap dan makmurnya pendatang yg hidup di tanah air kita.
    Perlu kerja keras untuk merombak pola pikir pejabat pemerintah kita yg begitu naik kursi jabatan, sibuk “mengkilapkan” diri sendiri ketimbang mengapresiasi sumber daya manusia negeri sendiri.

    choi said:
    10 Maret 2010 pukul 15:41

    Selamat Bpk. Dr. Yanuar.
    Indonesia sebenarnya punya potensi besar dalam hal pendidikan dan ilmu pengetahuan, hal ini dibuktikan dengan banyaknya WNI yang punya prestasi spektakuler di dunia Internasional. Sayangnya, kesempatan belajar yang belum merata mengakibatkan potensi itu seakan tertutup.

    Alamat di Manchester dimana, kami setiap 2 tahun berangkat ke Manchester. Biasanya tinggal di Woodsmoor A6 Stocport.

    Sukses!!!

    andy said:
    22 Maret 2010 pukul 12:22

    hebat…..

    Bije Boyke said:
    26 Maret 2010 pukul 22:22

    LanjuTkan Indonesia

    Ello said:
    23 September 2013 pukul 07:11

    Diberkatilah orang yg mengandalakan TUHAN.

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s