Waspada! Uang palsu akan banyak beredar di malam tahun baru

Posted on Updated on

perayaan Malam Tahun Baru

Mau merayakan malam tahun baru? Hati-hati! Para penjahat pengedar uang palsu akan menggunakan kelengahan kita di malam ini untuk beroperasi. Ini dia kutipan berita selengkapnya:

Tahun Baru, Jakarta Banjir Uang Palsu

Selasa, 29 Desember 2009 – 1:17 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Memanfaatkan keteledoran lantaran banyak orang mabok pesta Tahun Baru 2010, Jakarta diincar untuk dijadikan target peredaran uang palsu.

Karena itu, kepada para pedagang yang berjualan di keremangan cahaya malam, di tengah ingar bvingar pesta menyambut tahun baru, para tukang rokok, minuan ringan, atau kasir di dunia malam, waspadalah. Saat transaksi sedang sibuk, siapa tahu menyelip orang yang membayar dengan uang palsu.

“Uji coba” para pemain upal (uang palsu) sudah dimulai hari-hari ini, dan – untunglah – aparat kepolisian  sigap bertindak.

Di Padeglang, Banten, kakak-beradik AM,25, dan Ded,39, warga Kampung Sabrang Barat, Desa/Kecamatan Cigeulis, ditangkap karena kedapatan menyimpan uang palsu (upal) sebanyak Rp10 juta.

Uang tersebut termasuk yang diselidiki diduga bakal dipakai untuk pesta dan transaksi pada malam pergantian tahun di Jakarta. Polisi masih mengembangkan kasusnya termasuk untuk membongkar jaringan pemalsunya.

Kepala Urusan (Kaur) Bin Ops Satuan Reskrim Polres Pandeglang, Iptu Rendy Andy, mengatakan, pihaknya terus mengembangkan kasus ini.
“Tersangka diduga ada kaitannya dengan jaringan pengedar uang palsu yang pernah ditangkap petugas Polsek Pandeglang beberapa waktu lalu,” kata Iptu Rendy didampingi Kanit I Ipda Andrie Setiawan. KERJA

AMATIRAN

Dua hari lalu, pemalsuan uang terbongkar di Jakarta. Pemalsu tergolong kerja amatiran bernama Hendra,35. Ia ditangkap di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Hendra, mencetak sendiri uang palsu lembaran Rp50 ribu. Lulusan SMA yang hobi mengutak-atik komputer ini mengincar suasana Tahun Baru di Jakarta sebagai target utamanya kalau saja tak keburu ditangkap.

Pengamat intelijen, Wawan Purwanto, mengatakan muncul uang palsu biasanya bersamaan dengan peristiwa besar melibatkan banyak peran masyarakat sehingga perputaran uang menjadi besar. Misalnya saja pada kampanye pemilu, Lebaran, Natal dan Tahun Baru.

Menurutnya, keadaan seperti itu dijadikan modus kejahatan uang palsu. Alasannya selain jumlah putarannya bisa besar serta tingkat kewaspadaan masyarakat juga menurun. “Yang jelas aparat jangan sampai diam, ” katanya.

Yang p[aling gress, kemarin aparat kepolisian Cirebon membekuk sindikat upal yang siap menyerbu ibukota. Tak tanggung-tanggung sudah dicetak Rp800 juta uang palsu yang diduga akan dimanfaatkan pada malam tahun baru.

”Setidaknya, sebanyak Rp800 juta uang pecahan ratusan ribu sudah disiapkan komplotan pemalsu di satu hotel dekat Terminal Bus Harjamukti, Kota Cirebon untuk diedarkan ke Jakarta, ” kata sumber Pos Kota di kepolisian Cirebon.

Untunglah, polisi Kota Udang itu sigap mencium praktek haram tersebut dan berhasil menggelandang pelaku dari dalam hotel ke markas mereka, Senin (28/12).

Pengedar dalam pengakuannya kepada polisi mengatakan, uang palsu sebanyak itu akan disebar di Jakarta bersamaan dengan malam pergantian tahun. Pemalsu uang di Cirebon itu diidentifikasi berinisial  FB, 38, asal Jakarta, Rus,35, warga Banyumas, Sum,30, warga Banyumas, Win,30, asal Jakarta.

Empat pelaku ini kategori pengedar, sedangkan dua pelaku lainnya, Al, 30, warga Banyuwangi dan Ah,40, warga Banyumas, bertindak sebagai pemesan.

Tersangka kini mendekam di tahanan Mapolresta Cirebon. Lembaran upal Rp800 juta diamankan sebagai barang bukti penyidikan. Kasusnya sedang dikembangkan polisi untuk mengungkap kemungkinan ada anggota jaringan yang belum tertangkap.

Ulah pemalsu dari Cirebon tersebut bukan satu-satunya. Masih banyak pemalsu lain mengincar suasana kemeriahan dan hiruk pikuk menyambut malam Tahun Baru yang dipastikan banyak orang tak cermat terhadap uang yang dipegangnya.

Dari kondisi inilah diprediksi pada malam pergantian tahun uang palsu membanjiri Jakarta, sehingga patut diwaspadai.  (haryono/darman/untung/ds/t)

Iklan

17 thoughts on “Waspada! Uang palsu akan banyak beredar di malam tahun baru

    fauzikun said:
    29 Desember 2009 pukul 08:46

    PERTAMAX 😀

    waduh bahaya tuh, hati” buat para pedagang di malam tahun baru 😐

    dir88gun said:
    29 Desember 2009 pukul 10:00

    Assalamu alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Wahai Saudaraku di seluruh penjuru dunia maya,

    Akhirnya tahun baru telah tiba…
    Tahun penentuan, apakah kita akan tetap jatuh terpuruk semakin jauh ke dalam kubangan kehinaan,
    Ataukah kita akan bangkit berhijrah menuju ke arah datangnya cahaya kemenangan di depan.

    Baca selengkapnya di

    http://dir88gun0w.blogspot.com/2009/12/happy-new-year.html

    —————————————————–
    INDONESIA GO KHILAFAH 2010
    “Begin the Revolution with Basmallah”

    DIEN-ELCOM said:
    29 Desember 2009 pukul 11:06

    selamt tahun Baru, salam, kenal

    Celetukan Segar said:
    29 Desember 2009 pukul 11:16

    Yang patut diwaspadai adalah janji palsu!

    sebutsajabunga said:
    29 Desember 2009 pukul 15:15

    Wah…perusahaan gw harus hati” nih, yang ada gw terancam nombok…waspada…

    SAUT BOANGMANALU said:
    29 Desember 2009 pukul 17:58
    bisnismurahs said:
    29 Desember 2009 pukul 23:03

    Wah namanya uang palsu ga mandang mw thn baru,lebaran kpnpun ada ya asal kita tetap waspada mw ku ksh tips gampang bedain uang palsu ga hrs di lht.Gn aku dl keja di tmpat uang jd tw banet mn yyg palsu apa tdk.Gampang ko asal di pegang keset dan kasar insyaalloh tuh uang asli gampang kok.

    vian said:
    30 Desember 2009 pukul 01:19

    yg jelas transaksi malam hari musti lebih waspada

    Om Digit said:
    30 Desember 2009 pukul 03:15

    Wah…wah…
    Kasian juga yang pada mabok pas Taon Baru besok yak…
    Kalo sampe jadi korban UPAL…. hwehehe…
    Yang gak mabok ja bisa ketipu, apalagi yang mabok…
    hehe…
    Salam..

    rumahuang.com said:
    30 Desember 2009 pukul 03:58

    masih banyak ternyata yang membuat dan mengedarkan uang palsu ya,..
    perlu hati2 nih ngerayain tahun baru…

    hasanabdulwahab said:
    30 Desember 2009 pukul 08:50

    OK. trim.. atas infonya

    peri01 said:
    30 Desember 2009 pukul 14:24

    nice info
    salam kenal 🙂

    A.J.I said:
    30 Desember 2009 pukul 16:36

    logikanya pas hari besar transaksi pasti rame banget dan ga terlalu memperhatikan uang yang diterima jadi lebih gampang

    TAUFIK NUR said:
    30 Desember 2009 pukul 19:42

    sepertinya dalam kasus seperti ini yang banyak di rugikan adalah pedagang,kasihan mereka sudah cape, barang habis tautau uangnya palsu

    handraoke said:
    31 Desember 2009 pukul 04:39

    Memang benar sekali jika uang palsu sangat mudah sekali beredar apalgi di tahun baru bisa kita bayangkan bagaimana jadinya jika terjadi edaran uang pasu tambah parah, misalnya saja dalam bisnis.

    Selamat tahun baru

    Bisnis Modal Kecil For Indra said:
    31 Desember 2009 pukul 04:42

    Uang palsu memang sangat dan harus di waspadai dalam manghadapi tahun baru terutama dalam dunia bisnis.

    handraoke said:
    31 Desember 2009 pukul 05:24

    Memang uang palsu ini adlah momok bagi masyarakat terutama umat islam.

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s