Hah?.. Barcelona kehilangan masa depan?

Posted on Updated on

Gai Assulin
Gai Assulin

“Barcelona terancam kehilangan masa depan”. Demikian berita di harian Kompas pagi ini. Banarkah “ancaman” tersebut. Menurutku, masa depan FC Barcelona masih cerah. Memang benar, klub juara dunia ini sulit memperpanjang kontrak 4 pemain berbakatnya seperti yang dilaporkan oleh harian tersebut. Namun, masalah seperti ini dapat diatasi dengan relatif mudah. Caranya adalah dengan meminjamkannya ke klub lain. Bagaimana menurut dirimu?

Berikut ini kutipan beritanya:

Barcelona Terancam Kehilangan Masa Depan

SELASA, 5/1/2010 | 03:38 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com – Kontrak empat pemain muda berbakat Barcelona, yaitu Gai Assulin, Jonathan dos Santos, Victor Vazquez, dan Thiago Alcantara keempat pemain ini habis 30 Juni. Keempat pemain ini berpotensi hengkang karena Barcelona kesulitan memperpanjang kontrak baru.

Menurut Sport, salah satu kesulitan Barcelona adalah skuad tim senior saat ini sudah terlalu gemuk. Hal ini membuat Barcelona berada dalam dilema. Pasalnya, memperpanjang kontrak tanpa diikuti kemampuan memberi jam terbang reguler akan menambah beban keuangan klub dan membunuh perkembangan pemain. Namun, mengingat bakat keempat orang ini, menjual mereka juga merupakan kerugian.

Pelatih Josep “Pep” Guardiola sendiri sangat mengagumi bakat keempat orang ini. Itu ditunjukkannya dengan menolak pembelian pemain baru di bursa transfer, untuk mencari pengganti Yaya Toure dan Seydou Keita, yang pulang kampung untuk mengikuti Piala Afrika. Pep bertekad menjadikan momen ini untuk memberi kesempatan pemain muda mengasah kemampuan.

Hasil ekseperimen Pep cukup memuaskan. Ketika Barcelona menghadapi Villarreal dalam lanjutan Divisi Primera, akhir pekan lalu, ia mencoba menyelipkan Jonathan Dos Santos dalam barisan starter Barcelona. Meski laga berakhir imbang 1-1, penampilan Jonathan memuaskan Pep.

Pep berharap, menemukan cara mempertahankan para pemain ini. Ia tidak ingin, Barcelona mengulang kesalahan, ketika melepas Cesc Fabregas ke Arsenal atau Gerard Pique ke Manchester United. Ia dan Barcelona sedang mempertimbangkan kemungkinan meminjamkan keempat pemain ini ke klub lain.

Sementara itu, Barcelona sedang serius menegosiasikan perpanjangan kontrak dengan Pique. Kontrak Pique habis akhir musim ini dan bila tak segera tercapai kesepakatan, Pique bisa membuka negosiasi transfer dengan klub lain dan pindah di akhir musim sebagai free agent. (SPRT)

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s