Berapa banyak air yang ada di lautan? Ini jawabannya

Posted on Updated on

INILAH.COM, Jakarta- Peneliti memecahkan pertanyaan sulit berapa banyak air yang ada di lautan?. Menariknya, hasil yang didapat dari data satelit itu tak beda jauh dengan perkiraan 1888.

Matthew Charette, ilmuwan di Department of Marine Chemistry and Geochemistry, WHOI AS yang ambil bagian dalam penelitian untuk mengaudit semua air di planet ini.

“Jika Anda ingin tahu volume air di planet ini, Anda dapat membuka Google dan mendapatkan 5 jawaban yang berbeda, kebanyakan dari 30 sampai 40 tahun lalu.”

Kini Charette dan wakil penyelidik Walter HF Smith, seorang ahli geofisika dari National Environmental Satellite, Data and Information Service of the National Oceanic and Atmospheric Administration AS hadir dengan gambaran terbaru akan volume laut dengan menggunakan pengukuran satelit.

Kegiatan mereka sebagian didanai oleh EarthWater Institute yang kemudian diterbitkan di edisi terbaru jurnal Oceanography.

pantai

Para peneliti melaporkan volume total laut di dunia lebih sedikit, dari estimasi terbaru dengan volume yang setara dengan 5 kali Teluk Meksiko atau 500 kali dari Great Lake. Meskipun tampak banyak, ini hanya sekitar 3% lebih rendah dibandingkan estimasi pada 30 tahun lalu.

Apa yang mungkin tampak menarik, kata Charette, adalah bagaimana akurasi peneliti pada masa lalu menggunakan teknik kasar untuk mengukur kedalaman laut.

Pada 1888 misalnya, John Murray mengukur volume dengan tali yang dijatuhkan dari kapal untuk mengalkulasi volume laut, yang hebatnya hanya 1,2% lebih tinggi dari apa yang dilaporkan Charette dan Smith saat ini.[ito]

Iklan

One thought on “Berapa banyak air yang ada di lautan? Ini jawabannya

    ipan ripai said:
    22 Mei 2010 pukul 10:10

    baru tahu nih… salam kenal dari ipan ripai

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s