Konsultasi: Sudah 6 tahun pacaran masih belum direstui Ibu

Posted on Updated on

konsultasi cinta | pacaran jarak jauh | hubungan pranikah | cinta sejati | restu orangtua | ridha ibu | poligami


Saya sangat senang sekali bisa menemukan website bapak ini.. Saya bisa mendapatkan informasi – informasi, yang kebetulan juga saya sedang menghadapi masalah tentang percintaan seprti kebnyakan yg curhat sm bapak. Saya harap bapak tidak keberatan untuk menyumbangkan saran bapak..

sblumnya saya memperkenalkan diri : nama saya M….., umur 22th..saat ini saya sedang menjalin hubungan dengan seorang pria yg berjrak umur 1th lbih tua dr saya..dy sedaerah dgn saya.. kami pacaran sdh bRjalan 6th dr sejak saya masih SMA dan ktika saya kuliah keluar kota kami pun pacaran jarak jauh dan mNrut saya it wktu 6th it sdh lm.., saya sangat menikmati hubungan ini karna kami mnjalani nya dengan penuh keyakinan dan serius..

Namun, Pak.. masalah datang dari keluarga saya.. Orang tua saya kurang menyetujui hubungan kami terutama ibu saya dengan alasan latar belakang keluarga,kalau dari segi materi pacar saya lebih tinggi dr saya.

sewaktu SMA saya pacaran dgn pacar saya ini tdk di bolehkan oleh ibu saya dengan alsan masih SMA blum boleh pcaran..nmun saya truz ttp pacaran karna it mmbuat saya tmbah smngat utk sekolah dan belajar..kemudian setelah lulus SMA saya kuliah ke jogja dan saya pun pacaran jarak jauh,,saya dan pacara saya hanya bisa saling percaya dan tiap da waktu sllu komunikasi. dan setelah lulus SMA dan pacaran jarak jauh ini blum ad tanda-tanda kalau ibu saya merestui, saya selalu komunikasi lewat telpon usaha utk meyakinkan beliau.

tapi menurut saya lewat telpon it belum bs benar2 meyakinkan ibu saya,,setelah 4th kuliah saya pun wisuda dan kembali kedaerah saya sampai saat ini. dan sampai saat ini pun hubungan saya tidak jg direstui.
kali ini ibu saya beralasan karena latarbelakang keluarga. ya saya akui keluarga pacar saya tidak utuh orangtua nya berpisah dari dy masih SD dan dy anak satu-satunya yg ikut ibunya,dan ibunya menikah lagi.

ibu saya berlasan tidak merestui itu disebabkan kata ibu saya keluarga pacar saya tidak baik untuk saya dan kelurga dari pihak saya,,ibu saya takut pacar saya hanya main-main dgn saya,tidak serius dgn saya. seperti 2 orang pamannya yg poligami dan sewenang-wenang sama istrinya. dan itu mmbuat ibu saya takut kalau sifat pamannya menurun kepacar saya. kalau saya berpikir secara logis it memang masuk akal. tapi itu bisa kita bina dan bimbing dy agar tidak seperti paman-pamannya atau keluarganya yang lain.
kalau orang tua saya tidak setuju dan menyuruh saya meninggalkan pacar saya. Tapi itu pun jika alasannya jelas. Misalnya pacar saya nakal atau narkoba, dan lain sbg nya saya bisa terima.

apakah karna pamannya seperti itu bs menjadi faktor utama nya pak bahwa hubungan kami tidak direstui?

sampai saat ini saya masih pacaran,dan berusaha meyakinkan tp belum juga membuahkan hasil..kami menghadapi ini dengan kesabaran dan keyakinan bahwa suatu saat kami bisa mendapatkan restu ibu dan keluarga saya, pacar saya selalu kasi support kepada saya untuk selalu tetep berusaha dan bersabar. Juga berdoa kepada Allah untuk minta petunjuk dan dibukakan jalan untuk masalah kami.. Itu lah pak.. kesabaran dan usaha gigih dia yang membuat saya jadi semakin semangat untuk siap mengarungi bahtera rumah tangga bersama dia.

saya harap bapak tidak bingung atau kewalahan membaca curhatan saya..

Smoga Bapak tidak keberatan untuk memberikan saran… Terima kasih..

Jawaban M Shodiq Mustika:

Terima kasih bahwa dirimu telah berbagi rasa denganku. Aku sangat senang bila kita dapat saling membantu, khususnya dalam masalah cinta. Hanya saja, mengingat keterbatasan sumberdayaku, ada banyak konsultasi yang tidak dapat aku layani. Itu pun tidak semuanya bisa mendalam. (Kalau memang amat sangat membutuhkan masukan dariku secara lebih mendalam, silakan manfaatkan konsultasi privat profesinal sebagaimana kami jelaskan di halaman Pesantren Cinta.)

Aku merasa senang mengetahui betapa sabarnya dirimu di dunia cinta. Enam tahun menjalin hubungan pacaran bukanlah waktu yang singkat. Tidaklah mudah memelihara hubungan pranikah selama itu. Apalagi selama itu pula kalian belum direstui oleh sang Ibunda tersayang.

Untuk mengatasi masalah yang sedang kalian alami ini, mungkin yang paling mendasar adalah mengubah pola cintamu terhadap ibumu. Ibu, ibu, ibu.

perasaan ibu

Dari curhatanmu itu, aku menangkap secara tersirat bahwa dirimu merasa berhak untuk mendapatkan restu dari orangtua. Tentu saja, “merasa berhak” itu tidak keliru. Namun, itu kurang efektif untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

Yang lebih efektif menurutku, buatlah ibumu merasa bahwa beliau lebih kau cintai daripada cintamu kepada pacarmu. Tunjukkanlah cintamu kepada beliau setulus-tulusnya. Kau tak perlu mengharap “imbalan” apa pun, termasuk berupa restu beliau terhadap hubunganmu dengan pacarmu.

Sebagaimana pernah aku ungkapkan, cinta sejati itu ibarat menanam pohon buah. Bila kita merawatnya dengan cinta, maka sang pohon akan otomatis memberi kita buah walaupun kita tidak menuntut dia untuk memberi kita buah. (Lihat “Istriku Bidadariku”.)

Begitu pula dalam cintamu kepada ibumu. Kalau beliau merasa kau cintai dan merasa takut akan kehilangan dirimu, maka tanpa kau minta pun beliau akan merestui hubunganmu dengan pria pilihanmu. Demikianlah masukan dariku kali ini. Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak pula artikel-artikel berikut ini.

Artikel tentang Cinta lainnya yang relevan:

5 thoughts on “Konsultasi: Sudah 6 tahun pacaran masih belum direstui Ibu

    mezakusuma said:
    3 Juni 2010 pukul 19:28

    assalammualaikum,,,
    saya juga mau minta pendapat kepada pak shodiq,

    apakah kawin lari itu halal pak??
    yang saya tahu kalau pernikahan yang sah itu harus ada wali dari seorang mempelai wanita,tetapi kalau wali mempelai wanita ini tidak merestui hubungan seorang anak ini dan tidak bersediah untuk menjadi walinya di hari pernikahannya,padahal mempelai wanita dan mempelai pria sangat-sangat mennyayangi satu sama lain..dari situ saya berfikir kenapa kok ada larangan seperti itu,padahal sang pria sudah menjadi lebih baik dari yang duluh dan rajin mengerjakan ibadah,,

    terimah kasih pak….

    Evi Suvianti said:
    17 Februari 2012 pukul 19:45

    Pak saya mengalami masalah dalam percintaan, saya pacaran sudah 3 tahun saya sudah cukup umur untuk menjalani pernikahan tapi ibu saya tidak merestui hubungan saya, kendalanya ibu saya sangatlah membenci pacar saya di karenakan keadaan materi lebih rendah di banding saya. bagaimana cara mengatasinya.

    Terimakasih

    ana said:
    10 Desember 2013 pukul 09:10

    saya remaja berumur 18 thn saya masih kuliyah sedangkan pacar saya berumur 23 th saya berpacaran baru 1 minggu .tetapi dia ingin meminta sebuah bukti ke saya klo saya cinta apa tidak sama dia .lalu dia meminta untuk memberikan keperawanan saya ke dia ..saya masih ragu karna masa depan saya
    saya harus gimana ?

      Herry Hermawnn said:
      30 Januari 2014 pukul 13:29

      jaannggannn. Dont Be Stupied Woman. by Herry 081808848274

    Herry Hermawnn said:
    30 Januari 2014 pukul 13:30

    Salam Sukses Bos,

    Bagi rekan rekan yang membutuhkan jasa pembuatan Software wajib baca ini….

    PT. Metalogic Informatika adalah usaha di bidang Konsultan Komputer, Maintenance Komputer, Service dan Reparasi Komputer, dll yang berhubungan dengan komputer. Kami menerima jasa panggilan ke perbankan,kantor asuransi,perkantoran,sekolah, kampus,pabrik,toko dan intitusi lainnya yang berhubungan dengan komputer.

    Kami juga menyediakan pengadaan laptop, komputer ke perkantoran,sekolah,kantor asuransi ,kampus,Pemda,toko dan institusi lainnya dan kami juga memasok berbagai macam kebutuhan komputer baik itu partai besar / partai kecil dengan harga kompetitif dan sangat menarik.

    Kami melayani pemesanan dan pengiriman dari Jabodetabek dan Seluruh Propinsi di Indonesia.

    Di Cari Reseller di tiap propinsi se Indonesia

    Untuk Info lebih lanjut Hub :

    Herry HP 081808848274
    021 5324790 92 atau klik http://www.metalogic.co.id

Silakan sampaikan pemikiran Anda

