Kisah Nyata Pemurtadan yang Gagal (Senjata Makan Tuan)

Posted on Updated on

Ketika aku membuka diri selebar-lebarnya terhadap hikmah dari mana pun, seorang Kristen berusaha memurtadkan diriku. Mulanya dia mengemukakan adanya ayat Qur’an dan hadits Rasul yang “kejam”, misalnya perintah “memenggal kepala orang kafir”. Tanggapanku adalah bahwa kita tidak bisa menelan mentah-mentah perintah dalam ayat atau peristiwa dalam hadits. Kita perlu melihat konteksnya untuk memahami teks-teks rujukan utama itu, antara lain dengan menggunakan “filsafat mawas” (penafsiran kontekstual). Untuk ilustrasi, aku paparkan Kisah seorang idola yang mengejar seorang perempuan.

Dalam kisah ilustratif tersebut, aku kemukakan kemungkinan kesalahpahaman dalam melihat suatu peristiwa, sehingga dibutuhkan penggunaan filsafat mawas (penafsiran kontekstual). Akan tetapi, dia menganggap bahwa seharusnya kitab suci itu “sempurna”, dalam arti bahwa teks-teksnya bermakna tunggal, sehingga bersifat mutlak (tekstual) dan tidak memerlukan filsafat mawas (penafsiran kontekstual). Menolak filsafat mawas untuk memahami teks kitab suci itulah “senjata” andalannya. Lalu sebagai “amunisi”, dia menunjukkan beberapa ayat kitab suci agamanya (Kristen) yang katanya “sempurna”, tidak membutuhkan sudut pandang lain apa pun, termasuk filsafat mawas. Dia mengatakan:

Ini masalahnya, ajakan [Qur’an yang] mengerikan itu ada belasan dan TIDAK ADA LARANGAN WAKTU SAMPAI KAPAN. Dan lucunya perlu berbagai konteks, sudut pandang, filsafat dan berjubel ilmu-ilmu untuk menutupi ayat2 yang sudah jelas kengeriannya. Konyolnya lagi semua tetek bengek konteks, sudut pandang, filsafat dlsb, dll, dlsb itu buyar byar ketika keadaan yang sama menimpa.

Berbeda jelas dengan kami yang jelas memiliki batasan mutlak:

(38) Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.(39) Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.

(43) Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.(44) Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

Tapi kemudian, senjata makan tuan. Kepadanya aku katakan:

Benarkah bahwa agama Anda punya “kemutlakan” (tekstualitas) yang anda maksudkan itu? Mana buktinya? Lebih baik Anda membicarakan hal ini dengan orang-orang Kristen yang seagama dengan Anda. Saya menyarankan ini karena filsafat mawas itu sendiri justru lahir dan berkembang di perguruan-perguruan tinggi agama Kristen.

Sekarang jelas bahwa akar perbedaan kita adalah pada bagaimana memahami teks kitab suci. Anda memahami secara tekstual, saya memahami secara kontekstual. Dengan demikian, supaya usaha Anda efektif untuk memurtadkan saya, anda perlu meyakinkan saya bahwa filsafat mawas (kontekstual) itu keliru dan tak bisa dipakai untuk memahami kitab suci. Untuk itu, silakan mengkritik filsafat mawas (perspectival philosophy) langsung ke ahlinya, yaitu Dr. Stephen Palmquist, Department of Religion and Philosophy, Hong Kong Baptist University, Kowloon, HONG KONG. Beliau bisa dihubungi melalui http://www.hkbu.edu.hk/~ppp/

65 thoughts on “Kisah Nyata Pemurtadan yang Gagal (Senjata Makan Tuan)

    حَنِيفًا said:
    5 Agustus 2010 pukul 09:38
    krupukcair said:
    5 Agustus 2010 pukul 10:30

    Allahuakbar!

    jephman said:
    5 Agustus 2010 pukul 13:05

    seperti yg kubilang berkali-kali, entah kenapa muslim kalo dikritisi agamanya selalu berprasangka sedang dimurtadkan/kristenisasi? aneh sekali. Kege-eran berjamaah?

    Berjibun tulisan muslim mengkritisi Kekristenan, bahkan Alquran sendiri banyak memiliki ayat2 yg mengkritisi kekristenan, bahkan jargon agama paling sempurna sudah sering didengar, tapi kita gak pernah berprasangka sedang di islamisasi.

    dan jawabanku atas tulisan diatas kenapa gak di kutip ya pak?🙂
    ini deh saya kopipes jawaban saya diatas:

    Untuk ajaran kasih, itu benar. Anda dengan mudah mereferensikan pasifisme ke Injil, tapi tidak untuk kekerasan dan kebencian.

    Berbeda dgn ,Islam yg anda sendiri mengakui, perlu telaah panjang lebar, sudut pandang, konteks, tafsiran, dll, bahkan ilmu dari kafir: filsafat mawas, untuk membuat ayat2 yang penuh kebencian dan kekerasan manjadi tidak berlaku lagi.

    renungkanlah pak Shodiq.

    PS:
    pak Shodiq jangan pindah2 blog dong, pusing aku jadinya. 1 topik bisa sampai 5 postingan di 2 blog. Udah gitu jawabanku kenapa gak dikutip? bukankah orang akan lebih lengkap mengikuti kalau berada dalam 1 tulisan? Ini jadi bingung urutannya.

      حَنِيفًا said:
      5 Agustus 2010 pukul 13:27

      Makanya katakanlah Allah itu Satu, bukan trinitas apalagi limanitas… jadi ajah pusiengg sampean…😀😆

        حَنِيفًا said:
        5 Agustus 2010 pukul 13:30

        PS:
        Oom Shodiq pilih aja satu nama ISLAM, jangan pindah-pindah selain 5 nama di 2 AGAMA:mrgreen: , jadi pusing agama yang lain… hehehe…

          M Shodiq Mustika responded:
          5 Agustus 2010 pukul 14:42

          @ haniifa
          Aku emang suka bikin “pusing” orang lain:mrgreen:

            حَنِيفًا said:
            5 Agustus 2010 pukul 15:01

            @Mas Shodiq Mustika
            Kalau sayah seehh nggak pusing Agama sayah ISLAM, jadi yang beragama diluar ISLAM seperti @mas Jephman pusing katanyah… hehehe….

        artificial left eye said:
        6 Agustus 2010 pukul 09:03

        Yang Satu itu apanya?

        Lalu bagaimana dengan ini :
        mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka. Qs 2.3

        Dan jika kamu dalam keraguan tentang Al Qur’an yang Kami wahyukan kepada hamba Kami , buatlah satu surat yang semisal Al Qur’an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. Qs 2.23

        Dan ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. Qs 2.34

        Dan Kami berfirman: “Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini . yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim. Qs 2.35

        Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: “Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan.” Qs 2.36

        Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. Qs 2.39

        Dan , ketika Kami belah laut untukmu, lalu Kami selamatkan kamu dan Kami tenggelamkan dan pengikut-pengikutnya sedang kamu sendiri menyaksikan . Qs 2.50

        Dan , ketika Kami berikan kepada Musa Al Kitab dan keterangan yang membedakan antara yang benar dan yang salah, agar kamu mendapat petunjuk. Qs 2.53.

        Dan Kami naungi kamu dengan awan, dan Kami turunkan kepadamu “manna” dan “salwa” . Makanlah dari makanan yang baik-baik yang telah Kami berikan kepadamu; dan tidaklah mereka menganiaya Kami; akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri. Qs 2.57

        Lalu apa arti kata Kami?

        Seluruh agama yang berbeda-beda di buat sambung-menyambung menjadi satu itulah ramalan vanga vangelia pandeva.

          حَنِيفًا said:
          6 Agustus 2010 pukul 09:12

          Sampean ini, apa tidak baca postingan sayah di
          http://answering.wordpress.com/2010/01/10/menjawab-hujatan-blog-beritamuslim-wordpress-com/#comment-6925
          ———————————
          حَنِيفًا berkata
          Juli 29, 2010 pada 1:25 am

          @Mas Pembela
          Mari kita lanjutken…😀 dan silahken sampean buka kembali kitab Suci Al Qur’an QS 2:34
          Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.
          وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَـئِكَةِ اسْجُدُواْ لاًّدَمَ فَسَجَدُواْ إِلاَّ إِبْلِيسَ أَبَى وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَـفِرِينَ
          Wa idz qulnaa lil malaaikatis juduu li aadama fa sajaduu illaa ibliisa abaa wa takbara wa kaana minal kaafiriin.
          Wa = dan
          idz = ketika
          qulnaa = berfirman (perkataan Allah lazim disebut firman)

          Adakah perkataan “KAMI” ???

          idz = ketika , contoh pada QS 85:6
          ketika mereka duduk di sekitarnya
          إِذْ هُمْ عَلَيْهَا قُعُودٌ
          idz hum ‘alaihaa qu’uud

          sehingga….
          Wa idz qulnaa = Wa ketika (Allah) berfirman…dsb.😀

          Yesaya 27:3-5
          <b.Aku, TUHAN, penjaganya</b.; setiap saat Aku menyiraminya. Supaya jangan orang mengganggunya, siang malam Aku menjaganya;
          kehangatan murka tiada pada-Ku. Sekiranya tampak kepada-Ku puteri malu dan rumput, Aku akan bertindak memeranginya dan akan membakarnya sekaligus,kecuali kalau mereka mencari perlindungan kepada-Ku dan mencari damai dengan Aku, ya mencari damai dengan Aku!”

          Perhatikan Aku =1, Tuhan=2, Penjaganya=3… jumlah ada 3 OKNUM. hehehe…

          Siapakah “AKU” ?!
          1. Tuhan Yesus kah !!
          atau…
          2. Tuhan Paulus kah !!
          atau…
          3. Pengarang buku BIBLE…:mrgreen:
          atau…
          4. Tuhan Pencipta langit dan bumi, jika yang dimaksud Allah
          atau kenapa kalian tidak memohon perlindungan kepada Allah secara langsung.

          Wassalam, Haniifa.
          —————————–

          Jelas kitab Bibel (Juklak Alien😀 ) berkata KAMI… hehehe…

            artificial left eye said:
            6 Agustus 2010 pukul 18:16

            Kata Aku di dalam Yesaya 27:3-5 menurut ramalan vanga vangelia pandeva adalah Bapak dari manusia pertama yang menggunakan cara untuk mengobati semua penyakit manusia sehingga mengalami keabadian di Pleiades pada tahun 4599.

            Kemungkinan besar Tuhan Yesus menurut ramalan vanga vangelia pandeva adalah manusia pertama yang menggunakan cara untuk mengobati semua penyakit manusia sehingga mengalami keabadian di Pleiades pada tahun 4599.

            Dengan menggunakan 7000 ramalan vanga vangelia pandeva saja sudah cukup menggambarkan betapa susahnya kehidupan umat manusia di masa depan.

            Jadi pecayalah pada apa yang anda percaya namun harus disesuaikan dengan ramalan vanga vangelia pandeva.

            Zorevia said:
            9 September 2010 pukul 07:52

            mengenai penggunaan kata “Kami” dalam Al Qur’an justru itulah kebaikan Al Qur’an yg di contohkan langsung oleh ALLAH. Begini analoginya….
            Dalam mengatur alam semesta yang sangat luas tak terbatas ini ALLAH menciptakan suatu mega system yang terdiri dari berbagai unsur yang akan dimanfaatkan utk melaksanakan segala perintah dan ketetapanNya, termasuk di dalamnya malaikat-malaikat yang jumlahnya sangat banyak. Salah satu malaikat yang mempunyai peranan cukup banyak yang sering disebut-sebut dalam kitab suci Al Qur’an adalah Jibril, Mikail, Raqib, ‘Atib, Darda’il, Izrail, dll. Setiap nama malaikat-malaikat tsb mempunyai tugas-tugas yg telah ditetapkan ALLAH.
            Ketika ALLAH memutuskan dan bertindak utk suatu hal ALLAH akan memerintahkan para malaikatnya sesuai tugasnya itu. Contoh…. Maka ketika wahyu disampaikan ALLAH kpd Para Rasul/Nabinya maka ALLAH akan memerintahkan Jibril untuk menyampaikannya, dimana isi firman/wahyu itu melibatkan malaikat-malaikat lain, coba kita simak salah satu ayat yang saya ambil dari Alqur’an secara acak, berbunyi sbb:
            “Kemudian Kami selamatkan rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman, demikianlah menjadi kewajiban atas Kami menyelamatkan orang-orang yang beriman.” (Surah Yunus: 103).
            ALLAH memerintahkan Jibril menyampaikan wahyu tsb kepada Nabi Muhammad, dimana dalam pelaksanaan wahyu tsb melibatkan malaikat-malaikat lainnya sesuai tugas masing2.

            Disini ALLAH menunjukkan secara komprehensif bagaimana firmanNya dilaksanakan, dan ini merupakan contoh yang sangat luar biasa bagusnya bagi manusia dalam kepemimpinan didunia. Dimana manusia sering menggunakan kata “saya” utk suatu ide dan pelaksanaan tetapi yg menjadikan sukses ide tsb bukan dia semata tapi juga orang lain yg memang ahli sesuai bidangnya.

            Dalam organisasi pemerintahan yg disebut negara maka pemimpinnya adalah Presiden atau Raja, dibantu oleh para menteri, gubernur, dst…
            Maka seorang presiden/raja sering menggunakan kata “kami” untuk melakukan suatu kebijakan. Contoh, pada suatu ketika presiden mengatakan “setelah kami melihat, mempelajari, dan meneliti dengan hati-hati dan secermat mungkin berbagai aspek tentang masalah yang sedang berkembang belakangan ini tentang perlunya otonomi yang lebih luas diberikan kepada pemerintah daerah tingkat II, maka kami sepakat akan membentuk panitia khusus yang terdiri dari berbagai unsur/komponen bangsa yang kapabel untuk bekerja secara profesional dan penuh tanggung jawab ……..dst….dst,
            Oleh karena itu kami minta kepada masyarakat agar sabar menunggu hasil kerja pansus tersebut 4 – 6 bulan ke depan…… dst…dst”

            Penggunaan kata kami disini bukan berarti presiden/raja lebih dari 1, tapi menunjukkan bahwa masalah tsb ditangani dengan suatu cara yang lebih komprehensif

            begitulah menurut saya dan berbagai literatur yg saya baca….

          arya said:
          11 April 2011 pukul 11:31

          gini mas !!!
          Firman Allah Tsb turun dan di sampaikan oleh JIBRIL AS, kepada Muhamad saw, dan Jibril as adalah malaikat Allah yang di tugaskan untuk memberitakan Firman Allah SWT,
          seperti juga dengan yang lainnya semua pekerjaaan Allah SWT ada beberapa yang di lakukan oleh Malaikat dengan perintahnya!
          contoh :
          mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka. Qs 2.3
          Kata kata kami di atas adalah menerangkan bahwa : Allah SWT menganugrahkan Rezeki kepada mereka dengan bantuan Malaikat atas perintah Allah SWT,dan pada saat ayat ini di turunkan di bawa oleh Malaikat Jibril as dan di beritakan kepada Rasullulah SAW thats way kenapa di sini di katakan ” Kami ” ini ulasan pertama !
          ulasan kedua :
          Dalam bahasa Arab, dhamir ‘NAHNU’ ialah dalam bentuk jamak yang berarti kita atau kami. Tapi dalam ilmu ‘NAHWU’, maknanya tak cuma kami, tapi aku, saya dan lainnya.

          Bahasa Arab adalah bahasa paling susah di dunia setelah itu bahasa china kenapa karena satu kata mengandung banyak arti
          Tapi bagi mereka yang faham bahasa Arab sebagai bahasa yang kaya dengan makna dan kandungan seni serta balaghah dan fashohahnya, Pertanyaan ini macam lucu dan jenaka.

          JIKA MEMANG Jika memang “KAMI” dalam Qur’an diartikan sebagai lebih dari 1, lalu mengapa orang arab yg jauh lagi faham akan bahasa arab tidak menyembah lebih dari 1 ALLAH?

          Kata ‘Nahnu` tidak harus bermakna arti banyak, tetapi menunjukkan keagungan Allah SWT. Ini dipelajari dalam ilmu balaghah.

          begitu boooos !!!!

      Ayruel Chana said:
      5 Agustus 2010 pukul 13:31

      @jp

      gitu toch
      kok bisa gitu?

      M Shodiq Mustika responded:
      5 Agustus 2010 pukul 14:34

      @ jephman

      1) Anda menuding saya berprasangka, padahal Anda sendiri telah mengatakan, “Saya hanya disuruh melakukan syiar dan dakwah sama seperti agama bapak.
      Namun demikian, saya tidak keberatan. Saya terbuka terhadap pelajaran dan hikmah dari manapun. Silakan kalau mau mendakwahi saya.

      2) Saya ulangi, saya sarankan lebih baik Anda membicarakan masalah ini (yaitu bagaimana memahami teks kitab suci) “dengan orang-orang Kristen yang seagama dengan Anda. Saya menyarankan ini karena filsafat mawas itu sendiri justru lahir dan berkembang di perguruan-perguruan tinggi agama Kristen.”

        jephman said:
        6 Agustus 2010 pukul 09:08

        1) Lho aneh! Bukannya tidak ada paksaan dalam agama? kalau saya hanya syia dan dakwah dan TIDAK ADA PAKSAAN dalam agama kalau begitu judulnya postingan ini kenapa SUUDZON gitu ya?

        2) Justru karena filsafat mawas itu lahir di LINGKUNGAN KAFIR, kok ada ulama, cendekiawan, kader PKS, Penulis sekalas bapak memakainya?? Bukankah aneh agama yang paling sempurna memerlukan keilmuan KAFIR? Kasarnya : Anda perlu ilmu kafir untuk membuat perintah “mencopet” itu menjadi tidak ada.

        salam

          M Shodiq Mustika responded:
          6 Agustus 2010 pukul 14:57

          @ jephman

          2) Sebelum Anda mempertanyakan masalah mengapa Islam meminta pemeluknya untuk mengambil hikmah dari mana pun, lebih baik Anda lebih dahulu mempertanyakan mengapa filsafat mawas sering dipakai oleh orang-orang Kristen untuk memahami isi Alkitab.
          Selama ini mungkin Anda mengira bahwa daripada Kristen, Islam lebih membutuhkan filsafat mawas. Namun benarkah demikian? Silakan diskusikan dengan orang-orang Kristen yang mendalami filsafat mawas itu sendiri, seperti Dr. Stephen Palmquist. Menurut beliau, Kristenlah yang lebih membutuhkan filsafat mawas daripada agama-agama lain, termasuk Islam.

          Untuk contoh, kita bisa mengambil konsep yang paling mendasar dalam agama, yaitu ketuhanan.
          Menurut Islam (apa pun sektenya), “Tuhan itu satu.” Titik. Dalam hal ini, tidak diperlukan filsafat mawas untuk memahami bahwa Tuhan itu satu.
          Menurut Kristen (selain sekte Unitarian dan beberapa sekte lainnya), “Tuhan itu satu tapi tiga; tiga tapi satu.” Konsep kontradiktif ini tidak bisa dipahami, kecuali melalui filsafat mawas.
          Menurut sekte Unitarian, “Tuhan itu satu.” Titik. Padahal, ada sejumlah ayat yang mengisyaratkan bahwa Tuhan itu lebih dari satu. Namun, “kontradiksi” ini bisa dipahami melalui penggunaan filsafat mawas.

          Itu baru satu contoh. Bahkan, ajaran Kasih yang menurut Anda tidak membutuhkan filsafat mawas, ternyata membutuhkan juga. Perlunya filsafat mawas untuk memahami ajaran Kasih dapat Anda jumpai dalam buku Dr. Stephen Palmquist, The Waters of Love. Konsep-konsep alkitabiah lainnya yang sangat membutuhkan filsafat mawas dapat kita jumpai dalam karya-karya Dr. Palmquist. Diantaranya: buku Biblical Theocracy dan Dreams of Wholeness.

          Filsafat mawas itu sendiri adalah alat yang netral. (Karena netral, kita tidak bisa menyebutnya sebagai ilmu kafir.) Sumbernya bukan Alkitab, melainkan kritisisme Immanuel Kant.

          Jadi, sebelum Anda menolak pemakaian filsafat mawas dalam memahami Alqur’an, sebaiknya Anda lebih dahulu berusaha menolak pemakaian filsafat mawas dalam memahami Alkitab.

          1) Ya, mungkin penggunaan istilah “senjata” kurang tepat, karena bisa saja ada yang menyangka adanya kekerasan atau pemaksaan. Namun setahu saya, istilah “senjata makan tuan” pada umumnya tidak diasosiasikan dengan pemaksaan.

          Saya pun tidak mengatakan bahwa saya dipaksa untuk murtad. Yang saya maksudkan adalah bahwa saya didakwahi sesuatu yang arahnya adalah supaya saya murtad. Dakwah itu sendiri bagus. Jadi, kalau pun saya berprasangka bahwa ada seseorang sedang mendakwahi saya, maka prasangka saya ini adalah prasangka baik (husnuzhzhan), bukan prasangka buruk (su’uzhzhan).

          Murtad dan pemurtadan itu sendiri (dalam pemahaman saya dalam konteks diskusi kita) merupakan istilah yang netral. Pemurtadan itu bisa menjadi buruk kalau arahnya menuju agama yang buruk, tetapi menjadi baik kalau arahnya menuju agama yang baik.

      debat said:
      28 September 2013 pukul 19:11

      kristen kok ada 3 tuhannya…
      mati lg dibunuh sama orang!!
      masa bs selamatin manusia, padahal dia ndiri ngga bs selamat!!!

      me said:
      30 Januari 2014 pukul 13:34

      “untukmu agamamu untukku agamaku.”. simple.

    Wedul Sherenian said:
    5 Agustus 2010 pukul 19:09
    artificial left eye said:
    6 Agustus 2010 pukul 08:29

    Tapi seluruh keturunan kita akan murtad ke agama baru yang di akui bumi ini pada tahun 2167.

    Coba baca Kitab Kejadian ayat 20 dan Kitab Kejadian ayat 21.
    Tanah Filistin adalah tanah Abimelekh.
    Abimelekh sudah bersepakat di dalam perjanjian dengan ELOHIM dan Abraham bahwa tanah Abimelekh sudah menjadi tanah Ishak.
    Tanah kaum muslimin adalah Tanah Mesir karena Ibu Ismael dan Istri Ismael berasal dari Mesir.
    Kitab Kejadian ayat 20 dan ayat 21 juga sangat sesuai dengan 7000 ramalan vanga vangelia pandeva.

    Saya tidak mendoktrin karena seluruh manusia di bumi ini termasuk anda dan saya sudah diramal akan mengingat ramalan vanga.
    “Menurut ramalan vanga vangelia pandeva bahwa pada tahun 2125 akan terjadi kelaparan di seantero bumi yang mana menyebabkan orang-orang akan teringat Vanga lagi.”
    Yang pasti hanya gara-gara peristiwa komet menabrak bulan aka sangkakala sehingga seluruh manusia di bumi ini harus bertransmigrasi ke planet mirip dengan bumi aka sorga dan ke planet tidak mirip dengan bumi aka neraka lalu pada saat itulah peran para ilmuwan menjadi sama dengan Tuhan karena tuntutan membuat obat-obatan agar seluruh manusia tidak termutasi menjadi alien-alien.

    Menurut ramalan vanga vangelia pandeva bahwa Tuhan adalah pencipta segala sesuatu merupakan para ilmuwan yang berhasil menemukan dampak dari semua penyakit dalam perilaku manusia di Pleiades pada tahun 4302.
    Menurut ramalan vanga vangelia pandeva bahwa Tuhan adalah pencipta segala sesuatu merupakan para ilmuwan yang berhasil menemukan cara untuk mengobati semua penyakit manusia di Pleiades pada tahun 4304.
    Jadi para ilmuwan tersebut merupakan manusia-manusia yang tidak termutasi menjadi alien-alien namun mengalami keabadian karena menggunakan cara untuk mengobati semua penyakit manusia di Pleiades pada tahun 4599.

    Kesimpulan:
    Tuhan adalah manusia-manusia yang tidak termutasi menjadi alien-alien namun mengalami keabadian akibat menggunakan cara untuk mengobati semua penyakit manusia di Pleiades pada tahun 4599 sehingga alien-alien yang mengakui berasal dari manusia menyembah para ilmuwan tersebut.
    Pengertian Tuhan menurut ramalan vanga vangelia pandeva sangat cocok dengan Kejadian 1 ayat 26 bahwa Tuhan adalah manusia-manusia yang tidak termutasi menjadi alien-alien namun mengalami keabadian akibat menggunakan cara untuk mengobati semua penyakit manusia di Pleiades pada tahun 4599.
    Jadi Tuhan adalah banyak.
    Kemungkinan besar Tuhan Yesus adalah manusia pertama yang menggunakan cara untuk mengobati semua penyakit manusia sehingga mengalami keabadian di Pleiades pada tahun 4599.

    Menurut ramalan vanga vangelia pandeva bahwa Tuhan itu satu adalah meskipun jumlah alien sangat banyak dan berbeda-beda bentuknya tetapi tetap berasal dari satu jenis saja yaitu hanya jenis manusia saja.

    Roh-roh kudus aka para malaikat alias dewa-dewi adalah alien-alien yang mengakui berasal dari manusia namun mengalami keabadian karena menggunakan cara untuk mengobati semua penyakit manusia di Pleiades pada tahun 4599 sehingga alien-alien yang mengakui berasal dari manusia menyembah para ilmuwan tersebut.

    Roh anti kristus aka lucifer dan para iblis adalah alien-alien yang tidak mengakui berasal dari manusia namun mengalami keabadian karena menggunakan cara untuk mengobati semua penyakit manusia di Pleiades pada tahun 4599 sehingga alien-alien yang tidak mengakui berasal dari manusia tidak menyembah para ilmuwan tersebut.
    Alien-alien yang tidak mengakui berasal dari manusia tidak menyembah para ilmuwan tersebut karena semasa menjadi manusia-manusia tidak kebagian tempat di Pleiades sehingga nekat tinggal di planet tidak mirip dengan bumi pada tahun 3803 dan mengalami mutasi menjadi alien-alien serta mengalami banyak peristiwa kematian akibat belum ditemukannya cara untuk mengobati semua penyakit manusia.
    Seharusnya yang di sebut kafir adalah alien-alien yang tidak mengakui berasal dari manusia.

    Seluruh komentar saya hanya berdasarkan pada 7000 ramalan vanga vangelia pandeva saja.
    Terserah kamu mau percaya atau nggak yang penting saya sudah bilang.

    Menurut ramalan vanga vangelia pandeva bahwa perang akhir jaman akan dimenangkan oleh Tuhan adalah manusia beserta para malaikat aka dewa-dewi adalah alien-alien yang mengakui berasal dari manusia.
    Zeta reticulans adalah alien-alien yang tidak mengakui berasal dari manusia.
    Pleiadians adalah alien-alien yang mengakui berasal dari manusia.
    Menurut ramalan vanga vangelia pandeva bahwa perang akhir jaman antara pleiadians dengan zeta reticulans akan dimenangkan oleh pleiadians.
    Bukti kemenangan pleiadians yang masih bisa dilihat sampai sekarang adalah seluruh manusia di bumi ini termasuk anda dan saya.
    Jadi ramalan vanga vangelia pandeva mendukung Tuhan adalah manusia.

    Tambahan :
    1. Tuhan adalah pencipta segala sesuatu merupakan Para Ilmuwan.
    2. Roh anti kristus tidak berasal dari Tuhan (1Yohanes 4:2-3)
    1 Yohanes 4:2-3 :
    “2. Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, 3 dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia………….”
    Perhatikan ayatnya, “tidak berasal dari Allah/Tuhan” berarti tidak mengakui berasal dari manusia.

    Sedikit tambahan lagi:
    Nordic alien, dwarf alien dan elf alien termasuk alien-alien yang mengakui berasal dari manusia aka pleiadians.
    Greys alien, reptilian alien dan hybrid alien termasuk alien-alien yang tidak mengakui berasal dari manusia aka zeta reticulans.
    Yang saya bilang ini bukan hoax karena banyak manusia di masa depan yang akan termutasi menjadi alien-alien akibat terkena bakteri pembunuh dari luar angkasa.
    Informasi mengenai bakteri pembunuh dari luar angkasa yang akan mengancam kehidupan bumi bisa di cari di google.

    Sesuai dengan ramalan/nubuatan2 di dalam kitab suci agama2 abrahamis bahwa Palestina aka Pilistin akan diYahudi/Yehudakan kembali oleh ELOHIM dari tahun 2167 sampai tahun 4509 menurut 7000 ramalan vanga vangelia pandeva.

    80 persen dari 7000 ramalan vanga vangelia pandeva sudah terjadi sehingga 20 persen dari 7000 ramalan vanga vangelia pandeva pasti akan segera menyusul untuk terjadi.
    Semua informasi tentang agama-agama di bumi ini terdapat di dalam 7000 ramalan vanga vangelia pandeva.
    Semua informasi tentang ramalan-ramalan agama-agama yang berbeda-beda dari agama pertama sampai agama terakhir di bumi ini juga terdapat di dalam 7000 ramalan vanga vangelia pandeva.
    Semua pertanyaanmu sudah dijawab didalam ramalan vanga vangelia pandeva.
    Data-data yang terdapat di dalam 7000 ramalan vanga vangelia pandeva lebih lengkap daripada data yang anda sajikan.
    Lebih baik anda pergi saja ke institut Bulgaria di kota Sofia untuk melihat secara langsung salinan/copy 7000 ramalan vanga vangelia pandeva.
    Bila manusia berbicara pasti tidak akan dipercaya. Oleh karena itu lebih baik ramalan vanga vangelia pandeva saja yang berbicara ya.

      حَنِيفًا said:
      6 Agustus 2010 pukul 09:14

      Lebih seru ramalan Naruto… hehehe….

      rian said:
      8 Agustus 2010 pukul 11:29

      Menurut Ramalan Saya anda anda semua dan termasuk saya sebelum di thn 2150 akan mengalami masa kematian dan setelah masa itu semua baru menyadari keburukan dan kebenran!!!

        M Shodiq Mustika responded:
        8 Agustus 2010 pukul 12:13

        @ rian
        Yang pasti, kita akan mati, entah tahun berapa. Ya, setelah itu, “semua baru menyadari keburukan dan kebenaran”

          artificial left eye said:
          8 Agustus 2010 pukul 12:59

          @ M Shodiq Mustika

          NABI ISA AS merupakan penghuni sorga atau bukan?
          Penghuni sorga merupakan manusia atau bukan?
          Bila penghuni sorga adalah manusia apalagi TUHANnya.

          حَنِيفًا said:
          8 Agustus 2010 pukul 14:02

          @Artificial left eye
          Yang menciptakan sorga itu TUHAN atau Allah ?!

          M Shodiq Mustika responded:
          8 Agustus 2010 pukul 14:45

          @ artificial left eye
          Tuhan itu Mahakuasa. Terserah kehendak-Nya lah apakah Dia mau menghuni surga ataukah tidak. Kita tidak bisa mengharuskan Dia menghuni surga ciptaan-Nya.

            حَنِيفًا said:
            8 Agustus 2010 pukul 16:22

            @Mas M Shodiq Mustika
            Yang Maha Kuasa itu Tuhan atau Allah ?!

            حَنِيفًا said:
            8 Agustus 2010 pukul 16:36

            @Mas M. Shodiq Mustika
            Bijimana kalau sayah revisi, biyar tidak kehilangan kontekstual… hehehe….

            Tuhan Yang Maha Esa itu Tuhan Yang Maha Kuasa orang yang beragama biasa menyebutnya namanya Allah ( dibaca: Alloh mengikuti kaidah ‘arabiiyin mubiin, dibaca: Allah kaidah Kristiani), Terserah kehendak-Nya… bla..bla…bla…

            Wassalam, Haniifa.

      Zorevia said:
      9 September 2010 pukul 08:06

      Saya sarankan (bagi teman-teman terkasih kristiani dan Muslim) untuk menilai kebenaran suatu kitab agar memiliki ilmu yang komprehensif thd kitab itu sendiri. Bagi yg ingin menilai Injil maka harus benar-benar memahami Injil secara faktual dan kontekstual, begitu juga bagi yang ingin menilai Al Quran maka harus memahami Al Qur’an secara komprehensif.
      Hati-hati dalam menilai kitab-kitab suci yang ada di dunia ini, bisa jadi kita malah jadi bingung dan tersesat. Ini akan sangat mempengaruhi perilaku kita dalam kehidupan beragama, kehidupan sosial, kehidupan politik, dst. Bisa jadi orang yang tersesat itu akan menjadi radikal, berbahaya dan menimbulkan perpecahan kehidupan bermasyarakat.
      Tidak percaya? Saya pernah mengalaminya……

        Decaller said:
        18 September 2010 pukul 09:13

        ya terutama injil yang memang dah jauh dari aslinya

    omiyan said:
    6 Agustus 2010 pukul 08:31

    apapun yang terjadi dengan agama ini (islam) Insya Allah saya berada didalamnya

    Buat mas Shodiq…salam selalu

      Anissa Azzahra said:
      11 April 2013 pukul 19:12

      Bersyukur karena kita islam, agama yang di ridhai Allah… AllahuAkbar🙂

    rika novyanti said:
    6 Agustus 2010 pukul 12:53

    asyik nih…. debatnya seru2….
    tapi jadi menarik karena dari sini saya tau siapa yang berpikiran picik, siapa yang licik dan siapa yang cerdik….

    hend914 said:
    6 Agustus 2010 pukul 16:06

    wow!!

    black said:
    6 Agustus 2010 pukul 22:09

    @artificial left eye, mengapa setiap argument anda selalu anda dasarkan pada ramalan vanga? siapakah vanga itu?
    kami, muslim, mendasarkan segala sesuatu itu pada Alquran dan hadist, sebagai rujukan utama.
    jika anda seorang kristen, mengapa anda tidak menjadikan injil sebagai rujukan dan dasar anda? mengapa anda malah lebih mempercayai ramalan vanga?

      artificial left eye said:
      6 Agustus 2010 pukul 22:29

      @ black

      Saya hanyalah seorang manusia biasa agak susah bila memandang masalah dari satu sudut pandang agama saja karena rasa ego saya akan uang yang terlampau tinggi gara-gara pengalaman kalah judi dari ramalan gurita paul pada piala dunia tahun 2010 sehingga saya membayangkan bahwa sepertinya hidup di bumi ini bagai judi.

      Jadi percayalah pada apa yang anda percaya namun harus di sesuaikan dengan ramalan vanga vangelia pandeva.

    danang suprapta said:
    7 Agustus 2010 pukul 14:31

    cara berpikir spt itu ga ada habisnya… ga ada yang mau kalah semua mau menang. serahkan semua pada ahlinya. yg yakin dg A ya silakan yang yakin dg B silakan.. tp alangkah bgsnya kita renungkan pasti ada yg terbaik

      M Shodiq Mustika responded:
      7 Agustus 2010 pukul 15:13

      @ danang suprapta
      Ya, saya setuju. Saya sudah menyerahkan ke ahlinya dalam hal ini, yaitu orang Kristen yang ahli filsafat mawas.

        Zorevia said:
        9 September 2010 pukul 08:13

        Setuju… serahkan deh kepada ahli yg menguasai masalah agama secara komprehensif. Perdebatan dengan bekal ilmu yg sedikit akan menghasilkan perselisihan dan menimbulkan emosi-emosi negatif (yg seringkali tidak kita sadari)
        Saran saya bagi kawan-kawan terkasih semuanya coba pelajari tentang Islam di http://www.harunyahya.com
        Saya banyak dapat pencerahan melalui web tsb.

    […] Kasih dalam Kristen itu mutlak, tidak membutuhkan penafsiran kontekstual. (Lihat postingan “Senjata Makan Tuan” beserta komentar-komentarnya yang […]

    lordaeron said:
    12 Agustus 2010 pukul 13:04

    @ artificial left eye :
    orang yang mengakui dirinya sendiri memiliki Ego yang tinggi akan materi karena pernah kalah judi sehingga memiliki pandangan bahwa segala sesuatunya di dunia ini adalah judi….. trus ngajak debat masalah agama lagi!…. ooh what a shame!hahaha jangan2 loe masuk kristen gambling juga….trus nyaranin sama kita2 harus percaya ramalan yang dia percaya … jangan2 gambling juga tuh loe milih ramalan vanga hahaha…. asli ngakak abis gua!!!

      artificial left eye said:
      12 Agustus 2010 pukul 16:25

      @ lordaeron
      Terserah anda saja mau percaya atau nggak karena pada akhirnya para penganut agama kristen dan para penganut agama islam akan murtad ke agama baru yang akan diakui bumi ini pada tahun 2167. Yang penting saya tidak mau kalah dari gurita paul untuk yang kedua kalinya.

    Tedjo said:
    12 September 2010 pukul 21:45

    Setiap orang pasti menganggap bahwa agamanya yang paling benar dan itu wajar. Pada intinya semua agama Samawi mempunyai Tuhan yang sama, meskipun penyebutannya berbeda. Yang pasti Yesus (Nabi Isa AS) itu manusia, bukan anak Tuhan dan akan dibangkitkan di akhir zaman untuk menyadarkan manusia yang telah salah jalan (menganggapnya Tuhan). Senantiasa bersyukur masih diberikan nikmat iman dan islam. Lakum diinukum wa liya diin…

    hamba Allah SWT said:
    13 September 2010 pukul 11:33

    bismillahirahmannirahim,,,,
    @artificial left eye n jephman : bahasa dalam alkitab(injil) yang asli dari bahasa Ibrani kan? apa ada seorang dari agama anda yang menguasai bahasa tersebut? *kalo setau saya tidak*,, singkatnya, alkitab anda dari daerah satu dg daerah yang lain ada bahasanya sendiri2. Di Indonesia pake bhs Indonesia, di amerika pake bhs Inggris, yang di Jawa pake bsh jawa(pengakuan dari temen saya yang dicritakan oleh guru PAI sya)..kemungkinan besar dalam penafsiran dari alkitab yg asli kebahasa2 lain pasti ada perbedaan, trutama saat masuk kedaerah pedalaman. Sedangkan Alquran,, tulisannya pake tulisan Arab(hruf Hijaiyah), tapi bahasanya, bahasa dari Allah sendiri.. dan kemanapun Alquran disebarkan, ya tetap seperti itu..tidak mengubah sedikitpun isi dari Alquran.
    oia, pertanyaan saya yg diatas mohon dJwb ya,, terimakasih..(maaf apabila ada kehilafan)

    KINOY said:
    20 September 2010 pukul 13:55

    orang kristen akan sulit memahami ajaran islam. karena untuk memahami konsep ketuhanan di kristen selaku agama mereka sendiri juga bingung. tuhan itu satu tapi tiga, tiga itu satu. padahal anak sd saja tahu kalau angka satu ya satu angka tiga ya tiga, jelas satu itu tidak sama dengan tiga.
    kalau satu ditambah tiga sama dengan empat baru sepakat. jadi bagi umat islam. jangan terlalu tersinggung dengan orang kristen yg ambil ayat alqur’an sepotong lalu ditapsirkan semau mereka. toh mereka orang-orang bingung. satu dan tiga saja dianggap sama. apalagi urusan yang lainnya. pasti orang kristen itu akan tambah bingun selama konsep ketuhanannya masih bingung tiga apa satu apa sepuluh apa dua belas.

      zhianglee said:
      28 September 2010 pukul 16:53

      Kepada semuanya…
      Oiya perkenalkan, saya seorang Kristen, keturunan Chinese.
      Setelah saya melihat komentar Anda2 semua, saya tersenyum bahkan tertawa. Saya rasa semuanya benar, menurut pandangannya masing2 (bukan menurut saya loh..). Tapi dalam hal ini saya hanya mau katakan bahwa :
      @ Saudara/i Muslim (termasuk pemilik blog ini) yang saya kasihi, saya perlu tempatkan plus tegaskan bahwa:
      1. Kristen bagi saya dan bagi orang2 percaya lainnya, bukanlah suatu agama seperti yang diberitakan banyak orang (seperti saudara). Tetapi Kristen adalah suatu hubungan yang diawali dari pertemuan dan pengenalan intim pribadi seseorang terhadap suatu Pribadi Juruselamat dunia yaitu Tuhan Yesus Kristus
      2. Disini saya tidak menggunakan ke-Tritunggal-an Allah untuk mengemukakan sesuatu hal, karena saya percaya bahwa Anda (Muslim) tidak akan memahaminya. Saya lebih senang berbicara dengan dasar pengajaran dari seorang Pribadi Juruselamat dunia, yaitu Tuhan Yesus Kristus🙂
      3. Alkitab adalah kitab suci (bahasa awam) bagi umat Kristiani. Dengan bahasa Ibrani merupakan bahasa aslinya.
      4. Seluruh terjemahan yang telah tersebar di seluruh dunia dalam berbagai bahasa, mengacu/sesuai kepada/dengan bahasa aslinya (tidak ada penyimpangan makna, arti, maksud, dan tujuan), termasuk ke bahasa Arab.🙂 Tujuannya adalah supaya semua bangsa di bumi bisa memahami Alkitab sesuai dengan bahasanya masing2. Ingat, semua bahasa adalah ciptaan Tuhan juga. Dan semua ciptaanNya diizinkanNya untuk dipakai oleh manusia untuk memperbesar wilayah KerajaanNya.
      NB : Point ini hanya dapat dimengerti oleh Orang Kristen🙂
      5. Seluruh rangkaian isi Alkitab tidak bisa dipahami sebagian2 dan juga tidak bisa dipahami hanya dengan menggunakan akal (toq). Namun, harus ada pimpinan Roh Tuhan yang memberikan arti yang sesuai dengan kebutuhan hidup masing2.
      NB : Poit ini hanya dapat dimengerti oleh Orang Kristen 🙂
      6. Saya memaklumi semua opini2 Anda (Muslim) tentang Kristen dan juga opini2 Anda tentang isi Alkitab. Saya telah banyak membaca tentang hal seperti ini dari sumber lainnya. Saya tersenyum, tertawa, bahkan sedih melihat orang2 yang belum mengenal Pribadi Kristen yan sebenarnya. Apapun yang Anda kemukakan disini, saya hanya bisa katakan bahwa hal ini wajar terjadi karena Anda (Muslim) tidak/belum mengerti dan mengenal Pribadi Kristen yang sesungguhnya.
      7. Dalam hal ini saya tidak meberikan opini apa2 tentang isi kitab suci Anda (Alquran), karena saya bangga ternyata setelah saya baca dan saya selidiki isi Alquran lebih dalam, 70 – 80 % berbicara tentang Isa Almasih (Tuhan Yesus Kristus). Dan saya tidak heran jikalau banyak dari Anda (Muslim) lebih menggunakan Hadits daripada Alquran🙂
      8. Banyak hal yang sebenarnya ingin saya kemukakan disini dengan tujuan bukan untuk mengkristenkan saudara. Karena tujuan utama (visi) Orang Kristen yang sesungguhnya adalah menjadi sama seperti Pribadi Penciptanya suatu hari nanti. Dan misi Orang Kristen yang sebenarnya didunia ini adalah melakukan KASIH. Karena KASIH adalah ciri dan sifat utama dari Sang Juruselamat, Tuhan Yesus Kristus itu sendiri🙂
      NB : Kembali saya mengutarakan bahwa hanya Orang Kristen yang mengerti akan hal ini
      9. Hanya sedikit saja yang dapat saya kemukakan kepada saudara/i semuanya (Muslim dan Non Muslim) sebagai suatu pemberitahuan dan pengetahuan dasar (saja).

      @ Saudara/i ku seiman yang saya kasihi di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.
      Kita semua tahu bahwa apa yang kita iman-i (iman kepada Yesus Kristus), itulah yang akan membawa kita kepada Keselamatan Kekal.
      Dan perlu saya ingatkan kepada saudara/i ku seiman, sebelum memberikan opini, perlu untuk mengetahui kepada siapa kita berbicara dan mengemukakan pendapat. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi suatu hal yeng menyimpang dalam hal pengertian yang sesungguhnya.
      Bukan berarti saya membatasi untuk ber-opini, namun setiap perkataan haruslah baik dalam berbagai sisi.
      Saya dan saudara/i ku sudah memahami bahwa “…dunia tidak mengenal Aku, karena mereka tidak berasal dari Aku…”, dari ayat ini saudara/i ku bisa mengambil kesimpulan bahwa tidak akan ada suatu kesesuaian pendapat jika berbicara tentang isi Alkitab (alias ga nyambung..!).
      Ini saja yang dapat saya sampaikan kepada saudara/i ku yang terkasih.
      Tuhan Yesus Kristus meberkati kita semua!

    tono said:
    3 November 2010 pukul 11:16

    mau penasaran dengan islam? kunjungi website kami http://www.faitfreedom.org

    Ilhambro said:
    5 November 2010 pukul 15:57

    Sesungguhnya perdebatan itu tidak akan memecahkan masalah. justru malah memperburuk keadaan. karena saya yakin berdebat lebih mengedepankan EMOSI.

    Coba liat Gus Dur! Beliau berteman baik dengan para pemuka agama non-Islam di seluruh dunia. Sampai wafatnya beliau, RIBUAN orang melayat ke makamnya SETIAP HARI !!! Diantara mereka, banyak orang nonmuslim yang ikut mendoakan.

    Dari situ,kita wajib belajar dari Gus Dur. Pribadi yang menghargai perbedaan agama,pribadi yang menyayangi seluruh agama,BUKAN pribadi pembenci antaragama.

    ” Untukmulah agamamu, untukkulah agamaku,” QS. Al-Kafirun ayat 6.

    elgarich said:
    20 Desember 2010 pukul 05:28

    ALLAH Memberi Hukuman pada hambanya yang bersalah !!!
    Sehingga umatnya enggan melakukan Dosa.
    Namun,
    Tuhanmu menebus dosa-dosa kalian didunia.
    Sehingga Umatnya sering melakukan…..(TANPA MENYEBUTKAN AGAMA KOREKSI SENDIRI KITAB ANDA)

    TERSERAH PENDAPAT ANDA……

    bajoel said:
    21 Desember 2010 pukul 16:41

    bpk M Shodiq Mustika
    anda menantang bagi siapa saja yg bisa membuat anda murtad … maka anda akan murtad.
    saya seorang katholik, pengetahuan saya tidak seluas anda tp saya memiliki iman dan kepercayaan pada ajaran Yesus yg cukup kuat. saya tidak akan memurtadkan anda koq.
    dan menurut saya pun gereja katholik juga tidak merasa dirugikan jika anda tidak jadi murtad. bahkan jika dalam setiap hari ada ratusan orang kristen yg pindah ke islam … Gereja pun tidak akan merugi karena di tinggal pengikutnya.
    jadi tantangan anda untuk murtad itu saya anggap sia-sia saja, karena selangkah lagi kepintaran anda hampir menyerupai sang lusifer.
    anda seolah2 minta pendapat org lain, tp giliran di kasih pendapat … anda malah menyerang org itu dgn argumen2 anda dan pada akhirnya anda malah menyalahkan org itu. jadi bingung deh gua ….. ?
    anda terlalu menutup telinga hati anda, sehingga hal-hal yg menurut hati dan argumen anda benar , sampean anggap itu obyektif.

    sudahlah … hidup di dunia ini hanya sekali …
    *) anggap saja ajaran agama saya salah …. dan agama anda (ISLAM) adalah agama yg paling benar.
    *) anggap saja kitab suci agama saya salah … dan kitab suci anda (ALQURAN) adalah kitab suci yg maha sempurna dan terlengkap serta paling benar.
    *) anggap saja saya dan teman2 seiman saya adalah penghuni neraka … sedangkan anda dan teman2 MUSLIM anda adalah pemilik surga.
    *) anggap saja saya dan teman2 seiman saya adalah anak tiri ALLAH … sedangkan anda dan teman2 MUSLIM anda adalah anak kesayangan ALLAH.

    masalah selesai kan …!!
    so what gitu loooohhhh ….
    GBU

    isna said:
    24 Desember 2010 pukul 09:25

    dasar.orang.kristen.kegeeran,kristen.agama.penjajah,sudah.tahu.agamanya.salah.ga.mau.pindah,pindah.atuh,orang.kristen.kalo.debat.soal.agama.selalu.kalah.dan.membingungkan,geblek..

    deni said:
    26 Desember 2010 pukul 12:49

    tak perlu berdebat…pelajari lebih dalam agama masing2 aja…toh kebenaran sudah nyata…

    elgarich said:
    26 Desember 2010 pukul 13:49

    To >> Zianglee …Anda Merasa Sok tahu Sekali mengenai penggunaan Hadits dan Alquran sampai meyebutkan Presentasenya 70 – 80 %.Klo memang di Alquran membicarakan Nabi Isa Memang Benar Adanya.Tapi Nabi Isa yang kami maksud bukan Tuhan Anda yang kalian Sembah-sembah dari mana Anda menganggap Seorang Manusia yang di beri berkah/kelebihan Oleh Allah (tuhan Kami) bisa anda sebut sebagai Tuhan…..Coba Pikir Nak !!!…..Mana bisa Semut bikin Gedung Megah Untuk Manusia…Seperti Halnya Manusia membuat Bumi dan seisinya yang sudah Ada sebelum Tuhan Anda Lahir….Gmna Mau buat dunia klo Yang Anda sebut-sebut sebagai Tuhan Sendiri Belum Lahir….

    Fakta Kedua …..DImana Anda bisa menyembah Tuhan Anda yang Anda Katakan Sebagai Anak Tuhan/Putra Tuhan….Klo emank Ayahnya Tuhan Kenapa Menyembah Anaknya :p ……. Sekian dari Saya…

      bajoel said:
      27 Desember 2010 pukul 15:54

      sudahlah … hidup di dunia ini hanya sekali …
      *) anggap saja ajaran agama saya salah …. dan agama anda (ISLAM) adalah agama yg paling benar.
      *) anggap saja kitab suci agama saya salah … dan kitab suci anda (ALQURAN) adalah kitab suci yg maha sempurna dan terlengkap serta paling benar.
      *) anggap saja saya dan teman2 seiman saya adalah penghuni neraka … sedangkan anda dan teman2 MUSLIM anda adalah pemilik surga.
      *) anggap saja saya dan teman2 seiman saya adalah anak tiri ALLAH … sedangkan anda dan teman2 MUSLIM anda adalah anak kesayangan ALLAH.

      masalah selesai kan …!!
      so what gitu loooohhhh ….

    bajoel said:
    27 Desember 2010 pukul 15:55

    sudahlah … hidup di dunia ini hanya sekali …
    *) anggap saja ajaran agama saya salah …. dan agama anda (ISLAM) adalah agama yg paling benar.
    *) anggap saja kitab suci agama saya salah … dan kitab suci anda (ALQURAN) adalah kitab suci yg maha sempurna dan terlengkap serta paling benar.
    *) anggap saja saya dan teman2 seiman saya adalah penghuni neraka … sedangkan anda dan teman2 MUSLIM anda adalah pemilik surga.
    *) anggap saja saya dan teman2 seiman saya adalah anak tiri ALLAH … sedangkan anda dan teman2 MUSLIM anda adalah anak kesayangan ALLAH.

    masalah selesai kan …!!

      Anissa Azzahra said:
      11 April 2013 pukul 19:22

      Kami orang islam hanya kasian melihat kalian yg sudah tersesat terlalu jauh, Astaghfirullah….

    NOVAN said:
    14 Agustus 2011 pukul 05:57

    @bajoel tdk bisa begitu, krn Quran itu yg benar amat sangat mendukung Injil:
    ” Sebelum Injil telah ada Taurat, & Quran membenarkan Injil didalam bahasa Arab ( Qs Al’aqab 12 )
    jadi apapun kata Quran hrs membenarkan Injil.
    katakanlah ! Hai, Ahli Kitab kamu tdk pd Agama yg sebenarnya kecuali Apabila kamu turuti Taurat & Injil & apa2 yg diturunkan kepadamu dr pd Tuhanmu ( Qs Al’maidah 68 )
    ” Dengan sesungguhnya telah kami berikan kepada Musa Alkitab maka janganlah kamu ( Muhammad ) ragu2 menerimanya ( Qs Ash’sajadah 23 )
    Lagi2 Allah menyebut dirinya KAMI. berarti Allah itu memang Trinitas.

      iwan said:
      17 Agustus 2011 pukul 22:31

      kalau ada waktu bisa baca : polaruang alquran.blogspot.com , sekedar tambahan referensi

      Anissa Azzahra said:
      11 April 2013 pukul 19:24

      Pemikiran anda sangat dangkal….

    antelove7 said:
    21 Desember 2011 pukul 23:49

    Saya Sangat senang sekali dengan pendapat orang2 kristen….selalu bicara tentang KASIH…..
    ya emang karena Di Bible hanya FOCUS pada KASIH….trus mo bandingkan dengan Al qur’an ….

    Jangankan Kamu , wahai orang2 kafir, orang2 Islam banyak yg kurang paham sebenarnya apa arti dan makna dari AL Qur’ an itu.

    kalau saya sich sudah tau pasti nya, Al Qur’an itu singkat padat jelas dan sederhana…….

    Bismillahi Ar Rahmani Ar Rahim……….

    Mr.Nunusaku said:
    26 Maret 2012 pukul 02:00

    KELUARGA KERAJAAN SAUDI SALAH SATUNYA TELAH ,MEMMELUK KRESTEN
    DEMIKIAN ANAK HAMAS TELAH MENGIKUTI JESUS KOK BANYAK ISLAM TELAH MURTAD

    kojah said:
    1 Oktober 2013 pukul 13:06

    terkutuk para pemeluk kristen……

    taikwewe said:
    28 Maret 2014 pukul 06:00

    kitab kok isinya beda beda… kitab aneh… injil kok bsa drubah isinya… agama aneh… firman tuhan bsa bsanya mnusia yg rubah… tuhan punya pribadi banyak? brarti sma dgn manusia….

    Dety said:
    13 Oktober 2015 pukul 06:16

    Banyak pemurtadan masuk lewat jalan bagi bagi sembako, pengobatan masal, menghamili wanita muslim kemudian dinikahi asal masuk agamanya dll.

    Jamil said:
    22 Mei 2016 pukul 19:25

Silakan sampaikan pemikiran Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s